News
Batal
KATEGORI
link has been copied
105
Lapor Hansip
22-01-2021 19:22

Siswi Nonmuslim Diminta Berjilbab, Ombudsman Sumbar Duga Ada Maladministrasi

Padang - Ombudsman Perwakilan Sumatera Barat (Sumbar) menanggapi soal video viral adu argumen antara orang tua siswi nonmuslim dan pihak SMK Negeri 2 Padang yang mewajibkan penggunaan kerudung atau jilbab. Ombudsman Sumbar mengatakan langsung meminta penjelasan pihak SMK Negeri 2 Padang.

"Tadi siang, kita sudah mengundang pihak sekolah untuk berkonsultasi, sekaligus memberikan penjelasan tentang video yang beredar tersebut. Kepala sekolahnya sudah memberikan penjelasan kepada kita," kata Kepala Ombudsman Perwakilan Sumbar, Yefni Heriani, kepada detikcom, Jumat (22/1/2021).

Yefri mengatakan ada indikasi maladministrasi dalam kebijakan yang dikeluarkan pihak sekolah terkait penggunaan jilbab.

"Kita sudah melihat dan sudah disampaikan juga bahwa ada dugaan maladministrasi yang terjadi. Salah satunya adalah maladministrasi tidak melakukan diskriminatif yang dilakukan pihak sekolah melalui kebijakan atau aturan yang mereka buat," jelas Yefri.

Dari pertemuan dengan pihak SMKN 2 Padang, Ombudsman mendapat sejumlah informasi terkait kebijakan tersebut. Ia menyebut memang ada kebijakan di sekolah itu siswi perempuan harus memakai kerudung.

"Beberapa informasi yang kita peroleh, memang ada kebijakan yang dibuat sekolah dalam berpakaian, di mana setiap perempuan yang ada di sekolah harus menggunakan, apa istilahnya itu, kerudung. Padahal, siswinya ada yang Islam, ada yang Nasrani atau ada keyakinan yang lain," ucap Yefri.

"Kalau menurut laporan kepala sekolah, semua siswi, baik muslim maupun nonmuslim, di sekolah itu, kecuali yang sedang viral tersebut, menggunakan kerudung. Tidak ada yang menolak selama ini," imbuhnya.

Ombudsman akan menindaklanjuti temuan tersebut dan segera mengumumkan hasilnya. "Kami nanti akan membahasnya secara internal dan hasilnya nanti akan kami umumkan Senin (25/1/2021) mendatang," jelas Yefri.

Sebuah video viral di media sosial yang memperlihatkan percakapan antara Eliana Hia dan pihak SMK Negeri 2 Padang. Eliana dipanggil pihak sekolah karena anaknya, Jeni Cahyani Hia, tidak mengenakan jilbab. Jeni tercatat sebagai siswi Kelas IX pada Jurusan Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (OTKP)) di sekolah itu. Ia tidak mengenakan jilbab karena bukan muslim.

Sejak di-posting pada Kamis (21/1/2021) kemarin, video yang disebar melalui akun Facebook Eliana Hia itu mendapat 3.400 komentar dan sudah dibagikan 2.300 kali.

Dalam video tersebut, Eliana berusaha menjelaskan bahwa anaknya adalah nonmuslim, sehingga cukup terganggu oleh keharusan untuk mengenakan jilbab. Pihak sekolah yang menerima kehadiran Eliana menyebut penggunaan jilbab merupakan aturan sekolah.

"Bagaimana rasanya kalau anak Bapak dipaksa untuk ikut aturan yayasan. Kalau yayasan tidak apa, ini kan (sekolah) negeri," kata Eliana berpendapat.

"Menjadi janggal bagi guru-guru dan pihak sekolah, kalau ada anak yang tidak ikut peraturan sekolah. Kan di awal kita sudah sepakat," jawab pihak sekolah dalam video tersebut.

https://news.detik.com/berita/d-5344...aladministrasi

Siswi Nonmuslim Diminta Berjilbab, Ombudsman Sumbar Duga Ada Maladministrasi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 9 lainnya memberi reputasi
10
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Siswi Nonmuslim Diminta Berjilbab, Ombudsman Sumbar Duga Ada Maladministrasi
22-01-2021 19:31
Dibaca pada alinea terakhir...
"Menjadi janggal bagi guru-guru dan pihak sekolah, kalau ada anak yang tidak ikut peraturan sekolah. Kan di awal kita sudah sepakat," jawab pihak sekolah dalam video tersebut.

Artinya sebelum masuk...calon murid dan wali nya sudah sepakat menerima aturan tsb....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
madjoeki dan 4 lainnya memberi reputasi
2 3
-1
profile picture
kaskus addict
22-01-2021 19:34
Menurut ente deh..coba berpikir sehat aja...jika posisi anak ente mengalami hal spt itu gmn? Ini kondisi jika ente minoritas..lalu anak di sekolah kan di sekolah negeri...ayo...kita logika..ane pengen tau argumen ente ..ane yakin ente berpendidikan dong.
3
Post ini telah dihapus oleh KS06
profile picture
kaskus addict
22-01-2021 19:45
@pemukapemuja logika aja bre... Ente dikasih tau aturan sekolah sebelum masuk.. Dan ente terima... Kemudian ditengah jalan ente ga terima... Kira2 otaknya dimana??
0
profile picture
kaskus addict
22-01-2021 19:54
@serie17 walau sekolah negeri.. Tetap diberikan kebebasan tertentu dlm berpakaian sesuai identitas daerah. contohnyaya sekolah negri di riau... Wajib pake baju MELAYU....
-1
profile picture
kaskus maniac
22-01-2021 19:54
Coba pikir kalo Anak Elu cowok dapat sekolah negeri yang mayoritas cewek. Dan tiap hari anak Lo dipanggil guru BP ampe kepala sekolah karena nggak pernah pakai bra. Gimana perasaan Lo.?
2
profile picture
Auto Banned
22-01-2021 19:55
@pemukapemuja @TERA.SERVO
Lah kepseknya saja sudah ngelles tida ada paksaan / aturan pakai jilbab
2
profile picture
kaskus addict
22-01-2021 19:56
@larapeequer klo sebelum masuk sudah disebut aturan tsb gw ga kan nyekolahkan disana... Yg gobloknya... Sudah tau aturan tsb sebelum masuk... Dan menerima nya... Eh ditengah jalan komplain...
1
profile picture
kaskus addict
22-01-2021 19:58
@mendadakranger @pemukapemuja dibaca alinea terakhir tsb...
1
profile picture
kaskus maniac
22-01-2021 19:59
@pemukapemuja @TERA.SERVO kira2 neh bisa bikin aturan yang rasis di sekolah negeri, yg bikin aturan itu kira2 punya otak nggak.

Apa kita harus ngikutin aturan buatan orang tak berotak?
2
profile picture
Auto Banned
22-01-2021 19:59
@TERA.SERVO
Dibaca nih thread https://www.kaskus.co.id/thread/600ac077e83c72427167686e/siswi-nonmuslim-diminta-berjilbab-di-padang-kepsek-tidak-ada-paksaan/?ref=threadlist-10&med=thread_list

Apa kata sekolah? Pihak SMK Negeri 2 Padang membantah informasi yang menyebutkan pihaknya mewajibkan siswa nonmuslim untuk menggunakan jilbab.

"Kami tidak mewajibkan siswi nonmuslim untuk menggunakan kerudung seperti informasi yang viral di media sosial," kata Kepala SMKN 2 Padang, Rusmadi, kepada wartawan, Jumat (22/1/2021).

Menurutnya, pihak sekolah tidak melakukan pemaksaan, melainkan hanya mengimbau siswa menggunakan kerudung atau jilbab. "Tidak ada paksaan," katanya.
4
profile picture
kaskus maniac
22-01-2021 20:02
@TERA.SERVO kalau Ane yah ku laporkan ke dinas, ombudsman kalau perlu menteri. Barang nggak bener kok dibiarin. Lama2 rusak nih negara. Kasihan anak bangsa kalau sampai kenak virus K drone.
2
profile picture
kaskus maniac
22-01-2021 20:05
@TERA.SERVO @mendadakranger tidak ada paksaan tapi tiap Minggu murid dipanggil BP dan terakhir orang tua pun dipanggil kepala sekolah.

Kata orang mana ada maling ngaku.
4
profile picture
kaskus maniac
22-01-2021 20:23
Aku orang melayu dari kecil sampai lulus di kepulauan riau..

Memang disuruh pake baju melayu tetapi tidak dipaksa memakai jilbab atau kerudung..

Paham..
5
profile picture
kaskus addict
22-01-2021 20:31
@TERA.SERVO bre seandainya anak ente di gituin gimna bre? Jawab aja dl ini
2
profile picture
kaskus addict
22-01-2021 20:35
@TERA.SERVO aturan sekolah Klo menyoal tatib dan disiplin sekolah ane ikuti bre..tp jika di paksa pada poin wajib beridentitas pakaian mengarah kepada agama tertentu, apalagi beda keyakinan ane tolak..lalu hak anak mendapatkan pendidikan dimana pun di republik ini, bebas dong mau sekolah dimana..
2
profile picture
kaskus addict
22-01-2021 20:43
@larapeequer indonesia akan menuju kehancuran jika org2 purba masih dibiarkan hidup
4
profile picture
kaskus geek
22-01-2021 21:02
Lari sudah kadrun nya....goblok bgt tuh orang emoticon-Ngakak

Ini sekolah negeri.....justru sekolah di negeri itu alirannya nasionalis beda klo swasta macam sekolah kristen atau islam..
Suka2 pihak sekolah klo udah swasta.


emoticon-Cool
4
profile picture
kaskus geek
22-01-2021 21:12
@TERA.SERVO @pemukapemuja apanya yang digituin?
2
profile picture
kaskus maniac
22-01-2021 21:48
Si bungsu terlalu dimanja, puluhan tahun murid2 dibiasakan dengan peraturan mengikuti cara si bungsu, giliran ada yang protes maka seketika yg protes disalahkan.

emoticon-Ngakak

Alasan logis kenapa murid harus banget pake jilbab aja gk bisa jelasin. Paling ujung2nya kutip ayat. Klo emang pake dasar yang sama, noh di bilang nak cewe gk boleh bepergian tanpa ditemenin mahramnya...
emoticon-Ngakak

Sekalian gk usah sekolah coeg.
emoticon-Ngakak
2
profile picture
kaskus addict
22-01-2021 21:53
@akumidtorc sebelum reformasi masih segelintir yg pake jilbab...aturan agama kok ada update system gini yak? Dulu boleh sekarang haram
2
Memuat data ...
1 - 20 dari 53 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia