Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
129
Lapor Hansip
02-03-2021 05:59

Bau Badan Berlebih? Jangan Disepelekan, Waspada Mengidap Penyakit Trimethylaminuria!



Bau Badan Berlebih? Jangan Disepelekan, Waspada Mengidap Penyakit Trimethylaminuria!
sumber gambar: di sini

Setiap orang pasti ingin mempunyai badan yang sehat, harum dan juga segar. Bau badan saat tubuh berkeringat adalah hal yang wajar dialami oleh seseorang. Namun, menjadi hal yang tidak wajar bila baunya begitu menyengat dan pasti sangat mengganggu.

Bau badan tidak melulu karena seseorang itu hidupnya jorok, tidak menjaga kebersihan dan jarang mandi. Bau badan juga bisa diakibatkan oleh penyakit yang sedang diderita oleh seseorang tersebut. Seperti, diabetes atau gagal ginjal dan lainnya.

Pernah tidak agan atau sista bertemu dengan orang yang mempunyai bau badan berlebih? Pasti tidak nyaman banget kan, mau menegur pun sungkan, apalagi kalau teman sendiri.

Berbicara tentang bau badan yang berlebihan, dulu aku pernah mendengar cerita bibiku tentang seseorang yang bau badan.

Bibiku pernah mengenal seorang perempuan di sekolahnya dulu, mungkin sekitar tahun 80-an. Perempuan itu memiliki bau badan yang tidak wajar, bukan seperti bau badan biasanya, tapi lebih ke hampir menyerupai bau anyir ikan. Anehnya, bau itu bersumber hampir dari seluruh tubuhnya, padahal perempuan itu termasuk orang yang sangat menjaga kebersihan, bukan orang yang jorok.

Saking baunya, dia hampir tidak memiliki teman, tapi ada sebagian temannya yang lumayan akrab (termasuk bibiku) menyarankan dia untuk banyak minum ramuan tradisional seperti jamu gepyok, kunyit asam atau pahitan. Maklum zaman dulu orang desa belum kepikiran untuk datang ke dokter dan lebih percaya pada ramuan tradisional. Dan ternyata gak ada hasil sedikit pun meski sudah rajin minum jamu, bau badannya tetap tidak hilang ataupun berkurang.

Yang paling menyedihkan adalah saat dia menikah, belum sampai 24 jam dia sudah diceraikan, si lelaki meminta maaf pada keluarga besarnya, karena dia tidak kuat dengan bau badan si perempuan.

Beberapa waktu lalu, aku menemukan sebuah artikel yang menjelaskan tentang penyakit yang berhubungan dengan bau badan. Setelah aku baca sampai selesai, ternyata tanda-tandanya sama dengan perempuan yang aku ceritakan di atas.

Bau Badan Berlebih? Jangan Disepelekan, Waspada Mengidap Penyakit Trimethylaminuria!
sumber gambar: di sini

Trimethylaminuria adalah nama penyakit tersebut, penyakit ini disebabkan oleh kelainan genetik dan termasuk penyakit langka.

Quote:
Trimethylaminuria adalah suatu kelainan metabolik yang menyebabkan kelainan produksi enzim yang berfungsi untuk mengubah trimethylamine menjadi trimethylamine oxida. Trimethylamin akan meningkat dan dikeluarkan melalui keringat, urine, napas, yang berbau seperti ikan atau bau badan yang kuat.
sumber


Hormon seks juga dapat memperburuk gejala dari penyakit ini, maka dari itu perempuan lebih memungkinkan terkena penyakit ini.

Penyakit Trimethylaminuria atau dikenal dengan sebutan sindrom bau ikan ini bisa terjadi karena riwayat keturunan/genetik.

Jika biasanya bau badan itu berasal dari satu bagian (ketiak misalnya) tapi tidak bagi penderita penyakit Trimethylaminuria ini. Bau itu berasal dari beberapa bagian tubuhnya, seperti rambut, pernapasan, vagina, urine juga air liur.

Kelainan genetik ini bisa dilihat mulai dari seseorang berusia 2 tahun atau usia diperbolehkannya balita mengonsumsi makanan pokok, tapi semakin jelas saat memasuki usia pubertas.

Mengonsumsi pil kontrasepsi, stress dan diet juga dapat memperparah gejala penyakit sindrom bau ikan ini.

Akan tetapi, kadang penderita penyakit Trimethylaminuria ini tidak menyadari bahwa dirinya itu memiliki bau badan yang menyengat. Jadi, kalau tidak ada yang memberitahu atau menegurnya dia tetap santai-santai saja.

Apakah Trimethylaminuria dapat diobati?

Kebanyakan penyakit genetik atau karena riwayat keturunan itu tidak dapat atau sulit diobati. Sama dengan penyakit Trimethylaminuria yang hingga saat ini belum ditemukan obatnya.

Namun, untuk mengurangi gejalanya bisa dengan merubah gaya hidup dan pola makan.

Untuk meminimalisir bau yang berlebihan maka hindari mengonsumsi seafood, jeroan, susu sapi, gandum, brokoli, kubis, kembang kol, telur dan produk berbahan kedelai atau mengandung lesitin.

Untuk lebih jelasnya bisa konsultasi pada dokter gizi terlebih dahulu dan bila ingin menggunakan obat-obatan juga lebih baik berkonsultasi pada dokter yang ahli di bidangnya.

Selain menghindari makanan yang dapat memicu bau badan, disarankan juga mandi dengan air bersih lebih sering dan memakai sabun yang bersifat asam (pH 5.5-6.5).


Namun, perlu juga diketahui karena penyakit Trimethylaminuria termasuk jarang terjadi, maka memvonisnya tidak bisa dengan hanya menerka-nerka dari tanda-tandanya saja. Perlu pemeriksaan yang valid, seperti pemeriksaan fisik dan juga pemeriksaan urine.

Jadi, sebelum ada pemeriksaan jangan langsung bilang menderita penyakit Trimethylaminuria, ya.


Bau badan merupakan momok yang lumayan menakutkan menurutku, karena bau badan bisa membuat orang tidak nyaman bersama kita. Bau badan juga bisa memicu timbulnya rasa tidak percaya diri kita hingga mengakibatkan seseorang menarik diri dari kehidupan sosial.

Dari itu tidak heran jika orang akan melakukan apapun untuk menghilangkan bau badan pada dirinya. Tidak peduli dengan harga dan jarak tempuh, yang penting bisa tampil percaya diri dengan bau yang segar.


Oke, cukup sekian dulu thread hari ini, tetap jaga kebersihan, semoga bermanfaat dan terima kasih. emoticon-terimakasih

@istijabah
Referensi: di sini, di sini dan di sini

Diubah oleh istijabah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
farinamany dan 28 lainnya memberi reputasi
29
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Bau Badan Berlebih? Jangan Disepelekan, Waspada Mengidap Penyakit Trimethylaminuria!
02-03-2021 10:00
beberapa bahkan ada yang tidak mau menggunakan deodoran, baginya ya mungkin sudah biasa, tapi bagi orang lain itu lo, kasihan sebenernya orang yang ada didekatnya gans
profile-picture
istijabah memberi reputasi
1 0
1
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia