News
Batal
KATEGORI
link has been copied
215
Lapor Hansip
21-01-2021 16:49

Penasaran Berapa Jumlah Penduduk RI Sekarang? Ini Rinciannya

Penasaran Berapa Jumlah Penduduk RI Sekarang? Ini RinciannyaFoto: Grandyos Zafna

Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) dan Kementerian Dalam Negeri siang ini melakukan rilis bersama untuk Data Sensus Penduduk 2020 dan Data Administrasi Kependudukan 2020. Ini merupakan pertama kalinya kedua lembaga itu melakukan rilis data bersamaan.

"Ini merupakan rilis yang pertama kali dilakukan secara bersama-sama antara BPS dengan Kementerian Dalam Negeri dan rilis ini saya kira merupakan wujud sinergi yang dilakukan antara BPS dengan Kementerian Dalam Negeri sejak persiapan sensus penduduk tahun 2020," kata Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri Muhammad Hudori dilansir dari akun Youtube BPS, Kamis (21/1/2021).

Menurut hasil Data Administrasi Kependudukan per Desember 2020, jumlah penduduk Indonesia saat ini sebanyak 271.349.889 jiwa. Terdiri dari 134.229.988 jiwa perempuan dan 137.119.901 jiwa laki-laki. Sedangkan jumlah kartu keluarga mencapai 86.437.053.

Dari total jumlah penduduk itu paling banyak berada di pulau Jawa sebesar 55,94%, disusul Sumatera 21,73%, Sulawesi 7,43%, Kalimantan 6,13%, Bali dan Nusa Tenggara 5,57%, Papua 2,02% dan Maluku 1,17%.

Baca juga:
RI Kebanjiran Baja Impor, Puluhan Ribu Buruh Terancam PHK
Data itu diambl dari jumlah perekaman di 2020 dari sebanyak 196.394.976 wajib KTP yang sudah terekam sebanyak 194.649.012 atau mencapai 99,11%. Sementara sisa wajib KTP yang belum terekam sebanyak 1.745.964 akan dilakukan di 2021.

Tahun ini target perekaman KTP sebanyak 5.777.755, terdiri dari sisa wajib KTP yang belum terekam di 2020 ditambah wajib KTP pemula sebanyak 4.031.791. Sehingga totalnya menjadi 2000.426.767 wajib KTP yang direkam.

Sementara BPS merilis Data Sensus Penduduk yang dilakukan baur sampai September 2020. BPS pun mencatat jumlah penduduk masyarakat Indonesia mencapai 270,2 juta jiwa.

"Jika dibandingkan dengan sensus penduduk terdahulu kita bisa lihat bahwa jumlah penduduk Indonesia dari waktu ke waktu terus mengalami peningkatan," kata Kepala BPS Suhariyanto.

Menurut data BPS, dengan luas daratan Indonesia sebesar 1,9 juta km2, maka kepadatan penduduk Indonesia pada tahun 2020 adalah sebanyak 141 jiwa per km2. Lalu selama tahun 2010 sampai dengan tahun 2020 rata-rata laju pertumbuhan penduduk Indonesia adalah sebesar 1,25% per tahun.

"Laju pertumbuhan penduduk terjadi karena dipengaruhi oleh faktor kelahiran, kematian dan juga faktor migrasi," tambahnya 


https://finance.detik.com/berita-eko...m=news_mostpop

Yang dibold: Ternyata perempuan lebih sedikit dari laki-laki. Yang mau poligami beristri empat tolong pikirkan lagi
Diubah oleh kaskus.infoforum
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galigulagalu dan 39 lainnya memberi reputasi
38
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Penasaran Berapa Jumlah Penduduk RI Sekarang? Ini Rinciannya
21-01-2021 16:53
5 besar

China 1,44 miliar.
India 1,382 miliar.
Amerika Serikat 331,3 juta,
Indonesia 273,9 juta,
Pakistan 221,5 juta

Sumber: detik
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 10 lainnya memberi reputasi
11 0
11
profile picture
aktivis kaskus
21-01-2021 19:54
Pakistan udah nyalip Brazil ya sekarang? emoticon-Bingung
1
profile picture
kaskus freak
21-01-2021 21:44
@riansantoso4776 Dulu Pakistan peringkat 6. Pakistan 19 tahun gak sensus, baru ketahuan segitu tahun 2017.
4
profile picture
kaskus geek
21-01-2021 21:47
masih peringkat 4 ya dari dulu
1
profile picture
kaskus freak
21-01-2021 21:48
@leonosphire Kita peringkat 4 dari 1992. Dulu peringkat 4 Uni Soviet.
4
profile picture
kaskus geek
21-01-2021 21:49
@gilbertagung siap bang, ane 92 baru SD soalnya,, jd taunya dari dulu peringkat 4
2
profile picture
aktivis kaskus
21-01-2021 21:50
@gilbertagung

Pakistan sama Bangladesh makanya takut adain sensus.

🤭
1
profile picture
kaskus freak
21-01-2021 21:51
@leonosphire Ternyata Uni Soviet peringkat 3. Uni Soviet populasinya 280 juta lebih pas runtuh. AS yang peringkat 4.
3
profile picture
kaskus addict
21-01-2021 22:21
Indonesia nomer 4 terpadat di dunia..
USA nomer 3 terpadat di dunia, itupun krna arus imigran

Kalo di sini masih pada suka beranak pinak bererot, kadrun2 tetep berprinsip gak mau KB, poligami makin banyak, jangan heran dlm bbrpa tahun kita jadi negara ketiga terpadat di dunia, ngalahin USA...

Makin susah cari kerja...

emoticon-Ngakak...
2
profile picture
kaskus addict
22-01-2021 14:38
@setiapmenit disini juga banyak imigran..

Yg jarang imigran kayanya China India Pakistan
1
profile picture
kaskus addict
22-01-2021 14:40
Peringkat 2 dan 3 jauh bet beda nya 😁, klo 3 dan 4 kan tipis
0
profile picture
kaskuser
22-01-2021 14:42
Itu 270 jt 70jt nya cina gan ga ngaku lagi klo orang Indonesia lahir idup mati ktp Indonesia tanya aja ke mereka langsung klo ga percaya
0
profile picture
kaskus addict
22-01-2021 14:52
Itu cina awet bener masih di kisaran 1 miliaran 10 tahun terakhir, kirain tembus 2 miliar.
0
profile picture
kaskus addict
22-01-2021 14:58
@setiapmenit Benar gan, kesal rasanya
1
profile picture
kaskuser
22-01-2021 15:01
@setiapmenit jaman kerajaan dulu jaman penjajahan dulu jg ga ada lowongan pekerjaan gan, yg susah harga naik terus sapa juga yg naikin listrik air pajak bbm dll...
2
profile picture
kaskus maniac
22-01-2021 16:44
@algielagie anjir dikira 1 miliar dikit emoticon-Ngakak (S)
Mungkin bisa dilihat pertambahan bilangan ratusan jutanya gan. Indonesia 2010 ada 240 juta, sekarang 270 juta. Nambah 30 juta. Angka segitu udah banyak gan.
1
profile picture
kaskus maniac
22-01-2021 16:54
@setiapmenit cuman org2 amrik pinter ngedidik anaknye makenye negara maju... lah di sini, abis kimpoi, nges*x giliran udh punya anak banyak yg terlantarin emoticon-Ngakak.. nhe s*x napsu, giliran ngurus masa depan anak ogahemoticon-Ngakak
4
profile picture
kaskus maniac
22-01-2021 18:33
Penasaran Berapa Jumlah Penduduk RI Sekarang? Ini Rinciannya

indonesia malah lebih tinggi pertumbuhan penduduknya di banding india
ga perlu bandingkan dengan china dan USA
mereka da di level yg berbeda
SDMnya da bisa mikir


emoticon-Cape deeehh emoticon-Cape deeehh emoticon-Cape deeehh
0
profile picture
kaskus maniac
22-01-2021 19:01
@pasti2periode doyan kimpoi trs nafsu s*x giliran udh punya anak ga di didik atau ga kuat nanggung biaya idup si anak.. akhirnya cereemoticon-Cape d...
1
profile picture
kaskus holic
22-01-2021 21:34
Pakistan sebesar apa sih negara nya kalo di banding indo
Tp isi nya banyak banget
0
profile picture
aktivis kaskus
22-01-2021 21:39
Luas daratan Pakistan itu antara 881 ribu km persegi atau sekitar 40–50 persen luas daratan Indonesia.

Militer Pakistan adalah salah satu militer terkuat di dunia. Negara punya senjata nuklir tanpa meratifikasi Perjanjian Nonproliferasi Nuklir bersama India. Artinya, India dan Pakistan bisa bikin senjata nuklir tanpa pembatasan dan pengawasan seketat AS atau Rusia.

Pakistan juga dikenal sebagai sarang ekstremisme agama, baik di militer maupun sipil.

Ngeri negara satu itu.
0
Memuat data ...
1 - 20 dari 27 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia