News
Batal
KATEGORI
link has been copied
168
Lapor Hansip
02-03-2021 12:36

Kebutuhan Miras di Bali Tinggi, Tapi Cuma 8% Diproduksi Warga Lokal

Kebutuhan Miras di Bali Tinggi, Tapi Cuma 8% Diproduksi Warga Lokal

Denpasar - Gubernur Bali, I Wayan Koster, melihat tidak adanya ketidaksinkronan dalam pemasaran minuman beralkohol. Menurutnya, Bali sebagai destinasi wisata membutuhkan pasokan miras yang cukup tinggi bagi wisatawan.

"Sekarang ini dengan produksi yang ada, tercatat 92 persen miras yang beredar di Bali itu impor dan hanya 8 persen yang diproduksi di masyarakat lokal Bali. Kan nggak benar ini, kemudian nilainya Rp 7 triliun dari bea cukainya saja, belum lagi segi omzetnya," kata Koster dalam keterangan tertulisnya yang diterima detikcom, Selasa (2/3/2021).

Oleh karena itu, Koster menyambut baik terbitnya Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 10 Tahun 2021 tentang Bidang Usaha Penanaman Modal. Hadirnya Perpres dinilai olehnya dapat memperkuat regulasi di daerah dan sekaligus untuk menata, memperkuat kearifan lokal di Bali yang bisa digeluti oleh masyarakat.

"Jadi untuk menghindari praktik ilegal yang menyusahkan masyarakat, maka hadirnya Perpres ini untuk memperkuat regulasi kami di daerah untuk menata, bukan membolehkan secara bebas. Apalagi arak dan brem di Bali dipakai juga untuk sarana upacara keagamaan dan kesehatan masyarakat," tegas Koster.

Mengenai penjualan arak Bali ini, Koster menyatakan tidak boleh dijual secara bebas, seperti ke sekolah dan tempat umum. Namun para petani arak Bali ini yang akan membuat koperasi dan dijual ke koperasi tersebut.

"Jepang punya sake, Korea punya soju, negara lain punya wiskey. Namun kita juga punya kearifan lokal, yang menurut saya kualitasnya tidak kalah saing," kata Ketua DPD PDIP Bali itu.

Koster menjelaskan, bahwa alam Bali yang dianugerahi pohon kelapa, enau, dan rontal secara tradisional dapat menghasilkan tuak sebagai sumber penghidupan bagi masyarakat setempat. Kemudian tuak ini juga bisa diproses menjadi gula secara tradisional oleh masyarakat. Secara alami diproses menjadi arak Bali yang telah berkembang dari zaman ke zaman dan secara turun-temurun menjadi sumber penghidupan.

"Tetua kami di Bali menjadikan arak sebagai minuman yang menyehatkan kehidupannya dengan mengkonsumsi secara terbatas, bukan untuk mabuk," ujar Koster.

Sebelum berkebun dan menjelang tidur, lanjut Koster, tetua di Bali minum arak dengan takaran satu sloki atau setengah sloki. Menurutnya, rutinitas ini akan menjadikan sehat. Sementara yang tidak boleh dilakukan yakni mengkonsumsinya dan memperdagangkan secara bebas sehingga mengakibatkan dampak negatif bagi masyarakat.

"Sehingga sekali lagi saya tegaskan, dengan hadirnya Perpres ini akan membuka pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) di masyarakat. Kami menginginkan masyarakat dari hulu sampai di hilir dapat memanfaatkannya, sekaligus kami pandang untuk dapat memperkuat kearifan lokal kami di Bali yang bisa digeluti oleh masyarakat," terang Koster.

Koster juga mengakui bahwa dirinya rutin minum arak Bali setiap hari untuk kepentingan kesehatan, bukan dimanfaatkan untuk mabuk. Satu sloki arak diminum dengan cara dicampurkan pada satu cangkir kopi.

"Campuran kopi dan arak Bali ini membuat tubuh saya jadi sehat. Saya konsumsi setiap hari, tapi tidak untuk mabuk," tuturnya.

https://news.detik.com/berita/d-5477...004.1609585657

Apa fatwa dan stempel MUI juga (wajib) berlaku d provinsi bali ??.. emoticon-Malu (S)


emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
Diubah oleh valkyr1
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 37 lainnya memberi reputasi
34
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Kebutuhan Miras di Bali Tinggi, Tapi Cuma 8% Diproduksi Warga Lokal
02-03-2021 17:33
Endonesa bukan negara Islam woy emoticon-Cape d...
Jangan maksain penganut agama lain ngikutin doktrin elu emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 10 lainnya memberi reputasi
11 0
11
profile picture
newbie
02-03-2021 17:55


Di tiap2 agama miras jg di larang.
Ada qo' ayat ayat ny.
Jd bkn cm islam aja yg melarang.
Jngn botol y
-2
profile picture
kaskus maniac
02-03-2021 17:56
@cloverss7 lah, lu ngigo tong?
orang katolik kalo misa kan minum wineemoticon-Ngakak (S)
3
profile picture
newbie
02-03-2021 17:56
Udh ada dalil ny bong.
Lu buka aja bible
0
profile picture
kaskus maniac
02-03-2021 18:01
@cloverss7 serah lu blog
I'm not debating with newbs
2
profile picture
kaskus addict
02-03-2021 18:02
@cloverss7
Elo minum pipis onta aja gua gak ribut, gak mencekal, gimana sih gan? emoticon-Cape d... (S)
2
profile picture
newbie
02-03-2021 18:04
@CoZiA lah knpa lu ikut2an.
Gw kan cm kah tau miras di larang bkn cm di islam.
Di agama lain jg.
Govlok
0
profile picture
newbie
02-03-2021 18:05
@MirrorBoy
Oooh lu yg blog ap gw.
Akwoakwoak.
Smua agama.melarang miras
0
profile picture
kaskus addict
02-03-2021 18:06
@cloverss7
Gak ada gan, yang dilarang itu mabuk2annya, tapi perkara orang gak mau ikut ajaran agamanya, napa lo yang repot?
2
profile picture
newbie
02-03-2021 18:07
@CoZiA baca kitab suci masing2 cuk.

Tnya pemuka agama masing2
0
profile picture
kaskus maniac
02-03-2021 18:08
@cloverss7 sini kasih dalil dari agama lain blog
Lu baca Qur'an aja belon khatam sosoan ngurusin agama orang emoticon-Cape d... (S)
3
profile picture
kaskus addict
02-03-2021 18:08
@cloverss7
Semua agama melarang meminum pipis karena najis, lah kenapa pipis onta jadi spesial?
1
profile picture
kaskus addict
02-03-2021 18:11
@cloverss7 halah sotoy lu. Di konghucu ga ada larangan minuman alkohol
emoticon-Stick Out Tongue
3
profile picture
kaskus holic
02-03-2021 18:57
1
profile picture
kaskus maniac
02-03-2021 19:00
@MirrorBoy @Melodica.offici @cloverss7

Larangan Minum Alkhohol dalam agama,,,,

Islam

Allah SWT berfirman dalam QS al-Baqarah ayat 219 yang artinya: "Mereka bertanya kepadamu tentang khamr dan judi. Katakanlah: 'Pada keduanya terdapat dosa yang besar dan beberapa manfaat bagi manusia, tetapi dosa keduanya lebih besar dari manfaatnya.' Dan mereka bertanya kepadamu apa yang mereka nafkahkan. Katakanlah: 'Yang lebih dari keperluan.' Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu supaya kamu berpikir."

Allah SWT berfirman dalam QS an-Nisa ayat 43 yang artinya: "Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu shalat, sedang kamu dalam keadaan mabuk, sehingga kamu mengerti apa yang kamu ucapkan, (jangan pula hampiri masjid) sedang kamu dalam keadaan junub, terkecuali sekadar berlalu saja, hingga kamu mandi. Dan jika kamu sakit atau sedang dalam musafir atau datang dari tempat buang air atau kamu telah menyentuh perempuan, kemudian kamu tidak mendapat air, maka bertayamumlah kamu dengan tanah yang baik (suci); sapulah mukamu dan tanganmu. Sesungguhnya Allah Maha Pemaaf lagi Maha Pengampun."

Allah SWT juga berfirman dalam QS al-Maidah ayat 90 yang artinya: "Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya (meminum) khamar, berjudi, (berkorban untuk) berhala, mengundi nasib dengan panah, adalah termasuk perbuatan setan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan."



Kristen
1. Yesaya 5:22 “Celakalah mereka yang menjadi jago minum dan juara dalam mencampur minuman keras.”


2. Amsal 20:1 “Anggur adalah pencemooh, minuman keras adalah peribut, tidaklah bijak orang yang terhuyung-huyung karenanya.”


3. Amsal 23:20-21a “Janganlah engkau ada di antara peminum anggur dan pelahap daging. Karena si peminum dan si pelahap menjadi miskin.”


4. Korintus 6:10 “Pencuri, orang kikir, pemabuk, pemfitnah dan penipu tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah.”


5. Di dalam kitab Imamat 9:8-9, Tuhan berfirman kepada Harun, “Janganlah engkau minum anggur atau minuman keras, engkau serta anak-anakmu, supaya kamu jangan mati. Itulah suatu ketetapan untuk selamanya bagi kamu turun temurun.”

6. Di dalam kitab Hakim-hakim 13:4, Tuhan berfirman, “Oleh sebab itu, peliharalah dirimu, jangan minum anggur atau minuman yang memabukkan dan jangan makan sesuatu yang haram.”

7. Larangan mabuk juga disebutkan dalam Yesaya 5:11, Hosea 4:11, Matius 27:34, Exodus 12: 15. Secara umum agama Kristen juga mengingatkan penganutnya untuk menjauhi semua hal yang merusak jasmani dan rohani, termasuk minuman keras.



Budha
Agama Buddha mengajarkan umatnya tentang lima disiplin moral, yaitu
(1) Panti pala vermani sikkapadhan samadiyami = aku bertekad melatih diri menghindari pembunuhan makhluk,
(2) adinnadan veramani sikkhapadar samadiyami = aku bertekad melatih diri menghindari barang yang bukan miliknya,
(3) kamesu miccara veramar sikkapadam samadiyami = aku bertekad melatih diri menghindari asusila,
(4) musavada veramani sikkapadam samadiyami = aku bertekad melatih diri menghindari ucapan yang tidak benar (dusta) dan lainnya,
(5) surameraya majjapamadatthana veramar sikkapadam samadiyami = aku bertekad melatih diri menghindari minuman keras dan obat-obat terlarang yang menyebabkan mabuk dan melemahkan.



Hindu
Kitab Hindu juga melarang minuman keras, “Untuk minuman keras kotoran yang diekskresikan dari beras, dan kotoran tersebut berasal dari setan; Oleh karena itu seorang imam, penguasa, atau orang biasa tidak boleh minum minuman keras.”

Larangan minum alkohol atau minuman memabukkan juga terdapat dalam kitab Manu Smriti Bab 11 ayat 151, Manu Smriti Bab 7 ayat 47-50, Manu Smriti Bab 9 ayat 225, Rigved Book 8 hymn 2 ayat 12 dan Rigved Book 8 hymn 21 ayat 14.



Kong Hu Chu
Agama Kong Hu Cu menganggap pengguna miras sebagai orang yang tidak berbakti pada agama. Hal tersebut didasari dari Kitab Mengzi jilid IV B Li Lo 30.0. salah satunya yaitu suka berjudi dan mabuk-mabukan serta tidak memperhatikan pemeliharaan terhadap orang tuanya.




**Nih udah dikasih nih, tapi pasti masih bakal ada jawaban sangkalan (yakin gw). 🤭
1
profile picture
newbie
02-03-2021 19:00
@Melodica.offici
Lu tnya yg agama ny kong hucu tp jngn yg abal2
0
profile picture
newbie
02-03-2021 19:01
Cebong lngsung diem.bro
0
profile picture
newbie
02-03-2021 19:03
[MENTION]riecurl[ fakta neh bong.
0
profile picture
kaskus addict
02-03-2021 19:03
@riecurl @MirrorBoy
Perkara orang gak mengikuti ajaran agamanya, kenapa lo yang repot? emoticon-Cape d... (S)
Yang dilarang itu mabuk-mabukan/ kemabukan.
Minumlah secara bertanggung jawab dan bermartabat. emoticon-Big Grin
2
profile picture
newbie
02-03-2021 19:04
@CoZiA @riecurl @MirrorBoy
Cebong kek gini
Di ksh fakta ngeles
0
profile picture
kaskus maniac
02-03-2021 19:05
2030 bubar
1
Memuat data ...
1 - 20 dari 46 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia