News
Batal
KATEGORI
link has been copied
349
Lapor Hansip
17-01-2021 07:28

Jokowi Ditantang ke Kalsel Lihat Banjir Akibat Investasi Serampangan

Jokowi Ditantang ke Kalsel Lihat Banjir Akibat Investasi Serampangan

Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) meminta Presiden Joko Widodo atau Jokowi untuk datang langsung ke Kalimantan Selatan menyaksikan bencana yang disebabkan oleh izin pertambangan dan perkebunan sawit yang serampangan.

Direktur Eksekutif Walhi Kalsel, Kisworo Dwi Cahyono, menegaskan banjir besar di Kalimantan Selatan yang terjadi dalam beberapa hari terakhir bukan sekadar cuaca ekstrem, melainkan akibat rusaknya ekologi di tanah Borneo.

"Saya mendesak Presiden Jokowi bahwa Kalimantan Selatan ini masih Indonesia, jadi tolong, jangan hanya dikuras sumber daya alamnya saja, tapi juga diperhatikan, sekarang Kalsel dalam kondisi darurat bencana ekologis, konflik agraria juga luar biasa, Pak Jokowi segera turun ke Kalsel, buktikan bahwa Kalsel masih Indonesia," kata Kis saat dihubungi Suara.com, Jumat (15/1/2021).

"Kita masih cinta NKRI Negara Kesatuan Republik Indonesia, bukan Negara Kesatuan Republik Investor!," tegasnya.

Berdasarkan catatan WALHI, di tahun 2020 saja sudah terdapat 814 lubang tambang milik 157 perusahaan batu bara yang masih aktif bahkan ditinggal tanpa reklamasi, belum lagi perkebunan kelapa sawit yang mengurangi daya serap tanah.

"Ini menunjukkan daya tampung daya dukung lingkungan di kalsel dalam kondisi darurat ruang dan darurat bencana ekologis, sudah sering kita ingatkan, dari total luas wilayah 3,7 juta hektar hampir 50 persen sudah dibebani izin pertambangan dan perkebunan kelapa sawit," ucapnya.

Sebelumnya BPBD Kalsel merilis data harian hingga per tanggal 14 Januari 2021. Tercatat ada 67.842 jiwa yang terdampak dari total 57 peristiwa banjir sejak awal tahun. Khusus untuk bangunan rumah warga yang terdampak sebanyak 19.452 unit.

Akumulatif jumlah warga terdampak banjir ini masih didominasi dari Kabupaten Tanah Laut, dengan jumlah sebanyak 34.431 jiwa. Lalu, disusul Kabupaten Banjar yang tercatat sebanyak 25.601 jiwa. Sedangkan, sisanya berasal Kota Banjarbaru, Kabupaten Tabalong, Kabupaten Tapin, dan sekitarnya.

Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor juga sudah mengumumkan wilayahnya kini berstatus tanggap darurat bencana banjir melalui Surat Pernyataan Nomor: 360/038/Bpbd/2021 tertanggal 14 Januari 2021.

https://www.suara.com/news/2021/01/1...si-serampangan

Pray for Kalsel
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 41 lainnya memberi reputasi
40
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Jokowi Ditantang ke Kalsel Lihat Banjir Akibat Investasi Serampangan
17-01-2021 08:30
gubernur kan bawahan presiden

jd presiden tetep harus mantau kinerja gubernur

jangan plonga plongo doang lepas tangan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 6 lainnya memberi reputasi
2 5
-3
profile picture
kaskus addict
17-01-2021 08:39
Iya gan..Yg di istana yg pegang duit negara, isinya para cendikiawan orang2 pintar dan hebat, kerja nya apa sbnarnya
2
profile picture
kaskus addict
17-01-2021 09:30
gubernur bawahan presiden? presiden mecat gubernur aja gak bisa?
5
profile picture
kaskus addict
17-01-2021 09:37
pahami dulu soal otonomi daerah baru komen nak
7
profile picture
kaskus addict
17-01-2021 09:45
@masgembus
jiah... gk usah bernegara deh klo tabiat VOC masih diterapin

gegayaan sok NKRi + salam pancasilaaa..

taek fenguasa masing2 buat kerajaanya kll gt

Sangat VOC skaliiii
-3
profile picture
kaskus maniac
17-01-2021 10:52
Pusat / Presiden itu bisa mainkan kontrol. Suruh Kementerian terkait audit pertambangan di Kalsel kek, dilihat ada penyelewengan dari pemprov apa gak.

Kalo gak ada usaha, ya percuma aja bikin pemilu mahal-mahal untuk memilih presiden
2
profile picture
kaskus geek
17-01-2021 14:50
ya udah, mewek ke Lord Luhut gih. Jokowi kan cuma jongos partai planga plongo, presiden boneka, dll dll
Gitu kan kata kelompok ente emoticon-Big Grin
5
profile picture
aktivis kaskus
17-01-2021 15:57
Baca undang2 otonomi daerah gan...baru komen
2
profile picture
kaskus geek
18-01-2021 08:48
@wiry kritis boleh gan tapi memahami situasi jugalah.
Disana penguasa aslinya bkn gubenur tapi para raja lokal pengusaha.
Prakteknya udah puluhan tahun.
Kebetulan jkw saja yg posisinya di ujungemoticon-Ngakak
Hutannya udah keburu gundul emoticon-NgakakJokowi Ditantang ke Kalsel Lihat Banjir Akibat Investasi Serampanganemoticon-Cool
3
profile picture
kaskus addict
19-01-2021 05:33
@wiry @extreme78 Dilihat dari luas lahan usaha yg diizinkan periode 1 Jokowi terkecil kedua setelah rezim Gusdur yang sejatinya cuman bertahan 2 tahun, yg paling gila era SBY. emoticon-Hammer2
1
profile picture
kaskus geek
19-01-2021 10:41
@mediokersparta @wiry menhutnya pernah di protes harison ford....skrg jdi ketum partai emoticon-Ngakak
0
Memuat data ...
1 - 10 dari 10 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia