News
Batal
KATEGORI
link has been copied
512
Lapor Hansip
22-01-2021 14:22

Viral, Video Siswi Non Muslim SMKN 2 Padang Dipaksa Pakai Jilbab

Viral, Video Siswi Non Muslim SMKN 2 Padang Dipaksa Pakai Jilbab
Ilustrasi siswi SMK Viral, Video Siswi Non Muslim SMKN 2 Padang Dipaksa Pakai Jilbab


POJOKSATU.id, JAKARTA – Media sosial digemparkan dengan cerita viral siswi non muslim SMKN 2 Padang yang dipaksa untuk memakai jilbab.

Kisah ini pertama kali diunggah pemilik akun Elianu Hia, Kamis (21/1/2021).

Sang pemilik akun mengunggah video siaran langsung saat orang tua dipanggil pihak sekolah.

“Lagi di sekolah SMK Negri 2 Padang. Saya dipanggil karna anak saya tidak pakai jilbab,” tulisnya.

“Kita tunggu aja hasil akhirnya. saya mohon didoakan ya,” sambung pemilik akun tersebut.
Dalam video itu, terlihat seorang guru yang memakai kemeja batik tengah menjelaskan duduk perkaranya.

Sang guru menjelaskan bahwa aturan di sekolah tersebut.

“Pakaian dan seragam, berkerudung untuk anak perempuan, celana panjang abu-abu,” katanya.

Ia juga mengingatkan kembali bahwa pada saat masuk, orang tua sudah mendantangani surat pernyataan bersedia mengikuti aturan di sekolah tersebut.

Namun orang tua siswi tersebut mengaku tak pernah menandangani surat keharusan kepada siswi agar memakai jilbab.

“Itu kan kalau ikut tawuran, di situ kan tidak ada disinggung soal pemakaian kerudung, pak,” tutur orang tua siswi tersebut.

Si guru menyatakan bahwa merupakan sebuah kejanggalan manakala ada siswi yang tidak memakai jilbab di sekolahnya.

“Bahwa jika tidak mengikuti aturan di sekolah, kita semua sepakat, itu makanya kita bicarakan,” kata sang guru.

Sang orang tua siswi kemudian menjelaskan bahwa berdasarkan cerita putrinya dipanggil pihak sekolah dan dijelaskan bahwa kewajiban memakai kerudung merupakan aturan dari Gubernur Sumater Barat.

Namun setelah dicari di google, ternyata tak ditemukan satupun aturan dimaksud. Demikian juga aturan dari Mendikbud atau Mendagri.

Ia lalu menjelaskan bahwa agama yang dianutnya adalah non muslim.

“Tapi ini kan agama saya, pak. Kalau (anak) saya memakai jilbab, ini seakan-akan membohongi identitas agama saya,” tuturnya.

“Di mana hak asasi saya? Seakan-akan dipaksa untuk masuk ke dalam agama Islam. Kalau yayasan saya enggak ada masalah. Tapi ini kan sekolah negeri,” sambungnya.

Dia lalu mempertanyakan apakah aturan ini hanya sebatas imbauan atau memang benar-benar aturan yang harus ditaati.

“Bagi SMKN 2, ini adalah kewajiban. Karena sudah tertuang dalam aturan,” tegas guru itu.

Sayangnya, tidak ada titik temu dalam pertemuan tersebut.

Sang guru juga menyatakan tetap berpegang teguh pada aturan sekolah dimana setiap siswi wajib memakai jilbab.

Selanjutnya, orang tua siswi non muslim itu diminta pihak sekolah untuk membuat surat pernyataan.

Isinya, menyatakan bahwa orang tua siswa tidak bersedia memakai kerudung seperti dalam aturan yang diberlakukan pihak sekolah.

Selanjutnya, bersedia untuk melanjutkan masalah tersebut dan menunggu keputusan dari pejabat yang lebih berwenang.

Sampai berita ini ditulis pada Jumat (22/1/2021) pukul 13.59 WIB, unggahan itu sudah 115 ribu lebih ditonton.

Sementara warganet yang memberikan komentar sudah mendapai 3,1 ribu lebih dan 2,2 ribu lebih dibagikan.


Berikut video siswi non muslim SMKN 2 Padang diwajibkan memakai jilbab sebagaimana diunggah akun Elianu Hia yang dikutip PojokSatu.id:

https://m.



https://pojoksatu.id/news/berita-nas...akai-jilbab/3/
profile-picture
profile-picture
profile-picture
essholl dan 36 lainnya memberi reputasi
37
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Viral, Video Siswi Non Muslim SMKN 2 Padang Dipaksa Pakai Jilbab
22-01-2021 14:29
sekolah negri gak berhak maksa orang

pak nadim makarim tolong diusut ini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
estilo.com dan 31 lainnya memberi reputasi
32 0
32
profile picture
kaskus addict
22-01-2021 15:37
Bener.. ini pembiaran sejak jaman munculnya teroris Al Qaeda sampe sekarang...

Sekolah2 negeri jadi dibikin kayak Madrasah

emoticon-Marah
2
profile picture
kaskus addict
22-01-2021 16:00
barangkali ada alasan tersendiri diberlakukannya aturan ini
0
profile picture
kaskus addict
22-01-2021 17:11
mana berani doi. driver ojol demo aja dia gak pernah nongol.
1
profile picture
kaskus addict
22-01-2021 18:31
@balapbekicot klo sekolahnya sekolah berbasis agama Islam ya wajib dong, kayak MI dsbnya,tp ini SMKN itu sekolah negri. Sekolah yang isinya menerima dari semua kalangan tidak memandang agama, kenapa harus dipaksakan?
5
profile picture
kaskuser
22-01-2021 22:42
@balapbekicot tidak ada alasan apapun karna itu sekolah negeri,jangan nyari pembenaran krn itu sudah pasti keliru. Kalao madrasah silakan,kalo sekolah swasta(yayasan muslim) silakan,bahkan bbrp waktu kemaren ada orang hindu kuliah di universitas muslim dia ikut pakai jilbab sampe dia lulus kuliah dan itu tdk masalah dan dia sukarela ikut aturan. Tapi jangan di sekolah negeri dong..kalo di balik trus di bali atau NTT sekolah negeri bikin aturan Yg pro kristen apa boleh? Negera ini merdeka karna semua elemen ikut berjuang bukan orang muslim saja.
4
profile picture
kaskus maniac
23-01-2021 06:44
@balapbekicot @Ombambang08 bayangin kalau Papua maksa semua pakai Koteka, apa muslim ga ngamuk tuh??
4
profile picture
aktivis kaskus
23-01-2021 09:11
@balapbekicot @Ombambang08 @bungtak.selalu ane setuju banget yg ini emoticon-Ngakak wajib itu emoticon-Ngakak wajib pake koteka yg di papua emoticon-Ngakak
1
profile picture
kaskus maniac
31-01-2021 23:36


Harus ini, harus di usut.
Dunia pendidikan ga boleh intoleran
0
Memuat data ...
1 - 8 dari 8 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia