Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
176
Lapor Hansip
10-01-2021 22:22

Tips Untuk Mulai Belajar Menjadi Programer

WELCOME TO MY THREAD

emoticon-Jempol

Jangan Lupa untuk memberikan komen, rate, share dan Cendol


emoticon-Toast

SELAMAT MEMBACA !!

Tips Untuk Mulai Belajar Menjadi Programer

Pada thread ini saya akan sharing pengalaman saya dalam proses belajar menjadi Programer . Saya ini bukan orang pintar dalam bahasa pemrograman, tapi saya suka banget dalam hal konding. Saya mulai suka koding itu sejak saat kuliah semester 5an lah, akan tetapi pada saat itu aku gak ada waktu untuk mengasah kemampuan (alasan) karena saya pada siang hari kerja dan malamnya kuliah.

Aku kuliah di Fakultas Keguruan jurusan pendidikan teknologi informasi, alhamdulilah saya sudah lulus pada oktober  2020 kemarin. Eh, Pas udah lulus kuliah malah di-PHK sama pabrik. Pada waktu di PHK sih sedih, kaget, dan campur aduk lah perasaan ini. Setelah kena PHK, Aku sempat berfikir mau cari pekerjaan lagi pumpung udah lulus S1, akan tetapi realitanya susah anjir. eh malah curhat wkwkwk.

Kembali ke topik pembahasan, pengertian programer merupakan orang yang dapat memecahkan masalah atau problem dengan menggunakan bahasa pemograman. Jika kalian ingin jadi programer kalian harus tau dulu bahwa dunia IT itu sangatlah luas dan perkembangannya cepat sekali. sedangkan programer itu salah satu profesi di bidang IT dan di dalam programer itu sendiri masih ada banyak sekali cabang-cabang profesi lagi.

Lah, terus kita harus mulai dari mana dulu dong ? Tenang, pada thread ini saya akan membagikan tips saya dalam belajar.

1. Bahasa Inggris

Mengapa perlu bahasa inggris ?

Bahasa Inggris sangatlah diperlukan karena dalam bahasa pemograman menggunakan bahasa inggris, misalnya dalam penerapan coding, saat terjadi error, dan saat sukses, itu semua menggunakan bahasa inggris dan setidaknya kalian bisa menggetahuinya. Selain itu mengingat bahwa perkembangan IT sangatlah cepat jadi sumber belajar paling update merupakan sumber belajar dari luar negeri, tapi tidak menutup kemungkinan bahwa para programer dan konten kreator di indonesia mencoba untuk menerjemahkan demi mencerdaskan anak bangsa.

2. Pemograman Dasar

Jika kalian ingin mulai belajar menjadi programer kalian mulailah dari pemograman dasar dulu, karena di pemograman dasar ini pembahasannya mencakup pondasi bahasa pemograman yang lainnya, pembahasan pemograman dasar ini meliputi :

Algoritmamerupakan urutan langkah logis yang digunakan untuk menyelesaikan suatu   masalah. 

Tipe data merupakan intruksi untuk menggunakan data.

Operator merupakan suatu simbol yang digunakan untuk melakukan suatu operasi tertentu (memanipulasi, mengolah) satu atau lebih variabel.

Percabangan merupakan suatu intruksi yang bisa dijalankan dengan kondisi tertentu.

Perulangan merupakan intruksi yang dapat mengulang-ulang dengan syarat tertentu.

Array merupakan obyek yang bisa digunakan untuk menyimpan kumpulan data lebih dari satu dengan tipe  sama.

Jika kalian sudah tau pemograman dasar kalian akan mudah untuk pindah-pindah bahasa pemograman lainnya, kalau ada kondisi tertentu seperti urusan pekerjaan atau permintaan atasan. Bahwa pemograman dasar ini merupakan proses membangun pondasi sebelum kalian memilih bahasa pemograman apa yang ingin kalian pelajari.

3. Ingin jadi programer apa ?

Setelah kalian selesai mempelajari pemograman dasar kalian harus memilih ingin menjadi programer seperti apa (apa yang kalian ingin buat). Jika dipecah profesi Programer itu sangatlah banyak, ada yang mejadi programer web, programer aplikasi dekstop, programer game, programer mobile, dan masih banyak lagi. Jadi kalian tentukan ingin menjadi Programer seperti apa, karena ini sangatlah penting agar kalian bisa fokus. Pengalaman saya sih, saya orangnya gk kosisten jadi kadang saya ingin belajar jadi programer game dan kadang ingin belajar jadi programer web, akibatnya gk ada yang menojol semua.

4. Pilih Bahasa Pemograman

Setelah kalian tau ingin menjadi programer  seperti apa, kalian harus menentukan bahasa pemograman yang kalian mau gunakan. mengapa demikian ?, selain profesi programer, bahasa pemograman itu sendiri sangat banyak dan memiliki berbagai tingkatan. contohnya: jika kalian ingin menjadi programer web kalian bisa mempelajari bahasa pemograman HTML setelah itu kalian bisa lanjut ke CSS dan seterusnya. Atau kalian ingin belajar jadi progamer aplikasi android kalian bisa belajar dulu Bahasa Pemograman JAVA dan seterusnya.

5. Cari Sumber Belajar

Setelah kalian memutuskan untuk menjadi programer dan memilih bahasa pemograman yang digunakan, kalian carilah sumber belajar. mencari sumber belajar untuk saat ini sangatlah mudah karena terdapat banyak sekali sumber belajar yang ada di internet, seperti : video youtube, bootcamp, artikel, kelas online dan masih banyak lagi. Selain mencari sumber belajar kalian carilah komunitas dan bergabunglah, kelebihan bergabung dengan komunitas kalian bisa mendapatkan teman yang sama-sama belajar dan kalian bisa bertanya jika ada kesulitan.

itulah tips belajar yang saya gunakan dalam belajar untuk menjadi progamer. ingat bahwa teknologi itu memiliki perkembangan sangat cepat oleh karena itu jangan berhenti belajar.

Sumber Gambar :


Sumber Tulisan :

PPT Dosen

Pendapat Pribadi

Selamat Belajar

TerimaKasih Sudah Mampir !!

emoticon-Hai

profile-picture
profile-picture
profile-picture
viqririatra dan 36 lainnya memberi reputasi
35
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Tips Untuk Mulai Belajar Menjadi Programer
10-01-2021 23:14
kalo org awam bener2 mau belajar gitu sebenernya bisa ga sih gaan? ane bukan org yg pinter hitung2an juga soalnya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
megyer dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Memuat data ...
profile picture
kaskus maniac
13-01-2021 20:07
@KyraAltair nah ini akhirnya pikiran ane terbantah kan, ane kira itung2an banget gitu gan. masalahnya logika ane juga rada tumpul nih, apa udah males duluan sebelum coba ya hahah. thanks banget atas penjelasan dan sarannya ya gaan
1
profile picture
kaskus maniac
13-01-2021 20:08
@budilaks1708 wow terima kasih gan. betul banget sih, kalo awalnya ada kasus, belajarnya mungkin lebih enak ya karena ada "tujuan"nya istilahnya. thanks banget gan, sangat membantu!
1
profile picture
kaskus maniac
13-01-2021 20:08
@affan0225 gan tapi maaf ane penasaran, bedanya sistem informasi dan teknik informatika tuh apa ya?
1
profile picture
kaskus maniac
13-01-2021 20:10
@autumnfairy nah sangat menarik nih insight dari agan. ane untungnya bahasa inggris paham sih gan istilahnya ga telmi2 amat, ternyata di forum kayak gitu bantu banget juga ya urusan bug dll? keren sekali. waiya ya, jam tidur harus rela terbang juga tuh kalo begitu. keren juga gan ente, tapi jangan sampe kurang tidur berkepanjangan ya gan. bahaya tuh buat badan ente
1
profile picture
kaskus maniac
13-01-2021 20:11
@adam.alamsyah95 @autumnfairy kayaknya emang permasalahan kurikulum pembelajaran di indonesia di ranah studi apapun tuh kurang di "logika berpikir" ya. materi bakal terus berubah krn ilmu kan sifatnya dinamis, tapi logika bisa diasah dan harus tau dasarnya
1
profile picture
kaskus maniac
13-01-2021 20:12
@satmofri baca gan komentar komentar di reply ini, bener bener tercerahkan deh. banyak banget agan agan nan baik disini
1
profile picture
kaskus maniac
13-01-2021 20:16
@kadalbotak sangat sangat terima kasih gan ane dikasih tau dong harus belajar darimananya, terharu banget :') btw yang codingame itu, apakah isinya juga bagus gan? maksudnya gak cuma game2 tp isinya juga bagus gitu kan? bener sih gan, kalo ada tujuan tuh belajarnya enak karena mau gak mau harus ada hasilnya. oke gan ane bakalan coba coba deh belajar algoritma dan struktur datanya nanti pas weekend nunggu waktu luang, matur nuwun sekali ya agan atas info dan sarannyaa
1
profile picture
kaskus maniac
13-01-2021 20:17
@kadalbotak @KyraAltair ranah IT ini sebenernya banyak banget ya gan, baca2 komentar disini kok kayaknya banyak banget ibaratnya "konsentrasi"nya. tapi ane sangat setuju dengan agan sih, belajar tanpa study path tuh kayak "haaah, mau kemane nih?"
1
profile picture
kaskus maniac
13-01-2021 20:18
@toni00296 siap gan, semoga ane abis ini nyemplung terus giat ya. ane gak tau sih siapa steno, tapi kayaknya steno ini udah berat banget levelnya, jauhlah gan ane nyentuh aja belum emoticon-Malu
1
profile picture
kaskus maniac
13-01-2021 20:18
@blues... sama banget gan kaya temen ane, temen ane lulusan arsitektur sekarang jadi front end developer. sangat sangat kagum ane hahaha
1
profile picture
kaskus maniac
13-01-2021 20:34
@ziont @toni00296 nah itu, aku latih anak buah yg sma tuk bikin database MsAccess tanpa mouse selama 2 mgu. Eh pas dibalikin mouse yg aku simpan, aku lihat mrk jarang sekali pegang mouse. Pakai keyboard layaknya seorang hacker di film film. Mungkin krn kerja 8 jam sehari jadi terbiasa tanpa mouse. Jadi spt wartawan nulis cepat steno.
Padahal MsAccess database, dengan query dan basic code.

Ada yg buatkan program toko, rumahsakit dll mereka itu. Disela sela kerja pabrik nya.
Dan jg akhirnya mrk mengenal backend Mssql krn MsAccess sbg front end.
1
profile picture
kaskus maniac
13-01-2021 20:45
@toni00296 @budilaks1708 wow keren banget, sekarang jadi staff IT juga atau gimana tuh gan?
1
profile picture
aktivis kaskus
13-01-2021 21:08
@budilaks1708 @ziont bener kan jadi kaya steno wkwkwkwkwk
1
profile picture
kaskuser
13-01-2021 21:51
@ziont kalo teknik informatika agak lebih fokus pemrograman bahasa komputer, kalo sistem informasi 30% pemrograman, 20%bisnis&ekonomi, 50%manajemen
1
profile picture
kaskus maniac
13-01-2021 22:43
@ziont @toni00296 iya wkt aku buat dept IT, rekrut 2 administrasi SMA. Mutasi 8 klerk kantor krn dah mulai pakai database. Minta ke direktur tuk tidak buat laporan produksi selama 2 bulan, hanya lisan hasil. Gudang toh pakai bin card.

Oh aku ketemu seorang system analis di bandara, kerja di bank. Ga ngerti kode, program, tapi dia periksa alur program, cek klu ada kelemahan. Spt auditor program dengan administrasi, korelasinya.
Jadi banyak sekali cabang cabang IT.
Programming bisa bantu banyak ke DNA, biologi, kimia, sipil, mekanik, CGI dll.
Teman dulu ada yg buat algoritma scanner 3D, banyak yg beli paten nya. Wkt itu kerumahnya minta tolong program ini lebih cepat pakai bahasa apa, kemudian di tes olehnya dan kasih yg mudah ke aku, Turbo Basic.
0
profile picture
kaskuser
14-01-2021 01:01
@ziont Kalo di Codingame, rata2 soal algoritma sih gan, misal ada salah satu puzzle, dimana si puzzle itu nyuruh kita buat bisa bantuin Thor buat sampe ke lokasi palu. Di layar kiri bakal ditunjukin gambar Thor dan di layar kanan itu kodingannya agan buat bisa ngegerakin si Thor. Ya semacam belajar mini project secara interaktif lah gan haha

Paling kalo mau ke Codingame, persiapan searching aja gan, karena nantinya yang bakal dipake dasar2 dari algoritma, kayak perulangan, kondisi dll. Sampe sekarang ane juga nyesel, dasar2 algoritma gak diperkuat emoticon-Embarrassment

Kalo mau, coba searching Diktat Algoritma Pemrograman dari Inggriani Liem, itu waktu pertama kali ane belajar algoritma disuruh baca itu gan, dosen ITB kalo gak salah. kali aja bisa bantu mencerahkan soal algoritma.
0
profile picture
kaskuser
14-01-2021 01:31
@KyraAltair @ziont Emang luas banget gan, bisa jadi web developer, mobile developer, desktop developer.

1. Web --> Front end, Back End, Full Stack (Gabungan Front end sama Back end)
2. Desktop --> bikin aplikasi buat desktop
3. mobile --> Android, iOS

Nge freelance juga gak terlalu susah kalo basic udah lumayan. bisa buka jasa bikin aplikasi, bikin tema wordpress, plugin wordpress.

Kalo misal agan tertarik ke web, terus pengen nge freelance tapi gak mau ningglain kerjaan sekarang, bisa cek web ini:
1. Codecanyon --> jualan plugin, source code
2. Themeforest --> jualan template website
3. Flippa --> agan bikin website, terus jual di situ

dan lebih enak sih kerja remote gan --yang ane selalu kepengen haha. Soalnya kerja di indo tapi gaji dollar emoticon-Malu

kalo tertarik soal kerja remote, bisa cek ke sini:
1. remoteok.com
2. weworkremotely.com

dari 2 web kerja remote itu juga bisa agan pake buat liat spek pekerja yang dibutuhin apa aja, teknologi yang dipake apa aja, barangkali emang pengen liat skill yang dibutuhin dan menarik buat agan.

intinya sih semangat gan, selama mau, pasti bisa, haha.
1
profile picture
aktivis kaskus
15-01-2021 00:43
@autumnfairy

ane tidak bisa menjawab gan , soalnya ane belum kuliah , tapi betul harusnya sih logika yang di asah

kuliah bikin tajem algoritma dari awal , ditambah prakter dijamin mancap
0
profile picture
aktivis kaskus
15-01-2021 00:45
@ziont

betul berlaku di ranah semua profesi , tapi profesi programmer ini lebih harus effort lagi dalam mendalami gan

dokumentasi , metode , teknis dll itu kan harus di baca terus , belom kalo update teknologi

semangat gan , agan pasti bisa kok
0
profile picture
kaskus maniac
15-01-2021 18:33
@affan0225 oh okee ane get. jadi kalo SI belajar manajemennya juga ya, menarik tuh
0
Memuat data ...
21 - 40 dari 48 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia