News
Batal
KATEGORI
link has been copied
273
Lapor Hansip
24-01-2021 07:04

Siswi Non-Muslim Diwajibkan Pakai Jilbab, Mantan Wali Kota Padang: Ini Kearifan Lokal

Siswi Non-Muslim Diwajibkan Pakai Jilbab, Mantan Wali Kota Padang: Ini Kearifan Lokal

KOMPAS.com - Mantan Wali Kota Padang, Sumatera Barat, Fauzi Bahar tak menampik bahwa aturan soal memakai jilbab bagi siswi sekolah itu dikeluarkan saat dirinya menjabat.

Adapun alasannya saat itu karena jilbab dianggap sebagai sebuah kearifan lokal.

"Saat itu, awalnya banyak yang protes. Namun saya jelaskan bahwa ini kearifan lokal yang banyak manfaatnya. Kemudian mereka paham dan tetap jalan," kata Mantan Wali Kota Padang periode 2004-2014 tersebut saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (23/1/2021).

Aturan soal penggunaan jilbab bagi siswi sekolah saat itu, kata dia, dituangkan dalam bentuk Peraturan Wali Kota Padang dan diubah menjadi Peraturan Daerah (Perda) Kota Padang.

Hanya saja, ia menegaskan bahwa aturan itu hanya diwajibkan bagi siswi yang beragama muslim. Sedangkan bagi yang non-muslim tidak diwajibkan, melainkan dianjurkan.

Pasalnya, penggunaan jilbab dinilai memiliki banyak memiliki manfaat. Selain kearifan lokal, kata dia, hal itu juga bisa memperlihatkan pembauran antara mayoritas dan minoritas.

"Di mana bumi dipijak, di sana langit dijunjung. Jadi idealnya harus diikuti. Kalau lah siswi non-muslim tidak memakai jilbab maka hal itu akan memperlihatkan minoritasnya," kata Fauzi.

Karena alasan itu, dirinya menolak jika aturan tersebut justru dinilai memaksa siswa untuk masuk Islam.

"Jadi saat itu kita tidak memaksakan akidah atau memaksakan agama Islam bagi mereka. Kalau kita minta dia baca Al Quran atau shalat itu baru tidak benar," kata Fauzi.

Sebelumnya diberitakan, aturan terkait kewajiban bagi siswi di SMKN 2 Padang untuk menggunakan jilbab menjadi polemik.

Salah satu orangtua siswi yang beragama non-muslim keberatan dengan aturan tersebut.

"Bagaimana rasanya kalau anak Bapak dipaksa ikut aturan yayasan. Kalau yayasan tidak apa, ini kan negeri," kata salah satu orangtua siswi, EH.

“Ini agama saya. Kalau memakai jilbab seakan-akan membohongi identitas agama saya Pak,” terangnya.

Terkait dengan adanya polemik itu, Kepala SMKN 2 Padang, Rusmadi mengaku minta maaf.

"Saya menyampaikan permohonan maaf atas segala kesalahan dari bidang kesiswaan dan bimbingan konseling (BK) dalam penerapan kebijakan berseragam di sekolah," kata Rusmadi.

sumber
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 16 lainnya memberi reputasi
15
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Siswi Non-Muslim Diwajibkan Pakai Jilbab, Mantan Wali Kota Padang: Ini Kearifan Lokal
24-01-2021 08:02
Ribet amat anjink.. lagian pake jilbab nggak auto mualaf.. anggap aja fashion doang. ya udah lain kali pake sempak sama beha aja.. biar ngaceng berjamaah
emoticon-Christmas
Diubah oleh vagina.xaruduy
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hpsnrls dan 30 lainnya memberi reputasi
0 31
-31
profile picture
kaskus holic
24-01-2021 08:23
anggap fashion kata lo?
sebelum komentar tu pikir dulu pake otak.
0
profile picture
24-01-2021 08:35
@watonbanter iya anggap aja fashion.. ngapain diperibet.. simple aja toh.. gak usah ribet kek orang tolol ajaemoticon-Embarrassment
0
profile picture
kaskus addict
24-01-2021 09:28
Enakan jilboob duy..
0
profile picture
kaskus geek
24-01-2021 09:43
lalu kenapa model seperti itu yg dijadikan acuan? Kenapa ngga fashion Bali jaman doeloe?
1
profile picture
kaskus addict
24-01-2021 09:46
Pepek amak ang
1
profile picture
kaskus addict
24-01-2021 12:53
Terus kalo fashion, kenapa cowo nya ga kerudungan juga?
Kerudung kan lagi tren, cowo arab aja pake semua termasuk raja nya.

Cowo sini kok ga ada yg make?

Ato semua muslim di papua pake koteka aja, kan tren disana pake koteka???
0
profile picture
kaskus geek
24-01-2021 12:55
Trs kenapa yg protes disuruh pake topi santa waktu event natalan ga anggap itu fashion saja?
0
profile picture
kaskus addict
24-01-2021 15:19
@Echizen.Ryoma natalan 1x/tahun disamain sama ,365 hari.. otaknya dimn emoticon-Bingung
0
profile picture
kaskus addict
24-01-2021 16:06
Percuma hijab sama aja doyan ngemut khontol kaum lo
0
profile picture
24-01-2021 16:12
@Newbie220502 terus kalau doyan ngemut kontol masalahnya buat lu apaan?emoticon-Gila
Kaum sempak aneh aneh ajaemoticon-Gila
0
profile picture
kaskus addict
24-01-2021 16:16
palsu kau
0
profile picture
kaskuser
24-01-2021 16:58
Kaum lu juga ribet ama tiap natalan sweeping mall..anggap aja fashion doang emoticon-Ketupat
0
profile picture
24-01-2021 17:02
@white.d ya itu kan kaum petamburan. Jangan stereotipe, gua aja gak peduli kalau kaum seiman gua pake atribut natalan atau apalah.. yang penting gua gak ikutan. Gitu aja simpel.. gak ribet kaya si kolor
0
profile picture
kaskus addict
24-01-2021 17:20
Cara pikir nte aneh, gak pake jilbab juga gak auto murtad.
0
profile picture
24-01-2021 17:22
@Ahyau iyah.. terus siapa yang bilang gak pake jilbab auto murtad?
0
profile picture
kaskuser
24-01-2021 17:24
@vagina.xaruduy nah anak itu juga sama kaya lu..bodo amat tmennya disuru pake jilbab yang penting dia gaikutan..gasalah kan hahaha
0
profile picture
25-01-2021 09:44
Ya you pakai bikini aja kan fashion juga, gak bakal mengubah Iman muemoticon-Big Grin
0
Memuat data ...
1 - 17 dari 17 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia