Female
Batal
KATEGORI
link has been copied
24
Lapor Hansip
14-01-2021 15:00

Sering Pakai Baking Soda untuk Perawatan Wajah? Ternyata Bermanfaat Tapi Berbahaya!

Sering Pakai Baking Soda untuk Perawatan Wajah? Ternyata Bermanfaat Tapi Berbahaya!


Baking soda memang dikenal sebagai salah satu ramuan ampuh untuk perawatan wajah, khususnya dalam mengatasi jerawat. Tapi sebenarnya apakah perawatan menggunakan DIY benar-benar efektif dan baik untuk merawat wajah? Atau justru berdampak buruk dan malah merusak kulit wajah?

Jadi sebenarnya, kandungan sodium biacrbonate yang ada di dalam baking soda ini memang menjadi salah satu kandungan penting yang biasa di dalam produk-produk skincare, Sis. Kandungan sodium biacrbonate ini memiliki sifat basa dan memiliki peran yang penting banget untuk perawatan wajah. Selain untuk perawatan wajah, kkandungan dalam baking soda juga biasanya dimanfaatkan untuk eksfoliator physical, menjadi dry shampoo, pasta gigi, deodorant natural, ataupun ramuan merendam kaki.

Secara umum, baking soda memang memiliki manfaat untuk perawatan wajahmu. Teksturnya yang berpasir membantu kamu mengeksfoliasi kulitmu sehingga kotoran yang ada di dala pori-porimu akan terangkat, tidak adanya penumpukan kotoran yang menyebabkan jerawat.

Sifatnya yang anti inflamasi juga bermanfaat untuk menenangkan kulit wajahmu yang mengalami iritasi akibat gigitan nyamuk dan serangga. Selain itu, baking soda juga bermanfaat untuk menyeimbangkan ph kulit yang berminyak.

Sering Pakai Baking Soda untuk Perawatan Wajah? Ternyata Bermanfaat Tapi Berbahaya!

Tapi jika kamu meracik sendiri ramuan baking sodamu, sepertinya sedikit dipertanyakan deh manfaatnya. Pasalnya, ramuan bikinanmu tersebut tidak melewati uji klinis, sehingga belum bisa dikatakan efektif untuk mengatasi kulit jewaratmu. Karena ternyata penggunaan baking soda yang tidak tepat justru bisa memperburuk kondisi kulitmu, Sis.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, baking soda ini memiliki sifat basa, bahkan terbilang sangat basa karena pH nya bisa mencapai angka 9. Penggunaan baking soda yang sangat basa ini justru bisa mengganggu pH alami kulitmu yang akan mengikis lapisan minyak alami pada kulit. Jika sudah begini, nantinya kulitmu malah akan kering, iritasi, dan juga inflamasi. Akhirnya, kulitmu malah cepat mengalami penuaan dan justru bisa memperburuk kondisi jerawat.

Jadi kesimpulannya, baking soda memang bermanfaat untuk kulit wajah, sebagai eksfoliasi, anti inflamasi, dan juga menyeimbangkan pH kulit berminyak. Tapi jika pemakaiannya tidak benar, kamu justru akan mengalami efek butuk.



SUMBER
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lubangkaca dan 2 lainnya memberi reputasi
3
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Sering Pakai Baking Soda untuk Perawatan Wajah? Ternyata Bermanfaat Tapi Berbahaya!
18-01-2021 21:07
Pernah banget nih, pake baking soda buat skinkeran. Muka langsung kering banget kek kerupuk
0 0
0
profile picture
kaskus maniac
22-01-2021 10:03


Duh iya ya sist.. kalau ane kok gak berani.. walaupun udah sering sih baca-baca manfaat baking soda baik utk kulit maupun untuk gigi tapi ane nggak berani makai.
0
profile picture
kaskus maniac
23-01-2021 14:04
@cheria021 hehehe iya sist . Itu juga ane coba22
0
profile picture
kaskus maniac
23-01-2021 14:40
Wah bahaya sih pasti soalnya.. gak usah di coba lagi gan. Serem soalnya kan klo DIY gitu dirumah kita gak tau takaran yg bener seberapa kan. Jadinya klo kebanyakan jg takutnya ngefek
0
Memuat data ...
1 - 3 dari 3 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia