News
Batal
KATEGORI
link has been copied
78
Lapor Hansip
02-03-2021 00:14

Unggul Di Survei CISA, Anies-AHY Bisa Jadi Duet Mengerikan di 2024

Unggul Di Survei CISA, Anies-AHY Bisa Jadi Duet Mengerikan
Laporan: Jamaludin Akmal
Minggu, 14 Februari 2021, 14:32 WIB

Unggul Di Survei CISA, Anies-AHY Bisa Jadi Duet Mengerikan di 2024
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono/Net

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) bisa menjadi duet yang paling mengerikan pada Pilpres 2024 nanti.

Prediksi ini sebagaimana disampaikan pengamat politik, Muslim Arbi merujuk pada survei yang dilakukan Centre For Indonesia Strategic Actions (CISA).

Unggul Di Survei CISA, Anies-AHY Bisa Jadi Duet Mengerikan di 2024

(Pengamat Politik, Muslim Arbi)

Survei CISA menempatkan AHY di posisi kedua dengan elektabilitas 16,9 persen. AHY unggul atas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (16,5 persen) dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (12,9 persen).

Namanya hanya kalah dibanding Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang berada di puncak dengan 20,7 persen.


"Bisa jadi Anies-AHY dianggap duet mengerikan, sehingga Anies di-bully, juga AHY mau digoyang di partainya," ujarnya saat berbincang dengan Kantor Berita Politik RMOL, Minggu (14/2).

"Belakangan banyak barikade yang adang, semisal penundaan Pilkada  2024 dan UU Pemilu yang ditolak direvisi," pungkas Muslim.
EDITOR: WIDIAN VEBRIYANTO


SUMUR


Survei CISA Anies Tertinggi Sebagai Capres 2024, AHY Melejit Salip Prabowo
Penulis
 admin penulis
 -

11 Februari 2021


Unggul Di Survei CISA, Anies-AHY Bisa Jadi Duet Mengerikan di 2024

Persmerdeka.com – Centre for Indonesia Strategic Actions (CISA) merilis survei Capres 2024, Ketua umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) melejit menempati posisi kedua di bawah Anies Baswedan. Sedangkan Prabowo Subianto jarus terjun bebas melorot jauh.

Herry Mendrofa, Direktur CISA mengatakan, hingga hari ini publik terus menanti figur kuat yang berkapabilitas tinggi baik nasional dan daerah yang akan menjadi suksesor Jokowi di tahun 2024. Pasalnya Presiden RI ke-7 tersebut dipaksa secara konstitusional berhenti karena telah menjabat selama 2 periode. Apalagi sampai sekarang konstelasi politik di Indonesia cenderung dinamis.

“Per hari ini saja, beberapa peristiwa politik yang terjadi di tanah air misalnya saja gabungnya Gerindra yang selama ini sebagai pemimpin oposisi selama 10 tahun belakangan ini ke dalam koalisi pemerintah, pro-kontra UU Cipta Kerja dan revisi UU Pemilu, kasus korupsi bansos yang menyeret elit PDI-Perjuangan juga manajemen penanganan bencana di Indonesia adalah basisnya,” tutur Herry Mendrofa, pada Kamis (11/2/2021) melalui keterangan persnya.

Berdasarkan peristiwa politik ini, Dia meyakini bahwa akan ada implikasi politik terhadap tren elektoral baik itu partai politik maupun figur yang digadang-gadang menjadi kandidat Presiden dan Wakil Presiden di tahun 2024.

“Terbukti selama kami melakukan survei yang bertajuk jika hari ini pilpres dilaksanakan maka siapa yang akan anda pilih sebagai Presiden, Anies Baswedan cukup mengungguli kompetitor lainnya dan berhasil mengumpulkan 20,7 persen responden yang memilihnya sekaligus menggeser Ganjar yang hanya mendapatkan 16,5 persen dan Prabowo 12,9 persen,” ujar Herry.

Survei yang berlangsung dari 6-10 Februari 2021 tersebut mengambil sampel 2.800 orang responden dengan margin error sebanyak 2,8 persen ini secara mengejutkan menempatkan Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY dan Puan Maharani dijajaran 5 besar kandidat capres tahun 2024.

“Baik Anies ataupun AHY yang mendapatkan 16,9 persen itu adalah sama-sama merefleksikan politik alternatif serta kejenuhan politik. Anies kuat sebagai Gubernur ibukota sedangkan AHY adalah Ketua Umum partai termuda cukup membantu kerja politiknya. Disamping itu pula upaya pendongkelan terhadap AHY dari Ketum Demokrat juga cukup menuai simpatik publik,” tandasnya.

Lain halnya dengan Puan Maharani, Herry menyebutkan figur representatif ini cukup menarik perhatian karena muncul sebagai kandidat yang layak diperhitungkan oleh kandidat lainnya.

“Puan adalah Ketua DPR-RI perempuan pertama, pernah menjadi Menko saat Jokowi-JK berkuasa hingga gerakan relawan yang cukup masif membangun elektabilitasnya sebagai kandidat Presiden di 2024. Hal ini menjadi faktor menguatnya Puan di 6,2 persen,” tukasnya.

Selain itu Dia menambahkan bahwa pergeseran pola-pola pendekatan figur politik baik nasional dan daerah pasca pandemi juga berpengaruh pada elektabilitas setiap kandidat.

“Pendekatan konvensional akan kalah dengan pendekatan modern. Konsistensi dalam konteks mendominasi teknologi daring untuk mengaktualisasikan diri sebagai figur dan kandidat politik akan menjadi strategi yang terbilang efektif di era pandemi Covid-19. Setiap figur tetap harus bekerja ekstra untuk meningkatkan elektabilitasnya,” pungkas Herry.

Adapun hasil survei yang dilaksanakan melalui wawancara langsung dengan mix method di 34 Provinsi Indonesia tersebut menempatkan 11 tokoh sebagai kandidat Presiden di 2024 terdiri atas 7 orang laki-laki, 3 orang perempuan dan 1 orang tidak jelas sebagai berikut :

1. Anies Baswedan 20,7 persen
2. Agus Harimurti Yudhoyono 16,9 persen
3. Ganjar Pranowo 16,5 persen
4. Prabowo Subianto 12,9 persen
5. Puan Maharani 6,2 persen
6. Sandiaga Uno 1,9 persen
7. Airlangga Hartarto 1,3 persen
8. Bambang Soesatyo 1,3 persen
9. Tri Rismaharini 0,8 persen
10. Khofifah Indar Parawansyah 0,6 persen
11. Lainnya 20,9 persen

https://persmerdeka.com/survei-cisa-...salip-prabowo/

dengan demikian maka survei jelas membuktikan bahwa Capres terkuat untuk 2024 adalah Lainnya dengan tingkat elektabilitas sebesar 20,9 persen

emoticon-Wkwkwkemoticon-Wkwkwk

Diubah oleh rs2006
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ivanind dan 9 lainnya memberi reputasi
10
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Unggul Di Survei CISA, Anies-AHY Bisa Jadi Duet Mengerikan di 2024
02-03-2021 00:14

Puan Maharani Puncaki Survei, Kangkangi Ganjar Hingga Anies Baswedan Untuk 2024

ini lain lagi emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin

Puan Maharani Puncaki Survei, Kangkangi Ganjar Hingga Anies Baswedan Untuk 2024

Laporan: Diki Trianto
Minggu, 28 Februari 2021, 22:00 WIB

Unggul Di Survei CISA, Anies-AHY Bisa Jadi Duet Mengerikan di 2024
Ketua DPR RI, Muan Maharani bersama Menteri BUMN, Erick Thohir/Net

Nama Ketua DPR RI, Puan Maharani secara mengejutkan unggul dalam survei yang digelar Citra Opini Polling Study (COPS) yang digelar 12 hingga 20 Februari 2021.

Direktur Eksekutif COPS, Ziyad Falahi mengatakan, pihaknya melakukan survei terhadap tokoh-tokoh muda yang merupakan elite petinggi partai politik dan aktivis untuk jadi pemimpin 2024. Hasilnya, nama Puan menempati puncak teratas dengan persentase 13,2 persen jika pemilu digelar hari ini.

"Nama kedua diisi Ganjar Pranowo dengan 8,2 persen dan diikuti Anies Baswedan dengan 8,1 persen," kata Ziyad Falahi dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi, Minggu (28/2).

Posisi keempat ada politisi PDIP yang kini menjabat Komisaris Independen di PT Perkebunan Nusantara (PTPN) V, Budiman Sudjatmiko dengan 7,2 persen. Sedangkan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil berada di posisi kelima dengan 6,2 persen.

Sosok Ketua Umum Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menempati posisi kelima dengan tingkat keterpilihan 5,5 persen. Di bawahnya ada Ketum PKB, Muhaimin Iskandar dengan 5,3 persen, Erick Thohir 5,2 persen, Sandiaga Uno 5,2 persen, dan kesepuluh ada Agus Jabo Priyono dengan 4,1 persen.

Nama tokoh muda selanjutnya ada aktivis Natalius Pigai dengan tingkat keterpilihan 3, 2 persen, Nadiem Makarim 2,7 persen, Gibran Rakabuming 2,7 persen, Giring Ganesha 2,4 persen, Grace Natalie 2,3 persen, Fadli Zon 2,3 persen, dan Fahri Hamzah dengan 2,1 persen.

"Untuk masyarakat yang tidak menentukan pilihannya ada 14,1 persen," demikian Ziyad Falahi.

Survei ini memiliki tingkat kepercayaan 95 persen dan margin of error kurang lebih 2,8 persen. Survei dilakukan dengan cara wawancara melalui telepon dengan total responden 1.300 warga negara Indonesia yang sudah memiliki hak pilih pada tahun 2024.

Dari jumlah tersebut, hanya 1.225 responden yang bisa diambil datanya dan terverifikasi kembali.

EDITOR: DIKI TRIANTO

SUMUR
Diubah oleh rs2006
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bontakkun dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia