News
Batal
KATEGORI
link has been copied
108
Lapor Hansip
14-01-2021 10:39

Ada yang Mencurigai Presiden Jokowi Bukan Disuntik Vaksin Sinovac

Ada yang Mencurigai Presiden Jokowi Bukan Disuntik Vaksin Sinovac

Presiden Joko Widodo atau yang kerap disapa Jokowi sudah menerima vaksin Covid-19 buatan Sinovac. Rupanya, ia menjadi presiden pertama di dunia yang disuntik dengan vaksin buatan China itu.

Langkah Jokowi ini menjadi sorotan dunia. Sejumlah media asing bahkan mengunggah laporannya menjadi headline seperti yang dilakukan Channel News Asia.

Dalam beritanya yang diunggah Rabu (13/01), media asal Singapura ini menulis Presiden Jokowi meresmikan vaksinasi massal di Indonesia dengan suntikan Sinovac.

“President Jokowi gets Sinovac jab to officially launch Indonesia’s COVID-19 vaccination programme.”

Dalam laporan itu, CNA menulis bahwa Indonesia adalah negara pertama di dunia selain China yang menyetujui penggunaan vaksin ini secara nasional.

“CoronaVac dari Sinovac bekerja dengan menggunakan partikel virus yang dimatikan untuk mengekspos sistem kekebalan tubuh terhadap virus. Ini membutuhkan dua dosis agar efektif. Dengan Jokowi menerima suntikan, program vaksinasi di Indonesia secara resmi dimulai,” tulisnya.

Pemberitaan serupa juga dirilis oleh media-media terkemuka seperti Reuters, South China Morning Post dan tentu saja media asal negara vaksin itu sendiri, Global Times.

“Presiden Indonesia Joko Widodo menerima dosis pertama vaksin virus corona Sinovac Biotech bernama CoronaVac pada Rabu, menjadi orang pertama di negara yang divaksinasi. Indonesia memulai kampanye imunisasi nasional pada hari Rabu.”

Seperti yang diketahui, deretan negara lainnya juga melakukan vaksin Covid-19. Sebut saja Joe Biden yang akan jadi Presiden AS dan Raja Salman dari Arab yang kompak memakai vaksin Pfizer.

Dicurigai

Namun ada saja warga yang kurang percaya bahwa vaksin yang disuntikkan ke Presiden Jokowi adalah Sinovac.

Warganet lantas mengunggah foto jarum suntik saat Jokowi menerima vaksin dan dibandingkan dengan jarum suntik vaksin Sinovac dan Pfizer.




Sementara itu, Anggota Komisi IX Dewan Perwakilan Rakyat dari PDIP Ribka Tjiptaning berpendapat bisa saja cairan yang disuntikkan kepada Presiden Joko Widodo dan sejumlah tokoh lainnya pada Rabu (13/1/2021) bukan vaksin buatan Sinovac.

Dugaan itu dilontarkan Ribka dalam Rapat Kerja dan Rapat Dengar Pendapat Lanjutan Komisi IX DPR RI bersama dengan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Penny Lukito dan Direktur Utama PT. Biofarma Honesti Basyir pada Rabu (13/1/2021).

“Bisa saja itu bukan Sinovac yang dikasih kan kita enggak tahu semuanya, jangan ada dusta di antara kita,” kata Ribka.

Di sisi lain, Ribka melanjutkan, Jokowi tidak bakal mengalami kesulitan jika ditemukan masalah ke depan imbas dari suntikan tersebut. Pasalnya, Jokowi bersama tokoh lainnya dilengkapi dengan fasilitas kesehatan masyarakat yang prima.

“Kalau Pak Jokowi jadi contoh demonstratif begitu disuntik orang pertama, kita semua tahu kalau itu Sinovac, kalau ada apa apa? Ya memang dokternya saja yang ngikuti ada berapa, rumah sakit siap tetapi yang [ada di daerah] di ujung-ujung sana, susah,” tutur Ribka.Sikap itu disampaikan Ribka berlatar pada pengalamannya saat menjabat Ketua Komisi IX. Saat itu, dia mengingat, terdapat sejumlah vaksin yang ditemukan bermasalah dan berdampak buruk pada kesehatan masyarakat.

“Yang tadinya vaksin untuk polio malah [jadi] lumpuh layu, yang kaki gajah jadi mati 12 [orang] di Sindangaaya sana di Jawa Barat,” kata dia.

ngibul

dokter yg suntik orang jujur berarti, gemetar dia disuruh berbohong membayangkan disaksikan rakyat seluruh indonesia maupun dunia, kalo jokowi mah udah terbiasa sehari2 ngibulin rakyat jadi cengar cengr aja dia emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
trimusketeers dan 44 lainnya memberi reputasi
-7
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Ada yang Mencurigai Presiden Jokowi Bukan Disuntik Vaksin Sinovac
14-01-2021 10:48
Tolong lah yang nyinyirin itu sesekali kunjungan di industri farmasi. Yang industri steril ya.

Biar tahu bentuk sediaan injeksi itu beragam.
Ada ampul, vial, prefilled syringe injeksi, single dose, multi dose.

Biar nyinyirnya ga kelihatan kayak orang ga berpendidikan banget gitu. emoticon-Smilie
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kardus2019 dan 30 lainnya memberi reputasi
31 0
31
profile picture
kaskus freak
14-01-2021 11:05
emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Hi

Kalo kudu sama dengan yang ada di foto2 sinovac
berarti syringe nya kita import juga dari sono
kek kita gak punya produksi lokal aja

emoticon-Ngakak
4
profile picture
kaskus maniac
14-01-2021 12:12
Lho yang nyinyir kan emang kebanyakan orang orang goblog atau ngk pura pura goblog cuma menang muka tembok aja plus bacodnya gede
2
profile picture
kaskus maniac
14-01-2021 12:14
Quote:Biar nyinyirnya ga kelihatan kayak orang ga berpendidikan banget gitu.


Ini yang susah...
emoticon-Leh Uga
3
profile picture
kaskus addict
14-01-2021 12:17
kalo berpendidikan mah ga mungkin nyinyir
3
profile picture
kaskus geek
14-01-2021 15:52
TSnya dongo sejak di dalam rahim.
Rahim cacat.
2
profile picture
aktivis kaskus
15-01-2021 04:04
@i.am.legend. santai bos emoticon-Wakaka
0
profile picture
kaskus maniac
15-01-2021 23:32
Makanya ane ga kaget si mardig* sukses gede menghipnotis org2 awam.. dlm hitungan beberapa hari lsg di sembah2 bak ilmuwan/professor sekalipunemoticon-Ngakak
0
Memuat data ...
1 - 7 dari 7 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia