News
Batal
KATEGORI
link has been copied
102
Lapor Hansip
22-01-2021 20:53

Pecat 2 Adiknya, Sultan HB X: Gaji Buta 5 Tahun Tak Tanggung Jawab

Pecat 2 Adiknya, Sultan HB X: Gaji Buta 5 Tahun Tak Tanggung Jawab

Yogyakarta - Raja Keraton Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X menilai pemecatan dua adiknya GBPH Prabukusumo dan GBPH Yudhaningrat tidak ada hubungannya dengan selisih paham Sabda Raja tahun 2015. Sultan menyebut kedua adiknya itu menerima gaji buta tanpa bertanggung jawab pada tugasnya.
"Ndak ada masalah, nek gelem aktif yo rapopo (kalau mau aktif tidak apa-apa), masak ming (hanya) gaji buta, 5 tahun ora (tidak) bertanggung jawab," kata Sultan saat ditemui di Kompleks Kantor Gubernur DIY, Kemantren Danurejan, Kota Yogyakarta, Kamis (21/1/2021).

Pasalnya, kata Sultan, kedua adiknya itu menjabat sebagai pembina budaya. Di mana gajinya berasal dari APBN dalam hal ini Dana Keistimewaan (Danais)."Lho iya toh (keduanya digaji), kan pembina budaya kan dari APBN (Danais)," ucapnya.


Oleh karena itu, Sultan menampik pencopotan keduanya karena berselisih paham soal sabda raja yang keluar tahun 2015. Mengingat kerabat Keraton yang berselisih paham dengan Sultan tidak dicopot dari jabatannya.

"Tidak ada hubungannya (dengan sabda raja) wong nyatanya yang tidak setuju sama saya kalau tetap dia melaksanakan tugas sebagai Penghageng juga tidak saya berhentikan. Mas Jatiningrat, Mas Hadiwinoto kan juga tetap kerja karena tetap melaksanakan tugas," katanya.Diberitakan sebelumnya, kedua adik Sri Sultan HB X yakni GBPH Prabukusumo dan GBPH Yudhaningrat dicopot dari jabatan struktural di Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Keraton menyebut keduanya tidak dicopot tapi diganti, sedangkan pakar UGM menilai hal tersebut sudah biasa dilakukan.

Berikut isi surat pencopotan keduanya yang beredar melalui percakapan WhatsApp (WA):

DHAWUH DALEM
ANGKA 01/DD/HB 10/bakdamulud.XII JIMAKIR.1954 2020

BISMILLAHIRROHMANIRROHIEM

INGSUN NGARSA DALEM SAMPEYAN DALEM INGKANG SINUWUN SRI SULTAN NAMENGKU BAWONO INGKANG JUMENENG KA10, SURYANING MATARAM SENOPATI ING NGALOGO LANGGENGING BAWONO LANGGENG, LANGGENGING TATA PANOTOGOMO ING KARATON
NGAYOGYAKARTA HADININGRATSaiki kang dadi kersaningsun:

Hanetepake:

Ayahan Tumrap Para Putra Dalem ing Tata Rakite Peprintahan Karaton Ngayogyakarta HadiningratSelanjutnya isi lengkap surat pemecatan dua adik Sri Sultan HB X beredar luas...


BAB I
GUSTI KANGJENG RATU MANGKUBUMI
HAMEMAYU HAYUNING BAWONO LANGGENG ING MATARAM
Wakil Penggedhe, Kawedanan Hageng Punakawan PARWABUDAYA KARATON
NGAYOGYAKARTA HADININGRAT Ingsun kersakake dadi Penggedhe Kawedanan Hageng Punakawan PARWABUDAYA KARATON NGAYOGYAKARTA HADININGRAT

Sabanjure kalungguhane GUSTI BANDARA PANGERAN HARYA Drs. Haji YUDANINGRAT, MM minangka Penggedhe ana ing Tatarakite Peprintahan Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat, ingsun jabel.

BAB II
GUSTI KANJENG RATU BENDARA
Wakil Penggedhe, kawedanan Hageng Punakawan NITYABUDAYA KARATON NGAYOGYAKARTA HADININGRAT, ingsun kersakake dadi Penggedhe Kawedanan Hageng Punakawan NITYABUDAYA KARATON NGAYOGYAKARTA HADININGRAT

Sabanjure kalungguhane GUSTI BANDARA PANGERAN HARYA Haji PRABUKUMO, S.Psi minangka Penggedhe ana ing Tatarakite Peprintahan Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat, ingsun jabel.

Dhawuh Dalem iki wiwit tumindak miturut tanggal nalika ingsun dhawuhake.

Katetepake ing Ngayogyakarta Hadiningrat

Tanggal kaping: 16 Bakdamulud JIMAKIR 1954

Utawi Surya kaping : 2 Desember 2020

HAMENGKU BAWONO KA 10


Terkait hal tersebut, Gusti Prabu mengatakan dia tidak pernah merasa melakukan kesalahan sehingga akhirnya dipecat dari jabatannya di Keraton Yogyakarta. Untuk itu dia ingin agar masyarakat Yogyakarta tahu kebenarannya.

"Sabar bersabar, kalau saya dengan dhimas Yudho (GBPH Yudhaningrat) dipun jabel kalenggahanipun, artinya itu dipecat. Karena itu saya membuat ini (pernyataan tertulis) agar warga DIY tahu, kalau saya dan dhimas Yudho itu tidak salah," katanya saat dikonfirmasi wartawan, Selasa (19/1/2021).

Selain itu, Gusti Prabu juga menaruh sangsi karena kesalahan penulisan nama dan juga nama Hamengku Bawono Ka 10. Pasalnya dia menilai nama tersebut tidak pernah mengangkatnya.

"Pertama, Keraton Yogyakarta tidak mengenal nama Bawono, artinya surat ini batal demi hukum. Kemudian, nama saya dalam surat juga keliru dan yang mengangkat saya dulu almarhum Bapak Dalem HB IX 8 kawedanan, bebadan dan tepas, diteruskan Hamengku Buwono X," ujarnya.Lebih lanjut, Gusti Prabu mengaku mengambil keputusan untuk tidak aktif lagi di Kraton sejak enam tahun silam, tepatnya setelah adanya Sabdatama dan Sabda Raja dari Sri Sultan kala itu.

"Artinya, mengapa orang salah tidak mau mengakui kesalahannya, malah memecat yang mempertahankan kebenaran, yaitu kesungguhan pikiran, niat dan hati yang mulia untuk mempertahankan adat istiadat Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat sejak HB I hingga HB IX," ucapnya.

https://news.detik.com/berita-jawa-t...jawab?single=1

Kanjeng sinuwun bener kok. Ga bakal ada kesalahan kalo gak ngapa ngapain emoticon-Big Grin
Diubah oleh khloekarmike
profile-picture
profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan 10 lainnya memberi reputasi
11
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Pecat 2 Adiknya, Sultan HB X: Gaji Buta 5 Tahun Tak Tanggung Jawab
22-01-2021 22:44
tradisi vs sabda raja

dulu majapahit pernah dipimpin perempuan
bahkan menjadikan kerajaan menjadi termasyur

Tri Bhuana Tungga Dewi
Diubah oleh neptunium
0 0
0
profile picture
aktivis kaskus
22-01-2021 23:15
Kesultanan Yogyakarta ini turunan nya Kerajaan Mataram bukan dari Majapahit jadi ga bakal ngikutin adat kaya begitu
1
profile picture
kaskus holic
23-01-2021 08:06
@Kranevitter

Tapi pendiri Dan pejuang kesultanan mataram Konon katanya rata2 keturunan raja Dan keturunan ponggawa majapahit (Konon katanya loh yaa )
(Kakek buyutnya ki angeng pemanahan (bapaknya danang sutawaijaya ) adalah lembu peteng alias Raden bondan prutranya brawijaya v).
emoticon-Big Grin
0
profile picture
kaskus addict
23-01-2021 08:21
@kopaser @Kranevitter udah mulai berbau mistikus dan xenologi itu gan
emoticon-Malu
0
profile picture
kaskus geek
23-01-2021 10:16
secara kultural umumnya raja2 jawa mengaku berasal dr trah majapahit, jadi semacam konvensi tak tertulis bhw legitimasi raja-raja jawa hrs berasal dr Trah Majapahit, itu pula yg dilakukan Soekarno lewat Moh Yamin yg membesar-besarkan kerajaan Majapahit emoticon-Imlek
0
profile picture
kaskus addict
23-01-2021 10:18
@tukangbeling7 bukannya sriwijaya ya gan, kan abis sriwijaya hancur terpecah2 oleh anak2 nya
0
profile picture
kaskus geek
23-01-2021 10:20
@emasmurni bukan, trah sriwijaya hny di sumatera & semenanjung malaya, di jawa bisa dikatakan punah
0
profile picture
kaskus addict
23-01-2021 10:30
@tukangbeling7 oh iya majapahit, raja brawijaya yg anak buahnya lari ke Bali ya, dihajar anak durhaka
0
profile picture
kaskus geek
23-01-2021 10:41
@emasmurni sebenarnya sejarah yg mnyebut raja brawijaya dikihianati anaknya itu hoax, babad tanah jawi itu ada yg otentik ada yg buatan belanda sbg bom waktu adu domba, apalagi serat darmogandul yg baru muncul abad 20 awal & anonym emoticon-Imlek
yg berkhianat kpd Brawijaya V kan menantunya, Girindrawardhana
1
profile picture
aktivis kaskus
23-01-2021 10:50
Kesultanan Mataram ga bisa disebut sbg turunan langsung dari Majapahit... Karena Mataram pada dasarnya berasal dari kesultanan pajang yg merupakan pecahan dari kesultanan Demak

Yg memang masih ada turunan langsung dan pengaruh dari Majapahit ya kerajaan Blambangan dan kerajaan-kerajaan di Bali
0
profile picture
kaskus holic
23-01-2021 12:05
@Kranevitter

Penguasa awal Di pajang adalah dyah nertaja adik kandung hayam wuruk ( jadi bhre majapahit Masih mengakar kuat Di Sana)

Kasultanan pajang Di dirikan oleh joko tingkir putra ki ageng pengging (putra Dari retno pambayun (putri brawijaya)).

Turunan bhre pajang (yg bertahan) rata2 jadi pengurus kasultanan pajang . Jd punggawa Dan unit Tata kelola Di pajang. Jd masih mengakar ke majapahit.

Turunan dyah netaja yg Di luar kasultanan pajang rata2 jd pembesar desa, petani Dan penguasa kecil kecil Sbgai bagian Dari wilayah pajang.

Maka itu pajang lebih banyak membela kepentingan najapahit Dari pada kepentingan demak.

Akar Islam pajang juga Dari syeh jenar. Jadi pajang Di kategorikan abangan oleh para wali. (Btw.. Sesuai dengan partaik nya emoticon-Big Grin).

Brawijaya - Raden bondan- Raden getas pendowo- ki ageng selo ( lahir Di pajang) .ki ageng Henis pindah ke jogja melahirkan ki ageng pemanahan Dan mempunyai putra Salah satunya bernama sutawijaya (panembahan senopati ).

Walau terpaut waktu dan umur .Hubungan birokratif antara bhre pajang (root of dyah netarja) Dan root of bhre brawijaya selalu saling Bantu.
Dalam segala hal. Termasuk Dalam pendirian kasultanan mataram .

Makanya Gw katakan, konflik psikologis jogja- pajang ( jogja solo). Adalah konflik terbodoh antar saudara. emoticon-Big Grin



2
profile picture
kaskus holic
23-01-2021 15:18
@Kranevitter

Pendirian mataram sendiri sebenarnya bukan untuk gagah gagahan.

Mataram adalah hasil diskusi panembahan senopati dengan para visioner majapahit yg Masih Ada wakyu itu.

Para visioner meyakini monarki YG cakar cakaran antar saudara sudah Di pastikan tidak Akan bertahan lama.

Konflik demak Dan pajang adalah konflik adik Dan kakak. Dimana kedua pemimpinnya adalah trah brawijaya. Dan itu Akan menyebabkan kasultanan tidak Akan bertahan lama.

Makanya para visioner mengambil jalan untuk membangun sistim monarki baru YG bisa tahan lama Dan bisa mengontrol peradaban jawa Dan majaphit (YG sebenarnya sangat liar perkembanganya).

Dan Atas Dukungan Dari birokrat pajang sekaligus birokrat demak yg sembunyi2 mendukung mataram Dan juga para punggawa majapahit yg Masih Ada maka mataram sangat pesat perkembanganya wilayahnya.

Beberapa pusaka utama majapahit seperti tombak baru klinting yg Di pegang ki ageng mangir dll juga berada Di tlatah serambi mataram meyakinkan para visioner Bahwa mataram YG ini Akan bertahan lama.

Kalau tidak Di bendung belanda udah bisa Di pastikan wilayah kasultanan Akan menjalar sampai kemana2. Dan empire of majaphit bisa berkibar kembali.

Makanya perang sultan agung vs belanda lebih ke arah perang hegemoni politik dua kekuatan Dari dua kerajaan ( dari kekuatan klenik, kekuatan taktik sampai kekuatan gelar pasukan semua di jalani (antara kerajaan belanda Vs mataran).) . Dan itu menjadi perang besar dengan kerugian yg sangat besar yg Di alami kerajaan brlanda Dan juga mataram.

Jd Kalau pendirian mataram tidak Ada hubunganya dengan majaphit adalah pandangan yg perlu Di review lagi. Karena motif politik Di balik pendirian mataram awal ( sebelum Indonesia terbentuk) adalah kembalinya old empire of nusantara.

Makanya begitu NKRI terbentuk maka sultan HB sembilan juga mati matian mempertahankan Indonesia.
Itu Sebagai pengejawantahan pesan leluhur (para visioner pendiri matram. )
emoticon-Big Grinemoticon-Big Grin
emoticon-Traveller

2
profile picture
kaskus maniac
24-01-2021 14:51
@Kranevitter raden patah itu anaknya raja majapahit gan emoticon-Malu
0
profile picture
kaskus maniac
24-01-2021 14:52


Kesultanan beda dengan kerajaan, jogja itu kesultanan, sultan itu harus laki emoticon-Traveller
0
profile picture
kaskus maniac
24-01-2021 15:05
@tukangbeling7 bukan dibesar besarkan, tapi kan di kakimpoi nagarakretagama ada, itu bukti valid karena dibuat pada tahun saat majapahit masih ada emoticon-Traveller
0
profile picture
kaskus geek
24-01-2021 19:24
@ndemun75 masalahnya catatan para pengembara hny mnemukan kehadiran majapahit hnya di pulau jawa, tidak ada bukti konkrit ada bukti kekuasaan majapahit smp di sumatera, sulawesi, kalimantan ... prasasti bahkan manuskrip2 kuno di pulau2 tsb...,,so Majapahit hny ada di jawa emoticon-Leh Uga
0
profile picture
kaskus addict
01-03-2021 09:52
@ndemun75 @tukangbeling7 om, tanya dong. kerajaan medang yang jauh lebih tua ratusan tahun dari majapahit letak dan reruntuhan sisa istana bisa ditemukan, tapi kenapa tidak dengan majapahit? emoticon-Smilie
0
Memuat data ...
1 - 16 dari 16 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia