News
Batal
KATEGORI
link has been copied
273
Lapor Hansip
24-01-2021 07:04

Siswi Non-Muslim Diwajibkan Pakai Jilbab, Mantan Wali Kota Padang: Ini Kearifan Lokal

Siswi Non-Muslim Diwajibkan Pakai Jilbab, Mantan Wali Kota Padang: Ini Kearifan Lokal

KOMPAS.com - Mantan Wali Kota Padang, Sumatera Barat, Fauzi Bahar tak menampik bahwa aturan soal memakai jilbab bagi siswi sekolah itu dikeluarkan saat dirinya menjabat.

Adapun alasannya saat itu karena jilbab dianggap sebagai sebuah kearifan lokal.

"Saat itu, awalnya banyak yang protes. Namun saya jelaskan bahwa ini kearifan lokal yang banyak manfaatnya. Kemudian mereka paham dan tetap jalan," kata Mantan Wali Kota Padang periode 2004-2014 tersebut saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (23/1/2021).

Aturan soal penggunaan jilbab bagi siswi sekolah saat itu, kata dia, dituangkan dalam bentuk Peraturan Wali Kota Padang dan diubah menjadi Peraturan Daerah (Perda) Kota Padang.

Hanya saja, ia menegaskan bahwa aturan itu hanya diwajibkan bagi siswi yang beragama muslim. Sedangkan bagi yang non-muslim tidak diwajibkan, melainkan dianjurkan.

Pasalnya, penggunaan jilbab dinilai memiliki banyak memiliki manfaat. Selain kearifan lokal, kata dia, hal itu juga bisa memperlihatkan pembauran antara mayoritas dan minoritas.

"Di mana bumi dipijak, di sana langit dijunjung. Jadi idealnya harus diikuti. Kalau lah siswi non-muslim tidak memakai jilbab maka hal itu akan memperlihatkan minoritasnya," kata Fauzi.

Karena alasan itu, dirinya menolak jika aturan tersebut justru dinilai memaksa siswa untuk masuk Islam.

"Jadi saat itu kita tidak memaksakan akidah atau memaksakan agama Islam bagi mereka. Kalau kita minta dia baca Al Quran atau shalat itu baru tidak benar," kata Fauzi.

Sebelumnya diberitakan, aturan terkait kewajiban bagi siswi di SMKN 2 Padang untuk menggunakan jilbab menjadi polemik.

Salah satu orangtua siswi yang beragama non-muslim keberatan dengan aturan tersebut.

"Bagaimana rasanya kalau anak Bapak dipaksa ikut aturan yayasan. Kalau yayasan tidak apa, ini kan negeri," kata salah satu orangtua siswi, EH.

“Ini agama saya. Kalau memakai jilbab seakan-akan membohongi identitas agama saya Pak,” terangnya.

Terkait dengan adanya polemik itu, Kepala SMKN 2 Padang, Rusmadi mengaku minta maaf.

"Saya menyampaikan permohonan maaf atas segala kesalahan dari bidang kesiswaan dan bimbingan konseling (BK) dalam penerapan kebijakan berseragam di sekolah," kata Rusmadi.

sumber
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 16 lainnya memberi reputasi
15
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Siswi Non-Muslim Diwajibkan Pakai Jilbab, Mantan Wali Kota Padang: Ini Kearifan Lokal
24-01-2021 07:43
ya harus ikut aturan ..aneh kok ngotot.... kalo tidak mau ikut aturan... sekolah dirumah saja belajar dari yutub... bebas bisa pake bikini
Diubah oleh jahemerah127
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aercomberan dan 53 lainnya memberi reputasi
0 54
-54
profile picture
kaskus holic
24-01-2021 08:00
Itu sekolah negri. Seharusnya tuh sekolah yang ngikut aturan mendikbut.
Kalau mau seenaknya sendiri ya buat sendiri sekolah.
Mau pake pakean ninja juga ga masalah.
Mau pake teknologi timier atau remote juga ga masalah. Asal jangan dibawa keluar sekolah.
1
profile picture
kaskus holic
24-01-2021 08:21
Komentar tergoblok di thread ini. Yg ngga ikut aturan sekolahnya bloookkkk. Aturan mendikbud seragam ngga boleh maksa pakai kekhususan agama tertentu. Elu tu dah goblok tapi ngotot
2
profile picture
kaskuser
24-01-2021 08:29
krisis membaca. . baca tuh paragraf pertama ngoahahha
0
profile picture
kaskus addict
24-01-2021 08:57
BOCAH GOBLOG INI SEKOLAH NEGERI WOI
0
profile picture
kaskus addict
24-01-2021 08:57
@jahemerah127 BOCAH TOLOL
0
profile picture
kaskuser
24-01-2021 09:16
@gilang9474 eh dungu tauk yang namanya otonomi daerah tidak? makanya klo coment baca dulu threadnya jangan asal nge gas... ngotot pula
0
profile picture
kaskus addict
24-01-2021 09:27
Sekolah negeri ini g0blok
0
profile picture
kaskuser
24-01-2021 09:33
@chevelle16 mau sekola negeri sekolah astronot tetap punya aturan masing masing... ya tinggal diikuti... ga mau ikut aturan ya jangan sekolah disitu...mudah kan.... dia nya aja yang mempersulit diri
0
profile picture
kaskus geek
24-01-2021 09:41
Sekolahnya juga mesti ngikut aturan resmi dari pemerintah. Kok malah ente yg ngatur?
0
profile picture
kaskus addict
24-01-2021 09:43
@jahemerah127 mudah2an sekolahan negeri di papua or bali ngelarang jilbab..we'll see then
0
profile picture
kaskuser
24-01-2021 09:45
@khafidz99 yang harus diikuti itu kurikulum... perarturan yang lain lain itu seperti seragam dll urusan masing masing daerah... sudahlah... sekolah dirumah aja pake kutang sempak
-1
profile picture
kaskus geek
24-01-2021 09:56
@jahemerah127 Ngawur.

Baca Permendikbud 45 tahun 2014

Quote:Sekolah adalah Sekolah Dasar/Sekolah Dasar Luar Biasa (SD/SDLB), Sekolah Menengah Pertama/Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa (SMP/SMPLB), Sekolah Menengah Atas/Sekolah Menengah Atas Luar Biasa (SMA/SMALB), dan Sekolah Menengah Kejuruan/Sekolah Menengah Kejuruan Luar Biasa (SMK/SMKLB) baik negeri maupun swasta.
Pakaian seragam nasional adalah pakaian yang dikenakan pada hari belajar oleh peserta didik di sekolah, yang jenis, model, dan warnanya sama berlaku secara nasional.

Pakaian seragam khas sekolah adalah pakaian seragam bercirikan karakteristik sekolah yang dikenakan oleh peserta didik pada hari tertentu, dalam rangka meningkatkan kebanggaan peserta didik terhadap sekolahnya.
Pakaian seragam khas muslimah adalah pakaian seragam yang dikenakan oleh peserta didik muslimah karena keyakinan pribadinya sesuai dengan jenis, model, dan warna yang telah ditentukan dalam kegiatan proses belajar mengajar untuk semua jenis pakaian seragam sekolah.
Atribut adalah kelengkapan pakaian seragam nasional yang menunjukkan identitas masing-masing sekolah terdiri dari badge organisasi kesiswaan, badge merah putih, badge nama peserta didik, badge nama sekolah dan nama kabupaten/kota.

1
profile picture
kaskus addict
24-01-2021 10:18
@jahemerah127 EH ANJING GOBLOG JANCOK LOE TOLOL YA untuk murid sekolah negeri tidak ada yang namanya memaksakan seragam dengan unsur agama tertentu
3
profile picture
kaskus addict
24-01-2021 10:19
@jahemerah127 apalagi bagi non-muslim
1
profile picture
kaskus addict
24-01-2021 10:20
@ jahemerah127 dasar tolol loe pikir bisa seenaknya memaksa pakai hijab hah
0
profile picture
kaskus addict
24-01-2021 10:27
Sekolah negri aturan negri indonesia raya donk.
0
profile picture
kaskus maniac
24-01-2021 11:09
Sekolah negeri ya ngikut aturan negara, aturan negara ngga memaksakan berhijab
Kalo mau lo ngikutin aturan daerah, bikin namanya sekolah daerah
emoticon-Ngakak
1
profile picture
kaskus addict
24-01-2021 11:38
Demen nya jilboob kli ni orang
0
profile picture
kaskus holic
24-01-2021 12:31
Loh kok malah terbalik balik? Ini sekolah negeri boy, punya aturan baku yang ditetapkan pemerintah. Namanya juga sekolah negeri. Kalau gak mau ikutin, ya bikin aja sekolah sendiri dengan aturan sendiri! Jangan dibolak balik.
0
profile picture
kaskus maniac
24-01-2021 12:42
Lu ikut aturan Indonesia, nyuk..
Jgn pake aturan ngarap..dan suruh FPI dan cecunguk nya buat ikutin peraturan negara..
Sama baik2 yg naik motor gak pake helm, cuma pake kopiah..TOLOL
0
Memuat data ...
1 - 20 dari 51 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia