Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
389
Lapor Hansip
24-02-2021 11:24

Apakah Jogja Masih Nyaman Di Hati?

Apakah Jogja Masih Nyaman Di Hati?

Yogyakarta atau dikenal sebagai Jogja ini memang memberikan kesan tersendiri bagi para pelajar yang ingin melanjutkan studi di perguruan tinggi. Di samping dengan keistimewaan dengan kesultanannya, ada beberapa yang cerita samping dibaliknya. Apa saja yang menjadi yang ane ingin mengangkat sekali pembahasan ini , langsung saja..


Quote:
Apakah Jogja Masih Nyaman Di Hati?

1.  Terkenal dengan kasus klitih dan intoleransi

Ini mengapa kasus ini terjadi di saat citra masyarakat mengenal jogja sebagai salah satu tempat yang nyaman dikunjungi. Namun adakalanya kita lihat sejenak betapa adanya kasus tersebut menyeret citranya seperti pengrusakan kuburan kristiani dan pembubaran upacara adat yang dilakukan oleh sekelompok oknum yang mengatasnamakan agama mayor, klitih di jalanan pada malam hari yang menyebabkan viral beberapa waktu lalu. Amat disayang ketika saat itu malah sultan membiarkan hal tersebut dengan sewajarnya.


Quote:
Apakah Jogja Masih Nyaman Di Hati?

sumber: smol.id

2. Kisruh Internal Keraton

Entah kenapa dibalik itu, ada sekali kisruh yang mewarnai keluarga kerajaan tersebut terutama hal itu menjadi viral terutama Sabda Raja yang menyangkut reputasi sang raja. Apa lagi yang lagi hangat terutama pemecatan yang dilakukan kepada ke dua adik dari yang mana menjadi gubernur daerah istimewa yakni sultan Hamengku Bawono X.


Quote:
Apakah Jogja Masih Nyaman Di Hati?

sumber: ayoyogya.com

3. Terkenal Kemiskinan 

Beranjak dari sumber data-data yang diambil bahwa persentase penduduk miskin berkisar 12,8% dengan urutan ke-11 dari provinsi termiskin di Indonesia. Walaupun tidak parah dibandingkan dengan provinsi termiskin lain, ini miris sekali ketika kejomplangan daerah yang kental dengan kebudayaan dan kepariwisataannya harus dirundung tersebut.


Quote:
Apakah Jogja Masih Nyaman Di Hati?

sumber: environment-indonesia.com

4. Kebisingan yang melanda saat ini

Kalau anggapan dulu bahwa jogja berhati nyaman memang benar sekali perkataan itu, akan tetapi tidak saatnya relavan dengan kondisi saat ini diantaranya bising motor balap dan suara toa masjid yang menggangu sekali ketenteraman.


Quote:
5. Adanya Pengaruh Pendatang maupun hal-hal berbau dari luar

Terlepas dari itu semua, para pendatang turut juga merusak tatanan kehidupan yang asri termasuk adanya pengaruh dari kebiasaan dan ideologinya maupun orang pribuminya malah ikut-ikutan berbau dari luar. Sangat disesali ketika orang-orang asli yang penuh kekaleman ketika negara api menyerang maka hal yang normal tersebut berubah seketika.


Sampai disini dulu pembahasannya, semoga membuka wawasan para kaskuser agar bisa membuka untuk mendiskusikan secara mendalam

emoticon-Jempolemoticon-Jempol

Sumber:

-Hasil dan Pemikiran TS

Referensi:




Diubah oleh goal481
profile-picture
profile-picture
profile-picture
corobikang dan 31 lainnya memberi reputasi
28
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Apakah Jogja Masih Nyaman Di Hati?
24-02-2021 19:11
Jogja nyaman itu tinggal kenangan.
Sejak di kuasai HTI, guyup jogja hilabg.
Sejak Thn 2000 an sdh hilang.

Beruntung ane msh ngalami guyup jogja era 1980-1990akhir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
profile picture
kaskus addict
25-02-2021 05:21
Enak kalau dulu ada programnya malah tapi semenjak ada tren hijrah kayaknya semakin berubah yah..
1
profile picture
kaskus addict
25-02-2021 05:30
@goal481
Masalah hijrah sih ane kagak urus gan. Sebodo amat.

Yg ane amati tuh, jogja yg dulu semua penuh toleransi.
Semua bs melakukan pertemuan buat melakukan pengajian di rumah2 penganut agama msg2.
Yg muslim bs adain tahlilan, pengajian dsb
Yg katolik bs adain rosario, latihan koor
Yg kristen bs adain persekutuan doa
Yg hindu
Yg budha

Cb aja sekarang semua kudu pake acara urus rt rw n ijin tetangga kanan kiri bahkan yg pingiran kudu ke kades
3
profile picture
kaskus addict
25-02-2021 06:17
@sutarjo65

jadi semakin ke sini ruwet dan menjelimet yah
0
profile picture
kaskus maniac
25-02-2021 21:26
@sutarjo65 @goal481 btw semenjak ribet2 gitu sampe ijin rt rw segala apa semenjak abis pilpres 2014? Atau udh lama gan?emoticon-Bingung
1
profile picture
kaskus addict
25-02-2021 21:46
@azn1234 @goal481
Setahu ane sih sejak 2005 an keatas ya.
Ane dpt infonya dr junior2 yg msh disana. Ane udh out dr jogja thn 2000an.

Padahal waktu ane kuliah dulu, paling2 ksh tau tetangga kiri kanan doang kalau ntar malam ada acara doa..
Malah jika kegiatannya emang rada rutin misal latihan koor, tetangga yg malah ngingetin.. ntar malam ada latihan koor lagi ya pak/bu?
Jd toleransinya bener2 hidup.
Begitu jg dng agama2 lain..


Di thn 1980 s.d 2000an sumber intoleransi itu LDII, lha wong sesama muslim aja sering terisnggung ama ulah mereka..
Shalat di masjid mereka, waktu keluar dr masjid mereka, org2 msh bs lihat jemaah LDII lsg ngepel masjid mereka di tempat yg habis dipakai oleh org2 di luar jemaah mereka.

Namun ternyata setelah PKS n HTI ber anak pinak disana lbh parah lagi drpd mereka
4
profile picture
kaskus maniac
25-02-2021 21:55
@sutarjo65 @goal481

"Shalat di masjid mereka, waktu keluar dr masjid mereka, org2 msh bs lihat jemaah LDII lsg ngepel masjid mereka di tempat yg habis dipakai oleh org2 di luar jemaah mereka"

berarti cerita ttg LDII emg bukan hanya mitos/fitnah aja ya.. ada benernya.. btw skrg emg masih ada ga sih LDII atau yg kaya gitu? (Selalu ngepell bekas jamaah shalat di luar LDII)emoticon-Bingung

Btw ga hanya di jogja aja loh LDII ini.. di Bogor banyak. Palagi masjid di I*B rumornya jg kaya gituemoticon-Bingung
3
profile picture
25-02-2021 22:13
bukan HTI gan. HTI cuma seupil di jogja. fanatisme beragama bukan cuma di jogja kok. hampir semua kota besar di jawa sekarang sudah "hijrah". tapi yg penting sarkem tetap buka gan. mau ramadhan, mau pandemi tetap buka
2
profile picture
kaskus addict
25-02-2021 22:15
@ksatriaplastic
Ra ngurus sarkem.

Ra tau sobo nyang kono.
0
profile picture
kaskus addict
25-02-2021 22:23
@ksatriaplastic
Iku nek jare awakmu..
Liat aja daftar aktivis HTI yg dulu sempat beredar..
Dosen2 UGM berapa banyak?
Dosen2 swasta yg notabene ber kiblat ke UGM belum kehitung lho..

Blm lagi lingkaran dalem kasultanan yg HTI berapa banyak?
Bahkan ane yg sekarang ada di banyumas, aktivis2 PKS disini waktu 2014 n 2019 sdh PD banget mau gerakin Sri Sultan buat gulingin JKW.
Alesannya Sri Sultan udh bulat bergabung ke HTI, menentang JKW jd presiden.

Tuh aktivis kagak tau kalo ane pernah di Jogja..
1
profile picture
kaskus maniac
25-02-2021 22:29
saya masih belum pernah menyaksikan dan mengerti apa itu guyup jogja, karena baru tahun 2005 saya pertama kali ke jogja, kira-kira seperti apa bang guyup jogja?
0
profile picture
kaskus addict
25-02-2021 22:58
@lpfd.reboisasi
Apakah tinggal di jogjanya lama?
Kalau sdh ane ngak perlu jawab.. cukup kupas kata guyub maka anda akan paham.
Adalah aneh tinggal lama di Jogja ngak paham arti guyub dlm bhs jawa.

Guyub 10thn ini sdg di galakan olh Jateng lwt Ganjar.. Roh budaya dan tradisi jawa ya Guyub. Makna guyub itu rukun,kekeluargaan,persaudaraan, Tenggang rasa, tepo seliro, gotong royong, musyawarah mufakat, toleransi, persamaan derajat, anggah ungguh dll
2
profile picture
kaskus maniac
25-02-2021 23:25
semoga masih tetap bisa guyub ya gan
Yogya kota budaya pula
1
profile picture
kaskus addict
25-02-2021 23:35
dulu 90an akhir gw sempet di jogja, temen kantor ada beberapa yg HTI gitu, pada dasarnya mereka ga reseh kok, ya elu elu gw gw. cuma kalo udah bahas ideologi mending belokin ke bola aja deh hahaha biar semua senang

LDII sampe sekarang juga masih banyak, kayaknya hampir tiap provinsi ada, dulu kontrakan gw jg sebelahnya deket plang LDII yg khas ijo itu loh, di ringroad utara ada 1-2.

toleransi di jogja dulu emang oke sip.
cewe nya jg oke sip. hahaha
kalo nemu yg pas, ga pulang2 lu ntar
1
profile picture
kaskus addict
25-02-2021 23:49
@forgiveme
Hti era segitu msh nyari celah, ane aja ngak nyium radikalnya.. setelah budaya hijrah yg mereka populerkan bersama2 dng PKS, mulailah mereka mengatur2 sendi2 guyub jawa dng budaya arab mereka.
Itu mulai muncul di thn 2005 s.d sekarang.

Lihat aja semua pengajian yg di adakan UGM dn Univ2 di Jogja, kebanyakan pembicaranya dr PKS n HTI bukan? Dr 3 acara 2 dipastikan yg ngisi org2 PKS N HTI.

Ada lagi Gerakan Gejayan Bergerak..

Gejayan itu daerah ane kost, ane hafal keramah tamahan org2 sana, mulai dr Gondokusiman, Kepuh, Samirono, samirono baru, demangan demangan baru sampe ke selokan mataram, IKIP Jogja/UNJ, RRI, Sadhar, Mrican..
Toleransinya kental ada masjid, gereja, biara, dll..
Bisa2 sekarang jd sarang altivis2 HTI n PKS?
2
profile picture
kaskus freak
26-02-2021 00:47
ane 2018an dulu sama mantan ke jogja, enak si, masih ada yg ramah ada juga yg galak... siang2 panasnya minta ampun gan. 3 hari 2 malam, ga pake motor aataau mobil, pake kereta... kalo perjalanan jauh milih pake taksi online, kalo deket ga sampe 3km an ya jalan kaki lewatin jembatan kecil, gang2 kecil... btw rika banyumase ndi siki gan
0
profile picture
kaskus addict
26-02-2021 10:09
@sutarjo65 iya mungkin kayak gitu, gw ga ngeh kalo di UGMnya, cuma numpang dinas aja di kota itu
0
profile picture
26-02-2021 12:04
@forgiveme @sutarjo65 maaf, sebutkan 1 aja pengisi pengajian dinUGM yg berasalbdari HTI.
0
Memuat data ...
1 - 17 dari 17 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
KASKUSER BERTANYA, KASKUSER MENJAWAB
kaskuser-bertanya-kaskuser-menjawab
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia