Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
64
Lapor Hansip
31-01-2021 19:26

Kisah Pemuda Laskar Pelangi, Sang Pembaharu dari Aceh

Keren, keren, dan keren! Setidaknya kata itu yang pertama kali terbayang di kepala saya tatkala melihat dan membaca video/artikel yang sangat apik sekali! Kenyataan apa yang dilihat oleh mata saya seakan mengirim sinyal ke otak dan memaksa seluruh refleks tubuh untuk mengaplous hal ini.

Memang terkesan sebagai penilaian yang  subjektif, tetapi ini adalah buah dari pengakuan jujur perasaan tentang 1 hal yang sangat berkesan. Dan hal ini dekat dengan kita, menjadi sebuah kebanggaan akan pernah diadakannya satu kegiatan yang pengaruh baiknya tidak hanya berhenti disitu, tetapi untuk di masa yang akan datang.

Saya pribadi sangat terkagum-kagum atas dedikasi pemuda dari Banda Aceh yang belakang saya tahu namanya yakni T. Rusdy, atau yang akrab disapa Mr. Rusdy, serta sekelompok anak muda penuh semangat dalam mewujudkan mimpinya. Tekad kuatnya ini tertuang dalam video singkat dengan format cvs (cinematic visual story telling) yang unik, dan saya pun juga baru tahu bahwa kisah prestasi dalam video ini berhasil menyabet juara 1 dalam salah satu kompetisi yang diadakan Kaskus dan salah satu BUMN besar pemerintah beberapa waktu lalu.

Kisah Pemuda Laskar Pelangi, Sang Pembaharu dari Aceh

Kisah Pemuda Laskar Pelangi, Sang Pembaharu dari Aceh
 
Ini adalah sebuah true life, true story, yang mengisahkan Mr. Rusdy dan beberapa pemuda asli Banda Aceh yang mereka memiliki mimpi, mimpi yang luhur serta selalu mengharapkan perubahan yang baik walaupun banyak tersandung halangan yang cukup berarti.

Mereka bermimpi melakukan suatu gebrakan besar, ingin mengedukasikan kepada masyarakat luas mengenai pentingnya berbahasa Inggris walau hanya sekedar tau, serta ingin menunjukkan kepada dunia bahwa Aceh adalah tempat yang teraman dan ternyaman untuk mewujudkan mimpinya tersebut. 

Mimpi mereka terlalu mahal harganya, terlalu berat untuk mencari dukungan demi mensukseskan kegiatan bakti bangsa ini. Maka mulailah mereka menceritakan ide kepada para pembesar yang berwenang mengucurkan dana bantuan dengan mengikat hati, mengambil simpati, serta meyakinkan fikiran, tetapi perjuangan tetaplah kembali kepada fitrahnya, tidak ada mimpi besar tanpa perjuangan yang sedikit.

Kisah Pemuda Laskar Pelangi, Sang Pembaharu dari Aceh

Maka mereka menabahkan hati, memperbanyak doa serta usaha agar mendapat dukungan, hingga pada suatu hari, mereka berhasil memeluk bintang yang cahayanya menyinari langit di Stadion Harapan Bangsa, dimana lautan manusia yang berjumlah 5.000 orang duduk dengan rapi mengikuti pelatihan bahasa Inggris serentak!

Kisah Pemuda Laskar Pelangi, Sang Pembaharu dari Aceh

Kisah Pemuda Laskar Pelangi, Sang Pembaharu dari Aceh

5.000 orang bukanlah jumlah yang sedikit dikumpulkan oleh Mr. Rusdy dan beberapa pemuda lainnya yang mereka dalam kapasitas ‘bukan pihak yang berwenang mampu mengumpulkan lautan manusia dalam waktu yang singkat’.

Kisah Pemuda Laskar Pelangi, Sang Pembaharu dari Aceh

5.000 orang inilah yang kelak membuahkan  2 penghargaan bergengsi untuk Indonesia dan Banda Aceh khususnya, yakni Guinness Royal World Records dan Amazing World of Records  (AWC).

5.000 orang inilah yang kelak membuat Ron Muller (perwakilan lembaga pencatat rekor dunia), dengan berbinar mengatakan “saya sangat bangga dengan kreatifitas anak muda yang mengadakan training ini. Orang muda adalah orang-orang yang mengubah sesuatu, Aceh sudah kembali bagus karena kreativitas anak mudanya”

Kisah Pemuda Laskar Pelangi, Sang Pembaharu dari Aceh

5.000 orang inilah yang kelak membuat Paavan Solansky mengatakan “di India pernah hanya melibatkan 500 sampai dengan 700 orang. Dan saya bangga bisa menyerahkan piagam ini”

Dan yang paling berkesan adalah..

Bahwa 5.000 orang inilah yang kemudian akan mengunci para cibiran orang-orang yang senantiasa merendahkan serta meniadakan kesuksesan dalam mimpi Mr. Rusdy dan beberapa pemuda dalam komunitas bahasa Inggris yang digawanginya.

Dampak Jangka Panjang: Terbukti setelah itu, banyak diantara pemuda Aceh tersebut yang mendapatkan beasiswa ke Inggris, Kanada, Amerika, Australia bahkan Jepang.

Kisah Pemuda Laskar Pelangi, Sang Pembaharu dari Aceh

Kekinian, Aceh menjadi langganan tetap kompetisi debat bahasa Inggris skala internasional. Semakin banyak komunitas-komunitas bahasa Inggris baru di Aceh mengikuti jejak pemrakarsanya untuk ambil bagian mencerdaskan anak bangsa, seperti yang dicita-citakan Mr. Rusdy sebagai pelopor dan agent of change.

Selain itu, pelan tapi pasti, bahasa Inggris sedang menuju menjadi bahasa ke 2 secara nasional, artinya 7 dari 10 orang Indonesia bisa berbahasa Inggris aktif atau minimal pasif.

Teringat kata-kata bung Karno, ketika melihat penggebrak ini adalah para pemuda motivatif yang penuh dengan kepedulian..

Kisah Pemuda Laskar Pelangi, Sang Pembaharu dari Aceh
 
Andai saja Bung Karno masih hidup tatkala event ini berlangsung, pastilah beliau akan dengan bangga dan akan mengatakan “kata-kataku  terwujud, dan inilah kehebatan pemuda”.

Sekaligus juga memakbulkan ucapan legendaris sahabat karib Bung Karno, John F. Kennedy, yang tiba-tiba saya kenang.

Kisah Pemuda Laskar Pelangi, Sang Pembaharu dari Aceh
 
Dari pencapaian serta keberhasilan di atas, sesungguhnya bukan 2 penghargaan dunia yang dicarinya, dan bukan pula sorotan media tatkala mereka berhasil atas apa yang dimauinya, tetapi keinginan luhur untuk membuat masyarakat paham dan tau bagaimana pentingnya edukasi bahasa Inggris sebagai tangga awal dalam berkiprah di dunia internasional. Hal ini dibuktikan dengan training edukasi bahasa Inggris berkelanjutan masih terus berjalan secara berkelompok hingga tahun-tahun berikutnya.

Selain itu pula, ada satu pelajaran hidup yang bernilai mahal untuk dapat di ambil, yakni jika telah memiliki mimpi yang baik dan bertujuan untuk memberikan kontribusi terhadap khalayak ramai, maka lanjutkan, jangan menyerah, kita jatuh bukan tersebabkan oleh cemooh orang-orang, tetapi keraguan akan pilihan terus maju atau mundur.

Nah agan-agan sekalian, sekiranya itu sedikit apresiasi saya tentang kegiatan hebat ini dan juga video singkat berisi pengalaman dalam mewujudkan prestasi tersebut hingga memenangkan juara 1 dalam salah satu event Kaskus.

Video ini tidak panjang, singkat, tetapi ada banyak sekali pelajaran yang jelas tergambar untuk dapat diambil sebagai motivasi, dan agan-agan yang penasaran seperti apa video yang sukses mencuri perhatian Kaskus ini.

Silahkan klik link video dibawah; Film Pendek Inspiratif - Aceh untuk Dunia "PENCAPAIAN" True Story



Sumber:
Thread Article by TS
Seluruh ilustrasi & referensi: Google & news
https://nasional.tempo.co/read/41406...ua-rekor-dunia
https://regional.kompas.com/read/201...Bahasa.Inggris
https://news.okezone.com/read/2012/0...-2-rekor-dunia


Diubah oleh rukminiirawan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 10 lainnya memberi reputasi
11
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Kisah Pemuda Laskar Pelangi, Sang Pembaharu dari Aceh
01-02-2021 06:30
Menarik sekali gan, ada yang terekam di pencatat rekam peristiwa. Tapi memang kalau ada pembaharu yang bagus ya mantap saja silahkan bisa dikondisikan. Tapi itu sudah beberapa tahun lalu, sekarang sudah berbeda.
profile-picture
rukminiirawan memberi reputasi
1 0
1
profile picture
kaskuser
01-02-2021 06:47
Ada kok diartikel TS kalau pembaharuan tersebut punya dampak jangka panjang yang terasa sampai sekarang dibidangnya. Menurut ane, inspirasi dan motivasi tidak mengenal tahun. Kita bisa terinspirasi dari tokoh2 terkenal, random atau siapa saja, kapan saja dan dimana saja, bahkan lintas generasi. Makanya judul artikel TS diawali dengan kata Kisah.
1
profile picture
kaskus addict
01-02-2021 22:43
emoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempolemoticon-Jempol
0
profile picture
kaskus addict
01-02-2021 22:43
@Demachio iya gan dari siapa aja, dari kalangan mana aja, bahkan lintas generasi emoticon-Wakakaemoticon-Wakaka
0
Memuat data ...
1 - 3 dari 3 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia