.r4hma.Avatar border
TS
.r4hma.
Mesin Piston Dan Mesin Rotary, Kamu Pilih Yang Mana?




Thread kali ini gw akan membahas tentang mesin kendaraan, kamu pasti tahukan hampir seluruh kendaraan di dunia memakai mesin piston. Baik kendaraan roda dua maupun empat semuanya hampir memakai mesin piston.

Tapi sebenarnya ada satu mesin yang diciptakan oleh seorang insinyur dari Jerman, Felix Wankel. Dia sukses menciptakan mesin rotary di tahun 1950-an tepatnya di NSU Motorenwerke AG. 



Mesin rotary atau bisa juga disebut mesin Wankel, mesin ini cukup unik karena ruang pembakaran diubah menjadi gerakan berputar pada rotor, sedangkan kita tahu kalau pada mesin piston bergerak ke arah vertikal ato horisontal.

Apa sih yang menjadi keunggulan pada mesin rotary?

Ini yang membuat orang bertanya-tanya sebenarnya mesin rotary punya ciri khas yang cukup unik, karena mesinnya cukup kuat dan menariknya walau cc kecil punya tenaga yang cukup besar.



Mesin ini pernah diapplikasikan ke berbagai merek mobil seperti GM, Mercedes Benz, Mazda, Rolls Royce dsb. Namun saat ini hanya Mazda yang masih mempertahankan mesin rotary, selebihnya kembali beralih ke mesin piston.

Karena mesin piston punya kelebihan irit oli dan juga bensin, apalagi kalau dipakai untuk daily user. Maka mesin rotary yang punya kelemahan dimana boros bensin, boros oli, dan juga kadar emisi juga tinggi. Untuk itu banyak pabrikan mobil mengucapkan sayonara pada mesin rotary, mungkin mazda ingin tampil beda karena cc kecil tenaga bisa luar biasa.



Lantas apakah mesin rotary hanya di applikasikan pada mobil saja?

Tentu tidak ya gan, sama halnya dengan mesin piston maka mesin rotary juga digunakan pada kendaraan roda dua. Nah, motor apa yang pernah di tanamkan mesin rotary menurut data ada motor Suzuki RE5 yang diproduksi antara tahun 1975-1976, lalu Norton F1, dan juga Norton NRV588 & NRV700. 



Hasilnya bisa kita tahu, boros bensin dan juga makan oli lebih banyak. Namun semakin berkembangnya zaman kemungkinan kedua mesin ini akan digantikan oleh mobil listrik yang cara kerjanya cukup sederhana.

Kalau pada mesin konvesional tenaga dihasilkan pada ruang bakar, proses campuran udara dan bahan bakar dimana proses ini akan melibatkan banyak komponen seperti busi, piston, setang piston, katup, camshaft, dan sistem pelumasan dan pendinginan.



Di mesin piston pembakaran akan memggerakkan piston naik turun hingga kemudian dikonversi jadi gerakan memutar oleh crankshaft, biasa disebut kruk as maka selanjutnya kruk as inilah yang menggerakkan roda mobil.

Sedangkan di mobil listrik, terlihat lebih sederhans dimana listrik DC dari baterai akan diubah dulu menjadi arus AC 3-Fase oleh inverter. Kemudian arus inilah yang digunakan untuk menggerakan motor listrik yang fungsinya menggerakan roda.



Kalau di sistem konvesional sisa pembakaran akan dikeluarkan menjadi emisi gas buang melalui knalpot, sedangkan mobil listrik tidak ada.

Setidaknya thread ini bisa bermanfaat ya gan, mau irit pilih mesin piston mau powerfull pilihlah mesin rotary.

Sumber klik, klik, klik
Pic google




xz4c
kimha420
mr.datsir
mr.datsir dan 30 lainnya memberi reputasi
31
8.4K
100
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
OtomotifKASKUS Official
27.7KThread14.5KAnggota
Tampilkan semua post
MUF0REVERAvatar border
MUF0REVER
#11
Nyari onderdil mesinnya bakalan susah ini Rotary emoticon-Leh Uga
Untuk saat ini masih piston lah yg paling umum n bagus

Mesin listrik mungkin 5 tahun lagi baru bisa itupun juga masih banyak yg bakalan pake piston, tauk sendiri di indo aja masih ada daerah yg gak kebagian listrik dan cuma kuat buat bayar daya 450-900 watt emoticon-Leh Uga
muhamad.hanif.2
jlamp
.r4hma.
.r4hma. dan 4 lainnya memberi reputasi
5
Tutup
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.