News
Batal
KATEGORI
link has been copied
296
Lapor Hansip
31-01-2021 13:00

Quraish Shihab: ini 3 Alasan Mengapa Jilbab Tidak Wajib Bagi Muslimah

Quraish Shihab: ini 3 Alasan Mengapa Jilbab Tidak Wajib Bagi Muslimah

Lufaefi - Kamis, 28 Januari 2021 13:10 WIB 
 
Jilbab adalah busana muslim terusan panjang menutupi seluruh badan kecuali tangan, kaki dan wajah yang biasa dikenakan oleh para wanita muslim. Penggunaan jenis pakaian ini terkait dengan tuntunan syariat Islam untuk menggunakan pakaian yang menutup aurat atau dikenal dengan istilah hijab.

Dalam sebuah tayangan di televisi swasta, Quraish Shihab ditanya oleh salah seorang jamaah ibu-ibu soal hukum memakai jilbab dan penerapan pemakaiannya dalam keluarganya.
Quraish Shihab menjawab bahwa jilbab tidak wajib dikenakan oleh muslimah. Dengan tiga alasan yang perlu dipahami. Sebagai berikut:

1. Ulama berbeda pendapat definisi jilbab
Alasan pertama karena definisi jilbab antar satu ulama dengan ulama lain berbeda. Ada yang mengatakan jilbab itu seperti pakaian kerudung. Ada yang mengatakan cadar. Dan ada pula yang mengatakan yang penting pakaian terhormat bagi wanita.

2. Ulama berbeda pendapat soal batasan aurat
Alasan ini juga menjadi pijakan penting mengapa menurut Quraish Shihab jilbab tidak wajib bagi muslimah. Terhadap batasan  aurat wanita, pendapat ulama berbeda-beda. Ada yang mengatakan semua bagian tubuh kecuali telapak tangan dan muka. Ada yang mengatakan selain mata. Dan ada yang mengatakan kurang dari semua itu.

3. Dalam konteks Indonesia jilbab baru ramai dipakai 20-an tahun ke belakang
Menurut beliau, alasan mengapa jilbab tidak wajib juga buktinya dulu orang-orang Indonesia tidak berjilbab. Istri Buya Hamka tidak berjilbab. Aisiyah dan Muslimah dulu tidak pakai jilbab. Ini bukti bahwa jilbab terjadi beda pendapat soal kewajiban dan tidaknya.
Dari perbedaan para ulama yang ada, menurut beliau, yang paling banyak adalah pendapat yang mengatakan jilbab yang paling penting adalah pakaian terhormat. Jilbab menurut beliau baik. Akan tetapi harus dipakai atas dasar kesadaran, bukan karena paksaan.

Sumber



Quraish Shihab: ini 3 Alasan Mengapa Jilbab Tidak Wajib Bagi Muslimah

Ane sbg muslim sependapat ama Quraish Shihab, jilbab itu pilihan individu, bukan paksaan.

Tafsir alquran Bahasa Indonesia diterjemahin jilbab (?) dan ditelen bulet2 ama kadrun dan kadrunwati di marih, sampe anak2 mereka juga dipaksa pake jilbab sejak kecil..

Quraish Shihab yg literally berdarah Arab aja percaya ama tafsir alquran Bahasa Inggris yg universal dan gak dibuat2. Cloak itu jubah / baju panjang yang longgar bray.. gak spesifik hrs nutupin rambut. Berarti di sini banyak yang lebih arab daripada orang arab.

Cewe yg pake baju panjang, lebar, dan gombrong, wlpn rambut keliatan, belum tentu bikin cowo2 nafsu bray..
Apalagi cewe yg mukanya di bawah standar..

Quraish Shihab: ini 3 Alasan Mengapa Jilbab Tidak Wajib Bagi Muslimah
Ada yg nafsu ama foto aslinya?

emoticon-Ngakak

(ngakak dulu ah sebelum ditegur momod & pro kadrun)
Diubah oleh setiapmenit
profile-picture
profile-picture
profile-picture
prabas dan 49 lainnya memberi reputasi
34
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Quraish Shihab: ini 3 Alasan Mengapa Jilbab Tidak Wajib Bagi Muslimah
31-01-2021 22:37
au ah bahas yang lain aja dah. Kaskus makin kesini makin sering singgung sara. Jadi kangen om achiel almarhum dah. Kalau beliau masih ada mungkin udah pada ditelen nih pada. Itu sudah
profile-picture
profile-picture
gikogaza dan iau memberi reputasi
2 0
2
profile picture
kaskuser
31-01-2021 23:05
ikr, dah ga ada semangat buat ngaskus kalo isinya sampah sampah kaya gini. Forum isinya debat, hate speech, ejekan sana sini, saling benci membenci. Dah sama aja kaya sosial media.

Sumpah dah, gua kira kaskus bakalan masih bersih, tau nya sama aja.
0
profile picture
kaskus addict
01-02-2021 06:47
Tau gan.. Muak ane juga lama²..
Skrg buka kaskus palingan masuk SF manga aja,liat teori² para kaskuser emoticon-Big Grin
Dulu pas ane join (2010an)
Itu masih enak banget di kaskus,skrg menyedihkan.
Trit sara aja jadi HT mulu emoticon-Hammer
0
Memuat data ...
1 - 2 dari 2 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia