News
Batal
KATEGORI
link has been copied
94
Lapor Hansip
27-01-2021 19:02

PGI Sumatra Barat Anggap Kasus Jilbab SMKN 2 Selesai

PGI Sumatra Barat Anggap Kasus Jilbab SMKN 2 Selesai
REPUBLIKA.CO.ID, PADANG— Ketua Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia (PGI) Sumatra Barat Pendeta Titus Wadu mengatakan pihaknya menilai persoalan penggunaan jilbab di SMKN 2 Padang sudah selesai.

Dia menganggap persoalan ada salah satu siswi non-Muslim SMK N 2 yang keberatan memakai jilbab di sekolah tidak harus sampai kepada persoalan agama dan persoalan hukum.

Baginya persatuan antarumat beragama jauh lebih penting sehingga jangan sampai terpecah akibat satu persoalan kecil. "Bagi kami persoalan ini bukan atas nama agama atau lembaga. Kita bersama-sama harus bijak. Menjaga persaudaraan sesama umat manusia dan sebangsa," kata Titus di Padang, Rabu (27/1). Titus menilai persoalan jilbab di SMK 2 ini menjadi viral karena adanya penerapan aturan yang keliru dari pihak sekolah. Dia berharap persoalan ini sudah selesai dengan didudukkan secara bersama secara musyawarah dan mufakat.

PGI Sumbar, menurut Titus, menghormati kearifan lokal di Sumatra Barat di mana siswi yang beragama Islam diwajibkan menggunakan seragam berjilbab. Sementara itu umat agama non-Islam baginya tidak harus melakukan intervensi untuk mencabut aturan tersebut.

"Memakai jilbab bagi siswi Muslim itu kan ekspresi iman dan spiritual sesuai ajaran Islam. Kami dari PGI tidak mempersoalkan itu. Tinggal bagaimana regulasinya diatur dari Pemda supaya ada pengecualian-pengecualian," ucap Titus.

Titus berharap persoalan keberatan salah seorang siswi non-Muslim di SMKN 2 tidak sampai ke ranah hukum. Karena persoalan ini dapat diselesaikan secara kekeluargaan di antara sesama warga Sumatra Barat.

Pada kesempatan yang sama Ketua Persekutuan Gereja-gereja Pentakosta Indonesia (PGPI) Sumatra Barat, Pendeta Hendri Dunan Sirait, sepakat persoalan jilbab di SMKN 2 Padang tidak perlu lagi diperpanjang.

Hendri merasa toleransi dan saling menghormati keberagaman di Sumatra Barat sudah berlangsung sejak lama. Dia tidak ingin persoalan jilbab di SMK 2 Padang ini menciderai kerukunan umat beragama di Sumbar. "Mari kita jalan bersama-sama ke depan. Kita anggap persoalan jilbab SMK N Padang selesai di sini," ucap Hendri.

https://m.republika.co.id/berita/qnl...smkn-2-selesai

emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dhanyjos dan 3 lainnya memberi reputasi
2
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
PGI Sumatra Barat Anggap Kasus Jilbab SMKN 2 Selesai
27-01-2021 20:22
Kritik gw ke pengurus2 organisasi keagamaan minoritas ini ya sikap mendukung status quo ini, atau sikap cari aman.

Seharusnya gak ada paksaan pake jilbab ke non kalo organisasi ini aktif dari awal menunjukan keberatan ke pemda setempat.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
profile picture
newbie
27-01-2021 20:33
15 tahun tutup mulut, sekarang setelah mencuat main bilang selesai2an aja.

Kan anjeng namanya tuh.

Wong aturan wajib hijab utk muslim masih belum di selesaikan.

Sekarang Padang dan cuma anak sekolahan.

Nanti terus dibiarkan bisa2 seluruh indonesia dan semua cewe keluar rumah mesti pake hijab.

Dan khilafah tinggal di depan mata.
1
profile picture
kaskus maniac
27-01-2021 20:34
nanti kalo mengajukan keberatan dituduh islamophobia
1
profile picture
kaskus geek
27-01-2021 20:35
Menunjukkan keberatan? Blm tau responsenya mayo kl kebijakannya ditentang ya? Yang bego itu ya yang bikin aturan, non muslim kok disuruh pake jilbab di mana logikanya.
1
profile picture
newbie
27-01-2021 20:37
@Echizen.Ryoma Loh selama ini tanpa ada aturan wajib hijab anteng2 aja yg mayo.

Karena turun suharto, terjadi pembiaran thdp pandangan2 ektrstrimis, si baasyir pulang, dll.

Ya jadinya begini.
0
profile picture
kaskus geek
27-01-2021 20:44
@fairoad7. makanya intinya lu tau sendiri kan kelakuannya mereka kyk gmn. Kalaupun diprotes sejak awal paling2 jawabannya disuruh cari sekolah lain saja atau bahkan pindah ke daerah lain.
1
profile picture
kaskus addict
27-01-2021 20:45
@Echizen.Ryoma gw gak tau gimana komunikasi pgi dengan pemda tapi pgi itu besar, sarannya pasti bakal dijadiin masukan.

Kasus ini beruntung krn si ortu cukup melek hukum plus usaha netizen yg bikin rame....setelah ribut pgi dengan enteng menyebut masalah selesai. Ini seharusnya tugas mereka loh menyampaikan suara umatnya sendiri.
1
profile picture
newbie
27-01-2021 20:46
@Echizen.Ryoma Loh tau kenapa peraturan ini akhirnya direvisi utk yg nonmuslim?
Dan si kepsek minta maaf?

Karena ada yg protes.
Kalau diam aja ya lanjut terus.

Jangan diam aja.
Itu sama aja kita membiarkan penzaliman ini terus terjadi dan berkembang.

Aturan wajib buat yg muslim belum direvisi.
eh ini udah bilang kasusnya selesai2 aja.
0
profile picture
kaskus maniac
27-01-2021 20:47
@Echizen.Ryoma @jd101 elu tau ORANG PADANG gak boss ??? ORANG PADANG tau ???

gua kalo disuruh pilih menyampaikan pendapat sama ORANG PADANG atau SUKU AMAZON PEDALAMAN, mending gua ngomong sama SUKU AMAZON PEDALAMAN.
1
profile picture
newbie
27-01-2021 20:50
@anti.liberal Loh gw sendiri half minang.

Orang2 padang itu kurang mampu memandang situasi dan mengerti perasaan orang lain.

Makanya kita kalau mau protes harus tegas.

Kalau letoy bakal lanjut terus mereka.
2
profile picture
kaskus geek
27-01-2021 20:52
@jd101 ya mungkin mereka merasa percuma bilang karena kdg2 atau seringkali mayo bikin gara2 sama mino. Lahirnya aturan pemakaian jilbab bagi non muslim saja sudah menunjukkan kl mayo ga pake otak & sedang memanfaatkan kemayoritasannya. Jadi apa bisa org ga punya otak diajak negosiasi?
0
profile picture
kaskus maniac
27-01-2021 20:53
@fairoad7. ya elu setengah sih, kalo 100% gua juga males jawabinnya emoticon-Ngakak

kalo ORANG PADANG mah gua mending minggir aja boss. susah. chauvinisme nya setingkat NAZI. pokoknya RAS PALING UNGGUL DI MUKA BUMI INI YA PADANG, YANG LAIN DIANGGAP NGONTRAK emoticon-Ngakak

jadi mau diskusi apaan lagi sama manusia model gitu ??? emoticon-Ngakak
1
profile picture
kaskus maniac
27-01-2021 20:55
@Echizen.Ryoma

kalo udah PADANG mending iyain aja dah, bodo amat gua mah.

pengalaman gua mah kenal PADANG bukan 1 2 orang, dah banyak.

pokoknya itu kebenaran mutlak milik PADANG dah pokoknya. PADANG NO 1 DAH POKOKNYA

jadi iya iyain aja dah emoticon-Ngakak
0
profile picture
newbie
27-01-2021 20:55
@anti.liberal Loh kan faktanya mau minta maaf tuh kepsek dan dibolehin lagi yg nonmuslim gak pake hijab.

Kalau diem aja, emang bakalan ada perubahan?
Perubahan ke khilafah mungkin iya.
0
profile picture
kaskus geek
27-01-2021 20:57
@anti.liberal kayaknya ga cm padang saja. Bahkan sekelas MUI saja menyangkal fakta kl aturan tsb wajib.
0
profile picture
newbie
27-01-2021 20:58
@Echizen.Ryoma Mau suku apapun kalau udah keracunan agama ini susah.
1
profile picture
kaskus geek
27-01-2021 20:59
@fairoad7. MUI saja menyangkal kl itu pemaksaan, padahal sudah jelas2 ada bukti pengakuannya. Memang mereka mau cari2 gara2 sama mino saja sih itu. Mereka ga mau sampai "kalah" dari mino padahal mereka menang jumlah di sini. Ya simpulkan sendiri lah.
0
profile picture
newbie
27-01-2021 21:05
@Echizen.Ryoma Yang penting kita kalau menemukan ketidak adilan speak up, jangan diam aja.

Yang moderat, yg akalnya masih sehat dan gak suka sama aturan2 dan perbuatan2 nyeleneh yg fanatik masih banyak di jawa.

Faktanya jokowi bisa menang 55% dan sebagian besar suaranya berasal dari suku jawa.

Walaupun gw kurang suka sama ketidak tegasannya.

FPI dibubarkan banyak yg dukung.

Yang penting jangan diam aja.
2
profile picture
kaskus maniac
27-01-2021 21:31
pantes klo nikah itu si perempuan yg beli laki" klo adat padang emoticon-Malu
0
Memuat data ...
1 - 18 dari 18 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia