News
Batal
KATEGORI
link has been copied
333
Lapor Hansip
27-01-2021 12:37

Cak Nun: Jangan Paksa Cewek Berjilbab, Masak Rambut Kelihatan Masuk Neraka

Cak Nun: Jangan Paksa Cewek Berjilbab, Masak Rambut Kelihatan Masuk Neraka

Quote:BeritaHits.id - Cendekiawan Muslim Emha Ainun Najib atau Cak Nun menilai pandangan publik mengenai penggunaan jilbab saat ini terlalu berlebihan.

Belakangan, isu mengenai penggunaan jilbab kembali menjadi sorotan publik usai muncul kabar siswi di Padang dipaksa memakai jilbab meskipun ia tak beragama Islam.

Melalui video berjudul 'Caknun - Guru jangan Paksa Siswi Memakai Jilbab! Tapi Anjurkan Dengan Cara yang Bijaksana' yang dibagikan oleh kanal Adonara Shop TV pada Minggu (24/1/2021), Cak Nun memberikan pandangannya tentang pemikiran publik soal jilbab.

"Mosok rambute ketok titik metu teko jilbab sak lembar i mlebu neroko cobo. Cek angele urip iki (masak rambutnya kelihatan sedikit keluar dari jilbab sehelai saja masuk neraka coba. Kok sulit sekali hidup ini)" kata Cak Nun seperti dikutip Suara.com, Selasa (26/1/2021).

Cak Nun menyoroti komentar di dunia maya yang kerap kali menghakimi para wanita yang tak mengenakan jilbab.

Kebanyakan orang langsung menjatuhkan vonis kepada perempuan tak berjilbab akan menjadi penghuni neraka.

"Dikit-dikit neraka. Ya Allah kok banyak sekali takmir neraka ini. Yang menentukan dan mendaftari orang masuk neraka itu lho. Sekarang coba, orang tidak jilbaban kan langsung kalau di medsos tu 'ini penghuni neraka'" ungkapnya.

Penulis puisi 'Lautan Jilbab' itu mencontohkan beberapa perempuan muslim yang tak mengenakan jilbab. Mereka adalah istri Buya Hamka dan juga ibunya sendiri.

Kedua perempuan muslim itu tak mengenakan jilbab, melainkan sebuah kerudung.

Bahkan, sebelum 1980 tak ada satupun perempuan muslim yang berangkat ke sekolah mengenakan jilbab.

Cak Nun tak mampu membayangkan jika perempuan muslim tak berjilbab masuk neraka, maka penghuni neraka ternyata berisi para leluhur.

"Lha bayangkan, penghuni neraka banyak sekali ternyata mbah-mbah, ibu-ibu kita, ya Allah," tuturnya.

Cak Nun mengajak umat Muslim untuk tidak terlalu kaku dalam memahami aturan surga dan neraka, sebab masuk atau tidaknya seseorang ke surga dan neraka bukanlah ditentukan oleh manusia.

Namun, penentuan seseorang masuk neraka ataupun surga merupakan hak prerogatif Sang Pencipta.

Menurutnya, memaksakan orang lain menggunakan jilbab tidak akan memberikan dampak baik. Ia mencontohkan sosok sang ibu yang tak pernah memaksa putrinya berjilbab, hal itu juga dilakukan Cak Nun terhadap putrinya.

Pasalnya, setiap orang memiliki momentum hidayah masing-masing. Sebagai sesama muslim sebaiknya saling mendoakan, bukan justru memaksakan.

"Setiap orang mendapat momentum hidayahnya masing-masing. Kita doakan semuanya," tukasnya.

https://hits.suara.com/read/2021/01/...n-masuk-neraka


Cak Nun mengajak umat Muslim untuk tidak terlalu kaku dalam memahami aturan surga dan neraka, sebab masuk atau tidaknya seseorang ke surga dan neraka bukanlah ditentukan oleh manusia.

Namun, penentuan seseorang masuk neraka ataupun surga merupakan hak prerogatif Sang Pencipta.


Yg digaris bawahin, gw setuju banget..... emoticon-thumbsup

Yg nentuin orang masuk surga ato neraka itu bukan orang yg sok suci.....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
prayformysky dan 68 lainnya memberi reputasi
67
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Cak Nun: Jangan Paksa Cewek Berjilbab, Masak Rambut Kelihatan Masuk Neraka
27-01-2021 12:41
Yang waras begini pasti banyak dimusuhi sama kadrun
emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 35 lainnya memberi reputasi
36 0
36
profile picture
kaskus addict
27-01-2021 12:48
coba cek, cak nun kalo kritik jkw dikit juga di musuhi sama cebi
-3
profile picture
kaskus maniac
27-01-2021 12:50
cak nun condong ke sebelah
cuman sbg budayawan pasti kurang setuju jilbab
1
profile picture
kaskus holic
27-01-2021 12:51
@magelys terus kenapa drun? Ngocok dulu sana, tapi crotnya jangan di sini....

emoticon-Leh Uga
3
profile picture
kaskus addict
27-01-2021 12:58


Am hepi i kol yu tu inves mai kontri emoticon-Ngakak
1
profile picture
kaskus holic
27-01-2021 13:01
@jakartalockdown ente napa drun? Hari gini masih tolol aja...
emoticon-Leh Uga
1
profile picture
kaskus addict
27-01-2021 13:05
@serapionIeo ai kol yu tu inves in mai kontri emoticon-Ngakak
1
profile picture
kaskus holic
27-01-2021 13:07
@jakartalockdown otak menclek kebanyakan jedotin pala didepan baliho ya drun?
emoticon-Wkwkwk
5
profile picture
kaskus addict
27-01-2021 13:08
@serapionIeo pliss inves tu mai kontri wkwkwkw dobol dobol emoticon-Ngakak
0
profile picture
kaskus holic
27-01-2021 13:09
@jakartalockdown agama lu sesat
emoticon-Leh Uga
3
profile picture
kaskus addict
27-01-2021 13:10
@serapionIeo wkwkwk dobol emoticon-Ngakak
1
profile picture
kaskus maniac
27-01-2021 16:28
@serapionIeo @jakartalockdown Nih tipe orang norak, orang ngomong bahasa inggris aksennya masih kentel diketawain, padahal buat jokowi kemungkinan itu bahasa ke 3 minimal, ente sendiri belon tentu bisa ngomong kayak gitu di muka umum terbuka, belon tentu bisa 3 bahasa minimal.

Tipe kayak ente ketebak, kalau ada orang bule ngomong bahasa indonesia pake aksen bule dan pelafalan bule, ente malah seneng atau bangga, ga akan ngetawain, inferior syndrome.
3
profile picture
kaskus addict
27-01-2021 16:46
@tottorotooot gagal pahamemoticon-Cape deeehh sapa yg ngolok2 aksen , emoticon-Cape deeehhliat video caknun sonoemoticon-Cape deeehh
1
profile picture
kaskus maniac
27-01-2021 16:49
@jakartalockdown Maap gan ane akuin salah, mohon dimaapin ya emoticon-Sorry
2
profile picture
kaskus holic
27-01-2021 17:13
Mbah Nun sejak dulu juga ngritik pemerintah bukan jaman jkw aja, mulai jaman Pak Harto, partnernya Alm. Gus Dur jika ngritik Pak Harto... jangan kaget...
2
profile picture
kaskus addict
28-01-2021 14:43
Cak Nun budayawan muslim ya.. bukan ustad, karena syarat menjadi ustad yang tepat setidaknya lulus S2/S3 agama Islam atau hapal Al Qur'an
0
profile picture
kaskus holic
28-01-2021 17:29
@bugcool ah masa iya, bukannya syarat jadi ustad mudah.... Cukup mualaf, hobi jelek2in agama lain, plus anti pemerintah emoticon-Leh Uga
0
profile picture
kaskus addict
29-01-2021 19:30
@serapionIeo yang nyebut mereka ustad rata-rata orang awam macam ente, lihat orang bercahaya dianggap tuhan emoticon-Wakaka
0
profile picture
kaskus holic
30-01-2021 05:35
@bugcool sorry ane bukan kadrun..
emoticon-Wkwkwk
1
Memuat data ...
1 - 18 dari 18 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia