News
Batal
KATEGORI
link has been copied
158
Lapor Hansip
15-02-2021 16:55

Perkembangan Virus Komputer Bisa Membahayakan Nyawa Manusia

Perkembangan Virus Komputer Bisa Membahayakan Nyawa Manusia
Gbr diambil dr TipsMake.com

Sebenarnya ini sudah berita lama, kurang lebih isu ini sudah muncul di tahun 2010-an, jadi sekitar satu dekade yang lalu.

Entah kaskuser sudah pernah mengetahui tentang hal ini atau tidak. Setahu TS, hanya kalangan mereka yang bekerja di dunia automasi industri, terutama yang pekerjaannya berhubungan dengan PLC, yang tahu tentang hal ini.

Itu pun kalau dari obrolan-obrolan ringan dengan sesama pekerja di dunia ini, belum banyak yang tahu dan/atau peduli dengan masalah ini.

Jadi sebagai perkenalan saja, pada umumnya salah satu komponen utama dalam sistem otomatis yang kompleks adalah peralatan/device yang bernama PLC (Programmable Logic Controller). Semacam komputer dengan banyak terminal input untuk memonitor sensor-sensor yang terhubung ke berbagai peralatan dan banyak terminal output, untuk mengontrol mesin-mesin yang ada di dalam sebuah sistem industri.

Sebelum tahun 2010-an, virus komputer yang kita kenal, hanya menyerang perangkat-perangkat komputer saja.

Namun di tahun 2010 itu, muncul satu virus yang target utamanya bukanlah komputer (baik pribadi, perusahaan, dsb), target utama virus ini adalah PLC yang mengontrol mesin-mesin dalam sebuah industri.

Mungkin masih ada yang ingat dengan Virus Stuxnet?
Perkembangan Virus Komputer Bisa Membahayakan Nyawa Manusia
Gbr diambil dr extremetech.com

Virus Stuxnet inilah virus yang target utamanya adalah menyerang PLC.

Jadi cara kerja Virus Stuxnet ini adalah menginfeksi komputer-komputer yang berada dalam jangkauannya, baik lewat perangkat USB, atau lewat jaringan.

Sampai di sini, Virus Stuxnet masih tidak berbeda dengan virus komputer generasi sebelumnya.

Langkah berikut yang dilakukan Virus Stuxnet setelah menginfeksi sebuah komputer adalah bagian yang mengerikan dan bisa mengancam nyawa manusia.

Virus Stuxnet akan memeriksa apakah komputer yang sudah terinfeksi itu, terhubung ke sistem PLC tertentu. Ketika dia menemui PLC tertentu, dengan program tertentu terhubung dengan komputer tersebut, maka Virus Stuxnet akan mengubah program dalam PLC tersebut.

Bayangkan jika sebuah sistem kontrol yang terhubung ke sebuah mesin pemotong, diotak-atik dan diubah oleh virus tak dikenal. Bisa saja fungsi pengaman yang harusnya mengamankan operator agar tidak terjadi kecelakaan kerja, berhenti berfungsi.

Atau misalnya sebuah sistem distribusi uap air panas, yang membaca sensor tekanan dan mengatur valve (keran) agar tekanan di dalam pipa tidak melampaui kekuatan pipa. Kemudian diotak-atik sehingga sistem membiarkan tekanan meninggi, melampaui kekuatan pipa.

Dst.
Perkembangan Virus Komputer Bisa Membahayakan Nyawa Manusia
Gbr diambil dr : www.learnrobotics.org

(Dalam hal Virus Stuxnet ini sendiri, yang dijadikan sasaran, menurut mereka yang menganalisa, adalah reaktor nuklir milik Iran.)

Virus Stuxnet mungkin adalah virus pertama yang bisa menyebabkan hilangnya nyawa manusia.

Namun dengan Stuxnet bisa dikatakan kotak pandora itu sudah dibuka. Apalagi dengan industri 4.0 dan IIoT (Industrial IoT). Virus komputer, virus digital, tidak hanya membahayakan data dan informasi.

Lewat robot-robot dan mesin-mesin yang dikontrol secara otomatis, virus komputer bisa mengancam nyawa manusia.




Sumber referensi
1. https://www.mcafee.com/enterprise/en...s-stuxnet.html
2. https://www.wired.com/2014/11/countd...o-day-stuxnet/
3. https://www.scientificamerican.com/a...security-risk/
4. https://www.powerengineeringint.com/...puter-viruses/
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viqririatra dan 36 lainnya memberi reputasi
35
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Perkembangan Virus Komputer Bisa Membahayakan Nyawa Manusia
23-02-2021 09:08
"Virus Stuxnet ini sendiri, yang dijadikan sasaran, menurut mereka yang menganalisa, adalah reaktor nuklir milik Iran. " maksud nya gmn ya gan? virusnya dari bahan nuklir?ato gmn ?emoticon-Matabelo emoticon-Bingung
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
1 0
1
profile picture
kaskuser
23-02-2021 09:19
targetnya komputer yang buat mantau/ngendaliin nuklir di iran
1
profile picture
kaskuser
23-02-2021 09:37
@rwbw oohh gitu ya gan..canggih jg ya
1
profile picture
kaskus geek
23-02-2021 10:01
Jadi waktu itu kan Iran ngembangin reaktor nuklir gan.

Nah sistem otomatisasi-nya pakai PLC siemens. Virus stuxnet ini, stlh menginfeksi komputer, maka akan aktif mendeteksi apakah ada PLC siemens yg terhubung ke PC tsb.

Kl ada, maka virus ini akan menganalisa program PLCnya, ketika menemukan baris perintah tertentu, maka virus akan bekerja, mengubah baris2 program PLC tsb, shg PLC akan gagal mengontrol sistem dgn benar.

Kl tdk salah, yg dijadikan sasaran adalah fungsi pengontrol pendingin inti reaktor nuklir.
2
profile picture
kaskuser
23-02-2021 13:19
@lonelylontong Tapi pakar2 bilang kalau stuxnet itu ngga mungkin dibuat oleh ahli komputer saja tapi juga harus punya source atau modal yg gede banget...dan itu cuma bisa d lakukan sekelas negara...
1
profile picture
kaskus geek
23-02-2021 13:32
@dendietheo

Iya gan, sepanjang sepengetahuan ane, serangan2 yg shd terjadi yg semacam ini, belum pernah serangan random macam virus komputer pada umumnya.

Ttp aja sih, membahayakan nyawa manusia kl mmg berhasil. Biarpun kitanya ga jadi sasaran langsung.

Misal yang reaktor nuklir, itu kalau melt down, efeknya ya ke orang2 di sekitarnya jg.

---

Kalau soal apakah yg bikin hrs sekelas CIA gitu, hmm... ga tau jg ya, yg susah itu kan awalnya, kalau udah pernah ada yg buat, ada source code yang bocor.

Orang berikutnya bisa pakai itu sbg acuan.
0
profile picture
newbie
24-02-2021 01:49
@lonelylontong

Ini ada film dokumenternaya, seingat saya bukan pengontrol pendingin yang di rubah, tapi kecepatan putaran mesin sentrifugal pengayaan uraniumnya
0
profile picture
kaskus geek
24-02-2021 06:31
@labh Pengayaan atau pendinginan ya? Bisa jd ane salah gan.

Dah lama bgt ane bacanya, dan pas nulis, nulisnya berdasar ingatan ane yg sekilas2 aja
emoticon-Wakaka
Btw, ane baca2 doang blm pernah liat filmnya. Dokumenter di channel apa gan?
0
profile picture
newbie
25-02-2021 04:14
@lonelylontong
Judul filmnya Zero Days, download di YTS dulu

Ini virus canggih yang harusnya bisa mati sendiri kalau gak di uatk atik programmer israel, diciptakan hanya untuk infeksi PLC yang sudah ditentukan.
1
profile picture
kaskus geek
25-02-2021 07:51
@labh tp kl ga salah waktu itu nyebarnya bahkan sampai Indonesia.

Cmn kebanyakan orang taunya stuxnet menuh2in harddisk doang.
0
profile picture
newbie
25-02-2021 12:00
@lonelylontong
Bisa jadi karena gak berpengaruh secara langsung seperti virus kebanyakan.
1
Memuat data ...
1 - 10 dari 10 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia