Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
136
Lapor Hansip
28-02-2021 05:53

Cara Menjadi Peternak Kambing Tanpa Harus Cari Rumput dan Bau Prengus! Emang Bisa?

Cara Menjadi Peternak Kambing Tanpa Harus Cari Rumput dan Bau Prengus! Emang Bisa?

Pengen jadi peternak kambing tapi malas cari rumput dan bersihin kandang?
Begini caranya GanSis!


Hallo, selamat pagi Agan dan Sista yang berbahagia.
Jumpa lagi dengan masnukho dengan thread terbaru, informatif dan pastinya menginspirasi!

Bagaimana, apakah Agan dan Sista sudah siap untuk mencatat informasi dan ilmu baru hari ini?

Oke, tidak perlu panjang lebar, kali ini ane akan membahas tentang bagaimana caranya jika kita ingin menjadi seorang peternak kambing tapi kita sibuk atau tidak memiliki banyak waktu untuk merawat kambing.
Apakah bisa orang yang tidak memiliki pengalaman untuk menjadi seorang peternak memutuskan untuk beternak?

Mari kita kupas tuntas permasalahan ini bersama-sama GanSis!


Cara Menjadi Peternak Kambing Tanpa Harus Cari Rumput dan Bau Prengus! Emang Bisa?


Peternak, adalah orang yang memperkembangbiakan hewan baik itu hewan mamalia, unggas, ikan atau hewan ternak lainnya dengan tujuan memperbanyak hewan ternak untuk mendapatkan hasil dari hewan-hewan tersebut.
Adapun hasil ternak sendiri bisa berupa daging, susu, bulu, kotoran atau juga telur!

Jika kita membahas tentang beternak, bisa jadi Agan dan Sista berpikir bahwa kita harus selalu berjibaku dengan hewan-hewan ternak yang kita pelihara.
Dan pasti jika ada pemikiran seperti itu, maka akan muncul pula pemikiran bahwa orang yang memiliki banyak kesibukan maka tidak dapat menjadi seorang peternak!

Sebenarnya pemikiran tersebut tidak sepenuhnya benar GanSis!
Memang untuk menjadi peternak kita harus berhubungan dengan hewan ternak.
Tapi untuk pandangan orang sibuk tidak dapat beternak, itu sangat salah.
Sebab di era modern seperti sekarang, kita dapat menggunakan jasa orang lain untuk membantu kita dalam beternak!


Cara Menjadi Peternak Kambing Tanpa Harus Cari Rumput dan Bau Prengus! Emang Bisa?


Cara beternak dengan kerjasama dengan orang yang memang sudah ahli dalam mengurus hewan ternak ini biasa disebut dengan sistem "Menggaduh".
Menggaduh adalah mempekerjakan seseorang yang ahli dalam peternakan dengan sistem bagi hasil!

Cara ini menjadi solusi bagi Agan dan Sista yang mungkin ingin beternak baik itu kambing, sapi, kuda atau hewan ternak yang lain, tapi tidak memiliki banyak waktu dan ilmu perawatan hewan ternak.

Ane pun juga menggunakan cara ini GanSis dalam beternak kambing.
Sebab ane tidak mempunyai ilmu tentang merawat kambing dan sedikit kurang waktu untuk memelihara kambing serta mencarikan pakannya!

Dapat dikatakan dengan cara menggaduhkan kambing ini, kita dapat dipermudah untuk menjadi seorang peternak tanpa harus setiap hari berjibaku dengan merawat dan mencari pakan untuk kambing GanSis
.

Cara Menjadi Peternak Kambing Tanpa Harus Cari Rumput dan Bau Prengus! Emang Bisa?


Nah, lalu apa saja sih GanSis yang harus dipersiapkan jika kita ingin menggaduhkanhewan ternak kita pada orang lain?


Pertama, sebelum kita memutuskan untuk menggaduhkan kambing kepada orang lain, maka kita harus menentukan sistem bagi hasil.
Untuk bagi hasil, ane menggunakan sistem bagi anak kambing dan bagi laba penjualan.
Bagi anak kambing biasanya digunakan untuk pembagian hasil hewan ternak betina yang dipelihara sejak kecil hingga hamil dan beranak di dalam pengawasan orang yang menggaduh.
Adapun pembagiannya, jika beranak dua ekor kambing, maka satu untuk pemelihara dan satu untuk ane.
Jika hanya beranak satu, maka akan dijual setelah dewasa dan hasilnya dibagi dua!

Sedangkan untuk bagi laba, yaitu hasil dari penjualan ternak dipotong modal dan labanya dibagi dua. Satu bagian untuk pemelihara kambing dan satu bagian untuk pemilik kambing!

Ke dua, membuat kandang.
Untuk pembuatan kandang, adalah kewajiban pemilik kambing.
Biasanya kandang akan didirikan di dekat rumah pemelihara kambing atau dicarikan tanah khusus untuk merawat kambing.

Ke tiga, pembelian indukan dan pejantan kambing ternak.
Pembelian kambing tentu saja dilakukan oleh peternak ya GanSis, namun dengan sepengetahuan pemeliharaan atau penggaduh kambing.
Tujuannya yaitu agar ke dua belah pihak saling tahu keadaan kambing dan harga modal pembelian kambing GanSis!

Ke empat, perawatan.
Perawatan kambing di sini bisa berupa mencarikan pakan, membersihkan kandang, merawat kambing dll.
Aktifitas dan kegiatan ini adalah tanggung jawab orang yang menggaduh.
Namun jika ada kambing yang sakit, maka mengobatkan kambing adalah kewajiban pemilik ternak!


Tentu saja ke empat cara di atas tidak hanya dapat digunakan untuk beternak kambing ya GanSis, melainkan juga dapat digunakan untuk ternak-ternak yang lain.


Cara Menjadi Peternak Kambing Tanpa Harus Cari Rumput dan Bau Prengus! Emang Bisa?


Bagaimana GanSis, masih sangat masuk akal bukan jika berkeinginan untuk menjadi beternak tapi tidak mempunyai banyak waktu dan ilmu!
Di era modern seperti sekarang mah semua hal dapat dilakukan dengan lebih mudah GanSis. Kita dapat melakukan kerja sama dengan orang yang paham degan bidang yang ingin kita geluti dan panen hasilnya!

Tapi ingat, sebelum kita melakukan kerja sama dengan orang lain, pastikan kita benar-benar kenal dekat dengan orang tersebut dan paham bagaimana sepak terjangnya.
Jangan sampai karena kecerobohan kita, lantas menjadi korban orang-orang yang hanya ingin mencari untung dengan cara menipu orang lain ya GanSis!

Oke, itulah tadi tips dan cara ane untuk menjadi peternak tanpa harus cari rumput dan bau prengus.
Mudah-mudahan bermanfaat buat kita semua, dan sampai jumpa di thread ane yang lain.


Cara Menjadi Peternak Kambing Tanpa Harus Cari Rumput dan Bau Prengus! Emang Bisa?


Penulis: @masnukho©2021
Narasi: Pengalaman pribadi
Sumber gambar: Dokumen pribadi
Diubah oleh masnukho
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ilafit dan 29 lainnya memberi reputasi
30
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Cara Menjadi Peternak Kambing Tanpa Harus Cari Rumput dan Bau Prengus! Emang Bisa?
28-02-2021 08:27
Dulu bapak aku juga pernah pake sistem menggaduh gini juga.. tapi buat sapii sii
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
profile picture
Aktivis Reg. Lampung
28-02-2021 08:30
Iya, sapi juga bisa mbak
Asal bener-bener yang digaduhin bisa dipercaya ya
1
profile picture
kaskus maniac
28-02-2021 08:38
@masnukho iyaa sih.. pernah yg orang pertama juga agak kurang bisa dipercaya, dan akhirnya gantii orang
1
profile picture
Aktivis Reg. Lampung
28-02-2021 08:40
@anns123 emoticon-Matabelo harus itu
Biasanya ada yang nipu soalnya. Anak lahir dua bilangnya satu
1
profile picture
kaskus maniac
28-02-2021 08:48
@masnukho pernah juga sapinya mati dong...
Lah rugi bandar😢
1
profile picture
Aktivis Reg. Lampung
28-02-2021 08:49
@anns123 nah itu, kan yang rugi yang punya
1
profile picture
kaskus maniac
28-02-2021 08:50
@masnukho makanya ganti orang. Masalahnya bukan sekali kejadian pula
1
profile picture
Aktivis Reg. Lampung
28-02-2021 08:52
@anns123 sering-sering cek ke yang pelihara sis, biar dikata juragan sangar atau apa, yang penting gak rugi
1
profile picture
kaskus maniac
28-02-2021 08:53
@masnukho jadi dulu tuh, ga bisa mantau terus gitu loh.. karena jauh. Jadi bapak aku menggaduhnya di desanya bapak aku. Semantara bapak akunya merantau🙃
1
profile picture
Aktivis Reg. Lampung
28-02-2021 10:24
@anns123 emoticon-Matabelo owalah gitu ya sis
Kalau ditinggal jauh mending digaduh ke saudara yang dipercaya Sis
1
profile picture
kaskus maniac
28-02-2021 10:30
@masnukho iyaa sih.. makanya belajar banyak dari kejadian ituu
1
profile picture
Aktivis Reg. Lampung
28-02-2021 10:32
@anns123 sekarang masih pelihara Sis?
1
profile picture
kaskus maniac
28-02-2021 12:56
@masnukho sayangnya udah engga
1
profile picture
Aktivis Reg. Lampung
28-02-2021 14:38
@anns123 owh iya, mending enggak sih dari oada nanti dirugikan sama yang melihara
0
profile picture
kaskus maniac
21-03-2021 18:31
@masnukho iyaa.. makanya berenti juga, dipikir pikir udh rugi :")
0
Memuat data ...
1 - 14 dari 14 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia