Food & Travel
Batal
KATEGORI
link has been copied
272
Lapor Hansip
27-01-2021 10:10

Tempe Penyet Sambal Keluwak ala Bunda Oya

Tempe Penyet Sambal Keluwak ala Bunda Oya


Hallo apa kabarnya pecinta kuliner Indonesia, semoga hari ini lebih baik dari hari kemarin, tetap dapat berkumpul dengan keluarga tercinta.

Jumpa kembali di Thread kuliner Bunda Oya, kali ini Bunda ingin berbagi resep sederhana tapi sedap tiada tara, bahan-bahannya juga mudah di dapat, nggak mahal tapi cukup bergizi.
Tempe adalah makanan yang menurut Bunda wajib ada di meja makan, entah itu digoreng tepung, dibuat tempe mendoan, kering tempe, rolade tempe, oreg tempa, perkedel tempe, pokoknya banyak menu yang dapat diciptakan dari makanan berbahan dasar kedelai ini.

Kali ini Bunda Oya ingin membuat Tempe Penyet Sambal Keluwak. Mau tahu gimana cara membuatnya, yuk langsung saja cap cus deh!

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat Tempe penyet sambal keluwak adalah sebagai berikut:

- 3 iris Tempe

- 4 buah Keluwak

- dua batang daun bawang

- 6 cabe rawit hijau (sesuai selera peda)

- 3 cabe besar hijau

- 2 siung bawang merah

- 2 siung bawang putih

- 2 butir kemiri

- minyak goreng secukupnya

- garam secukupnya

Tempe Penyet Sambal Keluwak ala Bunda Oya
3 potong tempe

Tempe Penyet Sambal Keluwak ala Bunda Oya
bawang merah dan bawang putih

Tempe Penyet Sambal Keluwak ala Bunda Oya
daun bawang.

Tempe Penyet Sambal Keluwak ala Bunda Oya
keluwak


Cara membuat Tepung Penyet Sambal Keluwak adalah sebagai berikut:

Pertama-tama iris tempe kemudian goreng.

Kedua goreng bumbu-bumbu

Ketiga goreng daun bawang yang sudah diiris kasar

Keempat goreng keluwak yang sudah diambil dagingnya. ( Cicipi terlebih dahulu keluwak, cari yang rasanya tidak pahit, makanya setelah keluwak dipecahkan dari kulitnya wajib dicicipi, karena ada keluwak yang rasanya pahit, tentu saja itu tidak enak dalam masakan.

Kelima uleg bumbu yang sudah digoreng jangan lupa tambahkan garam secukupnya, kemudian tambahkan keluwak dan daun bawang yang sudah digoreng, penyet tempe tadi yang sudah digoreng juga.
Hidangkan dengan nasi hangat, wah pokoknya mantap surantap deh.

Tempe Penyet Sambal Keluwak ala Bunda Oya


Bagaimana Agan Sista semuanya mudah bukan cara membuatnya, itulah tempe penyet sambal keluwak, menu biasa yang rasanya luar biasa.

Okey deh Agan Sista semuanya, sampai di sini resep sederhana dari Bunda Oya, semoga kalian semuanya suka ya, semoga bermanfaat, selamat berbahagia dengan orang-orang tercinta.
Sampai jumpa di Thread selanjutnya, tetap di kuliner sederhana, tapi rasa luar biasa.


Opini pribadi
Sumber gambar doc.pri
Diubah oleh trifatoyah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 16 lainnya memberi reputasi
17
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Tempe Penyet Sambal Keluwak ala Bunda Oya
27-01-2021 20:53
Emang tempe tuh enak dimakan sm keluwek..cuma kl aku sih belum pernah nyoba makan tempe penyet sambelnya pake keluwek.
Kl di Surabaya makan rawon wajib ada sama tempe goreng..maknyus..
Jadi kangen pulang ke Surabaya..hikks..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
abiqu123 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
profile picture
KASKUS Plus
27-01-2021 20:55


Surabaya terkenal dengan rawonnya ya Gan, katanya kalau orang hajatan pasti ada rawonnya. Emang sekarang tinggal di mana
0
profile picture
KASKUS Plus
27-01-2021 20:58
@trifatoyah iya kl hajatan di Surabaya pasti suguhannya kalo ga rawon ya soto daging madura..
Sekarang aku merantau penempatan kerjanya di sekitaran jatim jg cm di kabupaten wilayah timur jatim,bunda
0
profile picture
KASKUS Plus
27-01-2021 21:00
@aghora oh, sering mudik nggak ke Surabaya
0
profile picture
KASKUS Plus
27-01-2021 21:04
@trifatoyah jarang.. kan jauh,bunda..5 jam perjalanan,lagian istrikan jg tinggal bareng di perantauan sini..paling kl lebaran, idul adha, sm ada keperluan keluarga baru bisa mudik..emoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grin
0
profile picture
KASKUS Plus
28-01-2021 12:02
@aghora jauh juga ya sampai 5 jam
0
profile picture
kaskuser
05-02-2021 15:03
Tempe Makanan far juga
0
profile picture
KASKUS Plus
05-02-2021 15:16
@abiqu123 kaporit gituπŸ˜‚πŸ˜‚
0
Memuat data ...
1 - 7 dari 7 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
Selera Nusantara (Indonesian Food)
mento-khas-sunda-kuliner-jadul-yang-masih-eksis
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia