News
Batal
KATEGORI
link has been copied
349
Lapor Hansip
17-01-2021 07:28

Jokowi Ditantang ke Kalsel Lihat Banjir Akibat Investasi Serampangan

Jokowi Ditantang ke Kalsel Lihat Banjir Akibat Investasi Serampangan

Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) meminta Presiden Joko Widodo atau Jokowi untuk datang langsung ke Kalimantan Selatan menyaksikan bencana yang disebabkan oleh izin pertambangan dan perkebunan sawit yang serampangan.

Direktur Eksekutif Walhi Kalsel, Kisworo Dwi Cahyono, menegaskan banjir besar di Kalimantan Selatan yang terjadi dalam beberapa hari terakhir bukan sekadar cuaca ekstrem, melainkan akibat rusaknya ekologi di tanah Borneo.

"Saya mendesak Presiden Jokowi bahwa Kalimantan Selatan ini masih Indonesia, jadi tolong, jangan hanya dikuras sumber daya alamnya saja, tapi juga diperhatikan, sekarang Kalsel dalam kondisi darurat bencana ekologis, konflik agraria juga luar biasa, Pak Jokowi segera turun ke Kalsel, buktikan bahwa Kalsel masih Indonesia," kata Kis saat dihubungi Suara.com, Jumat (15/1/2021).

"Kita masih cinta NKRI Negara Kesatuan Republik Indonesia, bukan Negara Kesatuan Republik Investor!," tegasnya.

Berdasarkan catatan WALHI, di tahun 2020 saja sudah terdapat 814 lubang tambang milik 157 perusahaan batu bara yang masih aktif bahkan ditinggal tanpa reklamasi, belum lagi perkebunan kelapa sawit yang mengurangi daya serap tanah.

"Ini menunjukkan daya tampung daya dukung lingkungan di kalsel dalam kondisi darurat ruang dan darurat bencana ekologis, sudah sering kita ingatkan, dari total luas wilayah 3,7 juta hektar hampir 50 persen sudah dibebani izin pertambangan dan perkebunan kelapa sawit," ucapnya.

Sebelumnya BPBD Kalsel merilis data harian hingga per tanggal 14 Januari 2021. Tercatat ada 67.842 jiwa yang terdampak dari total 57 peristiwa banjir sejak awal tahun. Khusus untuk bangunan rumah warga yang terdampak sebanyak 19.452 unit.

Akumulatif jumlah warga terdampak banjir ini masih didominasi dari Kabupaten Tanah Laut, dengan jumlah sebanyak 34.431 jiwa. Lalu, disusul Kabupaten Banjar yang tercatat sebanyak 25.601 jiwa. Sedangkan, sisanya berasal Kota Banjarbaru, Kabupaten Tabalong, Kabupaten Tapin, dan sekitarnya.

Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor juga sudah mengumumkan wilayahnya kini berstatus tanggap darurat bencana banjir melalui Surat Pernyataan Nomor: 360/038/Bpbd/2021 tertanggal 14 Januari 2021.

https://www.suara.com/news/2021/01/1...si-serampangan

Pray for Kalsel
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 41 lainnya memberi reputasi
40
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Jokowi Ditantang ke Kalsel Lihat Banjir Akibat Investasi Serampangan
17-01-2021 07:39
SJW goblok, kok baru skrg koar2....tambang di kalsel dibuka sejak kapan? berani gak koar2 tutup tambangnya H. Isam

Kok selalu lempar ke Pusat....sejak tahun 2016, IUP dikeluarkan oleh Provinsi. Sebelumnya oleh kabupaten/kotamadya.

profile-picture
profile-picture
profile-picture
leonard21 dan 39 lainnya memberi reputasi
37 3
34
profile picture
kaskus maniac
17-01-2021 08:09
Bener bre... gampar aja yang treak2 salah pak joko emoticon-Mad walau kalsel baru kali ini banjir besar emoticon-Mad heh kelen yang masih nyalain pak joko emoticon-Mad baca baik baik komen agan ini emoticon-Mad jangan asal lempar ke pusat emoticon-Mad
6
profile picture
kaskus addict
17-01-2021 08:44
haji isam aja tambngnya udh segede gaban,,apalagi adaro..waduh lbih gila lgi.
14
profile picture
kaskus addict
17-01-2021 09:05
Adaro bukan main, dimana2 lewat selalu plangnya dia.
3
profile picture
kaskus addict
17-01-2021 09:40
halah..dlu pas pilplres bilangnya klo kepalanya benar semua benar... taik apa bedanya pusat ama kgk??? bacot doang
2
profile picture
kaskus maniac
17-01-2021 13:09
Bro ijin invetasi d buka lebar2 oleh pemerintah pusat ya tanya mentri investasi ,sawit itu pegusaha besar n pertambangan juga sama
1
profile picture
kaskus addict
17-01-2021 15:38
mau nindak haji isam???? ngimpiiiii
kayak gak sadar aja sponsornya sabirin itu siapa emoticon-Leh Uga
3
profile picture
kaskus geek
17-01-2021 16:03
@NfLNfLNfL


teori kepala bener bawah bener ga akan berlaku di negara kesatuan ala serikat

apalagi ada yang namanya otda dan otsus
8
profile picture
kaskus addict
17-01-2021 19:05
Slowww biarin aja, kan di mata mereka semua salah jokowi emoticon-Ngakak
2
profile picture
kaskus maniac
17-01-2021 20:17
@victimaye sori ketum....emoticon-Leh Uga

Ini mank kondisi real disana.
Raja2 nya lokalan semua.
Dulu jaya2nya batubara sohib2 sahabat ane yg maen batubara anggap uang 1 sejuta itu uang sepuluh ribuan.emoticon-Cool
6
profile picture
kaskus addict
18-01-2021 01:40
@gabener.edan @victimaye salah bro,,yg bener serasa duit seribuan
4
profile picture
kaskuser
18-01-2021 05:44
Pada ga terima si Joko yg harus bertanggung jawab, dia jadi presiden cuma buat ongkang-ongkang kaki doang ya? emoticon-Ngakak
Padahal yang terjadi di sebuah negeri adalah tanggung jawab pemimpinnya, baiknya pemimpin baik juga negerinya, buruknya pemimpin buruk juga negerinya, makanya jadi pemimpin itu ga boleh sembarangan, harus memikul tanggung jawab negeri yang dipimpinnya, bukan untuk gaya2an bisa menjabat, pas diminta pertanggung jawaban ga mau.
emoticon-Ngakak
3
profile picture
kaskus maniac
18-01-2021 05:47
Maaf slur, bukannya ijin skrg dr pempus ?
Di daerah ane aja barabai kmrn2 sempat tegang sm org2 H.Isam
Mereka kok dpt ijin usaha buka tambang di daerah yg msk pegunungan meratus... sementara pemda aja nolak

Ingat dpt ijin dr pempus...
Mana berani H.Isam masuk ke barabai buka tambang...

Klo soal H.isam mah selain bekingan nya mantap, organisasi nya udh trlalu gede
Cmn klo mau main premanisme mah insyaAllah ga bs apa2 klo di luar kandang dia
2
profile picture
kaskus geek
18-01-2021 05:54
Otonomi daerah+raja kecil ... Rakyat lokal diem2 bae


Giliran kena susah teriak2 mewek2 ke pusat nyalahin pusat
3
profile picture
kaskus maniac
18-01-2021 05:57
@kakidal27 bukan diem2 slur, cmn takut klo sm penguasa yg notabene byk bekingan n preman...
Beda klo sm daerah yg udh dr awal kompak, org2 oknum besar kek gitu mana berani masuk

Bt lebih jelasnya, mgkn agan bs tanya2 sm masyarakat nya lh, terutama yg tinggal di daerah Tanah bumbu dst...
Klo menurt ane sih permainan nya udh kek kartel narkoba di pilem2 gitu
Apalagi soal tanah
5
profile picture
newbie
18-01-2021 06:30
@Go.Mi.Nam klo goblok gak usah terlalu ditunjukin bro, malu dikit napa
0
profile picture
kaskuser
18-01-2021 06:50
@zumanil Eh, ada buzzeRp goblok, ga ada argumen, tapi harus counter emoticon-Ngakak
4
profile picture
kaskus addict
18-01-2021 08:29
@zumanil @Go.Mi.Nam
IDDIIIHHHHHH
INI NIH BUJJER FENGUASA PLANGAS PLENGOSS MUNCULLL
0
profile picture
18-01-2021 09:16
pusat lagi... presiden lagi,, pemerintah daerah kemena? kirain udah otonomi
2
profile picture
kaskus addict
18-01-2021 09:23
Anjay hj isam, aparat aja cium tangan sama dia.
2
profile picture
newbie
18-01-2021 11:56
H isam yg klo ada hajatan ngundang artis ibu kota bukan gan?
1
Memuat data ...
1 - 20 dari 33 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia