News
Batal
KATEGORI
link has been copied
38
Lapor Hansip
20-01-2021 07:44

Vaksin Covid-19, Prof Zullies Ikawati: Jangan Dilihat China-nya Dulu

Quote:
Vaksin Covid-19, Prof Zullies Ikawati: Jangan Dilihat China-nya Dulu
Presiden Joko Widodo menjalani vaksinasi covid-19-- Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden


FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Guru Besar Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada, Prof. Zullies Ikawati, menyebut vaksinasi adalah bentuk yang menyerupai infeksi. Namun, infeksinya tidak membahayakan.

Menurutnya, jika infeksi akan menimbulkan gejala berat, tetapi vaksin tidak sampai seperti itu karena dilakukan dengan metode atau cara yang terukur.


Menurut Prof. Zullies Ikawati, vaksinasi tersebut sifatnya spesifik. Terkait dengan tingkat efikasi/kemanjuran, menurutnya, bisa dipengaruhi oleh kondisi tempat uji klinis.

Dengan vaksinasi tersebut akan berimplikasi pada berkurangnya risiko orang terinfeksi virus. Namun demikian harus tetap melakukan protokol kesehatan, karena masih tetap ada resiko meski sudah divaksin.

“Covid-19 tentu saja harus spesifik juga, jadi harus ada vaksin khusus untuk covid-19,” tutur Prof. Zullies pada dalam Webinar Pengajian PP Muhammadiyah baru-baru ini. Dia menjelaskan, cara kerja vaksin yang diberikan berupa injeksi ke dalam tubuh akan memicu untuk meningkatkan antibodi.

Antibodi akan bertahan dalam beberapa waktu tertentu, sehingga ketika seseorang terpapar virus, tubuhnya telah siap melawan dan mengeliminasi virus yang masuk. “Kalaupun misalnya tetap terinfeksi, maka biasanya jumlah virus yang tereplikasi itu bisa lebih kecil, karena sebagian pasti bisa dilawan oleh tubuh kita,” imbuhnya.


Dengan demikian, diharapkan gejala covid-19 akan lebih ringan. Merujuk Peraturan Menteri (Permen) Menkes tahun 2020, Prof Zullie menyebut di Indonesia dalam penggunaan vaksin covid terdapat beberapa jenis. Namun untuk tahap pertama, Indonesia menggunakan vaksin dari Sinovac Biotech Ltd.

Vaksin dari Sinovac ini memakai teknologi atau platform virus yang diinaktivasi (dimatikan), vaksin yang diproduksi oleh Sinovac ini menggunakan metode klasik atau yang sudah biasa digunakan untuk membuat vaksin.

“Virus yang diinaktivasi, dimana secara umum efek sampingnya rendah karena kita juga berangkat dari berbagai penelitian terkait dengan vaksin-vaksin yang sudah ada, yang menggunakan platform sama efek sampingnya rendah,” terang Prof Zullie.

Teknologi tersebut sudah dikuasai oleh PT Bio Farma sebagai satu-satunya produsen vaksin di Indonesia sehingga dengan alih teknologi dari Sinovac Biotech Ltd, ke depan Indonesia bisa memproduksi vaksin sendiri dan diedarkan untuk mencukupi kebutuhan masyarakat Indonesia.

Terkait dengan pemilih vaksin yang diproduksi oleh Sinovac, Prof Zullie menyebut hal ini sebagai usaha pemerintah Indonesia untuk melakukan alih teknologi. Itu agar ke depan Indonesia tidak bergantung pada negara lain dalam pengadaan virus.

“Jangan dilihat China-nya dulu. Karena virus ini berasal dari sana, tentu mereka lebih responsive terhadap tindakan yang harus dilakukan, sehingga mereka sudah menghasilkan vaksin terlebih dahulu,” ujarnya.




Menurut Guru Besar Farmasi Universitas Gadjah Mada ini, dasar pemilihan vaksin adalah dengan mempertimbangkan efikasi/kemanjuran dan keamanan (efek samping).

Terkait dengan pemilihan Pemerintah Indonesia terhadap vaksin dari Sinovac karena memiliki efikasi 65,3 persen, dengan keamanan baik dengan kejadian KIPI 0,1 persen. Bahkan dia menyebut tak semua yang telah divaksin menggunakan vaksin dari Sinovac tidak mengalami efek samping. (ngopibareng/jpnn/fajar)


Sumber :
https://fajar.co.id/2021/01/19/vaksi...dulu/?page=all



Sejauh ini masih aman.
nilai efikasi itu cuma mainan angka angka.


Vaksin Covid-19, Prof Zullies Ikawati: Jangan Dilihat China-nya Dulu

Vaksin Covid-19, Prof Zullies Ikawati: Jangan Dilihat China-nya Dulu



Sementara itu,

NEGARA TETANGGA
Diubah oleh CDrama
profile-picture
profile-picture
profile-picture
meooong dan 2 lainnya memberi reputasi
3
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Vaksin Covid-19, Prof Zullies Ikawati: Jangan Dilihat China-nya Dulu
20-01-2021 08:02
Dosen temen ane nih. emoticon-Nyepi
profile-picture
profile-picture
Kkunyuk dan snoopze memberi reputasi
2 0
2
profile picture
kaskus maniac
20-01-2021 08:15
Temen SMA emak ane nih emoticon-Nyepi
0
Memuat data ...
1 - 1 dari 1 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia