News
Batal
KATEGORI
link has been copied
33
Lapor Hansip
24-01-2021 04:13

Tolak Cantrang, Susi Pudjiastuti ke Jokowi: Sumber Daya Ikan Dibawa ke Mana?

 Tolak Cantrang, Susi Pudjiastuti ke Jokowi: Sumber Daya Ikan Dibawa ke Mana?

TEMPO.CO, Jakarta - Bekas Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mempertanyakan kebijakan pemerintah yang memperbolehkan lagi kapal cantrang untuk menangkap ikan di laut.

Susi mempertanyakan keberlanjutan sumber daya ikan Indonesia dengan adanya kebijakan ini. "Pak MenKP @saktitrenggono @jokowi Keberlanjutan sumber daya ikan kita akan dibawa ke mana? Surplus demografi kita membutuhkan asupan protein," cuitnya di akun resminya, @susipudjiastuti, Jumat, 22 Januari 2021.

Pernyataan Susi itu menanggapi berita mengenai kebijakan Kementerian Kelautan dan Perikanan yang memperbolehkan kembali penggunaan cantrang. Padahal, alat tangkap tersebut sempat dilarang pada era Susi Pudjiastuti menjadi menteri. Saat ini, KKP mencatat ada 6.800 kapal yang menggunakan alat tangkap cantrang.

Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Perikanan Tangkap KKP Muhammad Zaini mengatakan cantrang sebelumnya kerap tidak sesuai dengan standar nasional Indonesia (SNI). Dengan aturan baru Peraturan Menteri 59 Tahun 2020, fungsi cantrang kembali ke ketentuan semula.

"Jadi sebelumnya dilarang karena panjang jaring, panjang kantong, dan panjang tali selembar banyak manipulasi tidak sesuai dengan yang ada di SNI kita. Hal ini menjadi masalah. Sehingga harus kita tertibkan dengan beberapa aturan yang ada sesuai SNI," kata Zaini dalam diskusi virtual, Jumat, 22 Januari 2021.

Ada beberapa ketentuan dalam legalisasi cantrang dalam aturan yang baru. Di antaranya cantrang bakal menggunakan square mesh window pada bagian kantong. Hal itu, kata dia, bertujuan agar ketika ditarik, ikan-ikan kecil yang terjaring masih bisa lolos.

link


Susi mempertanyakan keberlanjutan sumber daya ikan Indonesia dengan adanya kebijakan ini. "Pak MenKP @saktitrenggono @jokowi Keberlanjutan sumber daya ikan kita akan dibawa ke mana? Surplus demografi kita membutuhkan asupan protein," cuitnya di akun resminya, @susipudjiastuti, Jumat, 22 Januari 2021.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
braaivlees dan 4 lainnya memberi reputasi
5
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Tolak Cantrang, Susi Pudjiastuti ke Jokowi: Sumber Daya Ikan Dibawa ke Mana?
24-01-2021 06:55
Dijual lah, maunya 10 tahun ga dimanfaatkan?buat nambah devisa negara. Blom tau ya ekonomi lagi lesu. Ada2 aja lu sus..

22 Januari 2021 16:54

Alasan KKP Izinkan Cantrang: 115 Ribu Buruh Nelayan Gantungkan Hidup di Sana

Mikirin lingkungan mulu si susi, orang butuh makan. Seandainya susi ini tidak larang2 reklamasi jaman ahok. Dki udah kaya dapat 100 triliun selama 10 tahun.
Sekarang? Bangkrut Dki sampai utang 11 triliun ke jokowi.

susi bangkrut pesawatnya dijualin emoticon-Stick Out Tongue
Diubah oleh ikardus
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nhoeer1306 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
profile picture
kaskus geek
24-01-2021 07:45


banyak yg gak tau alasan susi dipecat ..
- gagal mensejahterakan nelayan
- gagal mencari alternatif dr larangan2 yg dibuatnya seperti cantrang
- gagal membangun gudang-gudang pendingin di sentra2 perikanan & nelayan

fokusnya cuma ngebom kapal emoticon-Imlek
1
profile picture
kaskus addict
24-01-2021 08:01
mungkin ibu Susinya belum dikonfirmasi, yang boleh pake cantrang itu siapa aja. Makanya dia mempertanyakan.

Karena, kalo udah disebut cantrang, asosiasinya cantrang yang dipake oleh kapal ukuran gede. Kalo ini kan, pemakaian cantrangnya, merusak ekosistem laut, ke depannya hasil tangkapan akan semakin berkurang, karena cantrang ini sangat ganas, hasil tangkapannya, sekitar 46 persen ikan target, yang bukan ikan target, selebihnya. Ini kan jelas ngerusak keberlanjutan hasil tangkapan ikan.

Kalo ekonomi lesu, pemerintah bikin lah kebijaksanaan yang bisa bikin ekonomi nggak lesu.

Jadi, DKI itu ngutangnya ke Jokowi, 11 triliun?
0
profile picture
kaskus addict
24-01-2021 08:04
@tukangbeling7
bearti kemaen kemaren itu, Jokowi salah ngangkat mentri dong?, tapi kok nggak diganti, malah njabat sampe habis periode?
0
profile picture
kaskus geek
24-01-2021 08:07
@The.Lord.of.Uni lho? ya bisa aja, dinamika organisasi kan seperti itu...gimane sih lu drun? emoticon-Leh Uga
klo minat ambil susi jadi menteri silahkan aje klo ntar kadrun menang pilpres 2024 emoticon-Wakaka
klo menang emoticon-Leh Uga
1
profile picture
kaskus geek
24-01-2021 08:12
@The.Lord.of.Uni emoticon-Leh Uga woyy..yg 46 % itu ikan bernilai ekonomis tinggi, sisanya bernilai ekonomis rendah krn hny jd ikan asin & tepung ikan , jd tetap bernilai ekonomi, nah si Susi ( yg mendadak jadi idola kadrun padahal waktu diangkat jd menteri dihujat krn merokok,bertato,tdk berjilbab emoticon-Leh Uga ) ngasih alternatif gak dr pelarangan cantrang? emoticon-Wakaka
0
profile picture
kaskus addict
24-01-2021 08:44
@tukangbeling7
Lha, yang ngangkat Susi jadi mentri itu kan Jokowi . . . . .
Masa’ kadrun yang disalahin, nggak jelas otak elu bong.

. . . .

Masih menurut data Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia (KPP), penggunaan cantrang nelayan bisa menjaring 46-51% hasil tangkapan yang bernilai ekonomis dan layak konsumsi. Sisanya 49-54% menghasilkan tangkapan sampingan (baycatch), seperti ikan petek. Ikan petek ini hanya bisa diolah menjadi tepung ikan untuk bahan pakan ternak.

. . . . . .

Tak beda jauh dengan hasil penelitian di Tegal pada tahun 2008 yang dilakukan oleh Universitas Diponegoro. Penelitian ini menyajikan hasil penggunaan cantrang hanya mampu menangkap 46% saja dari ikan target dan 54% lainnya adalah ikan non target yang didominasi ikan rucah.

Hasil tangkapan cantrang ini rata-rata dibeli dengan harga paling mahal hanya Rp 5.000 saja per-kilogram-nya. Dengan kata lain, penggunaan cantrang ini tidak bisa meningkatkan kesejahteraan nelayan secara signifikan.
. . . .

1
profile picture
kaskus geek
24-01-2021 09:03
@The.Lord.of.Uni siapa yg nyalahin kadrun yg memang dr lahir udah salah? emoticon-Wakaka
Dalam organisasi kan itu dinamika biasa, ada orang yg kelihatan kapabel di awal tp kemudian tdk bisa berbuat banyak dlm organisasi ya hrs diganti ..dungu kaw drun emoticon-Wakaka
0
profile picture
kaskus addict
25-01-2021 07:34
@tukangbeling7
kan keliatan nggak jelas isi otak elu.

kalo emang nggak kapabel, kenapa Susi bisa njbat sampe akhir periode.

payah emang cebong otaknya.
0
profile picture
kaskus geek
25-01-2021 08:52
@The.Lord.of.Uni emoticon-Wakaka makin dungu , sudah pecundang, idolanya masuk penjara, eh sekarang mendadak mengidolakan pecatan , template kadrun dungu mmg kek elu ini emoticon-Leh Uga
itulah dinamika organisasi, klo pun tdk dicopot smp akhir priode itu kan macam2 motifnya, ada unsur politis dsb, ..paham gak drun dungu? emoticon-Wakaka
0
profile picture
kaskus addict
25-01-2021 20:50
@tukangbeling7
unsur politis? politis apaan, sebutin dong.

dasar cebong gaje elu.

kalo dinamika organisasi, nggak kapabel, harusnya udah diganti sebelum abis periode, contohnya, kayak Anies, Kaya Terawan, dll.
0
profile picture
kaskus geek
26-01-2021 10:00
@The.Lord.of.Uni emoticon-Wakaka susi itu jd media darling krn sering nenggelemin kapal & jd sorotan internasional jg, wlwpun cuma itu doank prestasinya, akan menjadi pertanyaan publik klo smp diturunkan ditengah jalan, apalagi jg susi ditugaskan membangun jaringan cold storage & itu butuh waktu (wlwpun tetap saja gagal capai target) , beda dgn si Wan Gabut atau terawan,...paham drun dungu? emoticon-Wakaka
0
profile picture
kaskus maniac
17-03-2021 10:51
@The.Lord.of.Uni Dasar K0ntol!!! Anak lont3!!! Emak loe tukang ny3pong k0ntol !!!
0
Memuat data ...
1 - 12 dari 12 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia