News
Batal
KATEGORI
link has been copied
333
Lapor Hansip
27-01-2021 12:37

Cak Nun: Jangan Paksa Cewek Berjilbab, Masak Rambut Kelihatan Masuk Neraka

Cak Nun: Jangan Paksa Cewek Berjilbab, Masak Rambut Kelihatan Masuk Neraka

Quote:BeritaHits.id - Cendekiawan Muslim Emha Ainun Najib atau Cak Nun menilai pandangan publik mengenai penggunaan jilbab saat ini terlalu berlebihan.

Belakangan, isu mengenai penggunaan jilbab kembali menjadi sorotan publik usai muncul kabar siswi di Padang dipaksa memakai jilbab meskipun ia tak beragama Islam.

Melalui video berjudul 'Caknun - Guru jangan Paksa Siswi Memakai Jilbab! Tapi Anjurkan Dengan Cara yang Bijaksana' yang dibagikan oleh kanal Adonara Shop TV pada Minggu (24/1/2021), Cak Nun memberikan pandangannya tentang pemikiran publik soal jilbab.

"Mosok rambute ketok titik metu teko jilbab sak lembar i mlebu neroko cobo. Cek angele urip iki (masak rambutnya kelihatan sedikit keluar dari jilbab sehelai saja masuk neraka coba. Kok sulit sekali hidup ini)" kata Cak Nun seperti dikutip Suara.com, Selasa (26/1/2021).

Cak Nun menyoroti komentar di dunia maya yang kerap kali menghakimi para wanita yang tak mengenakan jilbab.

Kebanyakan orang langsung menjatuhkan vonis kepada perempuan tak berjilbab akan menjadi penghuni neraka.

"Dikit-dikit neraka. Ya Allah kok banyak sekali takmir neraka ini. Yang menentukan dan mendaftari orang masuk neraka itu lho. Sekarang coba, orang tidak jilbaban kan langsung kalau di medsos tu 'ini penghuni neraka'" ungkapnya.

Penulis puisi 'Lautan Jilbab' itu mencontohkan beberapa perempuan muslim yang tak mengenakan jilbab. Mereka adalah istri Buya Hamka dan juga ibunya sendiri.

Kedua perempuan muslim itu tak mengenakan jilbab, melainkan sebuah kerudung.

Bahkan, sebelum 1980 tak ada satupun perempuan muslim yang berangkat ke sekolah mengenakan jilbab.

Cak Nun tak mampu membayangkan jika perempuan muslim tak berjilbab masuk neraka, maka penghuni neraka ternyata berisi para leluhur.

"Lha bayangkan, penghuni neraka banyak sekali ternyata mbah-mbah, ibu-ibu kita, ya Allah," tuturnya.

Cak Nun mengajak umat Muslim untuk tidak terlalu kaku dalam memahami aturan surga dan neraka, sebab masuk atau tidaknya seseorang ke surga dan neraka bukanlah ditentukan oleh manusia.

Namun, penentuan seseorang masuk neraka ataupun surga merupakan hak prerogatif Sang Pencipta.

Menurutnya, memaksakan orang lain menggunakan jilbab tidak akan memberikan dampak baik. Ia mencontohkan sosok sang ibu yang tak pernah memaksa putrinya berjilbab, hal itu juga dilakukan Cak Nun terhadap putrinya.

Pasalnya, setiap orang memiliki momentum hidayah masing-masing. Sebagai sesama muslim sebaiknya saling mendoakan, bukan justru memaksakan.

"Setiap orang mendapat momentum hidayahnya masing-masing. Kita doakan semuanya," tukasnya.

https://hits.suara.com/read/2021/01/...n-masuk-neraka


Cak Nun mengajak umat Muslim untuk tidak terlalu kaku dalam memahami aturan surga dan neraka, sebab masuk atau tidaknya seseorang ke surga dan neraka bukanlah ditentukan oleh manusia.

Namun, penentuan seseorang masuk neraka ataupun surga merupakan hak prerogatif Sang Pencipta.


Yg digaris bawahin, gw setuju banget..... emoticon-thumbsup

Yg nentuin orang masuk surga ato neraka itu bukan orang yg sok suci.....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
prayformysky dan 68 lainnya memberi reputasi
67
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Cak Nun: Jangan Paksa Cewek Berjilbab, Masak Rambut Kelihatan Masuk Neraka
27-01-2021 14:58
kalimat seperti ini neh yg disukai kaum jaman now...beragama sesuka hati apalagi denger kalimat seseorang masuk neraka ataupun surga merupakan hak prerogatif Sang Pencipta..

emg bener Hak Prerogatif Sang Pencipta tapi dg catatan udah menjalankan agama sesuai Al Quran dan juga Hadits..

kalo sholat aja jarang bahkan gak pernah, hobinya mabuk, judi berbuat dosa lalu bilang "jangan suka menghakimi deh, surga dan neraka hak Allah" lah gimana mau masuk surga kalo yg dilakukan perbuatan dosa nya lebih banyak

masalah jilbab, udah dijelaskan kewajiban memakai bagai perempuan di Alquran dan ancamannya neraka bagi yang tidak menggunakan melalui hadits, kok dibilang jangan kaku..ngehina Allah dan Nabi ?

aturannya jelas, ancamannya juga nyata...kenapa membuat hukum sendiri..ckckck

itu !!! emoticon-Cool
0 0
0
Memuat data ...
profile picture
kaskus addict
27-01-2021 21:01
@jd101 aduh sayangku, jangan jadi maling yg teriak maling ya...gak baik...fokus ya sayang...

"itu !!! emoticon-Cool
0
profile picture
newbie
27-01-2021 21:20
@septhia Wahyu itu sendiri kan harus melihat kondisinya sayangku.

Seperti ayat perang memancung kepala orang2 kafir.
Apakah mesti diterapkan juga di masa damai sekarang?
kayak isis begitu?
Kan gak.

Begitupula ayat hijab.
Yang mana saat itu turun karena Umar yg mendesak Nabi sampai2 memergoki istri Nabi yg sedang berak di lapangan terbuka.

Sekarang kan berak gak perlu di lapangan terbuka lagi, sudah ada toilet.
Umar juga sudah tidak ada.

Berarti ayat tsb seharusnya sudah tidak relevan lagi sayangku emoticon-Malu (S)
Kecuali kalau kamunya pengen berak di lapangan terbuka menauladani istri2 Nabi dahulu emoticon-Malu (S)
0
profile picture
kaskus addict
27-01-2021 21:32
@mera3 astaghfirullah...istighfar gih sayang..

ingat bahwa Islam adalah rahmatan lil ‘alamin...yg artinya rahmat bagi seluruh umat manusia yg berarti sejak diutusnya Nabi Muhammad hingga hari kiamat...

Itu !!! emoticon-Cool
0
profile picture
newbie
27-01-2021 21:36
@septhia Benar sayangku tapi apakah seluruh ayat di quran mesti diterapkan seperti ayat ini?

  • Surat Al-Anfal ayat 12
    (Ingatlah), ketika Tuhanmu mewahyukan kepada para malaikat: "Sesungguhnya Aku bersama kamu, maka teguhkan (pendirian) orang-orang yang telah beriman". Kelak akan Aku jatuhkan rasa ketakutan ke dalam hati orang-orang kafir, maka penggallah kepala mereka dan pancunglah tiap-tiap ujung jari mereka.


Gak kan?
Harus melihat konteksnya

Begitupula ayat hijab harus dilihat juga bagaimana konteksnya turun dulu.

Turun karena istri Nabi dipergoki Umar bin Khattab saat sedang berak di lapangan terbuka.

Sekarang apakah antum beraknya di lapangan terbuka mencontoh apa yg dilakukan oleh istri2 Nabi dulu? emoticon-Malu (S)
0
profile picture
kaskus addict
27-01-2021 21:48
@mera3 Alhamdulillah kalo sudah mengakui walaupun masih aja ngeyel diakhir kalimat ya..

sayangku, ayat yg kamu bawakan itu menceritakan kisah perang badr tentang bagaimana para malaikat membantu umat muslim dalam perang itu...

apanya yg relevan sayang ? itu kan sebuh kisah..

sedari tadi bawa hadits, ayat, tapi ga ada satupun yg dipahami..semoga hidayah tercurahkan kepadamu..

Itu !!! emoticon-Cool
0
profile picture
newbie
27-01-2021 21:53
@septhia Betul sayangku makanya tiap2 ayat harus diperhatikan dulu konteksnya, ayat tsb turun mengenai perang padar, walaupun ada perintah penggal pala kafir disana bukan berarti kita mesti penggal pala kafir sekarang.

Seperti pada ayat ini juga

  • Surat At-Taubah ayat 123
    Hai orang-orang yang beriman, perangilah orang-orang kafir yang di sekitar kamu itu, dan hendaklah mereka menemui kekerasan daripadamu, dan ketahuilah, bahwasanya Allah bersama orang-orang yang bertakwa.


Apakah kita sekarang mesti memerangi orang2 kafir tetangga2 kita?
Kan konyol, mereka gak kenapa2 kita perangi.

Cuma setan yg senang dengan perbuatan seperti itu bukan Tuhan.

Begitupula dengan ayat hijab ya sayangku.
Ayat hijab turun dalam konteks Umar memergoki istri Nabi yg sedang berak di lapangan terbuka.

Lalu pertanyaannya apakah kamu masih berak di lapangan terbuka mengikuti istri2 Nabi dulu sayangku? emoticon-Malu (S)
0
profile picture
kaskus addict
27-01-2021 22:04
@mera3 yg bilang suruh penggal kepala kafir skrg siapa ? hayo mau menjebak ya...wkwkwkwk...

duhhh bawa ayat lagi....memahami sendiri lagi dan masih berkutat pada hijab..wkwkwkwkwk..

sayang, ayat yg kamu bawakan itu ketika dimasa perang maka bunuhlah musuh yg terdekat denganmu...

aku ulangi ya...sedari tadi bawa hadits, ayat, tapi ga ada satupun yg dipahami..semoga hidayah tercurahkan kepadamu..

itu !!! emoticon-Cool
0
profile picture
newbie
27-01-2021 23:25
@septhia Benar sayang, ayat membunuh dan memenggal kafir turun pada saat perperangan.

Begitupula ayat hijab turun pada saat berak masih di lapangan terbuka & Umar bin Khattab sang pemergok orang berak masih hidup.

Sekarang sudah bukan masa perperangan lagi.

Juga bukan masa berak masih di lapangan terbuka, & Umar bin Khattab sudah tidak ada lagi.

Jadi kedua ayat tsb sudah tidak relevan lagi utk saat ini.

Kecuali kalau sayang masih berak di lapangan terbuka mengikuti cara istri2 Nabi dulu, dan suka ada om2 yg suka mergokin seperti Umar bin Khattab dulu.

Ya silahkan sayang memakai hijab sesuai pada konteks yg terjadi pada turunnya ayat hijab dulu.

Subhanallah...
0
profile picture
kaskus addict
27-01-2021 23:31
@mera3 astaghfirullah...menuduh sahabat umar sebagai pemergok...menafsir ayat dengan seenaknya, begitu pula dg hadits

semoga hidayah tercurahkan kepadamu wahai kaskuser newbie

Itu !!! emoticon-Cool
0
profile picture
newbie
27-01-2021 23:38
@septhia Segeralah bertaubat ke jalan yg benar wahai kaum khawarij yg tersesat.
Sebelum Allah melalui tangan para mujahidin datang mengambil nyawa kalian.

  • HR. Bukhari: 4669
    https://hadits.net/hadits/bukhari/4669/

    حَدثَنَا مُحَمدُ بْنُ كَثِيرٍ أَخْبَرَنَا سُفْيَانُ حَدثَنَا الْأَعْمَشُ عَنْ خَيْثَمَةَ عَنْ سُوَيْدِ بْنِ غَفَلَةَ قَالَ عَلِي رَضِيَ اللهُ عَنْهُ
    سَمِعْتُ النبِي صَلى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلمَ يَقُولُ يَأْتِي فِي آخِرِ الزمَانِ قَوْمٌ حُدَثَاءُ الْأَسْنَانِ سُفَهَاءُ الْأَحْلَامِ يَقُولُونَ مِنْ خَيْرِ قَوْلِ الْبَرِيةِ يَمْرُقُونَ مِنْ الْإِسْلَامِ كَمَا يَمْرُقُ السهْمُ مِنْ الرمِيةِ لَا يُجَاوِزُ إِيمَانُهُمْ حَنَاجِرَهُمْ فَأَيْنَمَا لَقِيتُمُوهُمْ فَاقْتُلُوهُمْ فَإِن قَتْلَهُمْ أَجْرٌ لِمَنْ قَتَلَهُمْ يَوْمَ الْقِيَامَةِ

    Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Katsir[1] Telah mengabarkan kepada kami Sufyan[2] Telah menceritakan kepada kami Al A'masy[3] dari Khaitsamah[4] dari Suwaid bin Ghaflah[5] bahwa Ali[6] radliallahu 'anhu berkata; Aku mendengar Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Pada akhir zaman nanti, akan datang suatu kaum yang muda usianya lagi bodoh. Mereka berkata-kata dengan kebaikan, akan tetapi mereka keluar dari Islam sebagaimana meluncurnya anak panah dari busurnya. Keimanan mereka tidaklah melewati batas tenggorokan (tidak meresap dalam hati). Karena itu, dimana pun kalian menemukannya, maka bunuhlah mereka. Karena sesungguhnya membunuh mereka merupakan pahala, yakni pahala pada hari kiamat bagi yang membunuh mereka."

0
profile picture
kaskus addict
27-01-2021 23:40
@mera3 betul, bertaubat ya sayang...jangan sampai salah memaknai ayat maupun hadits, apalagi menuduh tanpa bukti jatuhnya fitnah..

semoga hidayah tercurah padamu wahai kaskuser newbie..

Itu !!! emoticon-Cool
0
profile picture
newbie
27-01-2021 23:41
@septhia Loh jadi selama ini kamu mikirnya Umar di hadits ini siapa sayang, kalau bukan Umar bin Khattab?
Umar tukang becak?

  • Hadits Bukhari Nomor 143
    https://hadits.net/hadits/bukhari/143/

    حَدثَنَا يَحْيَى بْنُ بُكَيْرٍ قَالَ حَدثَنَا الليْثُ قَالَ حَدثَنِي عُقَيْلٌ عَنْ ابْنِ شِهَابٍ عَنْ عُرْوَةَ عَنْ عَائِشَةَ أَن أَزْوَاجَ النبِي صَلى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلمَ كُن يَخْرُجْنَ بِالليْلِ إِذَا تَبَرزْنَ إِلَى الْمَنَاصِعِ وَهُوَ صَعِيدٌ أَفْيَحُ فَكَانَ عُمَرُ يَقُولُ لِلنبِي صَلى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلمَ احْجُبْ نِسَاءَكَ فَلَمْ يَكُنْ رَسُولُ اللهِ صَلى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلمَ يَفْعَلُ فَخَرَجَتْ سَوْدَةُ بِنْتُ زَمْعَةَ زَوْجُ النبِي صَلى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلمَ لَيْلَةً مِنْ الليَالِي عِشَاءً وَكَانَتْ امْرَأَةً طَوِيلَةً فَنَادَاهَا عُمَرُ أَلَا قَدْ عَرَفْنَاكِ يَا سَوْدَةُ حِرْصًا عَلَى أَنْ يَنْزِلَ الْحِجَابُ فَأَنْزَلَ اللهُ آيَةَ الْحِجَابِ حَدثَنَا زَكَرِياءُ قَالَ حَدثَنَا أَبُو أُسَامَةَ عَنْ هِشَامِ بْنِ عُرْوَةَ عَنْ أَبِيهِ عَنْ عَائِشَةَ عَنْ النبِي صَلى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلمَ قَالَ قَدْ أُذِنَ أَنْ تَخْرُجْنَ فِي حَاجَتِكُن قَالَ هِشَامٌ يَعْنِي الْبَرَازَ

    Telah menceritakan kepada kami Yahya bin Bukair[1] berkata, telah menceritakan kepada kami Al Laits[2] berkata, telah menceritakan kepadaku 'Uqail[3] dari Ibnu Syihab[4] dari Urwah[5] dari 'Aisyah[6], bahwa jika isteri-isteri Nabi shallallahu 'alaihi wasallam ingin buang hajat, mereka keluar pada waktu malam menuju tempat buang hajat yang berupa tanah lapang dan terbuka. Umar pernah berkata kepada Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, "Hijabilah isteri-isteri Tuan." Namun Nabi shallallahu 'alaihi wasallam tidak melakukannya. Lalu pada suatu malam waktu Isya` Saudah binti Zam'ah, isteri Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, keluar (untuk buang hajat). Dan Saudah adalah seorang wanita yang berpostur tinggi. 'Umar lalu berseru kepadanya, "Sungguh kami telah mengenalmu wahai Saudah! ' Umar ucapkan demikian karena sangat antusias agar ayat hijab diturunkan. Maka Allah kemudian menurunkan ayat hijab." Telah menceritakan kepada kami Zakaria[7] berkata, telah menceritakan kepada kami Abu Usamah[8] dari Hisyam bin 'Urwah[9] dari Bapaknya[10] dari 'Aisyah[6] dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, beliau bersabda: "Allah telah mengizinkan kalian (isteri-isteri Nabi) keluar untuk menunaikan hajat kalian." Hisyam berkata, "Yakni buang air besar."
0
profile picture
kaskuser
27-01-2021 23:44
@mera3 @septhia jgn diladenin bro, si septhia alias septitank alias begox emng bgitu, trlahir prematur 🤣
0
profile picture
kaskus addict
27-01-2021 23:44
@mera3 istighfar ya sayang...istighfar...tadi menuduh umar sang pemergok org berak skrg tukang becak...

semoga hidayah selalu tercurahkan kepadamu wahai kaskuser newbie..

itu !!! emoticon-Cool
0
profile picture
kaskus addict
27-01-2021 23:45
@learntorape hy sayang...makna demokrasi udh ketemu ?

itu !!! emoticon-Cool
0
profile picture
newbie
27-01-2021 23:48
@septhia @learntorape Sepertinya begitu ya akhi.

Kayaknya waktu sholat, benturin kepala ke ubinnya beliau terlalu kencang.

Akibatnya otaknya jadi rada korslet.

Btw ana kira akhi membalas si septic tank awalnya.

Rupanya membalas ana.

Soalnya yg di-mention nama ana dulu, lalu nama septic tank.

Biasanya kalau ana bales komen, nama user 3rd person dulu, baru nama 2nd person.

emoticon-Malu (S)
0
profile picture
kaskus addict
27-01-2021 23:55
@mera3 pegangan ya sayang kalo ga kuat....ga capek apa 2 akun log in bolak balik #eh

semoga hidayah tercurahkan padamu..

itu !!! emoticon-Cool
0
profile picture
newbie
28-01-2021 00:03
@septhia Sekarang malah berdelusi.

Kasihan.

:emoticon-norose

Pelajaran buat orang tua supaya lebih menjaga kepala anaknya.

Jangan sampai seperti ibu ini yg otaknya jadi korslet akibat terlalu kencang membenturkan kepala ke ubin ketika ibadah.

emoticon-Takut (S)
0
profile picture
kaskus holic
28-01-2021 03:23
Nah ini, komen dari salah seorang yang merasa bisa mengatur Allah. Emange kalau Allah mau memasukkan orang non Islam ke surga, elo bisa apa maliiiihhhh
0
profile picture
kaskus addict
28-01-2021 03:26
@mera3 sabar ya say, pelajari ilmu dg benar...

itu !!! emoticon-Cool
0
Memuat data ...
41 - 60 dari 62 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia