Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
111
Lapor Hansip
02-02-2021 20:38

5 Negara Yang Dulu Berjaya, Tapi Kini Sudah Hilang ditelan Bumi

Selamat datang kembali di thread ane gan.

Keberadaan sebuah negara baik itu dalam bentuk republik ataupun kerajaan tentunya diharapkan oleh rakyat atau masyarakatnya akan berlangsung langgeng dan selama mungkin. Tidak ada rakyat yang ingin negaranya bubar kecuali memang mereka ingin melakukan pemberontakan dan mengubah tatanan negara secara keseluruhan.

Bubarnya sebuah negara bisa disebabkan oleh berbagai alasan. Mulai dari karena kalah perang, terjajah oleh negara lain, hingga faktor lainnya seperti faktor ekonomi, dll. Nah, berikut ini adalah beberapa negara yang dulunya pernah berjaya namun sekarang sudah hilang dari muka bumi.

Quote:1. Kekaisaran Ottoman (1299-1922)
5 Negara Yang Dulu Berjaya, Tapi Kini Sudah Hilang ditelan Bumi
Kejayaan Kekaisaran Ottoman selama ratusan tahun merupakan hal yang terkenal sebagai Kesultanan Utsmaniyah. Setelah membentang dari Maroko ke Teluk Persia, dan dari Sudan ke utara sejauh Hongaria, kehancurannya adalah proses pembubaran yang lambat selama berabad-abad hingga menjelang awal abad ke-20. Penyebab keruntuhan Kekaisaran Ottoman adalah bersekutu dengan pihak yang kalah pada Perang Dunia I.

Kekaisaran Ottoman bubar setelah kalah atas perang kemerdekaan Turki dan Turki berdiri sebagai negara modern yang seperti kita kenal sekarang.


Quote:2. Uni Soviet
5 Negara Yang Dulu Berjaya, Tapi Kini Sudah Hilang ditelan Bumi
Merupakan negara terluas yang pernah ada di dunia dan menjadi pionir dalam ideologi komunisme. Uni Soviet berdiri setelah pecahnya imperial Rusia pasca Perang Dunia I. Kejayaan Soviet terjadi ketika awal-awal saat dipimpin oleh pemimpin bertangan besi, Vladimir Lenin. Kemudian saat Perang Dunia II saat dipimpin oleh tangan besi lainnya (Joseph Stallin) Uni Soviet dengan gemilang berhasil mengalahkan Nazi di saat yang lainnya kewalahan melawan Adolf Hitler. Uni Soviet bubar pada 1991 setelah komunisme runtuh dan tembok Berlin runtuh. Soviet pecah menjadi belasan negara dan yang terbesar adalah Rusia.



Quote:3. Yugoslavia (1918-1992)
GIF
Negara ini merupakan pecahan dari Austria-Hongaria pasca Perang Dunia I dan berdiri pada 1918. Pada masa Perang Dunia II, Yugoslavia berhasil diduduki oleh Nazi. Namun pasca perang, Yugoslavia berhasil lolos dari cengkraman Uni Soviet. Ketika masih berdiri, Yugoslavia pernah punya Timnas sepakbola yang cukup disegani. Hingga gejolak politik membuat negara ini bubar pada 1992 dan pecah menjadi enam negara yaitu Slovenia, Kroasia, Bosnia, Serbia, Makedonia, dan Montenegro.


Quote:4. Cekoslowakia, (1918-1992)
5 Negara Yang Dulu Berjaya, Tapi Kini Sudah Hilang ditelan Bumi

Cekoslovakia merupakan negara yang terbentuk dari pecahan Austria-Hongaria. Negara ini sebenarnya pernah menjadi salah satu negara maju di Eropa sebelum masa Perang Dunia II. Saat Perang Dunia II, negara ini diserbu oleh Nazi pada 1939.

Pada 1991 Cekoslovakia mengalami kejatuhan dan pecah menjadi dua negara yaitu Ceko dan Slovakia. Saat ini Slovakia masih jauh tertinggal dari Republik Ceko.


Quote:5. Austria-Hongaria (1867-1918)
5 Negara Yang Dulu Berjaya, Tapi Kini Sudah Hilang ditelan Bumi
Nah, kalau yang satu ini adalah negara yang mengalami kehancuran dan perpecahan pasca Perang Dunia II. Negara ini kemudian pecah menjadi Austria, Hongaria, Cekoslowakia, dan Yugoslavia.

Negara ini bubar karena tidak memiliki entitas dan bahasa yang sama, dan justru menjadi rumah babyak etnis dan agama. Sehingga rakyatnya susah untuk bersatu. Jika Austria-Hongaria bubar karena kalah perang. Maka Yugoslavia bubar karena masalah internal.


Quote:Referensi:
https://www.farandwide.com/s/countri...039e68de634465
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 32 lainnya memberi reputasi
33
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
5 Negara Yang Dulu Berjaya, Tapi Kini Sudah Hilang ditelan Bumi
04-02-2021 13:57
Kalau kekaisatan ottoman diikutkan, mungkin Majapahit yang wilayahnya sampai sebagian asia tenggara bisa diikutkan juga nih..
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
profile picture
kaskus maniac
05-02-2021 13:06
Ottoman itu masih berdiri sampai selesai perang dunia bray, baru setelah perang dunia selesai dan jadi pihak yg kalah terus sama Mustafa Kemal direvolusi jadi Turki yg sekarang kita kenal. Dulu wilayahnya luas tapi karena kalah perang dunia jadi banyak yg lepas wilayahnya

Kalau Majapahit kan emang cuma pas zaman kerajaan dan dulu belum ada istilah negara
2
profile picture
kaskus maniac
05-02-2021 13:16
Majapahit seluas Asia Tenggara? Kyknya Hoak itu.
0
profile picture
kaskus addict
05-02-2021 13:36
@gasmal berafiliasi sama majapahit iya mas.. G sepenuhnya menguasai
1
profile picture
kaskus addict
05-02-2021 13:59
@MUF0REVER oo gitu Gan. Wah bener juga nih. Setelah mahapatihnya mundur majapahit malah ikutan mundur.
1
profile picture
kaskus addict
05-02-2021 14:02
iya betul, afiliasi konteksnya sebagai 'hubungan' antar kerajaan aja umumnya karena perdagangan atau aliansi politik, dan tidak selalu sebagai daerah kekuasaan.

diluaran sana banyak overproud indo yg cuma gara2 suatu kerajaan dr indo pernah menjalin 'kerjasama' dengan suatu negara/kerajaan luar, lantas dianggap daerah kekuasaan, kayak majapahit yg kekuasaannya 'katanya' sampai madagaskar padahal bukti empirisnya sedikit sekali.

FYI, Siam (thailand) dan Campa, sekitaran kamboja itu cuma negara sahabat majapahit, bukan wilayah kekuasaan. majapahit mentok smp semenanjung malaysia barat
3
profile picture
05-02-2021 16:49
Mana sih data yg valid kalo majapahit dulu wilayahnya luas banget?
1
Memuat data ...
1 - 6 dari 6 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia