News
Batal
KATEGORI
link has been copied
132
Lapor Hansip
02-02-2021 14:00

Dipolisikan soal Dugaan Rasisme ke Suku Minang, Ini Respons Natalius Pigai

Dipolisikan soal Dugaan Rasisme ke Suku Minang, Ini Respons Natalius Pigai


Mantan Komisioner Komnas HAM Natalius Pigai dilaporkan ke Bareskrim Polri karena diduga telah melakukan tindakan rasisme terhadap suku Minang melalui media sosial. Pigai mempertanyakan unsur pidana apa yang bisa menjeratnya.

"Mana pidananya? Saya tulis jika dianalisis. Opini atau analisis tidak bisa diadili. Saya punya kapasitas menganalisis karena saya aktivis civil society Indonesia," kata Natalius Pigai kepada wartawan, Selasa (2/2/2021).

Natalius Pigai kemudian menampilkan cuitan di Twitter yang menjadi materi laporan. Cuitan itu mengomentari berita mengenai pertanyaan Ketua DPP PDIP Puan Maharani tentang 'Semoga Sumbar dukung negara Pancasila'.

Berikut cuitan Pigai itu:

Jk dianalisis: 1. Minang Anti Pancasila. 2. Minang jgn mimpi jd Presiden krn mrk labeli tdk Pancasilais. 3. Bro Fadli Zon harapanmu jd Presiden sdh ditutup. Mrk Kandangkan Minang sbg PARASIT ngr spt yg dilakukan Hitler pd Jahudi. KEJAM! Kekerasan Verbal.

Pigai mengatakan analisis terhadap pernyataan Puan itu dia sebut sebagai perandaian. Pigai menegaskan bahwa dirinya mengomentari apa yang disampaikan Ketua DPR RI itu.

"Jika tidak Pancasilais, maka mana bisa jadi Presiden Indonesia siapa. Dan itu saya komentari secara fakta terhadap apa yang Puan sampaikan oleh Puan," kata dia.

"Saya menganalisis pandangan Puan Maharani. Harusnya mereka pidanakan Ibu Puan, bukan yang menganalisisnya, apalagi saya dengar umpama. Jika tidak Pancasilais, maka tidak bisa jadi Presiden," sambungnya.

Pigai berharap polisi profesional dalam menangani kasus ini. Dia mengatakan bahwa polisi diawasi oleh Propam hingga masyarakat.

"Iya polisi kan pintar dan profesional, juga diawasi oleh Propam dan Kompolnas serta bangsa Indonesia jadi tidak mungkin tidak profesional," kata dia.

Pigai mengaku sering menjadi korban rasisme. Dia menyebut banyak yang marah atas perlakuan rasis itu.

"Apalagi saya korban hampir jutaan rasisme kok diadili sebagai pelaku rasisme. Jangankan orang saya, bisa saja dunia juga akan marah," tutur dia.

SUMUR:
Detik
profile-picture
profile-picture
profile-picture
m4ntanqv dan 21 lainnya memberi reputasi
20
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Dipolisikan soal Dugaan Rasisme ke Suku Minang, Ini Respons Natalius Pigai
02-02-2021 16:35
udah takdirnya Minang itu propinsi cacat emoticon-Leh Uga

1. tempat lahirnya DN AIDIT ketua PKI radikal penghianat & anti-pancasilais

2. pusat pembrontakan PRRI. anti-NKRI. Pimpimannya AMIR SJARIFUDIIN (org minang lagi) emoticon-Hammer

3. Propinsi DAJJAL. jargonnya basandi syarak (bersendikan syariat islam) tapi hukum adat warisnya jatuh ke tangan betina bukannya pria...mirip adat waris yahudik zionis tapir emoticon-Busa

4. MALIN KUNDANG dongeng paling goblog dan ga mendidik sedunia. Punya anak durhaka bukannya ortunya belajar sabar pemaaf introspeksi (kaya perintah Quran) malah dieksekusi jadi batu bangga emoticon-Betty (S)

5. RENDANG makanan tipu2 paling enak sedunia paling ga sehat sedunia juga. Isi minyak santen lemak daging campur aduk di masak kudu overcooked bikin cepet ketemu malaikat

6. Gempa Besar Minang kemarin ibarat gempa jaman Nabi Luth yg diturunkan Alloh buat intro ngapus propinisi sarang dajjal ini dari muka bumi. (dilipet tanahnya). Kalo kagak merasa dan bertobat juga orang2nya kebangetan emoticon-Busa

7. Ada anekdot : kalau antum ketemu ular, orang yahudi, orang india dan orang minang. Mana yg antum bunuh duluan ? Ulernya udah pasti. Yg bertiga ga usah disenggol mati sendiri nanti saling bacok2an ngoahahaha


Ngebet jadi pleciden ??

Jadi CEO warung padang eksekutif cem garuda aja udah lebih dari cukup

emoticon-Leh Uga
Diubah oleh HabibMuso
profile-picture
profile-picture
profile-picture
qavir dan 18 lainnya memberi reputasi
12 7
5
profile picture
kaskus maniac
02-02-2021 16:51
DN aidit lahir di belitung, kampung halamannya ahok
ngoahahahaha emoticon-Wakaka
0
profile picture
kaskus holic
02-02-2021 16:52
@Cikklancang mata antum picek emoticon-DP
2
profile picture
kaskus maniac
02-02-2021 16:54
@HabibMuso kaga usah ngetroll ngetroll tod
nama lu aja nama PKI, umur akun juga baru 2 bulan'
niat amat bikin akun buat ngerusuh
ngoahahaha emoticon-Wkwkwk
1
profile picture
kaskus addict
02-02-2021 16:59
Sangat penuh kebencian ente ya gan, perbanyak refreshing, liat² pemandangan alam seperti laut biru pasir putih, gunung dll gitu biar ademan ga penuh kebencian emoticon-Toast
5
profile picture
kaskus holic
02-02-2021 17:02
@Cikklancang Muso Nurmantyo emoticon-Ngakak

ganteng kan mukek si gatot bisa mirip muso emoticon-Ngakak
3
profile picture
kaskus holic
02-02-2021 17:02
@keenan09 fakta coeg !

sebelah mananya gw ngarang emoticon-Cool
2
profile picture
kaskus addict
02-02-2021 17:05
@HabibMuso kalau ente ga suka sama sesuatu hal, jangan pukul rata semuanya sama, ente ngetik Minang itu sesuatu yg luas, bukan seperti Dia atau Kamu ..
2
profile picture
kaskus holic
02-02-2021 17:14
@keenan09 lah emang yg ngedajjal2 basandi syarak bela2 islam taunya malah pake adat yahudik zionis itu propinsi mana antum kata

propinsi namec ??

emoticon-Hammer2
2
profile picture
kaskus maniac
02-02-2021 17:43
emoticon-Ngakak
1
profile picture
kaskus addict
02-02-2021 17:45
sepertinya disini tenang² saja gan, jangan pancing² kami masyarakat pemuda minang buat ikut panggung drama perpolitikan.. kan adat minang gan, bukan adat islam.. adat minang udah ada dr zaman ani/dinamisme jauh sebelum islam sampai ke tanah minang
2
profile picture
kaskus addict
02-02-2021 17:50
Gini aja, kalau ente ga suka sama kaum kadrun, radikal, nyampah, yg pengen ngancurin nkri, itu hak ente.
Sama, ane juga ga suka.. tp tolong jangan pukul rata kalau semua orang minang itu radikal,islam garis keras dsb, atau pemikiran ente emang sesempit itu dalam memandang & menilai sesuatu? kalau emang begitu berarti ga cukup dengan perbanyak refreshing gan, coba luasin pergaulan, literasi & hal² bermanfaat lainnya biar ga menilai & memandang sesuatu dengan sempitemoticon-Toast
6
profile picture
kaskuser
02-02-2021 18:41
pasti kamu pernah tersakiti oleh orang minang ya .. . kasian , yang sabar ya... ambil hikmah nya... jangan terlalu dendam...
2
profile picture
kaskuser
02-02-2021 22:10
Aidit itu MELAYU dari BELITUNG, Amir Sjarifuddin HARAHAP itu BATAK MANDAILING dari MEDAN emoticon-Embarrassment

PRRI jatuh itu seturut jatuhnya figur-figur Minang sayap kiri yang sosialis digantikan sayap kanan Islamis emoticon-norose dari pemberontakan-pemberontakan di Indon yang ada kalau ada yang gua bilang betul ya PRRI-Permesta

Gua juga tidak suka semakin radikal perkembangan di sana tapi kalau kritik jangan generalisir apalagi dengan logika cocoklogi macam ini apa bedanya dengan yang anda benci emoticon-Busa:
0
profile picture
kaskus maniac
02-02-2021 22:24


Tau bgt ente gan emoticon-Ngakak
0
profile picture
kaskus addict
02-02-2021 22:29
@braaivlees coba ajak sesekali liburan gan, kurang piknik agan 1 ini ane rasa emoticon-Ngakak
1
profile picture
kaskus addict
02-02-2021 22:32
Tapi tetep makannya nasih padang ya bray emoticon-Jempol
0
profile picture
newbie
03-02-2021 11:09
Perasaan orang minang nyante aja dan gak pernah berambisi menjadikan orang minang sebagai presiden. Justru sekarang itu orang tionghoa yang gak tahu diri dan berambisi menjadikan orang mereka (ahok) sebagai presiden.
1
profile picture
kaskus maniac
03-02-2021 12:38
Mungkin TS pernah diutangin trus ngk dibayar kali emoticon-Ngakak
0
profile picture
kaskus addict
03-02-2021 13:53
^
^
arab yahudi india padang cinak

emoticon-Ngakak
0
profile picture
kaskus addict
03-02-2021 13:56
@almuhibb nyang boneng lo gan

dulu si padang ical bakri nyungsep baru nyampe konvensi capres-nya golkar. digajul wiranto-wahid

emoticon-Betty
0
Memuat data ...
1 - 20 dari 22 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia