News
Batal
KATEGORI
link has been copied
43
Lapor Hansip
01-03-2021 20:41

Tangani Banjir, Pemprov DKI Manfaatkan Taman untuk Buang Genangan

Tangani Banjir, Pemprov DKI Manfaatkan Taman untuk Buang Genangan

Jakarta - Pemprov DKI memanfaatkan ruang terbuka hijau (RTH) untuk penanganan banjir. Taman-taman itu akan dimanfaatkan sebagai buangan genangan air di permukiman warga.

"Jadi gini, untuk banjir ya.. kalau untuk RTH sebenarnya kami tuh memanfaatkan yang ada, memanfaatkan yang sudah kami punya. Baik itu dari pembelian maupun fasos fasum. Jadi ke depan, pengembangan di Dinas Taman itu bukan hanya membuat hijau, tapi kita mengembangkan biru. Jadi green and blue, di mana ada taman-taman kita, dibuat retention ponds maupun bay swell yang bisa tampung air, kita kerja sama dengan SDA. Bagaimana kita menciptakan ruang biru dan ruang hijau," kata Kepala Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta Suzi Marsitawati, di DPRD DKI Jakarta, Jl Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Senin (1/3/2021)

Suzi menyebut ketika hujan terjadi, maka genangan yang ada akan dibuang ke taman. RTH itu dijadikan tempat penyimpanan air.

"Memang sekarang itu taman-taman kita sudah kita banjirkan. Kalau ada hujan, kita buang (ke) taman. Perhatikan saja kalau taman kita bisa tingginya itu bisa sampai 1 meter, 80 cm, itu kita banjirin. Supaya untuk banjirkan dari pemukiman kita banjirin (ke taman), salah satu kita simpan air," jelasnya.

"Kami sudah punya master plannya dan sekarang proses Pergub sebentar lagi akan kami publish," lanjutnya.

Sejauh ini, Pemprov DKI Jakarta mengklaim telah memiliki 20 taman pengendali banjir (TPB). Taman ini memiliki kolam yang dapat menampung sekitar 75 ribu m3 air.

"Jadi kami 20 TPB kami dapat menampung sekitar 75 ribu meter kubik artinya setara 30 kolam renang ukuran olimpiade. Jadi kalau hujan, air masuk ke dalam tanah itungannya 7-8 jam dan surut dan itu kita lakukan pembersihan," ungkapnya.

Seperti diketahui, Pemprov DKI Jakarta menganggarkan dana sekitar Rp 1 triliun untuk penanganan banjir.

"Tahun ini tidak kurang dari Rp 1 triliun," ujar Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (24/2/2021).

Anggaran itu digunakan untuk program naturalisasi, normalisasi sungai, dan pembuatan sumur resapan. Selain itu, untuk pemeliharaan dan pengadaan pompa air hingga membuat sodetan. Pembebasan lahan di area sungai, kata Riza, juga menggunakan anggaran tersebut.

"Itu menjadi program yang memang terus dikerjakan setiap tahun. Anggaran setiap tahun ada pembebasan lahan. Kemarin ada, tahun ini ada," ujarnya.

https://news.detik.com/berita/d-5476...rom=wpm_nhl_24

Menarik idenya tapi ane mau liat realisasinya.
Gimana RTH menjadi little wadukemoticon-Leh Uga
Sanggupkah menahan laju air yg antri panjang masuk kedalam tanah.emoticon-Leh Uga
Diubah oleh gabener.edan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
joeco123 dan 12 lainnya memberi reputasi
11
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Tangani Banjir, Pemprov DKI Manfaatkan Taman untuk Buang Genangan
01-03-2021 22:13
Tangani Banjir, Pemprov DKI Manfaatkan Taman untuk Buang Genangan

siapa yang bikin ide sumur berdempetan gitu ?


Tangani Banjir, Pemprov DKI Manfaatkan Taman untuk Buang Genangan

diameter sumur ok.


Tangani Banjir, Pemprov DKI Manfaatkan Taman untuk Buang Genangan

jarak antar sumur ngaco.
Diubah oleh fandicamel
profile-picture
profile-picture
tepsuzot dan Lusi.perr memberi reputasi
2 0
2
profile picture
kaskus addict
02-03-2021 00:34
Seperti nya dekat2 juga tak masalah bro..intinya itu kalau buat resapan penggaliannya nya harus sampai sumber air tanah itu.. sama persis dengan mbuat sumur untuk sumber minum mandi itu..itu sdh di simulasi sumur itu di gerojok pakai air dengan disel sumur gak akan penuh..dengan catatan kontur tanah di bawah berpasir..sy lihat di metro TV mata Najwa ada wawancara pak Jokowi jaman dulu bahwa sumber banjir Jakarta itu ada 15 sungai dari hulu / Jabar yang mengalir ke Jakarta..dan masalah sungai itu kewenangan pemerintah pusat..ya umpama pembebasan lahan kiri kanan sungai itu di tanggung pemprov..itu habis berapa trilyun..tapi ya terserahlah..wong politik..
0
profile picture
kaskus addict
02-03-2021 19:12
Apa panggil pakar dari ip* dan i*b, biar ahli yang berbicara..
0
Memuat data ...
1 - 2 dari 2 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia