News
Batal
KATEGORI
link has been copied
168
Lapor Hansip
02-03-2021 12:36

Kebutuhan Miras di Bali Tinggi, Tapi Cuma 8% Diproduksi Warga Lokal

Kebutuhan Miras di Bali Tinggi, Tapi Cuma 8% Diproduksi Warga Lokal

Denpasar - Gubernur Bali, I Wayan Koster, melihat tidak adanya ketidaksinkronan dalam pemasaran minuman beralkohol. Menurutnya, Bali sebagai destinasi wisata membutuhkan pasokan miras yang cukup tinggi bagi wisatawan.

"Sekarang ini dengan produksi yang ada, tercatat 92 persen miras yang beredar di Bali itu impor dan hanya 8 persen yang diproduksi di masyarakat lokal Bali. Kan nggak benar ini, kemudian nilainya Rp 7 triliun dari bea cukainya saja, belum lagi segi omzetnya," kata Koster dalam keterangan tertulisnya yang diterima detikcom, Selasa (2/3/2021).

Oleh karena itu, Koster menyambut baik terbitnya Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 10 Tahun 2021 tentang Bidang Usaha Penanaman Modal. Hadirnya Perpres dinilai olehnya dapat memperkuat regulasi di daerah dan sekaligus untuk menata, memperkuat kearifan lokal di Bali yang bisa digeluti oleh masyarakat.

"Jadi untuk menghindari praktik ilegal yang menyusahkan masyarakat, maka hadirnya Perpres ini untuk memperkuat regulasi kami di daerah untuk menata, bukan membolehkan secara bebas. Apalagi arak dan brem di Bali dipakai juga untuk sarana upacara keagamaan dan kesehatan masyarakat," tegas Koster.

Mengenai penjualan arak Bali ini, Koster menyatakan tidak boleh dijual secara bebas, seperti ke sekolah dan tempat umum. Namun para petani arak Bali ini yang akan membuat koperasi dan dijual ke koperasi tersebut.

"Jepang punya sake, Korea punya soju, negara lain punya wiskey. Namun kita juga punya kearifan lokal, yang menurut saya kualitasnya tidak kalah saing," kata Ketua DPD PDIP Bali itu.

Koster menjelaskan, bahwa alam Bali yang dianugerahi pohon kelapa, enau, dan rontal secara tradisional dapat menghasilkan tuak sebagai sumber penghidupan bagi masyarakat setempat. Kemudian tuak ini juga bisa diproses menjadi gula secara tradisional oleh masyarakat. Secara alami diproses menjadi arak Bali yang telah berkembang dari zaman ke zaman dan secara turun-temurun menjadi sumber penghidupan.

"Tetua kami di Bali menjadikan arak sebagai minuman yang menyehatkan kehidupannya dengan mengkonsumsi secara terbatas, bukan untuk mabuk," ujar Koster.

Sebelum berkebun dan menjelang tidur, lanjut Koster, tetua di Bali minum arak dengan takaran satu sloki atau setengah sloki. Menurutnya, rutinitas ini akan menjadikan sehat. Sementara yang tidak boleh dilakukan yakni mengkonsumsinya dan memperdagangkan secara bebas sehingga mengakibatkan dampak negatif bagi masyarakat.

"Sehingga sekali lagi saya tegaskan, dengan hadirnya Perpres ini akan membuka pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) di masyarakat. Kami menginginkan masyarakat dari hulu sampai di hilir dapat memanfaatkannya, sekaligus kami pandang untuk dapat memperkuat kearifan lokal kami di Bali yang bisa digeluti oleh masyarakat," terang Koster.

Koster juga mengakui bahwa dirinya rutin minum arak Bali setiap hari untuk kepentingan kesehatan, bukan dimanfaatkan untuk mabuk. Satu sloki arak diminum dengan cara dicampurkan pada satu cangkir kopi.

"Campuran kopi dan arak Bali ini membuat tubuh saya jadi sehat. Saya konsumsi setiap hari, tapi tidak untuk mabuk," tuturnya.

https://news.detik.com/berita/d-5477...004.1609585657

Apa fatwa dan stempel MUI juga (wajib) berlaku d provinsi bali ??.. emoticon-Malu (S)


emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
Diubah oleh valkyr1
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 37 lainnya memberi reputasi
34
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Kebutuhan Miras di Bali Tinggi, Tapi Cuma 8% Diproduksi Warga Lokal
02-03-2021 17:33
Endonesa bukan negara Islam woy emoticon-Cape d...
Jangan maksain penganut agama lain ngikutin doktrin elu emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 10 lainnya memberi reputasi
11 0
11
Memuat data ...
profile picture
kaskus addict
02-03-2021 19:11
@cloverss7
Jesus Changes Water Into Wine
https://www.google.com/amp/s/www.bib...&interface=amp
Noh nabi Isa bikin air jadi Wine.


Luke 21:34
34 “Be careful, or your hearts will be weighed down with carousing, drunkenness and the anxieties of life, and that day will close on you suddenly like a trap.

Noh kata nabi Isa drunkenness = kemabukkan yang dilarang.
2
profile picture
kaskus addict
02-03-2021 19:13
@cloverss7 Lah gw sendiri konghucu bro.
Masa lu lebih tw agama gw?
Agama lu apa? Pasti bukan konghucu
Awas kena pasal karet lu, dasar penista agama lu.
emoticon-Wkwkwk
1
profile picture
kaskus holic
02-03-2021 19:22
@riecurl @MirrorBoy @Melodica.offici @cloverss7

Serius nanya y. apa sekaku itu kah??

Bahkan negara dgn syariat islam pun masih melegalkan alkohol..

Kan melegalkan alkohol itu bukan menghalalkan..

Apa sama legal dgn halal????

0
profile picture
kaskus maniac
02-03-2021 19:23
Di teks agama selain Islam, kebanyakan yg dilarang adalah "mabuk" dan "pemabuk". Artinya apa? Konsumsi alkohol jangan berlebihan.
Kalo Islam emang jelas melarang, mo dikit mo banyak. Tapi jangan lu larang2 orang lain buat minum alkohol.
Cukup lu pake iman lu buat ngelindungin diri lu dan keluarga lu supaya kaga ngonsumsi yang begituan emoticon-Cape d...
Heran gua, jelas2 masalah terbesar bangsa ini adalah korupsi, tapi yg diributkan uclim tetep bae ZINA, BIR dan BABIemoticon-Cape d...
Dah ah, seruput dolo yaa akhi, biar kaga edan emoticon-Angkat Beer
Kebutuhan Miras di Bali Tinggi, Tapi Cuma 8% Diproduksi Warga Lokal
1
profile picture
kaskus maniac
02-03-2021 19:24
@MirrorBoy @CoZiA siapa yg ributin, tadi kan ada yg teriak sotoy, mana dalil nya, mana yg bilang ada laragan minum alkhohol? Nah itu udah gw kasih.

Tapi tetep aja ngeles boleh: Yang dilarang itu mabuk-mabukan/ kemabukan.
Minumlah secara bertanggung jawab dan bermartabat.

Sekarang gw balik tanya. Mana dalil nya yg mengatakan pernyataan seperti itu?

Di dalil2 beberapa agama diatas udah jelas dibilang dilarang minum alkhohol atau menjauhi minuman alkhohol, bukan bilang boleh minum asal ngga mabuk.

Tapi emang bener dari semua agama diatas hanya agama kong hu chu aja yg sepertinya membolehkan tapi tetap dianggap tidak berbakti pada agamanya "Agama Kong Hu Cu menganggap pengguna miras sebagai orang yang tidak berbakti pada agama"

Kalo ada yg minum alkhohol ya silahkan aja. Cuma ya hukumannya adalah berdosa klo dikaitkan dari dalil2 tsb. Mau itu islam kek, mau itu kristen kek itu hak mereka pribadi klo mau minum2.
1
profile picture
kaskus holic
02-03-2021 19:27
@MirrorBoy

Dan yg lucunya.. merasa "lebih"
Daripada UAE, Malaysia, Mesir, Abu dhabi,
Qatar

Mesir
https://www.google.com/amp/s/m.repub.../amp/qp9idg430

Uae
https://www.google.com/amp/s/m.repub.../amp/qjh3ip430

Malaysia dgn genting island, pelegalan ganja..

Itu semua negara dgn sistem syariah bree

Masa yg ga pake justru lebih kaku???

1
profile picture
kaskus maniac
02-03-2021 19:33
@stevadi84 betul agan ini mengaenai hal tsb. Tapi yg dibahas daritadi adalah masalah apakah minum alkohol dilarang dalam agama? Bukan masalah kelegalan minuman alkhohol dalam negara2 lain. Terkait masalah mau minum alkhohol, mau legalin di suatu negara ya silahkan aja. Tapi konteks yg dibahas dr atas adalah apakah meminum alkhohol dilarang dalam suatu agama?
1
profile picture
kaskus addict
02-03-2021 19:34
@riecurl Kalo menurut pandangan konghuchu minum alkohol tidak secara spesifik dilarang.
Cuma kalo lu minum sampe mabuk, berbuat onar, kecelakaan lalu lintas itu y dilarang karena menyakiti orang lain.
Ato kalo lu ketergantungan alkohol sampe bokek, penyakitan itu juga dilarang karena merusak diri sendiri.
2
profile picture
kaskus holic
02-03-2021 19:34
@riecurl

Sorry to say, kalo katholik ga bisa lo telen mentah2 per ayat bgtu bree

Di katholik itu GA pernah dilarang meminum alkohol

Yang dilarang itu minum hingga MABUK alias berlebihan

Dengan kata lebih ke pengendalian diri

Analogi simple aja, lo makan secara berlebihan aja ga baik

Lo tidur berlebihan ga baik juga kan.
1
profile picture
kaskus holic
02-03-2021 19:37
@riecurl

Simplenya bukan hanya agama Katolik...

Intinya itu ga bisa ditelan mentah2, diagama diluar islam ya yg memang jatuhnya haram..

Alkohol itu tidak dilarang asal tidak berlebihan

Klo lo minum sampai mabuk itu jatuhnya berlebihan kan bree

Kalo lo minum se sloki?? Its fine2 aja
1
profile picture
kaskus addict
02-03-2021 19:40
@riecurl afaik dalam islam alkohol dilarang. Baik itu dalam minuman keras atau bukan.
Beberapa bumbu dapur seperti rum, soyu jepang dengan komposisi asli itu ga bisa dapet sertifikasi halal karena ada kandungan alkohol.
Cuma tapai yg ane ga ngerti kenapa nggak haram.
Mungkin ada yg bisa jelasin?
3
profile picture
newbie
02-03-2021 19:44
@Melodica.offici
Ga prnh baca kitab sndri yee
0
profile picture
kaskus addict
02-03-2021 19:48
@cloverss7 Lu baca rujukan di atas coba. Udah jelas tuh emoticon-Stick Out Tongue
Dasar penista agama lu
emoticon-Wkwkwk
2
profile picture
kaskus holic
02-03-2021 19:51
@Melodica.offici

Udah lah jgn berdebat dgn org yg tingkat literasinya rendah gan... Cape ati lu..

Sudah dijelaskan bahwa Alkohol tidak dilarang, yg dilarang itu Mabuknya masih aja ngeyel..
2
profile picture
kaskus addict
02-03-2021 19:53
@riecurl
Minumlah secara bertanggung jawab dan bermartabat itu ente sudah paham kok, ente pinter kok, itu dalil dari filsafat gua pribadi hasil menjalani ajaran gua.
Apa gua gak boleh berfilsafat?

Textbook kali kau, intinya cuma demi pembenaran ajaran ente kan, lalu korek2 ayat agama lain yang sekiranya mendukung.
emoticon-Wakaka

Sekarang gua balik deh, ada tertulis di hadits sahih anjuran minum pipis onta. Apa sudah ente amalkan?
Lagian kalo ente gak amalkan itu sunah rosul, apa perlu ane marah2, maksa2 ente minum pipis onta?
Kan gak.

Kalau motif ente hanya untuk membenarkan ajaran ente terus, gua bisa temukan 1000 celah untuk menyalahkannya.
emoticon-Traveller
2
profile picture
kaskus addict
02-03-2021 19:55
@stevadi84 @cloverss7Yoi gan
Penista agama emang ga boleh diajak diskusi.
Karena mereka adalah bajingan yg pantas diludahi mukanya
2
profile picture
kaskus maniac
02-03-2021 20:03
@Melodica.offici @stevadi84 @CoZiA

Nah ini. Ane juga kurang tau sih klo agama lain diluar islam hukumnya seperti apa. Cuma baca2 dari beberapa artikel aja dan dapet dalil2 seperti itu yg udah ane rangkum. Hanya kong hu chu yang sepertinya boleh karena masih ambigu bunyi ayatnya, hanya aja dengan catatan tetep dianggap ngga berbakti sama agamanya.

Dan klo dalam agama ane sendiri (islam) minum alkhohol itu emang haram walau cuma setetes, yg artinya tanpa mabuk pun walau cuma setetes tetep haram. Bukan berarti ane ngga pernah minum alkhohol ya, munafik klo ane bilang ngga pernah, dan ane tau dosa di agama ane. Tapi emang konteks yg lg dibahas dari atas kan "apakah minum alkhohol dilarang agama?" Bukan terkait masalah aturan legal yg lagi dibahas TS di thread. 😬🙏
2
profile picture
kaskus addict
02-03-2021 20:10
@riecurl yoi gan. Ane mah diskusi sehat dan sekedar menyampaikan apa yg ane ngerti sesuai porsi ane aja, klo ada yg salah boleh dikoreksi 🙏
Semua jadi ribut gara2 si sotoy @cloverss7 penista agama bawa2 agama lain seakan dia paling ngerti 6 agama.
2
profile picture
kaskus maniac
02-03-2021 20:11
@Melodica.offici tape sama duren kaga haram krn kandungan alkoholnya dikit banget bre emoticon-Big Grin
Tuh kan, disini aja jelas banget standar jandanya emoticon-Big Grin
1
profile picture
kaskus addict
02-03-2021 20:13
@riecurl
Banyak obat yang menggunakan etanol sebagai pelarutnya gan, enye boleh liat merek Durol sebagai referensi.
Jadi ente harus meralat setetes pun tidak boleh itu.
2
Memuat data ...
21 - 40 dari 46 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia