News
Batal
KATEGORI
link has been copied
60
Lapor Hansip
24-02-2021 15:18

palembang merevisi sejarah mpek-mpek, menjadi buatan asli org palembang

palembang merevisi sejarah mpek-mpek, menjadi buatan asli org palembang
Dinas Kebudayaan Kota Palembang, Sumsel, menyebar spanduk ke toko-toko yang berisi koreksi sejarah asal pempek. Spanduk ini untuk meluruskan informasi seputar makanan khas dari Palembang tersebut.

Kepala Dinas Kebudayaan Kota Palembang Zanariah di Palembang, mengatakan sejarah tentang pempek yang beredar di masyarakat maupun internet mengalami simpang siur dan kekeliruan terkait asal muasal kemunculannya.

"Beberapa informasi menyebutkan pempek berasal dari Tiongkok, itu keliru karena setelah dikaji lebih dalam ternyata pempek memang asli buatan orang Palembang," ujarnya dikutip dari Antara, Rabu (24/2/2021).

Koreksi sejarah pempek diperlukan untuk memantapkan pengusulan pempek menjadi warisan dunia Unesco yang tengah berjalan. Sebelumnya kudapan berbahan ikan itu telah ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) pada 2014.

Sementara seorang anggota Tim Kajian (adhoc) Pempek untuk Warisan Dunia Tak Benda Unesco, Vebri Al-lintani mengatakan terdapat informasi yang beredar di internet terkait pempek yang keliru namun sudah kepalang menyebar.

Menurutnya, sagu sebagai bahan dasar pempek sudah ditanam sejak masa Kedatuan Sriwijaya tahun 684 Masehi berdasarkan isi Prasasti Talang Tuo, diyakini pembuatan pempek sudah ada dari masa itu.

Sementara kelapa aren yang juga telah ditanam sejak masa Kedatuan Sriwijaya juga diyakini menjadi bahan dasar pembuatan cuka yang kemudian menjadi pelengkap hidangan pempek. "Dalam penyajiannya pempek tidak bisa dipisahkan dari cuka (kuah)," kata Vebri.

Sebelum dikenal dengan nama pempek, kudapan tersebut dikenal dengan nama kelesan yang berarti ditekan-tekan berdasarkan pembuatannya menggunakan piri'an (mangkok yang tengahnya berlobang-lobang).

Selain itu dahulu pempek dibuat perempuan-perempuan Suku Palembang hanya untuk makanan rumahan, barulah komersialisasi kelesan dimulai oleh orang Tionghoa sekitar tahun 1916.

Penjual kelesan tersebut berjualan di sekitar Masjid Agung Palembang dan akrab dipanggil 'apek atau empek', penjualannya menggunakan sepeda sehingga dengan cepat kelesan (pempek) menjadi panganan publik.

"Maka informasi yang menyebut pempek dijual sejak masa Kesultanan Palembang abad ke 16 itu juga keliru, karena jalan darat baru dibangun Belanda pada abad ke 16, sebelum itu orang-orang mengandalkan perahu," ucapnya.

Vebri berharap koreksi terkait sejarah pempek dapat memberikan pemahaman ke seluruh Indonesia karena pempek telah didaftarkan ke Kemendikud untuk diusulkan menjadi Warisan Dunia Unesco.

"Pengusulannya ke Unesco wewenang Kemendikbud, pempek statusnya masih antre sembari melengkapi kekurangan syarat-syaratnya," ujar Vebri.

https://sumsel.inews.id/amp/berita/p...-penjelasannya

ambil positifnya.. kehalalan mpek-mpek tidak lg diragukan krn sdh made in asli palembang, bukan asengemoticon-Embarrassment
Diubah oleh dispenserr
profile-picture
profile-picture
profile-picture
voorvendetta dan 4 lainnya memberi reputasi
5
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
palembang merevisi sejarah mpek-mpek, menjadi buatan asli org palembang
24-02-2021 15:24
cina mau klaim pempek?
gak puas klaim natuna?
bangsa biadab
profile-picture
profile-picture
profile-picture
albi00 dan 6 lainnya memberi reputasi
1 6
-5
profile picture
kaskus maniac
24-02-2021 15:41
tenang drun... pempek sdh halal 100% skrgemoticon-Embarrassment
1
profile picture
24-02-2021 17:37
lha palembang itu namanya dari nama kapten cina Pai Li Bang
2
profile picture
kaskus addict
24-02-2021 19:07
Ga nyambung otak udang
1
profile picture
kaskus maniac
24-02-2021 20:22
malingshit termasuk bangsa biadab jg kah bray ? doi kan paling banyak nge klaim tuh ... emoticon-Traveller ...
-1
profile picture
kaskus maniac
25-02-2021 07:31
[MENTION]david_newcastle[/MENTION] oia memang biadab mereka
makanya mereka jadi malingsia
kayaknya cina perlu juga nama panggilan sayang
xi ma ling
0
profile picture
kaskus addict
25-02-2021 07:54
@cepute kalau yg klaim agama damai gimana? Padahal kelakuan kayak binatang
0
profile picture
kaskus maniac
25-02-2021 07:58
@Newbie220502 agama mana ?
yg jelas
0
profile picture
kaskus addict
25-02-2021 08:00
@cepute ah elu pura2 ga tau. Kaum lu agama apa?
0
profile picture
kaskus maniac
25-02-2021 08:09
@Newbie220502 lu bilang agama gw biadab
dinegara ini dari presiden sampe rt mayo itu agama gw
bahkan wapres ulama
kok lu betah ?
kapan lu angkat kaki?
0
profile picture
kaskus maniac
25-02-2021 10:45
@cepute ga ush lebay gitu ah.. negara ini saja berupaya bujuk investor cina masuk. dan elo elo termasuk ortu kalian jg mayoritas kerja di perusahaan tionghoaemoticon-Embarrassment

0
profile picture
kaskus maniac
25-02-2021 10:54
@dispenserr ooo karna itu biarkan mereka klaim natuna,biarkan mereka maling ikan,biarkan mereka klaim budaya
menyedihkan indonesia ya
diinjak2 kalo gitu kenapa gak sekalian jadi provinsi cina aja
0
profile picture
kaskus maniac
25-02-2021 11:28
@cepute urusan apa sm natuna? yg jelas loe mau lawan negara cina pun ga bisa.. bahkan kamu mau mandiri tnp tionghoa pun ga bisa.. cm bisa menggongong di medsos doang😀🤭
0
profile picture
kaskus addict
25-02-2021 11:48
@cepute yang kelakuan kayak binatang kan ga semua. Khusus kaum lu para kadroon. Dungu emoticon-Wakaka
0
profile picture
kaskus maniac
25-02-2021 11:50
@dispenserr tanpa cina gak bisa hidup?
lu tau peradaban paling awal di mesopotamia gak ada cina tp bisa idup orang disana
lu tau kekaisaran romawi ? gak ada cina tp bisa berkuasa
dalam sejarah mesir juga gak pernah ada raja cina yang berkuasa dimesir tp bisa hidup manusia dijamannya
terlalu kebelakang? coba sebutin ilmuan cina yang berpengaruh terhadap teknologi dunia?
atau jack ma lu itung ilmuan ?
wkwkwkwk

coba dulu belanda ikutin cara kalian
"lu gak bisa idup mandiri tanpa gw!! gw yang bangun rel kereta,gw yang bangun pabrik,gw yang kasih tau kalian kemajuan!!! kalo lu usir gw berarti kalian tidak kebasukian!!!"
pasti belanda masih ngejajah indonesia
0
profile picture
kaskus maniac
25-02-2021 12:06
@cepute iya iya kai aj loe hidup.. dalam kemiskinan😀
0
profile picture
kaskus maniac
25-02-2021 12:21
@dispenserr fakta memang menyakitkan

segitu cintanya sama cina sampe rela sumber daya,pulau,budaya negara sendiri dikasih ke cina
kenapa gak jadi warga cina aja ??
0
profile picture
kaskus maniac
25-02-2021 12:28
@cepute fakta ras loe memang menyakitkan kok😀

trus menyakitkan utk gw dimananya ya😀


pake banding2in sm romawi,mesopotamia.. mereka tu pagan , bukan agama sok superiormu yg ga bisa apa2.. plg cm bisa banggain islamic golden age yg ilmuwannya justru mayoritas non arab🤭
0
profile picture
kaskus maniac
25-02-2021 13:27
@dispenserr lu tau yang lebih menyakitkan lagi apa?
ya elu udah banggain cina,udah muja cina,udah bela cina lebih dari negara lu sendiri tp elu bahkan gak dianggap warga cina

mayoritas non arab iya
tp bukan cina
jadi gak ada cina pun manusia bisa hidup mandiri
bacot lu soal gak bisa hidup mandiri tanpa cina itu propaganda
0
profile picture
kaskus maniac
25-02-2021 18:35
@cepute menyakitkannya dimana, wong memang gw lahir di indo kok jelas wn siniemoticon-Ngakak

buka propaganda tp fakta utk negara ini yg menggantungkan ekonomi swasta nya ke tionghoaemoticon-Embarrassment
0
Memuat data ...
1 - 19 dari 19 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia