News
Batal
KATEGORI
link has been copied
215
Lapor Hansip
21-01-2021 16:49

Penasaran Berapa Jumlah Penduduk RI Sekarang? Ini Rinciannya

Penasaran Berapa Jumlah Penduduk RI Sekarang? Ini RinciannyaFoto: Grandyos Zafna

Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) dan Kementerian Dalam Negeri siang ini melakukan rilis bersama untuk Data Sensus Penduduk 2020 dan Data Administrasi Kependudukan 2020. Ini merupakan pertama kalinya kedua lembaga itu melakukan rilis data bersamaan.

"Ini merupakan rilis yang pertama kali dilakukan secara bersama-sama antara BPS dengan Kementerian Dalam Negeri dan rilis ini saya kira merupakan wujud sinergi yang dilakukan antara BPS dengan Kementerian Dalam Negeri sejak persiapan sensus penduduk tahun 2020," kata Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri Muhammad Hudori dilansir dari akun Youtube BPS, Kamis (21/1/2021).

Menurut hasil Data Administrasi Kependudukan per Desember 2020, jumlah penduduk Indonesia saat ini sebanyak 271.349.889 jiwa. Terdiri dari 134.229.988 jiwa perempuan dan 137.119.901 jiwa laki-laki. Sedangkan jumlah kartu keluarga mencapai 86.437.053.

Dari total jumlah penduduk itu paling banyak berada di pulau Jawa sebesar 55,94%, disusul Sumatera 21,73%, Sulawesi 7,43%, Kalimantan 6,13%, Bali dan Nusa Tenggara 5,57%, Papua 2,02% dan Maluku 1,17%.

Baca juga:
RI Kebanjiran Baja Impor, Puluhan Ribu Buruh Terancam PHK
Data itu diambl dari jumlah perekaman di 2020 dari sebanyak 196.394.976 wajib KTP yang sudah terekam sebanyak 194.649.012 atau mencapai 99,11%. Sementara sisa wajib KTP yang belum terekam sebanyak 1.745.964 akan dilakukan di 2021.

Tahun ini target perekaman KTP sebanyak 5.777.755, terdiri dari sisa wajib KTP yang belum terekam di 2020 ditambah wajib KTP pemula sebanyak 4.031.791. Sehingga totalnya menjadi 2000.426.767 wajib KTP yang direkam.

Sementara BPS merilis Data Sensus Penduduk yang dilakukan baur sampai September 2020. BPS pun mencatat jumlah penduduk masyarakat Indonesia mencapai 270,2 juta jiwa.

"Jika dibandingkan dengan sensus penduduk terdahulu kita bisa lihat bahwa jumlah penduduk Indonesia dari waktu ke waktu terus mengalami peningkatan," kata Kepala BPS Suhariyanto.

Menurut data BPS, dengan luas daratan Indonesia sebesar 1,9 juta km2, maka kepadatan penduduk Indonesia pada tahun 2020 adalah sebanyak 141 jiwa per km2. Lalu selama tahun 2010 sampai dengan tahun 2020 rata-rata laju pertumbuhan penduduk Indonesia adalah sebesar 1,25% per tahun.

"Laju pertumbuhan penduduk terjadi karena dipengaruhi oleh faktor kelahiran, kematian dan juga faktor migrasi," tambahnya 


https://finance.detik.com/berita-eko...m=news_mostpop

Yang dibold: Ternyata perempuan lebih sedikit dari laki-laki. Yang mau poligami beristri empat tolong pikirkan lagi
Diubah oleh kaskus.infoforum
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galigulagalu dan 39 lainnya memberi reputasi
38
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Penasaran Berapa Jumlah Penduduk RI Sekarang? Ini Rinciannya
21-01-2021 18:35
Laju pertumbuhan populasi Indonesia udah sekitar rerata 1,05 persen selama 2015 s.d. 2020.

Hampir di bawah ambang 1 persen buat regenerasi optimum. Hati-hati. Kalau terjadi degenerasi.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Gailham dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
profile picture
kaskus addict
21-01-2021 18:44
oh jadi maksudnya kalau regenerasi penduduk dibawah 1 % justru berakibat buruk bagi negara sendiri ?
1
profile picture
aktivis kaskus
21-01-2021 19:24
@jerrystreamer1

Kata demografer sih gitu.
Tp kalau mau mendalami demografi, banyak konsep penting sih.

Angka fertilitas, natalitas, migrasi, mortalitas, morbiditas, dsb. Itu semua diolah jadi population growth rate.

Angka fertilitas yang optimum itu di kisaran 2.

Masnya bisa ambil studi ilmu demografi kalau mau mengabdi jadi demografer.
3
profile picture
kaskus addict
21-01-2021 19:26
@riansantoso4776 ok sip, background manajemen bisa gak nih ? s2 nya harus jurusan apaan ?
1
profile picture
aktivis kaskus
21-01-2021 19:27
@jerrystreamer1

Bisa aja. Studi ilmu sosial biasanya ga seberat eksakta prasyaratnya.

Justru tambah mantap klo S-1 manajemen, ditambah S-2 ilmu demografi/kependudukan.
4
profile picture
kaskus addict
21-01-2021 19:29
@riansantoso4776 ok sip gan thanks sarannya
1
profile picture
aktivis kaskus
21-01-2021 19:37
@jerrystreamer1

Yoi Gan 👍🏼
0
profile picture
kaskus freak
21-01-2021 21:46


Biasanya indikator kalau jumlah rata-rata anak per wanita di bawah 2, itu warning.
3
profile picture
kaskus addict
21-01-2021 23:25
Dengan biaya hidup yang semakin mahal, rutinitas kerja yang tinggi dan lalu menunda punya ana atau punya anak tidak lebih dari satu bagi yg sdh menikah.
Bisa jadi besok2 indonesia kayak korea atau jepang. Degenerasi penduduk.
2
profile picture
kaskus addict
22-01-2021 14:57
@dhickkrist Banyak yg memprediksi gitu sih, kemungkinan indonesia bakal mirip jepang soal perlambatan jumlah penduduk. Cina yg 1 miliaran penduduk aja pemerintahnya khawatir soal penurunan jumlah penduduk.
3
profile picture
kaskus addict
22-01-2021 15:59
@algielagie @dhickkrist di negara scandanavia penduduk dikit malah tenteram bree.. Tingkat kebahagiaan tinggi
2
profile picture
kaskus maniac
22-01-2021 16:55
@aftadizca
Tapi tingkat bunuh dirinya juga tinggi ironisnya. Jadi siapa yang bahagia? Bahagia kok bunuh diri?
0
profile picture
kaskus addict
24-01-2021 22:00
@algielagie sebenarnya perlambatan sudah mulai sih. Tpi belum begitu besar dampaknya. Sebenarnya ada plusnya juga kalau prtumbuhan pnduduk bisa dikendalikan mengingat jumlah lahan utk hunian dan pertanian semakin sedikit.
1
Memuat data ...
1 - 12 dari 12 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia