Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
157
Lapor Hansip
12-01-2021 09:09

Dianggap 'TUA', Usia Pesawat Yang Jatuh 26 Tahun, Batasnya Berapa?

Dianggap 'TUA', Usia Pesawat Yang Jatuh 26 Tahun, Batasnya Berapa?


Dianggap 'TUA', Usia Pesawat Yang Jatuh 26 Tahun, Batasnya Berapa?
ilustrasi pesawat tua

Baru saja Indonesia memasuki awal tahun 2021 dengan harapan yang indah setelah pada tahun sebelumnya dihantam pandemi covid-19 yang membuat semua orang terkena dampaknya, tapi tiba-tiba saja pada hari sabtu lalu kita semua dikejutkan dengan munculnya berita tentang sebuah pesawat komersil dari maskapai sriwijaya air hilang kontak dan akhirnya dinyatakan jatuh di laut.




BACA JUGA :
Quote:Terkuak Misteri Bangunan Kuno Diatas Puncak Bogor Yang Bikin Penasaran (with Photo)




Tentu kita semua sangat berduka dengan kejadian tersebut, ini adalah sebuah tragedi yang sangat memilukan, terlebih jika kita melihat bagaimana proses pencarian serta evakuasi yang dilakukan oleh para pihak terkait sampai saat ini.

Dianggap 'TUA', Usia Pesawat Yang Jatuh 26 Tahun, Batasnya Berapa?

Berbagai spekulasi pun mulai ramai diperbincangkan terkait kecelakaan tersebut, salah satunya adalah tentang 'UMUR PESAWAT' yang sudah berusia 26 tahun dan dianggap cukup tua untuk digunakan hingga saat ini.

Mungkin pertanyaan besarnya adalah berapakah maksimal usia pesawat yang bisa digunakan?
dan apakah usia pesawat menjadi faktor krusial terhadap kecelakaan yang terjadi?

Dianggap 'TUA', Usia Pesawat Yang Jatuh 26 Tahun, Batasnya Berapa?
ilustrasi pesawat tua

Dari kutipan detik, menurut Ketua Umum Indonesia National Air Carriers Association, Denon Prawiraatmadja menjelaskan jika pada umumnya tidak ada batasan usia pesawat yang beroperasi di Indonesia dan negara lain, kalaupun ada yang menentukan adalah manufaktur.

Jadi menurutnya tidak ada kaitan antara usia pesawat dengan kelayakan pesawat, kelayakan pesawat sendiri dicek rutin oleh maskapai dan kemudian diperiksa oleh regulator dalam hal ini Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Hal tersebut juga diungkapkan Pengamat Penerbangan Samudra Sukardi. Dia menuturkan, maksimum pesawat yang masuk atau dibeli di Indonesia maksimal 20 tahun. Namun, untuk operasional selanjutnya tidak ada batasan usia.

Dianggap 'TUA', Usia Pesawat Yang Jatuh 26 Tahun, Batasnya Berapa?
perawatan mesin pesawat

"Kalau sudah di Indonesia kalau nggak salah sampai kapan aja boleh, nggak terbatas, mau 21-22 (tahun) asal maintenance bagus sehingga ada maintenance, kalau dia dirawat di GMF, GMF bisa bilang itu masih layak terbang," terangnya.

Dianggap 'TUA', Usia Pesawat Yang Jatuh 26 Tahun, Batasnya Berapa?

"Kalau Singapore Airlines dia maksimum 5 tahun, 5 tahun dia jual dia beli yang baru," tambahnya.

Nah gimana menurut gansis? apakah usia pesawat bisa menjadi masalah pada penerbangan?
kalau menurut ane ya namanya mesin tentunya semakin berumur akan semakin rentan, kuncinya adalah di perawatan rutin dan pengecekan yang ketat, ibaratnya kalau motor tua mengalami kerusakan mesin dijalan ya kita tinggal dorong, tapi kalau pesawat mengalami masalah mesin saat di udara tentu beda lagi urusannya.


Dianggap 'TUA', Usia Pesawat Yang Jatuh 26 Tahun, Batasnya Berapa?



Penulis : xhamstermaniac
Sumber : Link 1 emoticon-Paw
Foto : Google


-kaskus-

emoticon-Rate 5 Star emoticon-tempted emoticon-tempted emoticon-Rate 5 Star
Diubah oleh xhamstermaniac
profile-picture
profile-picture
profile-picture
indramamoth dan 26 lainnya memberi reputasi
27
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Dianggap 'TUA', Usia Pesawat Yang Jatuh 26 Tahun, Batasnya Berapa?
12-01-2021 11:14
singapura airlines keren juga ya, tiap 5 tahun ganti pesawat baru emoticon-Matabelo
btw di kita aja masih ada maskapai yg pake pesawat jenis baling2 kaya tipe ATR 72-600 yg pertama kali terbang itu tahun 1988
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pein666 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
profile picture
aktivis kaskus
12-01-2021 11:45
nah ini sih setuju, ada peremajaan, jd ada masa pakainya. apalagi ini berkaitan dengan nyawa.
meskipun rutin di "rawat" oleh teknisi, yah namanya manusia, suka ada "human error", baiknya memang ada masa pakainya ya gan...
1
profile picture
kaskus maniac
12-01-2021 11:53
di luar negeri juga masi banyak yg pake ATR 72-600
jangan liat first flight nya, tapi liat production date nya
1
profile picture
aktivis kaskus
12-01-2021 12:10
0
profile picture
kaskus addict
12-01-2021 12:16
setuju ane, cuma masalahnya disini kan soal 'UANG', inilah kenapa ada maskapai yang beli pesawat tipe jadul atau memilih mempertahankan pesawatnya hingga menyentuh 30 tahun.

Prinsip mereka kuncinya ada di maintenance, tapi pertanyaannya seketat dan semaksimal apa maintenance yang mereka lakukan terhadap pesawat2 jadul mereka? kalo kita bicara fakta, pesawat sriwijaya yang jatoh kemarinpun ternyata sebelumnya di hari yang sama sudah melakukan rute perjalanan yang cukup melelahkan, jakarta-pangkal pinang, pangkal pinang-jakarta, dan kemudian berangkat lagi ke pontianak sebelum dinyatakan jatoh
2
profile picture
kaskus maniac
12-01-2021 12:37
Tapi jadi pertanyaan, abis itu pesawat yang lama hilang kemana ? emoticon-Ngakak
0
profile picture
kaskus geek
13-01-2021 07:42
Mungkin secara polos pasti kita anggep kalau pesawat diremajakan tiap 5 tahun itu lah yang seharusnya.

Memang bagusnya sih gitu

Tapi, masalah nya mau gak penumpang bayar mahal soal tiketnya hehe
1
profile picture
aktivis kaskus
13-01-2021 08:45
@diandraps iya bener juga, jadi ada supply demand.
memang bisnis pesawat terbang itu mahal, baik dari sisi maintenance, teknologi, dll.
bahkan menurut berita, sekelas PT. Garuda Indonesia aja rugi:

"TEMPO.CO, Jakarta - Maskapai penerbangan PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. mencatat kerugian hingga US$ 1,07 miliar atau sekitar Rp 15,2 triliun (kurs Rp 14.227 per dolar AS) per September 2020. Hal tersebut disampaikan dalam laporan keuangan perseroan kuartal ketiga tahun 2020 yang dipublikasikan di Bursa Efek Indonesia. "

jadi peran pemerintah juga pelaku bisnis, harus bisa "mengemas" agar konsumen dapat harga tiket yang wajar, namun tetap memperhatikan keamanan dan kenyamanan.

1
profile picture
13-01-2021 10:00
Setujuh gan, bisa aja 5 tahun ganti pesawat
Tapi kira2 masyarakat pada kelojotan ga soalnya harga tiket yang selangit
1
profile picture
kaskus maniac
13-01-2021 10:59
@periscope scoot dan airasia unit armadanya g pernah berhenti
0
profile picture
kaskus holic
13-01-2021 12:11
@bingsunyata dijual lagi gan ke negara sebelah
0
profile picture
kaskus maniac
13-01-2021 12:18
@diandraps @ujang.eri Ada "jalan tengah"-nya sebetulnya ...
Bahwa tiap 5 tahun sekali, diadakan overhaul. Cuma ini sebetulnya mungkin ranahnya ada pada pabrikan pesawat terbang itu sendiri, bukan konsumennya.

Keuntungan lain dari overhaul itu, pabrikannya bisa mengecek dan kemudian mengetahui ketahanan dari rancangan pesawatnya, dan bisa memperbaiki/meningkatkan kualitasnya lagi.

Hal serupa, sebetulnya ingin saya sarankan juga untuk tipe mobil listrik.

Disisi lain, dimungkinkan adanya penghematan pemakaian material, karena hanya suku cadang yang memang sudah waktunya/rusak yang akan diganti. ===> Ini terkait pada upaya managemen sumber daya alam di bumi.
1
profile picture
aktivis kaskus
13-01-2021 16:05
@diandraps @bingsunyata nah iya gan setuju, secara berkala ya (5thn-an), mantap gan..
1
profile picture
kaskus holic
13-01-2021 20:46
@bingsunyata @diandraps @ujang.eri regulasinya di tentukan di negara masing masing, ini klo gak salah dibahas diyoutubenya fitra eri collab cpt vincent
1
Memuat data ...
1 - 13 dari 13 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia