News
Batal
KATEGORI
link has been copied
349
Lapor Hansip
17-01-2021 07:28

Jokowi Ditantang ke Kalsel Lihat Banjir Akibat Investasi Serampangan

Jokowi Ditantang ke Kalsel Lihat Banjir Akibat Investasi Serampangan

Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) meminta Presiden Joko Widodo atau Jokowi untuk datang langsung ke Kalimantan Selatan menyaksikan bencana yang disebabkan oleh izin pertambangan dan perkebunan sawit yang serampangan.

Direktur Eksekutif Walhi Kalsel, Kisworo Dwi Cahyono, menegaskan banjir besar di Kalimantan Selatan yang terjadi dalam beberapa hari terakhir bukan sekadar cuaca ekstrem, melainkan akibat rusaknya ekologi di tanah Borneo.

"Saya mendesak Presiden Jokowi bahwa Kalimantan Selatan ini masih Indonesia, jadi tolong, jangan hanya dikuras sumber daya alamnya saja, tapi juga diperhatikan, sekarang Kalsel dalam kondisi darurat bencana ekologis, konflik agraria juga luar biasa, Pak Jokowi segera turun ke Kalsel, buktikan bahwa Kalsel masih Indonesia," kata Kis saat dihubungi Suara.com, Jumat (15/1/2021).

"Kita masih cinta NKRI Negara Kesatuan Republik Indonesia, bukan Negara Kesatuan Republik Investor!," tegasnya.

Berdasarkan catatan WALHI, di tahun 2020 saja sudah terdapat 814 lubang tambang milik 157 perusahaan batu bara yang masih aktif bahkan ditinggal tanpa reklamasi, belum lagi perkebunan kelapa sawit yang mengurangi daya serap tanah.

"Ini menunjukkan daya tampung daya dukung lingkungan di kalsel dalam kondisi darurat ruang dan darurat bencana ekologis, sudah sering kita ingatkan, dari total luas wilayah 3,7 juta hektar hampir 50 persen sudah dibebani izin pertambangan dan perkebunan kelapa sawit," ucapnya.

Sebelumnya BPBD Kalsel merilis data harian hingga per tanggal 14 Januari 2021. Tercatat ada 67.842 jiwa yang terdampak dari total 57 peristiwa banjir sejak awal tahun. Khusus untuk bangunan rumah warga yang terdampak sebanyak 19.452 unit.

Akumulatif jumlah warga terdampak banjir ini masih didominasi dari Kabupaten Tanah Laut, dengan jumlah sebanyak 34.431 jiwa. Lalu, disusul Kabupaten Banjar yang tercatat sebanyak 25.601 jiwa. Sedangkan, sisanya berasal Kota Banjarbaru, Kabupaten Tabalong, Kabupaten Tapin, dan sekitarnya.

Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor juga sudah mengumumkan wilayahnya kini berstatus tanggap darurat bencana banjir melalui Surat Pernyataan Nomor: 360/038/Bpbd/2021 tertanggal 14 Januari 2021.

https://www.suara.com/news/2021/01/1...si-serampangan

Pray for Kalsel
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 41 lainnya memberi reputasi
40
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Jokowi Ditantang ke Kalsel Lihat Banjir Akibat Investasi Serampangan
17-01-2021 08:15
Yang ngasih izin pertambangan kan pemprov, kenapa yang disalahin pempus.
Makanya WALHI kerja yang benar dong
profile-picture
profile-picture
profile-picture
leonard21 dan 11 lainnya memberi reputasi
12 0
12
profile picture
kaskus addict
17-01-2021 09:14
soalnya kalo nyalahin presiden bisa di quote media , buzzer anti pemerintah bisa ikut ngangkat ,
4
profile picture
kaskus addict
17-01-2021 09:43
dlu pas pilpres si plangas plengos blg

kalau kepalanya benar semua akan benar

kepalanya skrg siapa? kepala babik dikira?
1
profile picture
kaskus maniac
17-01-2021 09:44


klo dah tau pemprov serampangan ngasi izin kenapa pusat ga ngasi teguran?





kira2 begitu jawaban mereka.
4
profile picture
kaskus addict
17-01-2021 09:59
kasusnya mirip2 Jakarta, kalau udh tau Pemprov DKI serampangan kenapa ga ditegur. Begitulah kira, intinya yang salah harus pemerintah pusat. Giliran nanti ditegur, ngomongin otonomi daerah.
8
profile picture
kaskus maniac
17-01-2021 10:50
Kalo pemerintah pusat gak bisa ngapa-ngapain, buat apa pemilu presiden mahal-mahal cuma buat pilih pajangan lemari?
-1
profile picture
kaskus addict
17-01-2021 12:05
@wiry apa yang bisa dibuat pempus terhadap penebangan kayu di monas, Banjir di jakarta? Apa tidak suka² wan aibon saja? Padahal itu di ibukota, bukan jauh di sana
2
profile picture
kaskus geek
17-01-2021 12:27
Kementerian pertambangan n esdm fungsinya apaan bre ? Kok lempar2an pusat n daerah emoticon-Big Grin
-1
profile picture
kaskus addict
17-01-2021 12:46
@ruuuruuu fungsinya pengawasan saja bre
1
profile picture
kaskus addict
17-01-2021 12:53
fungsi pemilu cm hore2an azaaa

yg penting PDIP / Demokrar / golkar

bkn NKRi..jd nkri itu tai ayam sebenernya wakakakak
2
profile picture
kaskus addict
17-01-2021 17:25
Jgn salah sikodok diem2 mematikan juga loh strategy ya u liat sibijik sampe ga brkutik sm chaplin
-1
profile picture
kaskus maniac
17-01-2021 18:14
@pacuan.kuda ngawasin doang ga ada power dong brarti?
0
profile picture
kaskus maniac
18-01-2021 05:49
Mana yg bener sih gan... bukan nya ijin ky gitu dh d pegang pempus ?
Cmiiw
0
profile picture
kaskuser
18-01-2021 06:24
Jokowi Ditantang ke Kalsel Lihat Banjir Akibat Investasi Serampangan

Goblok bacot.
Dari awal perenxlcanaan pusat udah terlibat.
Pasti teken finalnya juga pempus yg ijinin.

Memang syarat cebhy harus goblok
0
profile picture
kaskus addict
18-01-2021 08:23
@fhu
tulah bre ...bujjer2 goblok bnyak yg sok2 ngomong otonomi2 taik kucing..

bujjer fenguasa goblok2 makan mie tiap hari

flangas flengos.. bilang pas pilpress


PALA LURUS BAWAH LURUS
emoticon-Frown
0
profile picture
kaskuser
18-01-2021 08:56
@fhu ente mirip kadrus yg suka ambil ayat sepotong2. Izin usaha sepenuhnya berasal dari daerah. Amdal pun daerah juga yg terbitin. Ini mirip kasus di riau. Pajak sawitnya mau menikmati giliran kebakaran, pusat disalahin disuruh turun tangan. Padahal duit pusat adalah duit seluruh provinsi lain
2
profile picture
kaskuser
18-01-2021 09:54
lu tu gak paham2 susah klo jadi orang dah kena pelet gorong2...

Jokowi Ditantang ke Kalsel Lihat Banjir Akibat Investasi Serampangan

Jokowi Ditantang ke Kalsel Lihat Banjir Akibat Investasi Serampangan

Jokowi Ditantang ke Kalsel Lihat Banjir Akibat Investasi Serampangan

klo izin yang memberikan walikota / gubernurnya...
Tapi yang menetapkan lahannya adalah menterinya.
Menteri itu pusat ato daerah?

berarti pusat selama ini tutup mata ya. yang penting buka buka tetapin lahannya buat apa gitu aja..
trus ngapain peran pusat gak kontrol perusakan alam di Kalimantan dll??

hahahaha..
diatas langit kan ada langit.. diatasnya lagi ada apa? cukong?
emoticon-Wow emoticon-Wagelaseh
0
profile picture
kaskus addict
18-01-2021 10:00
@fhu agan tidak paham dengan apa yang agan garis bawah merah
1
profile picture
kaskuser
18-01-2021 10:01
@riko911

Jokowi Ditantang ke Kalsel Lihat Banjir Akibat Investasi Serampangan
mengatas namakan investasi dan memajukan Indonesia??

Terus ini kelakuan orde apa anjayy
jangan tutup mata lu... pake tu mata..
gw bacod pake data..
0
profile picture
kaskus maniac
18-01-2021 10:15
@pacuan.kuda Apa guna pemilu mahal2 pilih presiden kalok presiden cumak jadi boneka pajangan lemari? emoticon-Embarrassment
0
profile picture
newbie
18-01-2021 11:20
@fhu @pacuan.kuda emang lu paham bre?
0
Memuat data ...
1 - 20 dari 27 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia