Female
Batal
KATEGORI
link has been copied
23
Lapor Hansip
16-02-2021 22:32

Agar Tak Salah Mendidik Anak, Perlu Agan Ketahui 4 Tipe Parenting ini!!

Selamat Malam agan-agan sekalian. Di era sekarang ini ane banyak menemui beberapa anak yang perilakunnya sangat seenaknya sendiri, kadang anak dengan umur yang sangat masih belia kata-kata yang mereka ucapkan belum seharusnya mereka ucapkan.

emoticon-Takutemoticon-Takut

Agar Tak Salah Mendidik Anak, Perlu Agan Ketahui 4 Tipe Parenting ini!!


Dari situ ane mencoba mencari tau sebenarnya apakah orang tuanya salah dalam mengasuh anak tersebut atau karna lingkungan kah yang membuat anak tersebut menjadi seperti itu, dari situ ane menemukan beberapa hal yang akan ane jelaskan dibawah ini, tapi sebelumnya ane enggak bermaksud menggurui agan-agan sekalian, hanya untuk sharing ilmu aja barangkali berguna untuk para pembaca.

Agar Tak Salah Mendidik Anak, Perlu Agan Ketahui 4 Tipe Parenting ini!!

Beberapa anak yang dibesarkan dalam lingkungan berbeda dapat tumbuh dengan kepribadian yang sangat mirip. Sebaliknya, anak-anak yang berbagi rumah dan dibesarkan di lingkungan yang sama dapat tumbuh untuk memiliki kepribadian yang sangat berbeda.


Menurut Para ahli, ini erat hubungannya dengan tipe parenting yang sangat dapat membawa pengaruh pada perkembangan anak.

Macam-Macam Pola Asuh



Quote:
1. Authoritarian Parenting (Pola Asuh Otoriter)

Agar Tak Salah Mendidik Anak, Perlu Agan Ketahui 4 Tipe Parenting ini!!

Pola asuh seperti ini umumnya lahir dari pola asuh serupa yang diterima orangtua ketika kecil. Pola asuh anak jenis ini tidak memberikan ruang diskusi pada anak sehingga beberapa aturan dibuat demi mengontrol anak. Parahnya lagi, pola asuh semacam ini terbilang keras dengan alasan mendidik. Anak dipaksa untuk selalu patuh. Apabila ia melanggar, hukuman akan ia terima, bahkan hukuman fisik.  

Tipe parenting ini dinilai memiliki efek negatif pada fisik dan mental anak. Anak bisa tumbuh dengan perilaku agresif, tidak percaya diri, dan pemalu. Agresivitas ini bisa muncul akibat kemarahan atau perasaan negatif yang tertumpuk. Jadi, saat anak sering mendapatkan hukuman fisik, maka mungkin saja ia menjadi marah dengan keadaan, lalu menyalurkannya dalam bentuk agresivitas pada orang lain.

Anak yang didik dengan tipe parenting ini cenderung tidak bahagia dan memiliki kesejahteraan mental yang rendah. Namun, penerapan pola asuh ini sebetulnya bisa sah-sah saja diterapkan pada beberapa kondisi tertentu, misalnya aturan tentang jam malam. Namun di luar masalah itu, orangtua bisa menerapkan pola asuh lain untuk anak. 

Anak yang dibesarkan dengan tipe parenting ini umumnya memiliki sifat seperti sulit mengambil keputusan sendiri, selalu takut salah, sulit mengatakan tidak, enggan mengemukakan pendapat, dan kurangnya motivasi internal.




Quote:
2. Authoritative Parenting ( Pola Asuh Otoritatif)

Agar Tak Salah Mendidik Anak, Perlu Agan Ketahui 4 Tipe Parenting ini!!

Seperti orang tua yang otoriter, orang tua yang memiliki gaya pengasuhan yang otoritatif menetapkan aturan dan pedoman yang diharapkan diikuti oleh anak-anak. Namun, gaya pengasuhan ini jauh lebih demokratis.

Ketimbang tigatipe parenting sebelumnya, tipe ini yang paling disarankan para ahli. Pola asuh ini memberikan batasan perilaku yang jelas dan konsisten. Orangtua tidak menggunakan kekerasan dalam mengasuh anak. Orangtua mengajak anak berdiskusi dan menjelaskan alasan anak harus menuruti peraturan. Sederhananya, orangtua tidak membebaskan dan menerima begitu saja perilaku anak, tapi mereka juga tidak memberikan kontrol yang berlebihan. Anak yang dididik dengan tipe parenting ini cenderung memiliki sifat yang baik. Misalnya, memiliki keterampilan sosial yang baik, mampu menyelesaikan permasalahan, mudah bekerjasama, percaya diri, dan pastinya lebih kreatif.






Quote:
3. Permissive Parenting (Pola Asuh Permisif)

Agar Tak Salah Mendidik Anak, Perlu Agan Ketahui 4 Tipe Parenting ini!!

Tipe parenting ini membebaskan anak untuk melakukan hal yang ia mau lakukan. Sayangnya, orangtua tidak memberikan batas yang tegas pada anak sehingga biasanya mereka mengikuti apa pun yang diinginkan oleh anak. Akibatnya, anak cenderung tidak memiliki keteraturan dan kemampuan untuk meregulasi diri. Misalnya, ketidakmampuan anak untuk menuruti peraturan saat ia harus bersekolah yang memiliki peraturan yang ketat. Ia cenderung menjadi pemberontak karena merasa dirinya dikekang.

Tidak hanya itu, orangtua yang menerapkan pola asuh ini juga tidak memiliki tuntutan pada anak dan minim kontrol pada perilaku anak. Ketika anak bersalah, mereka cenderung jarang atau tidak memberikan hukuman. Dampak dari penerapan pola asuh ini adalah membuat anak memiliki sifat-sifat yang kurang baik seperti suka memberontak, prestasinya rendah, suka mendominasi, kurang percaya diri, sulit mengendalikan diri, dan arah hidupnya jadi tidak jelas.


 



Quote:
4. Uninvolved Parenting (Pola Asuh Tidak Terlibat)

Agar Tak Salah Mendidik Anak, Perlu Agan Ketahui 4 Tipe Parenting ini!! 

Gaya pengasuhan yang tidak terlibat ditandai oleh beberapa tuntutan, responsif yang rendah, dan komunikasi yang sangat sedikit. Tipikal parenting ini, kerap memenuhi kebutuhan dasar anak, tetapi terlepas dari kehidupan anak. 

Orang tua mungkin memastikan bahwa anak-anak mereka diberi makan dan memiliki tempat berteduh, tetapi tidak menawarkan apa-apa dengan cara bimbingan, struktur, aturan, bahkan dukungan. Dalam kasus-kasus ekstrem, orang tua ini bahkan dapat menolak atau mengabaikan kebutuhan anak-anak mereka.Gaya pengasuhan yang tidak terlibat ditandai oleh beberapa tuntutan, responsif yang rendah, dan komunikasi yang sangat sedikit. Tipikal parenting ini, kerap memenuhi kebutuhan dasar anak, tetapi terlepas dari kehidupan anak. 

Agar Tak Salah Mendidik Anak, Perlu Agan Ketahui 4 Tipe Parenting ini!!






Untuk agan-agan sekalian perilaku buah hati sangat penting untuk membangun mental mereka kedepannya, karna suatu saat nanti dia akan menjalani hidup ini tanpa adanya agan-agan sekalian, secara tidak langsung hal-hal kecil atau pelajaran pelajaran kecil yang kita ajarkan akan sangat bermakna untuk buah hati agan-agan sekalian. Maka dari itu mendidik mereka sangat penting.

emoticon-Jempolemoticon-Jempol

Kalo kita ingat ingat betul pasti ada satu dua patah kata dari orang tua kita yang selalu kita ingat sejak kita kecil sampai kita sudah se dewasa sekarang ini. itulah pentingnya Parenting.

emoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempol

Terimakasih untuk agan-agan yang sudah membaca tulisan saya ini. Ane sangat menghargai itu.
emoticon-Ultah

Semoga kita dan orang tua kita selalu diberikan kesehatan.


Sumber gan : menyumber

Diubah oleh TukangKabel76
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 5 lainnya memberi reputasi
6
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Agar Tak Salah Mendidik Anak, Perlu Agan Ketahui 4 Tipe Parenting ini!!
21-02-2021 15:02
Jadi ortu perlu belajar juga ya
profile-picture
TukangKabel76 memberi reputasi
1 0
1
profile picture
kaskuser
21-02-2021 16:47
diluar sana banyak anak yang nakal, kadang sampe nakalnya ngga ketulungan gan, ya karna orang tuanya tidak bisa mendidik dengan baik emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Blue Guy Peace
0
profile picture
kaskus maniac
23-02-2021 15:35
@TukangKabel76 bisa jadi juga, ortunya dah didik bener, tapi lingkungannya tidak mendukung
0
Memuat data ...
1 - 2 dari 2 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia