News
Batal
KATEGORI
link has been copied
460
Lapor Hansip
24-01-2021 07:51

Terrnyata Semua Sekolah di Padang Dipaksa Berjilbab, AA: Bagaimana Sumbar Akan Maju?

Terrnyata Semua Sekolah di Padang Dipaksa Berjilbab, AA: Bagaimana Sumbar Akan Maju?

Warganet kembali heboh terkait kasus kewajiban kenakan jilbab bagi siswi non-Muslim. Ditemukan fakta baru dari kepala dinas pendidikan Sumatera Barat bahwa ada 46 siswi SMKN 2 Padang pernah dipaksa memakai jilbab.

Berita itu juga mendapat sorotan Dosen Universitas Indonesia, Ade Armando. Melalui akun Twitternya, Sabtu (23/1/21), ia menanggapi pendek. Ia mempertanyakan bagaimana Sumbar akan maju bila sekolanya seperti itu.

"Bagaimana Sumatra Barat akan maju kalau sekolahnya semacam ini?" tanya Ade.

Sementara sebelumnya diberitakan, Kepala Dinas Pendidikan Sumatera Barat Adib Al Fikri menyesali terjadinya peristiwa dugaan pemaksaan memakai jilbab terhadap siswi non-muslim di SMK Negeri 2 Padang.

Menurut Adib, aturan siswi memakai jilbab di sekolah itu sebenarnya adalah aturan lama. Aturan itu sudah ada sejak kewenangan SMA/SMK belum dilimpahkan ke Pemerintah Provinsi.

"Sangat kita sayangkan kejadian ini. Aturan ini sudah lama sebelum pelimpahan wewenang, sejak zaman Wali Kota Padang Fauzi Bahar tahun 2005 lalu. Selama ini masih jalan dan baru diprotes hari ini," kata Adib seperti dinukil Kompas.com, Jumat (21/1/2021).

Menurut Adib, kebijakan lama itu hampir terjadi di semua sekolah di Kota Padang.

Pada 2005, saat Fauzi Bahar menjabat Wali Kota Padang, aturan wajib memakai jilbab itu memang diberlakukan.


"Hampir semua sekolah di Kota Padang seperti itu. Itu kebijakan lama," kata Adib.

Aturan akan dievaluasi Adib berjanji kebijakan ini akan dievaluasi.

Nantinya, siswi non-muslim tidak diwajibkan memakai kerudung atau jilbab.

"Pasti kita evaluasi. Nanti yang non-muslim bisa menyesuaikan saja," kata Adib.  

Menurut Adib, pihaknya sudah menurunkan tim ke SMK Negeri 2 Padang untuk melakukan investigasi dan kajian.

"Tadi tim sudah turun. Di sekolah itu ada 46 orang non-muslim dan semuanya memakai jilbab, kecuali siswi yang protes ini," kata Adib.

Adib mengaku masih menunggu hasil investigasi dan kajian tim yang diturunkan ke SMK Negeri 2 Padang.

"Kita tunggu hasil investigasi. Setelah itu kita buat kebijakan baru," kata Adib.

Sebelumnya diberitakan, sebuah video adu argumen antara orangtua murid dengan Wakil Kepala SMKN 2 Padang, Sumatera Barat, viral di media sosial.

Video berdurasi 15 menit, 24 detik, yang dibagikan akun Facebook EH itu memperlihatkan adu argumen soal kewajiban siswi termasuk yang non-muslim untuk memakai jilbab di sekolah.

Dalam video itu, terdengar suara pria yang menjelaskan bahwa dirinya dan anaknya adalah non-muslim. Pria yang merupakan orangtua murid itu mempertanyakan alasan sekolah negeri membuat aturan tersebut.

"Bagaimana rasanya kalau anak Bapak dipaksa ikut aturan yayasan. Kalau yayasan tidak apa, ini kan negeri," kata pria tersebut.

Sementara itu, pihak sekolah menyebutkan bahwa penggunakan jilbab bagi siswi merupakan aturan sekolah.

Dalam video tersebut, terlihat salah seorang guru menjelaskan terkait aturan pakaian siswi di SMKN 2. Guru itu mengatakan bahwa seluruh siswi di sekolah tersebut wajib memakai seragam, jilbab dan celana panjang abu-abu.

"Pakaian dan seragam, berkerudung untuk anak perempuan dan celana panjang abu-abu," kata sang guru dalam video itu.

Menurutnya, jika ada seorang siswi di SMKN 2 Padang tak mengikuti aturan terkait seragam tersebut maka pihak sekolah akan membahasnya dengan orang tua siswa yang bersangkutan.

"Jika tidak mengikuti aturan di sekolah, kami semua sepakat. Itu makanya kami bicarakan," ungkap guru tersebut.

Menanggapi pernyataan sang guru, orangtua murid yang diketahui bernama EH itu mengaku keberatan dengan aturan seragam tersebut.

“Ini agama saya. Kalau memakai jilbab, seakan-akan membohongi identitas agama saya Pak,” kata EH.

Elianu pun mengaku dengan adanya aturan seragam itu seolah-olah siswi yang non muslim di SMKN 2 Padang dipaksa masuk agama Islam.

"Seakan-akan anak saya dipaksa untuk masuk ke dalam agama Islam," ujarnya.

https://www.netralnews.com/46-siswi-...rjilbab-8ig5nz

Njirr, diskriminasi agama 16 tahun. Propinsi kadroen emang sinting betul, walkot nya bisa dipidanakan ga tuh bikin kebijakan yang diskriminatif SARA, melanggar UUD 1945 pasal 28 ttg kebebasan memeluk agama.

Sebaikny jokowi kurangi jumlah dana APBN ke daerah mayoritas kadrun yang 70 persen tidak pilih jokowi pilpres kemarin. Bahaya kadrun2 ini makan uang rakyat tapi benci pemerintah dan suka SARA. Hukum mereka biar tau rasa dan bertobat!

emoticon-Hansip
Diubah oleh anus.baswedan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nasbunglaknat dan 53 lainnya memberi reputasi
44
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Terrnyata Semua Sekolah di Padang Dipaksa Berjilbab, AA: Bagaimana Sumbar Akan Maju?
24-01-2021 08:03
Knp ya, ini prtanyaan aj, koq negara2 yg mayoritas itu, diluar UEA atau Saudi atau Qatar (yg kaya minyak), rata2 terbelakang ya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
madjoeki dan 11 lainnya memberi reputasi
10 2
8
profile picture
kaskus addict
24-01-2021 08:05
Semua negara yg ekonominya miskin ya emg terbelakang mau Afrika atau Amerika Selatan sekalipun
2
profile picture
kaskus maniac
24-01-2021 08:09
Wah hebat nih gan...sudah jalan2 ke Uea/saudi dan Qatar, seorang citizen jurnalis yg memperhatikan ekonomi sosial negara2 ntuh.
emoticon-Cendol Gan

Ane cuma dikaskus doang jd BGV members.emoticon-Hammer2
0
profile picture
KASKUS Plus
24-01-2021 08:15
pembahasannya di buku ini:
Terrnyata Semua Sekolah di Padang Dipaksa Berjilbab, AA: Bagaimana Sumbar Akan Maju?
3
profile picture
kaskus addict
24-01-2021 08:16
Terrnyata Semua Sekolah di Padang Dipaksa Berjilbab, AA: Bagaimana Sumbar Akan Maju?

Sudah paham blm penyebabnya emoticon-Malu
12
profile picture
kaskuser
24-01-2021 08:32
@xrm.xrn saya setuju dengan pernyataan ini, tapi sayangnya ini HOAX
2
profile picture
kaskus maniac
24-01-2021 08:37
@yoxchuy loh bukan hoax gan, ntuh valid.
Buktinya agan @xrm.xrn upload.
Kl hoak kan Ada handsip K029 nyg blokir.
0
profile picture
kaskuser
24-01-2021 09:03
hansip lagi tidoor kali, malam ronda
https://www.merdeka.com/cek-fakta/cek-fakta-tidak-benar-pernyataan-mahathir-mohamad-soal-pendidikan-di-indonesia.html
https://www.jawapos.com/hoax-atau-bukan/24/11/2020/hoax-mahathir-mohamad-kritik-pendidikan-indonesia/
https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4414906/cek-fakta-tidak-benar-mahathir-mohamad-beri-komentar-soal-pendidikan-di-indonesia
masih byk lagi yg cek fakta
2
profile picture
kaskus maniac
24-01-2021 09:42
@xrm.xrn gan ini hoax...sesuai info @yoxchuy dgn link nya
1
profile picture
kaskus addict
24-01-2021 09:56
@pulaukapok @yoxchuy hoax kan mahatir nya
Tpi kalo kata2nya kenyataan lapangan emoticon-Cool
2
profile picture
kaskus geek
24-01-2021 10:01
acuan terbelakang atau maju nya itu ngikut mana? Amerika? Jepang?
1
profile picture
kaskus addict
24-01-2021 10:19
arab, ue sama qatar bukan negara maju gan
mereka negara kaya
tau bedanya maju dan kaya kan ?
2
profile picture
24-01-2021 12:10
negara timteng ga ada campur tangan barat baik teknologi dan invest mo diapain tuh minyak, diminum?emoticon-Ngakak
0
profile picture
kaskus addict
24-01-2021 12:32
@OetakPeuntiel barat ? emoticon-Bingung
Yg proses minyak d arab aja hyundai dr korsel emoticon-Malu


Banyak2in info yah sebelum posting emoticon-Malu
0
profile picture
kaskus geek
24-01-2021 12:43
@wismangan semua negara Arab rata- rata sangat terbelakang kok pendidikannya.
0
profile picture
24-01-2021 12:53
@xrm.xrnane kan bilang campur tangan barat teknologi dan industri pengolahan minyak mentah emang darimana?D
0
profile picture
kaskus addict
24-01-2021 13:39
Emang arab negara maju, karena mereka ga maksa non muslim pake jilbab kan???
Bikini aja boleh dipake di pantai UEA, khusus non muslim.

Disini pake baju ketat aja udah pada nyinyir.......
Negara arab yang maju ga kolot pikiran nya, beda ama negara arab yang hancur akibat konflik.
0
profile picture
kaskus addict
24-01-2021 13:50
@OetakPeuntiel tergantung presepsi lu
Kira2 russia lu masukin negara barat ato kaga
0
profile picture
aktivis kaskus
24-01-2021 13:57
Ga ada hubungannya negara dengan Mayoritas suatu agama dengan keterbelakangan negara. Agama ya agama, keterbelakangan ya karena ekonomi.

Kalo dinilai dari social culture ya mungkin kita bisa berdebat panjang, karena esensi dari 'maju' secara kultur itu mau pake definisi mana? Barat? Ya bisa, tapi jangan abaikan juga definisi lain soal 'maju' secara kultur seperti di Jepang, Tiongkok, dan Korea Selatan. Mereka punya definisi sendiri.

Kalo kita kaitkan dengan ideologi/agama/kepercayaan dengan keterbelakangan, Kuba yang negara Komunis bisa terbilang terbelakang, begitu juga Korea Utara. Tapi tidak dengan Tiongkok pasca Deng Xiaoping.

Begitu juga, banyak negara di Amerika Selatan, rerata negara di Afrika, Papua Nugini dan Timor Leste yang mayoritasnya agama tertentu, tapi terbelakang. Kenapa? Ya itu tadi, karena memang ekonominya terpuruk.
4
profile picture
24-01-2021 15:40
@xrm.xrn lah wong amrik aje disebut barat, apelagi rusia yg dulu dimasukin benua eropaemoticon-Big Grin jepang aje ga kenal itu motor sma mobil klo ga ada org barat yg nongkrong dsituemoticon-Big Grin
0
profile picture
kaskus addict
24-01-2021 15:58
Emirat arab, qatar dll itu bukan maju gan, tapi makmur (makmur karena SDA , bukan karena SDM)
0
Memuat data ...
1 - 20 dari 38 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia