News
Batal
KATEGORI
link has been copied
215
Lapor Hansip
21-01-2021 16:49

Penasaran Berapa Jumlah Penduduk RI Sekarang? Ini Rinciannya

Penasaran Berapa Jumlah Penduduk RI Sekarang? Ini RinciannyaFoto: Grandyos Zafna

Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) dan Kementerian Dalam Negeri siang ini melakukan rilis bersama untuk Data Sensus Penduduk 2020 dan Data Administrasi Kependudukan 2020. Ini merupakan pertama kalinya kedua lembaga itu melakukan rilis data bersamaan.

"Ini merupakan rilis yang pertama kali dilakukan secara bersama-sama antara BPS dengan Kementerian Dalam Negeri dan rilis ini saya kira merupakan wujud sinergi yang dilakukan antara BPS dengan Kementerian Dalam Negeri sejak persiapan sensus penduduk tahun 2020," kata Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri Muhammad Hudori dilansir dari akun Youtube BPS, Kamis (21/1/2021).

Menurut hasil Data Administrasi Kependudukan per Desember 2020, jumlah penduduk Indonesia saat ini sebanyak 271.349.889 jiwa. Terdiri dari 134.229.988 jiwa perempuan dan 137.119.901 jiwa laki-laki. Sedangkan jumlah kartu keluarga mencapai 86.437.053.

Dari total jumlah penduduk itu paling banyak berada di pulau Jawa sebesar 55,94%, disusul Sumatera 21,73%, Sulawesi 7,43%, Kalimantan 6,13%, Bali dan Nusa Tenggara 5,57%, Papua 2,02% dan Maluku 1,17%.

Baca juga:
RI Kebanjiran Baja Impor, Puluhan Ribu Buruh Terancam PHK
Data itu diambl dari jumlah perekaman di 2020 dari sebanyak 196.394.976 wajib KTP yang sudah terekam sebanyak 194.649.012 atau mencapai 99,11%. Sementara sisa wajib KTP yang belum terekam sebanyak 1.745.964 akan dilakukan di 2021.

Tahun ini target perekaman KTP sebanyak 5.777.755, terdiri dari sisa wajib KTP yang belum terekam di 2020 ditambah wajib KTP pemula sebanyak 4.031.791. Sehingga totalnya menjadi 2000.426.767 wajib KTP yang direkam.

Sementara BPS merilis Data Sensus Penduduk yang dilakukan baur sampai September 2020. BPS pun mencatat jumlah penduduk masyarakat Indonesia mencapai 270,2 juta jiwa.

"Jika dibandingkan dengan sensus penduduk terdahulu kita bisa lihat bahwa jumlah penduduk Indonesia dari waktu ke waktu terus mengalami peningkatan," kata Kepala BPS Suhariyanto.

Menurut data BPS, dengan luas daratan Indonesia sebesar 1,9 juta km2, maka kepadatan penduduk Indonesia pada tahun 2020 adalah sebanyak 141 jiwa per km2. Lalu selama tahun 2010 sampai dengan tahun 2020 rata-rata laju pertumbuhan penduduk Indonesia adalah sebesar 1,25% per tahun.

"Laju pertumbuhan penduduk terjadi karena dipengaruhi oleh faktor kelahiran, kematian dan juga faktor migrasi," tambahnya 


https://finance.detik.com/berita-eko...m=news_mostpop

Yang dibold: Ternyata perempuan lebih sedikit dari laki-laki. Yang mau poligami beristri empat tolong pikirkan lagi
Diubah oleh kaskus.infoforum
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galigulagalu dan 39 lainnya memberi reputasi
38
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Penasaran Berapa Jumlah Penduduk RI Sekarang? Ini Rinciannya
21-01-2021 17:26
Prediksinya 10-20 th lagi, nanti india no 1, trus cina, pakistan, indo, amerika
profile-picture
profile-picture
riansantoso4776 dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
2 0
2
profile picture
aktivis kaskus
21-01-2021 19:56
Ga, Gan. Menurut prediksi PBB, negara yang akan menyalip cepat peringkat populasi terbanyak akan berasal dari Afrika. Nigeria, Rep. Dem. Kongo, dan Ethiopia.
Asia yang perlu diwaspadai adalah Pakistan dan Bangladesh.

India dan RRT sudah mulai melambat pertumbuhan populasinya.
3
profile picture
kaskus maniac
22-01-2021 16:47
@riansantoso4776
Dua-duanya bakal kesusahan tuh. Pakistan kurang lahan subur, Bangladesh kurang lahan beneran.

Eh tapi Jawa juga kekurangan sih emoticon-Hammer (S)
3
profile picture
kaskus maniac
22-01-2021 16:57
India tuh setau ane mereka masih berkasta2 gitu yah?emoticon-Bingung klo misal mayoritas populasinya dari suku dalit ya mungkin India bisa menjadi negara kismin jg. Cmiiwemoticon-Bingung
1
profile picture
kaskus maniac
22-01-2021 17:47
Cina bisa sepadat itu ya gan
apa tidak ada pengendalian kelahiran
1
profile picture
kaskus addict
22-01-2021 17:54
@azn1234 bener gan, baru 'ngeh', harusnya kasta tertinggi ya yang suruh branak Mulu...emoticon-Ngakak (S)
1
profile picture
kaskus holic
22-01-2021 18:01
@riansantoso4776 @Gailham Jawa paling subur di dunia....tapi emang beban penduduknya terlalu besar(140juta lebih luas cuma 130ribu km²)....tapi masih bisa ditopang sama 4 pulau besar lain....

Bangladesh udah bisa ngatur program keluarga berencana....Pakistan yg ngeri....
2
profile picture
aktivis kaskus
22-01-2021 19:11
@jakmagetan

Entahlah. Aku masih sangsi sama Bangladesh. Pemerintahnya kan Islam-sosialis yang korup.
2
profile picture
kaskus maniac
23-01-2021 18:34
indonesia bs nyalip amerika gara2 bule item dr amerika pada pindah ke bali ye

emoticon-Wkwkwk
0
profile picture
aktivis kaskus
23-01-2021 18:37
@haf2

Ga bisa deh keknya.

Forecast PBB itu AS akan stabil di 300 juta s.d. 2100 karena faktor imigrasi mereka besar

Indonesia mulai 2045 akan menurun populasinya karena banyak yg keluar dari Indonesia dan usia lansia membanyak.

1 abad kemerdekaan kita, negara kita akan masuk grafik penduduk tua.
1
Memuat data ...
1 - 9 dari 9 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia