News
Batal
KATEGORI
link has been copied
239
Lapor Hansip
13-01-2021 12:37

Ucapan Duka Sriwijaya Air SJ 182 Dikecam Gegara Tagline 'Enaknya Kebangetan'

Quote:
Ucapan Duka Sriwijaya Air SJ 182 Dikecam Gegara Tagline 'Enaknya Kebangetan'


Ucapan duka untuk korban pesawat Sriwijaya Air SJ-182 dari produk cookies cokelat ini dikritik tajam. Karena mereka menyertakan tagline produk yang tidak relevan dengan kondisi.

Jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ-182 tujuan Jakarta - Pontianak menjadi duka yang mendalam bagi semua orang. Berbagai ucapan belasungkawa pun datang dari berbagai pihak dan menjadi trending di media sosial.

Tak ketinggalan juga ucapan belasungkawa dari sebuah produk cookies cokelat. Produk cookies cokelat tersebut dikenal bernama Choco Mania yang memiliki tagline 'Enaknya Kebangetan'.

Karena tagline itulah, produk Choco Mania dikritik tajam dari netizen. Pasalnya mereka menyertakan tagline 'Enaknya Kebangetan' dalam ucapan belasungkawa untuk para korban jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ-182.

Melalui Instagramnya @enaknyakebangetan, mereka mengunggah sebuah foto ucapan belasungkawa. Foto tersebut terdapat foto pesawat dengan tulisan, "Turut Berduka Cita atas Jatuhnya Pesawat SJ-182 Jakarta - Pontianak".

Karena ingin melekatkan produknya, foto ucapan bela sungkawa itu juga disertai dengan logo produk dan tagline 'Enaknyakebangetan'. Sementara warnanya dibuat oranye cerah sesuai dengan warna produk.

Foto tersebut langsung viral dan menuai kritik tajam dari netizen. Banyak netizen yang mengatakan bahwa tagline produk tersebut tidak relevan jika digabungkan untuk ucapan belasungkawa. Pasalnya tagline tersebut bernada gembira, sehingga bertentangan dengan ucapan belasungkawa.

"Menurut saya ada tiga poin yang kurang etis untuk foto si, yang sebenarnya ditujukan untuk ucapan belasungkawa malah jatuhnya kek lagi ngiklan. Pemilihan font, pemilihan warna dan taglinenya," tulis netize.

"Kalau di mata kuliah typografi, pemilihan citra fontnya bertolak belakang dengan isi kalimatnya. Citra Font diatas lebih cocok untuk kalimat yang ceria atau dinamis seperti nama TK, text lagu anak-anak dan sebagainya," tulis netizen lainnya.

Sementara itu, seorang Agensi Iklan lokal, Pribadi Prananta juga menyampaikan pendapatnya terkait hal tersebut. Ia mengatakan bahwa seharusnya ucapan belasungkawa harus menunjukkan keprihatinan.

"Mbok ya kalau ucapan duka cita gak usah pakai logo dan tagline. Nggak menantang brand bikin konten belasungkawa untuk menunjukkan keprihatinan, tapi kalau produk atau servisnya gak relevan, buat apa memaksakan?," ujar Pribadi Prananta.

Lebih lanjut, ia juga mengatakan bahwa materi belasungkawa merupakan ranah corporate communication yang berkaitan dengan corporate image. Dan bukan wilayah brand marketing, terutama untuk produk yang relevansinya jauh.

Namun, ucapan tersebut telah dihapus oleh Choco Mania. Dan baru-baru ini, mereka kembali mengunggah ucapan belasungkawa yang sudah diperbaiki. Berwarna abu tanpa logo dan tagline produk.

https://food.detik.com/info-kuliner/...nya-kebangetan


Ucapan Duka Sriwijaya Air SJ 182 Dikecam Gegara Tagline 'Enaknya Kebangetan' Ucapan Duka Sriwijaya Air SJ 182 Dikecam Gegara Tagline 'Enaknya Kebangetan' Ucapan Duka Sriwijaya Air SJ 182 Dikecam Gegara Tagline 'Enaknya Kebangetan'
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fazerdaze dan 38 lainnya memberi reputasi
37
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Ucapan Duka Sriwijaya Air SJ 182 Dikecam Gegara Tagline 'Enaknya Kebangetan'
15-01-2021 06:52
marketing campaign aja itu, kalo mau minta maaf ya harus di koran dunk, tertulis.
0 0
0
profile picture
kaskus geek
15-01-2021 09:09
tetep yah harus minta maaf sesuai SOP
0
profile picture
kaskus addict
15-01-2021 09:52
Ya dunk harus minta maaf, masa perusahaan sekelas Konimex, cuma hapus posting. Kaya selebgram aja.
0
Memuat data ...
1 - 2 dari 2 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia