News
Batal
KATEGORI
link has been copied
113
Lapor Hansip
28-02-2021 23:23

BREAKING NEWS!!! Indonesia Tinggalkan Sukhoi, Beralih ke F-15

BREAKING NEWS!!! Indonesia Tinggalkan Sukhoi, Beralih ke F-15

Jakarta, CNBC Indonesia - TNI AU sempat mengumumkan soal pembelian alutsista baru jet tempur F-15 EX hingga 2024. Rencana ini dinilai lebih aman ketimbang membeli pesawat dari Rusia, seperti Sukhoi Su-35. Pasalnya, ada bayangan sanksi oleh Amerika Serikat dalam bentuk CAATSA (The Countering America's Adversaries Through Sanctions Act).

"Masalah Sukhoi Su-35 ada beberapa masalah di Rusia sendiri. Ada sanksi perdagangan internasional oleh AS atas produk militer Rusia dan itu dilakukan sejak 2016, namanya CAATSA. Sanksi yang (bisa) berimbas serius bagi Indonesia, CAATSA lahir dari ide Amerika menyikat Rusia dari persenjataan dunia,".

Sanksi itu sudah pernah menimpa pada Turki. Pada Pertengahan Desember lalu, AS Merilis sanksi tersebut karena Turki membeli sistem S-400 dari Rusia. AS beranggapan membahayakan keamanan teknologi dan personel militer AS dan menyediakan dana yang besar untuk sektor pertahanan Rusia, serta akses Rusia ke Angkatan bersenjata Turki dan industri pertahanan.

Keputusan itu mengakibatkan penangguhan Turki dan menghapus Turki dari kemitraan global F-35 Joint Strike Fighter. Keputusan itu mengirimkan sinyal yang jelas bahwa Amerika Serikat akan sepenuhnya menerapkan CAATSA Pasal 231 dan tidak akan mentolerir transaksi signifikan dengan sektor pertahanan dan intelijen Rusia.

"Mungkin ini jadi pandangan Pak Prabowo, Kemenhan atau Mabes TNI untuk tidak meneruskan pembelian Sukhoi," sebut Connie.

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto pada 2020 sempat berkeliling melakukan penjajakan untuk akuisisi alutsista ke berbagai negara termasuk jet tempur AS dan Perancis.

Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo mengatakan TNI AU mulai tahun ini hingga 2024 akan segera merealisasikan akuisisi berbagai alutsista modern secara bertahap, dua di antaranya pesawat multi-role combat aircraft, F-15 EX dan Dassault Rafale.

"Mulai tahun ini hingga tahun 2024, kita akan segera merealisasikan akuisisi berbagai alutsista modern secara bertahap. Beberapa di antara alutsista tersebut adalah pesawat multi-role combat aircraftF-15 EX dan Dassault Rafale, Radar GCI4, pesawat berkemampuan Airborne Early Warning, pesawat tanker yakni Multi Role Tanker Transport, pesawat angkut C-130 J, UCAV berkemampuan MALE dan berbagai alutsista lainnya," kata Fadjar Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Fadjar Prasetyo dalam keterangan resminya.

Jet tempur F-15EX merupakan produk dari perusahaan dirgantara, Boeing. Dilansir dari situs Boeing, F-15EX menyelesaikan penerbangan pertama pada 2 Februari 2021.

Varian modern dari F-15 ini juga mencakup kontrol penerbanganfly-by-wire, kokpit digital baru, radar AESA modern dan ADCP-II, dan diklaim beroperasi dengan komputer misi tercepat di dunia.

F-15EXmenampilkan sistem peperangan elektronik Eagle Passive/Active Warning dan Survivability System untuk meningkatkan efektivitas misi dan kemampuan bertahan bagi operator.

https://www.cnbcindonesia.com/news/2...-ini-alasannya

Setelah membaca berita ini secara utuh, ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan sekaligus ingin saya diskusikan:

1. Mengapa Indonesia harus takut oleh sanksi amerika? Emangnya amerika siapa kok ngatur ngatur negara lain kalo gak mau beli pesawatnya.

2. Apa dampak sebuah negara jika diembargo oleh amerika?

Sementara itu dulu pertanyaan dari saya untuk kita diskusikan bersama, selamat malam, salam sehat.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan 3 lainnya memberi reputasi
4
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
BREAKING NEWS!!! Indonesia Tinggalkan Sukhoi, Beralih ke F-15
01-03-2021 03:30
di dunia ini kiblat militer cuma ada 2 yaitu Amerika negara hebat & Russia ditempat ke dua.

kalau ada yg bilang cino hebat, fix otaknya di fantat tukang beol emoticon-Wkwkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jerrystreamer1 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
profile picture
kaskus addict
01-03-2021 04:09
jangan over ngeremehin juga gan
emoticon-Malu
toh buktinya semua negara dibikin ketar-ketir ama tingkah cina
0
profile picture
kaskus addict
01-03-2021 04:46
@joesatriyono Yg bikin ketar-ketir sebenarnya dongfeng nya gan, klo kualitas alutista yg lain gk bikin ketar-ketir krna bukan yg terbaik dibidangnya dan jelas byk yg lebih baik dripada made in china.
0
profile picture
kaskus addict
01-03-2021 05:24
Yg bikin pusing itu sebenernya kemampuan replikasinya plus jumlah penduduk yg over.

Inget dy g ikut perjanjian paten ya. Jd dgn spionase ambil data trus replikasi di basenya. Dapet deh militernya alat baru.
1
profile picture
kaskus geek
01-03-2021 06:57
kiblat dlm artian apa dulu neh? doktrin? taktik? strategi? atau dlm artian alutsista?
klo alutsista china byk yg akuisisi & join production emoticon-Cool
0
profile picture
kaskus holic
01-03-2021 10:51
@joesatriyono dibikin ketar ketir,ya klo jepang mau niat bikin ketar ketir tetangga2nya juga bisa,jantungan malah tetangga2nya nanti......cuma skrg lgi woles aja,coba ditoel chinaemoticon-Cape deeehh
0
profile picture
kaskus addict
01-03-2021 11:00
@amekachi @joesatriyono

JP itu puinter Pak. Ambil posisi Non Agresif, tp punya kapal induk, bomber, bahkan punya banyak trump cards. Plus dy ubah itu titik yg semula kerugian menjadi keuntungan, Yokosuka.
0
profile picture
kaskus freak
01-03-2021 12:37
Tentu saja di bidang teknologi militer, China masih kalah dari amrik dan rusia.
Tapi yang menakutkan adalah kemampuan mereka mengembangkan teknologi militer dalam waktu relatif singkat, dan mereka masih terus mengucurkan dana besar untuk itu.

Untuk saat ini, China ketinggalan. Tapi kita tak tahu bagaimana dalam 10-20 tahun ke depan.
0
profile picture
kaskus holic
01-03-2021 15:13
@utjuph @joesatriyono klo ada kejadian luar biasa ya tinggal klik......levelnya jadi agresif banzai
0
Memuat data ...
1 - 8 dari 8 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia