Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
155
Lapor Hansip
23-02-2021 22:45

Harus Tau, Etika Berkomentar Di Sosial Media

Semangat Malam Gan Sis!!


emoticon-Hot Newsemoticon-Hot Newsemoticon-Hot News

Bagaimana kabar kalian? Semoga semua selalu diberikan perlindungan dan kesehatan dari semua marabahaya

Harus Tau, Etika Berkomentar Di Sosial Media

Untuk agan dan sista, di era milenial ini kita berhadapan dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih. Media sosial adalah salah satu produk teknologi yang selalu kita gunakan di setiap harinya untuk saat ini.


Harus Tau, Etika Berkomentar Di Sosial Media

Facebook, Instagram, Twitter dan lainnya adalah sebagian contoh dari banyaknya aplikasi media sosial yang dikenal masyarakat umum. Agan-agan pastinya juga sering menggunakan media sosial yang saya sebutkan diatas bukan. Seperti yang kita tau di media sosial tersebut kita dapat saling berinteraksi tanpa batasan waktu dan tempat.

Harus Tau, Etika Berkomentar Di Sosial Media

Sebelumnya ane menulis Thread ini karena ane sering melihat komentar para nitizen yang sangat mengganggu kadang ada yang sangat kasar juga gan, mungkin agan dan sista juga sering menjumpai komentar-komentar yang seperti itu juga. Dengan itu ane akan menyebutukan beberapa etika dasar dalam berkomentar di sosial media.

Harus Tau, Etika Berkomentar Di Sosial Media

Memang kita sebagai warga Indonesia bebas berpendapat, tetapi kebebasan tersebut memiliki batas tertentu gan yang diatur dalam hukum yang berdasar pada Undang-Undang Republik Indonesia nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) yang pada pasar 27 ayat.3 UU ITEyang menyebutkan bahwa :


Quote:Setiap orang sengaja tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya Dokumen Elektronik yang memiliki muatan penghinakan dan/atau pencemaran nama baik.



Maka, agan dan sista sebagai pengguna media sosial yang bijak kita harus mengetahui batasan tertentu dan juga etika dalam berkomentar yang baik. Nah etika yang harus kita ketahui adalah sebagai berikut :

1. Membaca postingan atau melihat video secara utuh
Harus Tau, Etika Berkomentar Di Sosial Media

Agan sekalian sebagai pengguna sosmed yang bijak, wajib hukumnya mengetahui jelas permasalahan yang terjadi. Membaca berita/tulisan seseorang secara lengkap mulai atas sampai bawah sebelum agan dan sista berkomentar. Biasanya ada orang orang yang cuman baca judulnya aja dan langsung komentar dengan tidak mengetahui isi berita tersebut. emoticon-Hammer (S)emoticon-Hammer (S)

2. Menggunakan bahasa yang sopan
Harus Tau, Etika Berkomentar Di Sosial Media

Kalo ini sih bukan di sosmed aja di pembicaraan biasa pun kita harus menggunakan bahasa yang sopan. Jika agan atau sista berkomentar dengan menggunakan bahasa yang tidak sopan atau kasar tentunya akan dapat menimbulkan permasalahan baru. Ingat ya hindari bahasa kotor yang mengandung caci maki emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Blue Guy Peace

3. Mengkritik dengan isi yang berbobot, bukan menjatuhkan
Harus Tau, Etika Berkomentar Di Sosial Media

Sebuah postingan tidak hanya membutuhkan banyak like gan. Apresiasi serta kritik juga sangat diperlukan untuk membangun konten agar menjadi lebih baik. Agan boleh mengkritik, tetapi mengkritiknya bukan berarti mencari kekurangan atau memojokkan, tetapi untuk memberikan koreksi yanng membangun dengan penilaian yang berbobot. emoticon-Add Friend (S)emoticon-Add Friend (S)

4. Tidak meninggalkan spam
Harus Tau, Etika Berkomentar Di Sosial Media

jika ada yang belum tau, spam itu sampah yang melenceng dari topik atau komentar yang isinnya hanya satu huruf atau kata yang dikirim berulang-ulang. yang kaya begitu namanya tidak menghargai si pembuat konten ya gan. apalagi kalau isinya bukan hal yang bermakna. emoticon-Bata (S)emoticon-Bata (S)

Beberapa Quote tentang cyberbullying


Quote:"Jika Anda menghina orang di Internet, Anda pasti buruk di dalam."

“Cyber bullying adalah bullying. Bersembunyi di balik layar tidak mengurangi kebencian."

"Pengganggu cyber dapat bersembunyi di balik topeng anonimitas online dan tidak perlu akses fisik langsung ke korban mereka untuk melakukan kerusakan yang tak terbayangkan." 


Harus Tau, Etika Berkomentar Di Sosial Media
Melihat Indonesia sekarang ini banyak sekali masyarakat yang malas membaca oleh karena itu masyarakat Indonesia dengan begitu mudahnya terkecoh hanya dengan judul atau malah dapat dengan mudah dipengaruhi oleh oranglain. Mental masyarakat harus diubah mulai dari hal-hal kecil. Saya pribadi menyebutnya sih Indonesia Darurat Membaca. Seharusnya masyarakat kita bisa lebih bermutu dari yang sekarang ini melihat sebutan negara kita yaitu Macan Asia.

Semoga Thread saya ini dapat memberikan manfaat bagi para pembaca sekalian. Terima kasih untuk agan dan sista yang sudah membaca.

emoticon-Toastemoticon-Toast


Sumber pic from google.com

Sumber Artikel  dan dikembangkan dengan bahasa para kaskuser yang terhormat emoticon-Cendol (S)

profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 24 lainnya memberi reputasi
23
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Harus Tau, Etika Berkomentar Di Sosial Media
24-02-2021 12:44
Medsos, selama ini sering dianggap sebagai "dunia sendiri" di luar dunia nyata kita.

Padahal, klo mau dipikir, dunia medsos ya sama persis dng dunia nyata. SAMA PERSIS!

Yang beda hanya tools-nya aja, media-nya. Dunia nyata pakai mulut dan gesture, dunia maya/medsos pakai teks dan emoticon.

Yang bilang medsos dan dunia nyata itu beda, itu sok berteknologi, lebay. emoticon-Wkwkwk

Jadi, karena sama aja, aturannya juga sebenarnya sama. SAMA PERSIS!

Posting di medsos yang di-open ke publik, itu gak ada beda sama loe ngomong di depan banyak orang di terminal. Dipuji? Dihujat? Itu risiko loe!

Posting di medsos yang cuma bisa dibaca "friends only", ya sama aja ngomong di antara sohib-sohib deket loe, klo ada yg gak suka paling mbatin doang.

Posting MEME sensitif di IG yg "open", sama kayak loe bawa poster di terminal. Derita loe kalo sampai ada yg tersinggung. Gak usah ngamuk.

Curcol di status WA, mewek di status FB, dll... itu sama aja loe mewek di mall, diliatin banyak orang.

Dimaki orang di WA gegara reply disingkat-singkat kayak alay? Derita loe juga. Itu sama persis kayak loe nge-brebet ngomong gak jelas sama orang. Luputnya dia bingung, dia kesel dan ngomel.

(Dan contoh masih banyak).

So? Apa bedanya? Semua aturan yang berlaku di dunia nyata, juga berlaku di medsos.

Kesimpulan gw? Kalo di medsos ada yg nyablak gak pake etika, gak tau aturan, dll... itu BUKAN KARENA MEDSOS-nya, tapi emang dasar orangnya aja bedebah, gak tau aturan dan tata krama. Dari bayi emang udah gitu.

Kok gitu? Padahal orangnya di dunia nyata alim, lho!

Ya, bener. Di dunia nyata orang cenderung ALIM karena ada interaksi fisik. Masih ada "rasa malu" di sana.

Tapi klo loe mau liat WAJAH orang Indonesia yg asli kayak apa? Silakan lihat para netizen yang ba**ngan di medsos dng segala sumpah serapahnya. Mungkin termasuk gw emoticon-Wakaka

Peace!
profile-picture
TukangKabel76 memberi reputasi
1 0
1
profile picture
kaskuser
24-02-2021 13:09
betul gan, tapi ada juga karna di medsos dia merasa tidak terjamah maka dia akan berkomentar se enaknya tetapi ketika didatangi tatap muka kadang diam tanpa kata

medsos memang hampir sama dengan dunia nyata, tetapi ada orang yang sangat gencar bikin tweet atau status fb tetapi di kehidupan nyata dia kurang bisa berkomunikasi atau pemalu

terimakasih buat tambahan infomarmasi dsri agan diatas emoticon-2 Jempol
0
Memuat data ...
1 - 1 dari 1 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia