News
Batal
KATEGORI
link has been copied
13
Lapor Hansip
17-02-2021 09:34

Buruh Heran BPJS Ketenagakerjaan Bisa Salah Kelola Investasi


Buruh Heran BPJS Ketenagakerjaan Bisa Salah Kelola Investasi KSPI mengaku heran BPJS Ketenagakerjaan bisa tekor berinvestasi dalam tiga tahun berturut-turut, dengan potensi kerugian mencapai Rp20 triliun. (CNN Indonesia/Safir Makki).

Jakarta, CNN Indonesia -- Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) buka suara soal dugaan tindak pidana korupsi BPJS Ketenagakerjaan yang diperkirakan mencapai Rp20 triliun. Dugaan korupsi terkait dengan pengelolaan investasi, khususnya di keranjang saham dan reksa dana. Presiden KSPI Said Iqbal mengaku heran bagaimana bisa BPJS Ketenagakerjaan tekor dalam hal investasi selama tiga tahun berturut-turut. Terlebih, potensi kerugiannya mencapai Rp20 triliun.
"Kok bisa ada indikasi kesalahan pengelolaan dana investasi sampai Rp20 triliun dalam tiga tahun berturut-turut," ucap Said dalam konferensi pers secara virtual, Senin (15/2).

Pertanyaan itu sebelumnya juga dilontarkan oleh Kejaksaan Agung, khususnya Direktur Penyidikan pada Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus Febrie Adriansyah terkait Said menyebut angka Rp20 triliun bukanlah nominal yang kecil dan tiga tahun bukan waktu yang sebentar. "Perusahaan mana yang tiga tahun kok bisa salah urus bisnis, investasi, sampai Rp20 triliun. Itu lebih besar daripada korupsi di Jiwasraya dan sedikit di bawah Asabri," kata Said.

Sementara, Said memprediksi arus kas BPJS Ketenagakerjaan tetap lancar jika dugaan korupsi benar terjadi. Pasalnya, dugaan korupsi BPJS Ketenagakerjaan hanya Rp20 triliun, jauh lebih rendah dari total dana kelolaan akhir 2020 yang mencapai Rp486 triliun. "Jadi BPJS Ketenagakerjaan tetap bisa bayar klaim peserta jaminan hari tua (JHT) dan yang lainnya karena masih ada Rp400 triliun lebih, arus kas pasti lancar," tutur Said.

Namun, bukan berarti buruh bisa tenang-tenang dengan dugaan korupsi di BPJS Ketenagakerjaan. Karenanya, ia mendorong Kejaksaan Agung mengusut tuntas indikasi korupsi di lembaga tersebut.
]
"Kami tidak akan terjebak dengan retorika BPJS Ketenagakerjaan, keuangan sehat. Memang sehat, tapi yang kami masalahkan kenapa indikasi korupsi Rp20 triliun itu terjadi," tegas Said.

Sebelumnya, Kejaksaan Agung menaksir kerugian BPJS Ketenagakerjaan akibat dugaan tindak pidana korupsi dalam pengelolaan dana investasi di perusahaan itu dapat mencapai Rp20 triliun. Kerugian tersebut setidaknya terjadi dalam tiga tahun terakhir.

Pihak Kejaksaan Agung mempertanyakan terkait risiko bisnis yang terbilang besar. Lembaga tersebut juga sedang mendalami pengelolaan dan perputaran uang peserta BPJS Ketenagakerjaan


SUMUR

hmmm.. lagian bikin lembaga dana pensiun pake skema ponzi
Diubah oleh skiesman
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bingsunyata dan 3 lainnya memberi reputasi
2
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Buruh Heran BPJS Ketenagakerjaan Bisa Salah Kelola Investasi
17-02-2021 09:52
emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Hi

Buat dana pensiun,
ane kira memang salah kelola. Bukan "loss" 20 triliunnya.

Terlalu konservatif-nya. Sebagian besar dana kelolaan dimasukin ke surat utang (>60 persen). Wajar hasilnya kurang maksimal. Makanya tingkat pengembalian investasi (YOI) cuman sekitar 8%.

Tapi mengingat unrealized loss 20 triliun kemudian dimasalahin
padahal ditaruh di saham2 oke
ditambah pasar saham kemarin lagi jatuh
ane jadi maklum.

emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
xneakerz dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
2 0
2
profile picture
kaskus geek
17-02-2021 10:38
setahu aku ya gitu, BPJS ketenaga kerjaan rada konservatif. buat saya yg punya dana di bpjs ya mending konservatif dengan yield yang so so dari pada nekad nyari yield tinggi taunya dimaenin org ky bencok
0
profile picture
kaskus maniac
17-02-2021 10:40
setau gw biasanya pengelolaan dapen harus konservatif
karena time framenya lama dan dananya besar
0
profile picture
kaskus maniac
17-02-2021 15:28
buat JHT, kantor gw dulu pake lembaga laen sebelum pindah BPJS.
rata2 selalu dapet retur >8% p.a. (padahal gw pilih profile paling konvensional) , sementara bpjs mentok 7%
0
profile picture
kaskus maniac
17-02-2021 16:03
Kalau masalah retur kan ada aturannya
Swasta kalau returnya sama kayak bpjs ya ga laku gan
0
Memuat data ...
1 - 4 dari 4 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia