News
Batal
KATEGORI
link has been copied
402
Lapor Hansip
28-02-2021 07:28

PGI Surati Menag Minta Kaji Ulang Penjelasan Buku Pelajaran Islam soal Injil

[url]https://news.detik.com/berita/d-5474283/pgi-surati-menag-minta-kaji-ulang-penjelasan-buku-pelajaran-islam-soal-injil [/url]

Buku pelajaran agama Islam terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menyinggung soal kitab Injil dan Taurat. Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) menyurati Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas supaya buku itu dikaji ulang.
"Terkait dengan ini, Sekum PGI telah menyampaikan ke Menteri Agama beserta dengan copy pdf buku-buku tersebut. Oleh Menag sudah diinstruksikan ke stafnya untuk segera berkoordinasi dengan pihak Kemendikbud untuk mengkaji materi dari buku-buku ini bila ternyata masih digunakan," kata Ketua Umum PGI Pendeta Gomar Gultom dalam berita di situs PGI, dikutip detikcom pada Sabtu (27/2/2021).
[table][tr][td]Baca juga: Heboh Soal 'Ganjar Tidak Pernah Bersyukur' di Buku Agama Islam SD[/td]
[/tr]
[/table]
Gomar meminta buku itu tidak disikapi secara berlebihan. Soalnya, buku itu memang merupakan mata pelajaran agama Islam.


"Ini adalah mata pelajaran agama Islam. Dan tentu saja isinya adalah pemahaman dan ajaran Islam, termasuk mengenai agama Kristen dan Injil. Lalu bagaimana kita menanggapinya? Ya, tidak perlu ditanggapi. Tugas kita adalah memberikan informasi autentik tentang ajaran Kristen kepada murid-murid Kristen, bukan menggugat isi pengajaran agama yang lain," kata Gomar.
[table][tr][td]Baca juga: 5 Fakta Soal 'Ganjar Tidak Pernah Bersyukur' di Buku Agama Islam SD[/td]
[/tr]
[/table]
Buku itu adalah buku pelajaran 'Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti' untuk Kelas XI SMA, terbitan Kemdikbud tahun 2017.
Gomar berharap pelajaran agama di sekolah lebih mengutamakan pelajaran budi pekerti dan nilai universal dari agama. Soalnya, pelajaran agama yang dogmatis bisa menciptakan segregasi dan permusuhan. Pendidikan agama dalam bentuk dogma sebaiknya tidak dilakukan di sekolah.
"Pendidikan agama dalam bentuk ajaran/dogma sebaiknya dilakukan di ruang privat (keluarga dan rumah ibadah) dan tidak di sekolah. Ini menjadi PR Menteri Agama dan Menteri Pendidikan untuk membenahinya," kata Gomar.


profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 8 lainnya memberi reputasi
9
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
PGI Surati Menag Minta Kaji Ulang Penjelasan Buku Pelajaran Islam soal Injil
28-02-2021 10:23

Membahas agama orang paling jago, giliran agamanya dibahas orang padahal pakai acuan ayat kitab agamanya itu sendiri langsung nggak terima dan pengen membunuh.... emoticon-Embarrassment
profile-picture
profile-picture
profile-picture
speedy.buntang dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Memuat data ...
profile picture
02-03-2021 10:05
@superman313 @qavir @beelzebubz oke ane kasih tau salah satu kaidah dasar mengenai kebenaran:

"banyak bukan menunjukan kebenaran"

kok bisa gitu? oke ane kasih permisalan:

ente misal orang kristen, ente sangat meyakini bahwa agama kristenlah agama kebenaran, ente orang indonesia, dan FAKTANYA Indonesia mayoritas Islam, apakah Ente dengan senang hati menganggap bahwa Islamlah agama yang sesungguhnya yang paling benar di Indonesia karena jumlahnya paling banyak (mayoritas)??
0
profile picture
kaskus addict
02-03-2021 10:25
@penasihatnegeri @superman313 @qavir jadi maksud lu bnyk muslim yg tersesat karna mengikuti mereka?lgsg to the point aj ya, biar jelas, biar gk ad yang mengasumsikan jawaban lu yg bikin ambigu
0
profile picture
02-03-2021 10:48
@superman313 @qavir @beelzebubz bnyk muslim yg tersesat karna mengikuti mereka? gw jawab dengan gamblang: IYA... bagaimana kok bisa, apa penyimpangan mereka, itu ada pembahasannya lebih panjang,

namun akarnya adalah begini:
saat ada ulama, dai, habib atau yang mengaku tokoh agama islam namun mereka dalam memahami agamanya Alquran dan Alhadist tidak sesuai (meyinpang) dengan pemahaman para salafusholleh (para salaf yang sholeh atau dapat dikatakan 3 generasi terbaik islam yakni Generasi Sahabat, Tabi'in, Tabiut Tabi'in) maka mereka sejatinya adalah penyeru kesesatan...

mungkin ente baru denger pernyataan ini, tapi sebagai informasi, dari jaman Nabi Muhammad masih hidup, ulama-ulama macem ini sudah diperingatkan akan keberadaannya, sebagaimana yang dijelaskan dalam hadist berikut:

Hudzaifah bin Yaman Radhiyallahu anhu berkata:

Dahulu orang-orang bertanya kepada Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam tentang kebaikan, sedangkan aku bertanya kepada Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam tentang keburukan karena khawatir keburukan itu akan menimpaku.
Aku bertanya,
“Wahai Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam ! Dahulu kita berada dalam kondisi jahiliyah dan keburukan, lalu Allâh Azza wa Jalla mendatangkan kebaikan (Islam) ini, apakah setelah kebaikan ini akan ada keburukan (lagi)?”
Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab,
‘Ya.’
Aku bertanya lagi, ‘
Apakah setelah keburukan itu akan datang kebaikan (lagi)?’
Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab,
“Ya, akan tetapi di dalamnya ada dakhan (kabut atau asap),”
Aku bertanya lagi, ‘
Apakah gerangan dakhan itu?’
Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab,
‘Suatu kaum yang memberi petunjuk dengan selain petunjukku, engkau mengenal beberapa diantaranya dan engkau akan mengingkarinya,”
Aku bertanya lagi,
Apakah setelah kebaikan itu akan ada keburukan (lagi)?’ Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab,
Ya, ada para da’i yang mengajak ke pintu neraka Jahanam. Barangsiapa yang mengikutinya, maka ia akan dicampakkan ke dalam neraka.”
Aku berkata,
‘Wahai Rasûlullâh! Jelaskan ciri-ciri mereka kepada kami!’
Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan,
‘Mereka memiliki warna kulit seperti kita dan berbicara denga bahasa kita.’

Aku bertanya lagi, ‘
Apa yang engkau perintahkan kepadaku jika aku menemuinya?’
Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab,
“Berpegang teguhlah pada jama’ah kaum Muslimin dan pemimpinnya.”
Aku bertanya,
‘Bagaimana jika kaum Muslimin tidak memiliki jama’ah maupun imam?’
Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab,
“Tinggalkanlah semua firqah (kelompok) itu, walaupun dengan menggigit pokok pohon hingga maut menjemputmu sedangkan dirimu dalam keadaan seperti itu.

HR. Al-Bukhâri, no. 3606
0
profile picture
kaskus addict
02-03-2021 10:52
@penasihatnegeri @superman313 @qavir wow baru pertama kali ad yg mengakui klo bnyk muslim tersesat, kirain bakal denial lg. Yah bagus sih klo lu sadar
0
profile picture
02-03-2021 11:01
@superman313 @qavir @beelzebubz lah orang-orang yang dianggap tersesat dalam setiap agama mah ya ada ajalah, dan kenapa harus denial?

yang harus dijelaskan ya seperti ini, dan gw belum pernah liat di kaskus ada yang menyampaikan begini, para "dai-dai" kaskus yang ada dalam pembelaannya hanya berdasarkan hawa nafsu dan emosi semata yang mebuat jadi blunder sendiri.. dan dalam pembelaan mereka juga cenderung bukan ke Islamnya si yang dibela tapi tokoh, ormas dan lainnya... silahkan perhatiin aja..

apakah tu adalah kelemahan kaum muslimin, jawabannya IYA, mereka beragama bukan kepada hal yang gw sebut diatas, tapi hanya kepada ASUMSI, PENOKOHAN secara Buta, dan TEORI-TEORI yang diluar ajaran agama Islam..

pada akhirnya apa, ya kenyataan (FAKTA) yang sekarang dilihat, bagaimana ISLAM dipandang dunia: TERORIS, GOROK LEHER, BOM BUNDIR dan lainnya, ditambah lagi berita-berita dari media mainstream yang semakin menggambarkan ISLAM dengan citranya yang buruk..

0
profile picture
kaskus addict
02-03-2021 11:31
@penasihatnegeri @superman313 @qavir memang bnyk jg dr ajaran lain yg tersesat. Tp yang di lihat itu perbedaan se ekstrim apa mereka tersesat. Pengikut Kristen buddha konghucu walaupun mereka tersesat, mereka gk akan membuat kelompok untuk membunuh kelompok lain kayak isis
0
profile picture
02-03-2021 12:35
@superman313 @qavir @beelzebubz "Pengikut Kristen buddha konghucu walaupun mereka tersesat, mereka gk akan membuat kelompok untuk membunuh kelompok lain kayak isis , , , , " begitukah FAKTANYA? kalau ane boleh tafsirkan dari pernyataan diatas bahwa yang berbahaya itu hanya orang-orang yang tersesat dari ISLAM dan gara-gara ada ajaran ISLAMlah orang-orang tersesat tersebut buat kerusakan... maka ini seperti orang Indonesia yang dipandang buruk oleh orang luar, dan orang luar tersebut menuduh PANCASILA sebagai biang keladinya....

sayang ya dari apa yang udah ane jelasin, dibelokinnya jadi begitu,

ane ga berharap apa yang sudah ane jelaskan baik-baik itu diterima atau engga, tugas ane hanya menyampaikan. semua kembali kepada kedewasaan berpikir dan kelapangan hati untuk menerima kebenaran. hidayah ditangan Tuhan gan.

ane ga mau nanggepin PENRYATAAN agan di atas lebih jauh, silahkan agan perdalam sendiri apa yang sudah agan ucapkan.

ane masih terbuka untuk segala pertanyaan yang selama ini ada di benak netizen kaskus tentang ISLAM, tapi ingat memang BERTANYA, bukan buat statement tuduhan...

sayang ane liat kaskus belakangan isinya kalau ga bantahan ngaco dari kaskuser islam ya ocehan salah fokus dari kaskuser non islam...
0
profile picture
kaskus addict
02-03-2021 18:26
@penasihatnegeri @superman313 @qavir "Pengikut Kristen buddha konghucu walaupun mereka tersesat, mereka gk akan membuat kelompok untuk membunuh kelompok lain kayak isis , , , , " begitukah FAKTANYA? kalau ane boleh tafsirkan dari pernyataan diatas bahwa yang berbahaya itu hanya orang-orang yang tersesat dari ISLAM dan gara-gara ada ajaran ISLAMlah orang-orang tersesat tersebut buat kerusakan... maka ini seperti orang Indonesia yang dipandang buruk oleh orang luar, dan orang luar tersebut menuduh PANCASILA sebagai biang keladinya....

Memang fakta kan?

Gk ada tuh kelompok radikal kristen atau buddhist atau hindu yang membunuh/mengancam dengan membela agama. Apakah pernyataan itu salah? Bahkan saat terjadi pemenggalan d prancis, bnyk yang mendukung si pemenggal. Katanya "dia pantas d penggal karna menghina agama kami". Klo agama lain d hina, akan kah terjadi pembunuhan? Tentu tidak
0
profile picture
02-03-2021 18:47
@superman313 @qavir @beelzebubz

"Gk ada tuh kelompok radikal kristen atau buddhist atau hindu yang membunuh/mengancam dengan membela agama"

Hehehe... kirain agan pinter, atau minimal bacaannya udah banyak, ga taunyaaaa...
0
profile picture
kaskus addict
02-03-2021 18:49
@penasihatnegeri @superman313 @qavir wkwkwkwk coba deh bandingin sama ajaran lu ya, radikal" nya, kirain lu pinter, ternyata eh ternyata masih denial
0
profile picture
02-03-2021 20:05
@superman313 @qavir @beelzebubz denial dari mana? coba tunjukinkalimat ane yang denial bahwa diislam itu ada yang sesat atau radikal? coba gan Copy paste, mana kalimat ane yg denial?

Oke jawab pertanyaan ane

Agama Kristen, ga usah jauh-jauh, di Indonesia aja sob..
coba sejarahnya Agama Kristen masuk Indonesia dan penyebarannya seperti apa, ingat baca yang lengkap ya gan hehehe

gold, glory, dan gospel

0
profile picture
02-03-2021 20:07
@superman313 @qavir @beelzebubz kenapa setiap diskusi gini pada demen pake "wkwkwkwkwkwk" dan biasanya si disaat-saat gatau mau jawab apa lagi...

emang kalo udah pake wkwkwkwkwk jadi keliatan ebih pinter gan?
0
profile picture
02-03-2021 20:09
@superman313 @qavir @beelzebubz "coba deh bandingin sama ajaran lu ya" tunjukin mana ayat dari alquran atau dari perkataan nabi (hadist) ,, yang menunjukan bahwa Islam mengajarkan Radikalisme... tunjukan gan, baru ketawa wkwkwkwk lagi, jangan asal wkwkwkwk aja gan
0
profile picture
kaskus addict
02-03-2021 20:18
@penasihatnegeri @superman313 @qavir bahas masa lalu? Ngapain, memang dlu smua ajaran barbar gk bs d pungkiri. Yg kita bahas itu zaman skrg. Nunjukin radikalisme d ayat lu? Mana gw tau, emang gw peduli? Tp dr kelakuan kaum lu ya barbar sampai skrg, fakta lho ini. Mw mengakui atau gk ya terserah WKWKWKWKWKWK
0
profile picture
kaskus addict
05-03-2021 00:32
Menarik...

Menurut agan penasihatnegri, apa kebaikan dr ajaran muslim?.
Dan apa kebaikan dr ajaran kristen menurut pandangan agan
0
profile picture
05-03-2021 07:19
@nowabell Pertanyaan yang bagus gan..

karena ane Muslim maka akan ane jawab untuk Islam seluruh ajarannya adalah Kebaikan tanpa terkecuali. sekali lagi tanpa terkecuali.

tentunya pernyataan ane di atas didasari dari segala ilmu yang ane dapatkan selama ini, adapun ada yang membantah (pastinya) itu hal lain yang bisa didiskusikan dan perlu dibuktikan juga bantahannya apakah dapat diterima atau tidak, yang tentu perlu dikaji lebih lanjut... disini ane menjawab pertanyaan agan secara umum dulu

dan untuk ajaran kristen, maka akan ane jawab secara umum (tidak hanya untuk agama kristen saja), pasti ada kebaikan, apa saja itu, ya pastinya ane kurang pantas menjawab, silahkan umat kristen yang menjawab, tapi kalau ditanya apakah ada kebaikan maka ane jawab PASTI... tidak hanya agama, bahkan kepercayaan-kepercayaan semua pasti ada kebaikan, kalau isinya full keburukan, maka secara fitrah manusia agama/kepercayaan tersebut pasti sudah ditinggalkan atau tidak ada penganutnya sama sekali...

Nah, kalau boleh ane tambahkan lagi pertanyaannya, seperti: manakah agama yang paling benar, maka akan ane jawab ISLAM,

agama yang lainnya gimana? tentu sebagai Muslim ane akan menjawab yang lain salah...

nah poin inilah yang sering dipermasalahkan kan? hehe .. padahal secara logika, bahwa setiap pemeluk agama itu wajib meyakini agamanyalah satu-satunya yang paling benar ,.

kenapa begitu, oke katakanlah ada umat kristen yang bilang, Budha Benar, Hindu Benar, Islam Benar... kenapa dia ga pilih agama lain aja, toh semuanya Benar, atau mungkin setiap minggu bisa pindah agama, atau malah ga usa beragama aja biar ga repot ibadah, toh yang tadi itu, semua benar kok... hehehe

jadi kembali lagi kalau dari ane, wajib setiap pemeluk agama itu hanya meyakini agamanyalah yang paling benar dan semua salah...

lalu apakah dengan keyakinan tersebut yang membuat kita tidak bisa rukun, maka kalau dari ajaran Islam hal tersebut tidak ada kaitannya, malah kami diajari untuk berbuat baik kepada non muslim juga, tapi memang dengan berbagai batasannya..

ah masa si... hehe pasti itu yang ada dipikiran agan mungkin,
ya itulah yang harus didalami, secara singkat ane katakan muslim saat ini, terkhusus di Indonesia, termasuk tokoh-tokoh yang terkenal dari berbagai kalangan dan ormas dan dengan gelar-gelarnya, mereka kebanyakan telah meninggalkan banyak ajaran-ajaran islam dan menggantinya dengan "Perasaaan", "Hawa Nafsu", "Penokohan Buta (apapun yg dikatakan/dilakukan junjungannya selalu benar)"..

sehingga yah begitulah..

0
profile picture
kaskus addict
05-03-2021 07:41
Jawaban yg luar biasa.

"kembali lagi kalau dari ane, wajib setiap pemeluk agama itu hanya meyakini agamanyalah yang paling benar dan semua salah...'
Prnyataan ini yg bikin jurang pemisah umat manusia, kristen n islam sama2 pegang teguh sama konsep ini, dluar apa yg kita yakini adalah salah.

Kita adalah produk doktrin dr ajaran yg... Mnurut gw blm tentu benar.

Tp menarik memang, kalo smua agama mengajarkaj berbuat baik kpada umat lain, seharusnya kita bs lebih rukun. Dan muslim butuh org2 kaya agan, agar ajaran yg mjurut agan aslinya soerti situ ga disalahgunakan smntokoh2 n ormas2 yg agan maksud emoticon-Smilie
0
profile picture
05-03-2021 08:44
@nowabell izin menambahkan, mengenai agama islam, ane tidak malu mengatakan bahwa ajarannya adalah bersifat dogmatis, apa yang diajarkan bila sudah bersumber dari sumber yang jelas: Alquran, Hadist yang shahih (tidak palsu), Penjelasan sesuai dengan pemahaman 3 generasi terbaik dan ijtima' (kesepakatan) para ulama yang sebenarnya (bukan macem ijtima-ijtimaan yang berjilid-jilid itu ya hehe) maka kami dengan yakin harus mengatakan, "Kami Dengar, dan Kami Taat"

oke mungkin akan terlihatnya seperti terkekang, ya bisa dikatakan begitu, tapi pengekangan/pembatasan oleh suatu aturan tidak melulu berkonotasi negatif kan..

apalagi bila aturan itu datangnya dari Tuhan sang Pencipta Seluruh alam yang maha mengetahui bahkan jumlah pasir diseluruh pantai, atau berapa helai dau yang jatuh didalam hutan yang sepi...

ya boleh saja kita sebagai makhluk berakal, akan ragu dan berpikir kritis untuk selalu mencari tahu apakah yang dikatakan benar itu memang benar, dan ane pribadipun dengan sangat yakin bila ditemukan ada ajaran ISLAM yang salah walaupun hanya 0,0001% dari seluruh ajarannya, maka ane akan keluar dari ISLAM tanpa ragu..

maka atas keraguan itu Allah melalui Alquran telah lama membuat tantangan yang sampai saat ini belum ada yang bisa menyanggupinya:

“Kalau sekiranya al-Qur`ân itu bukan dari sisi Allah, tentulah mereka mendapat pertentangan yang banyak di dalamnya. (An-Nisaa’:82)

Tidaklah mungkin al-Qur’ân ini dibuat oleh selain Allâh ; akan tetapi (al-Qur’ân itu) membenarkan Kitab-Kitab yang sebelumnya dan menjelaskan hukum-hukum yang telah ditetapkannya, tidak ada keraguan di dalamnya, (diturunkan) dari Rabb semesta alam. Atau (patutkah) mereka mengatakan, “Muhammad membuat-buatnya.” Katakanlah, “(Kalau benar yang kamu katakan itu), maka cobalah datangkan sebuah surat semisalnya dan panggillah siapa-siapa yang dapat kamu panggil (untuk membuatnya) selain Allah, jika kamu orang yang benar.” (Yunus : 37- 38)

Jika kamu (tetap) dalam keraguan tentang al-Qur’ân yang Kami wahyukan kepada hamba Kami (Muhammad), buatlah satu surat (saja) yang semisal al-Qur’ân itu dan ajaklah penolong-penolongmu selain Allâh, jika kamu orang-orang yang benar. Maka jika kamu tidak dapat membuat(nya), dan pasti kamu tidak akan dapat membuat(nya), peliharalah dirimu dari neraka yang bahan bakarnya manusia dan batu, (neraka itu) telah disediakan bagi orang-orang kafir. (Al-Baqarah: 23-24)

Katakanlah, “Sesungguhnya jika manusia dan jin berkumpul untuk membuat yang serupa al-Qur’ân ini, niscaya mereka tidak akan dapat membuat yang serupa dengan dia, sekalipun sebagian mereka menjadi pembantu bagi sebagian yang lain. (Al-Israa:88)

Bahkan mereka mengatakan, “Muhammad telah membuat-buat al-Qur’ân itu!” Katakanlah, “(Kalau demikian), maka datangkanlah sepuluh surat yang dibuat yang menyamainya, dan panggillah orang-orang yang kamu sanggup (memanggilnya) selain Allâh, jika kamu memang orang-orang yang benar”. Jika mereka (yang kamu seru itu) tidak menerima seruanmu (ajakanmu) itu, maka ketahuilah, sesungguhnya al-Qur’ân itu diturunkan dengan ilmu Allâh, dan bahwasanya tidak ada Tuhan yang haq selain Dia, maka maukah kamu berserah diri (kepada Allah)? (Hud:13-14)
0
profile picture
kaskus addict
05-03-2021 10:32
Ajaran dogmatis, sperti islam n kristen misalnya, umat harus menerima itu sbagai sbuah kebenaran.

Apalagi dtg dr tuhan yg agan bilang maha tahu dll. Disisi lain, akall dan logika jg ciptaanya dgn mggunakan rumusan yg sama. Mohon maaf, dgn ajaran sperti itu , dtambah konsep reward n punishment, misal kluar dr ajaran x... Maka akan mendapat xxx... Umat semakin tidak kritis, ruang akal n logika dipersempit.

Jd u adalah produk sukses agama u, thats good. Be proud bro emoticon-Smilie
0
Memuat data ...
21 - 39 dari 39 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia