Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
98
Lapor Hansip
19-01-2021 20:49

Hujan Punya Bau Khas! Ternyata Ini Penyebabnya

Hujan Punya Bau Khas! Ternyata Ini Penyebabnya
emoticon-Hot NewsYukk Simakk...

emoticon-HaiHallo agan semua kali ini kita bakalan bahas mengenai hujan. Pasti saat masa kecil agan pernah duduk saat hujan dan mencium bau khas dari hujan, Nah sekarang kita anakalan bahas dari mana asal bau khas ini. So, langsung saja kita bahas.

Bau ini sebenarnya berasal dari lembabnya tanah  yang dikenal sebagai petrichor meresap ke udara. Orang menyebutnya musky. Ilmuwan Australia pertama kali mendokumentasikan proses pembentukan petrichor pada tahun 1964 dan ilmuwan dari Massachusetts Institute of Technology mempelajari lebih lanjut mekanisme proses tersebut pada tahun 2010-an.

Hujan Punya Bau Khas! Ternyata Ini Penyebabnya

Petrichor adalah kombinasi dari senyawa kimia wangi. Beberapa berasal dari minyak yang dibuat oleh tumbuhan. Kontributor utama Petrichor adalah Actinobacteria Mikroorganisme kecil ini dapat ditemukan di daerah pedesaan dan perkotaan serta di lingkungan laut. Mereka menguraikan bahan organik yang mati atau membusuk menjadi senyawa kimia sederhana yang kemudian dapat menjadi nutrisi bagi tumbuhan dan organisme lain untuk berkembang.

Produk sampingan dari aktivitas mereka adalah senyawa organik yang disebut geosmin yang berkontribusi pada aroma petrichor. Geosmin adalah sejenis alkohol, seperti alkohol gosok. Molekul alkohol cenderung memiliki aroma yang kuat. Struktur kimia yang kompleks dari geosmin membuatnya sangat terlihat oleh orang-orang bahkan pada tingkat yang sangat rendah. Hidung kita hanya dapat mendeteksi beberapa bagian geosmin per triliun molekul udara.

Hujan Punya Bau Khas! Ternyata Ini Penyebabnya

Selama periode kekeringan yang berkepanjangan saat tidak turun hujan selama beberapa hari, laju aktivitas dekomposisi aktinobakteri melambat. Tepat sebelum hujan turun, udara menjadi lebih lembap dan tanah mulai lembap. Proses ini membantu mempercepat aktivitas aktinobakteri dan lebih banyak geosmin terbentuk.

Saat tetesan hujan jatuh ke tanah, terutama permukaan berpori seperti tanah gembur atau beton kasar, maka akan memerciki dan mengeluarkan partikel kecil yang disebut aerosol. Geosmin dan senyawa petrichor lainnya yang mungkin ada di tanah atau terlarut dalam tetesan hujan dilepaskan dalam bentuk aerosol dan dibawa oleh angin ke daerah sekitarnya. Jika curah hujan cukup deras, aroma petrichor dapat menyebar dengan cepat melawan arah angin dan mengingatkan orang bahwa hujan akan segera turun.

Sekian thread kali ini semoga menghibur dan bermanfaat untuk agan semua.

Sumber referensi : Pribadi & Disini

Sumber gambar : Google Image

emoticon-2 Jempol

Terimakasih udah pada baca

 


profile-picture
profile-picture
profile-picture
raliakbarrr dan 42 lainnya memberi reputasi
43
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Hujan Punya Bau Khas! Ternyata Ini Penyebabnya
19-01-2021 22:55
Betul kayak bau pemutih baju..

emoticon-Malu

Kalau cewek pasti nyiumnya kayak bau itu tuh..

emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jamban.bocor dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
profile picture
KASKUS Plus
20-01-2021 21:54
P 3 JUH
1
profile picture
kaskus maniac
21-01-2021 06:15
@andrerain5 ruarrr biasahhh emoticon-Matabelo
1
profile picture
KASKUS Plus
21-01-2021 06:16
1
Memuat data ...
1 - 3 dari 3 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia