Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
312
Lapor Hansip
31-01-2021 21:38

Kasih Makan Kucing Jangan Sembarangan, Ini Pemilihan Makanannya

Halo agan & sista. Kembali lagi di thread gue tentang hewan peliharaan. Sebelum gue bahas tentang hewan peliharaan atau anak gue, disini agan & sista yang suka melihara binatang angkat tangan dulu ☝️

Kenapa suka melihara binatang? Kalo gue karena dia lucu dan suka nurut kalo dipanggil & diajak ngobrol. Dari segi kebermanfaatannya, hewan mamalia yang gue miliki ga doyan ngejer tikus, malah doyan berantem ama kucing tetangga emoticon-Big Grin Yup, ini temennya Jerry. Iya, kucing tapi kucing santai santai santuy terus, hehe. Namanya Taro.
Kasih Makan Kucing Jangan Sembarangan, Ini Pemilihan Makanannya

Kali ini gue mau ceritain tentang pemilihan makanan buat kucing. Kuy disimak!

1. Makanan utama kucing
Supaya kucing tetap sehat, ada beberapa kandungan nutrisi dasar yang harus dipenuhi. Pertama, protein yang berasal dari daging sapi, ikan, atau unggas.

Kedua, taurin yang merupakan asam amino penting bagi kesehatan kucing. Selain itu, ada pula vitamin, mineral, enzim, asam lemak, dan air.

Kandungan makanan ini bisa kita dapatkan dalam produk makanan kucing, baik makanan kering maupun makanan basah kemasan kaleng. Kita bisa beli di toko petshop atau yang jual makanan hewan.

2. Umur kucing
Pemilihan makanan bagi hewan peliharaan kita perlu memperhatikan usia atau umurnya. Jika kucing masih kecil dan bayi (dibawah 1 tahun), berilah makanan khusus untuk mereka. Biasanya ada tulisan "kitten" di kemasan. Sama seperti manusia, bayi kucing belum bisa makan makanan keras karena mereka masih masa pertumbuhan. Jika sudah dewasa, beri makanan khusus kucing dewasa.
Kasih Makan Kucing Jangan Sembarangan, Ini Pemilihan Makanannya
Contoh makanan basah (sumber : disini)
Kasih Makan Kucing Jangan Sembarangan, Ini Pemilihan Makanannya
Contoh makanan kering merek proplan (sumber: disini)

3. Pilihan makanan
Ada 2 pilihan makanan bagi kucing, yang pertama makanan kering dan kedua basah. Jika diberi makanan itu melulu, adakalanya ia merasa bosan suatu hari dan efeknya tidak mau makan alias mogok. Solusinya, beri varian makan yang berbeda, misalnya makanan basah sehingga kucing tidak bosan.

Untuk memenuhi nutrisi kucing sekali makan, gue suka mencampur grain free+proplan+whiskas. Makanan ringan atau jajanan buat kucing tersedia juga di petshop dengan harga yang tidak terlalu mahal. Kucing suka sekali dikasih nutrisi tambahan. Lama kelamaan kucing akan bertambah berat badannya dan gemoy emoticon-Big Grin
Kasih Makan Kucing Jangan Sembarangan, Ini Pemilihan Makanannya

Kucing gue ini beda sama kucing yang dulu, yang dulu kucing kampung. Jadi makan apa aja dia mau. Makan ikan mentah sikat, ikan mateng dimakan, roti, nasi, kerupuk, kemplang, nugget, sosis. Pokoknya kucing gue dulu yang namanya Chimi berwarna putih gendut suka makan apa aja. Ga rewel. Berbeda sama Taro yang makannya exclusive, ga mau makan sama dengan tuannya emoticon-angry

Sebenarnya berat badan kucing tidak akan bertambah terlalu signifikan jika ia masih masa pertumbuhan. Namun, jika sudah disteril, maka kucing akan jadi berat banget. Jangan lupa dimandiin agar kucing jauh dari jamur & virus.

Sekian & makasih udah baca.


Sumber tulisan : opini pribadi & disini
Sumber gambar : dokpri
profile-picture
profile-picture
profile-picture
wh1tep4per dan 44 lainnya memberi reputasi
45
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Kasih Makan Kucing Jangan Sembarangan, Ini Pemilihan Makanannya
03-02-2021 08:08
Gan mw tanya neh ane punya dksh persia mix koq males bener kasian anak2 jg gk bisa main n diajak main kabur sampe galak?

Skrg mau beli kucing kira2 yg seneng diajak maen jenis apa pada umumnya?
Kalo d anjing kan kaya golden, kalo yg kecil2 macam pom,cihua2 dll kan itu ada karakter dasar. Walaupun dri jenisnya nanti gmn anjingnya ada yg alpha,beta dll ato kata lainnya dominan,pendiem dll kalo d manusia introvert or ekstrovert tapi pada dasarnya kan manusia makhluk sosial kira2 bgitu mau se introvert apapun dia tetap btuh sosial walaupun kadarnya beda2 gmn orgnya? Kira2 bgitu sory klo nerangin kepanjangan so mohon bimbingan. Skrg malah ane respect ama kucing kampung krna makan gk pilih2, bisa dipanggil walaupun kadang n doyan maen sampe minta makan.

Btw kucing sendiri makanannya apa msh boleh nasi dicampur daging kaya dogy walaupun nasi sdkit hanya utk ngurangin biaya dan bkin kenyang.
Sama kucing kalau dksh kepala ikan, ayam dll apakah aman gk takut tersedak,alergi dll?

Klo dianjing soalnya sbenernya asal makanan raw food itu highienis malahan bagusan raw food ato min jadi cemilan supaya tekan biaya dan hasil maksimal terbukti raw food pup lebih dkit gimanapun vs pet food asal dgn harga yg sama yah?
Jgn dibandingin ksh makan kepala sama royal canin hehe. Kalo royal canin sekilo 50rban misal ksh daging ayam 1kiloan jg utuh coba bandingkan pasti lebih bgs,sehat dll ayam menurut pengalaman di dunia anjing. Cmn kadang ribetnya aja yg bkin males makanya muncul pet food.
Diubah oleh KewZ
profile-picture
lsenseyel memberi reputasi
1 0
1
profile picture
kaskus geek
03-02-2021 08:22


Anjing emang lebih cerdas sih, gak begitu ego asal beneran di didik sama tuannya dan sering diajak jalan keluar...

Klo kucing agak egois, tapi sepengamatan w, kucing juga punya karakter... Ada yg santuy ada yg aktif Syukur-syukur dapet yg cerdas. W paling seneng maen sama kucing yg aktif dan cerdas...

Temen w pelihara kucing ras (warna bulunya abu-abu gelap mata biru) tapi dikasih makan ikan fillet kering yg di pasar atau ikan goreng...
Jarang ngasih food khusus gitu... Sehat aja kucingnya tumbuh normal...
1
profile picture
kaskus maniac
03-02-2021 08:25
@nowbitool ya biasa kalo normal sih mungkin bisa cmn kalo eksotis sampe bulu, dll nya bagus bgt kyknya agak sulit klo dksh yg gorengan apalagi kecuali dksh raw food yg udh ngerti yg ngasihnya.

Btw kucing yg aktif dan cerdas jenis apa pada umumnya?
Kalo d anjing kan golden tuh enak diajak main keluarga n pinter ma aktif min diajak maen bola, piringan dll.
1
profile picture
kaskus addict
03-02-2021 08:34
kucing males biasa dari kecil dimasukin kandang mulu ga pernah dilepasin berkeliaran

dimasukin kandang trus dikasih pasir & makanan doang ya sampe gede dia bakal males gerak

beda klo sehari" dilepasin dikasih mainan macem bola ato bulu yg diikat kek pancing gitu akan memicu dia aktif bergerak, seneng main

==========

soal makanan, selama ente ga repot baiknya emang dikasih makanan basah macem nasi diulet sama ikan yang penuh protein

klo ane biasa nasi anget ane ulet sama ikan tengiri yg uda dikukus

klo ditinggal berpergian baru deh dikasih makanan kering

jgn biasain makanan kering, nanti ga mau dikasih makanan basah
2
profile picture
kaskus maniac
03-02-2021 08:50
@lsenseyel owh gitu yah? Tapi berdasarkan jenis jg persia lebih malas drpd kucing yg lainnya?

Skrg ane mw beli kucing 3 bulanan udh aman diajak main anak2 5 thn dan 2 thn supaya aktif gmn kira2?
0
profile picture
kaskus addict
03-02-2021 08:53
@lsenseyel

Oh pantes,
kucing ane dari kecil di lepas mulu, skarang ga bisa diem di rumah, kadang pulang cuma tidur sama makan doang
1
profile picture
kaskus addict
03-02-2021 09:02
@KewZ justru sejarahnya kucing import atau turunan mix import lebih aktif dari kucing lokal gan

mereka pada dasarnya suka main & suka diajak main, mau persia, anggora, siam, maine coon dll

lepasin gan, jangan dikandangin mulu seharian

lepasin, ajarin pup & buang air kecil di tempatnya

memang pada awalnya akan menyita tenaga klo pup & kencing sembarangan, kandangin klo malem tidur aja klo belum bisa disiplin

kasih dia bola kecil yang enteng, dia akan reflek kek dribble bola gitu kok ato kasih mainan kek bulu dikasih tali gitu lempar ke deket dia

begitu dia mendekati bulu itu tarik, dia akan reflek ngejar

mainan kek gitu efektif bikin si mpuss aktif gerak & mencegah overweight yang bikin mpus males gerak

klo ane dulu mpus ane jede beberapa saat setelah makan & di pagi hari gitu suka pup, ane kunci di kamar mandi setengah jam

sampe dia hafal klo mau buang air pasti larinya ke kamar mandi

setelah disiplin gitu, ane full lepasin seharian, bahkan tidurpun sama ane
2
profile picture
kaskus addict
03-02-2021 09:07
@kingndas kucingnya betina ato jantan gan? klo betina sayang banget klo sampe doyan maen gitu, bisa" dihamilin kucing kampung yg jelek emoticon-Leh Uga

ane biasanya batesin sih kucing klo mau maen kluar rumah, biasa ane tungguin juga gitu karena klo sampe keliaran takut ketular kutu ato penyakit lainnya emoticon-Takut (S)
2
profile picture
kaskus maniac
03-02-2021 09:15
@lsenseyel @kingndas nah masalahnya kucing ane betina neh yg mw dibeli kira2 gmn?
Nanti hamidun dluar nikah lg sama kampung kan sayang juga?
Trus tanda2nya kucing subur itu gmn?
Kalo d anjing kan ada darah tuh d v nya n biasanya agak merekah gitu si v nya?
Kalo d kucing gmn?
1
profile picture
kaskus addict
03-02-2021 09:23
@kingndas @KewZ pinter" ngawasin aja gan emoticon-Leh Uga

jangan sampe lepas keliaran di kompleks

lepasin dalem rumah aja

=======

subur maksud ente minta kimpoi gitu? kucing betina yang minta kimpoi itu biasanya dia ngeongnya suara lain sih ga kek biasanya, terus suka posisi kek dia nyantai tapi keempat kakinya dilipat gitu (gimana ya jelasinnya emoticon-Hammer (S))

klo ente pengen selamet, cepet" ke petshop klo kondisi uda gitu, minta dipacakin disana dengan kucing jantan yang ras unggulan

klo minta kimpoi tapi dibiarin aja gitu jadi galak permanen gan, suka nyakar emoticon-Leh Uga

itu serius emoticon-Leh Uga
2
profile picture
kaskus geek
03-02-2021 09:31
@kingndas @KewZ @lsenseyel

Uwoh gak di steril? Ada tetangga lain yg melihara kucing ras betina, habis melahirkan di steril sama yg punya...
1
profile picture
kaskus addict
03-02-2021 09:40
@kingndas @KewZ @nowbitool klo ane sih kasih dia kesempatan lahiran sekali gan (karena ga ada niatan jual beli) dan itupun klo ada jantan yang ras unggul

baru setelah itu emang baiknya disteril, karena klo kucing betina abis lahiran pasti bulunya rontok drastis

lama" jelek klo sering ngelahirin
2
profile picture
kaskus maniac
03-02-2021 10:37
@lsenseyel @kingndas @nowbitool

Sama kaya manusia yah jadi makin jelek klo sering lahiran?
Yg suka show otomatis betina yg gk ngelahirin mungkin ato jantan yah?

Kucing ane neh betina baru 3.5bulan sfs(scotish fold short hair) kira2 beli 6jt mahal gk yah gk ada suratnya tapi katanya induknya bersurat ped rusia dan bapaknya pet gmn kira2 tuh warnanya biru?

Biasanya umur brp yah dia mens pertama n siap pacak?
Sama itu karakter dasar kucingnya gmn?
1
profile picture
kaskus addict
03-02-2021 11:11
@kingndas @nowbitool @KewZ jujur ane ga pernah ikut kontes gan

tapi se-sotoynya ane, mpus yang ikutan banyak kriterianya..kucing betina juga bisa ikutan kontes asal waktu hari H ga sedang hamil muda, ga sedang menyusui terus kondisi bulunya bagus ga rontok

klo kucing pedigree (ras) scottish fold short hair ane tau ada yang sampe puluhan juta klo betina, karena masih bisa di breed..mungkin gegara sertifikatnya yg ga ada makanya harganya bisa below standard ya jadi orang beli bisa ragu itu sfs asli atau ada campuran dikit

tapi klo kontes sertifikatnya ga diminta kok, tapi juri bisa tau mana yang pedigree yang asli ato bukan (ane ga bisa ngenalin kalo cuman liat dari fisik emoticon-Hammer (S))

mengenai sifatnya, sfs ini aktifnya ngalah"in anggora emoticon-Leh Uga

kucing itu gan selaiknya baru dikimpoikan pas 1 tahun (tapi byk kasus hamil dini emoticon-Hammer (S)), karena klo masih kecil takutnya ga siap punya anak

byk kasus kucing betina yang makan anaknya sendiri ketika baru lahir, ga mau nyusuin anaknya dsb

CMIIW emoticon-Nyepi

1
profile picture
kaskus maniac
03-02-2021 11:23
@lsenseyel @kingndas @nowbitool

Owh sama donk kaya di anjing 1 thnan tapi 9 bulan udh mens.
Kalo kucing kyknya 9 bulan kan bukan 6 bulan first haid nya?
Sama kucing kebetentuk anatomi tinggal rubah2 dkit brp bulan?
Kalo anjing 9 bulanan udh 80-90% tinggal ganti bulu dll jadi klo utk kontes drpd beli 3 bulanan kaya lotre saya sih suka yg 9 bulanan udh lebih jelas n gk rentan mati juga.
0
profile picture
aktivis kaskus
03-02-2021 12:34
kucing lakik lbh suka aktivitas drpd kucing betina
tapi namanya kucing semua sama aja seneng maen klo masih anak2....klo uda gede hobi kimpoi makan tidur, soal karakter bener2 beda2 tgt karakter indukan sm karakter tuan nya, sama2 kucing kampung ada yg pendiem suka santai ada jg yang berisik bgt haha

klo soal makanan emang sebnr nya bagus raw gan cm kekurangan nya klo ud kebiasa raw malah kita yg repot nyediainnya kurang praktis dan srg pengen makan yg ada di piring kita

Klo makanan kering gt kan praktis, biar g bosen sesekali kasih makanan basah
0
profile picture
kaskus addict
03-02-2021 14:43
@lsenseyel

Kucing ane jantan sih

Kalo misal di steril lebih sering di rumah kah?
1
profile picture
kaskus addict
03-02-2021 15:00
@kingndas ane ga bisa bilang lebih sering dirumah

tapi steril pada kucing jantan bakalan nurunin nalurinya utk keliaran cari betina utk dikimpoi gan emoticon-Leh Uga

yang ane tau pasti itu klo kucing jantan disteril bakal lebih gendut gan emoticon-Ngakak (S)
0
profile picture
kaskus maniac
03-02-2021 16:23
@lsenseyel @kingndas @nowbitool

Ni ane nanya blm ada yg jawab.
0
profile picture
kaskus addict
03-02-2021 16:32
@kingndas @nowbitool @KewZ sorry ke skip gan emoticon-Ngakak (S)

kucing itu mensnya ga klihatan secara kasat mata gan, cuman ditandai suka mengeong tapi suaranya ga biasa gitu (berisik)

trus dia juga kek mondar mandir gitu guna menarik perhatian kucing jantan, terus posisi kucing suka kek telungkup dengan keempat kaki dilipat (susah asli jelasinnya), pokok kek siap dinaikin gitu emoticon-Ngakak (S)

klo kucing siap dipacak ga mesti gan, tapi yang ane tahu relatif antara 6-9 bulan
0
profile picture
kaskus maniac
03-02-2021 16:51
@lsenseyel @kingndas @nowbitool

Cepet donk yah 6 bulan bisa dipacak dan lahiran trus sampe mens dan beres menyusui brp lama?
0
Memuat data ...
1 - 20 dari 21 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia