Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
176
Lapor Hansip
10-01-2021 22:22

Tips Untuk Mulai Belajar Menjadi Programer

WELCOME TO MY THREAD

emoticon-Jempol

Jangan Lupa untuk memberikan komen, rate, share dan Cendol


emoticon-Toast

SELAMAT MEMBACA !!

Tips Untuk Mulai Belajar Menjadi Programer

Pada thread ini saya akan sharing pengalaman saya dalam proses belajar menjadi Programer . Saya ini bukan orang pintar dalam bahasa pemrograman, tapi saya suka banget dalam hal konding. Saya mulai suka koding itu sejak saat kuliah semester 5an lah, akan tetapi pada saat itu aku gak ada waktu untuk mengasah kemampuan (alasan) karena saya pada siang hari kerja dan malamnya kuliah.

Aku kuliah di Fakultas Keguruan jurusan pendidikan teknologi informasi, alhamdulilah saya sudah lulus pada oktober  2020 kemarin. Eh, Pas udah lulus kuliah malah di-PHK sama pabrik. Pada waktu di PHK sih sedih, kaget, dan campur aduk lah perasaan ini. Setelah kena PHK, Aku sempat berfikir mau cari pekerjaan lagi pumpung udah lulus S1, akan tetapi realitanya susah anjir. eh malah curhat wkwkwk.

Kembali ke topik pembahasan, pengertian programer merupakan orang yang dapat memecahkan masalah atau problem dengan menggunakan bahasa pemograman. Jika kalian ingin jadi programer kalian harus tau dulu bahwa dunia IT itu sangatlah luas dan perkembangannya cepat sekali. sedangkan programer itu salah satu profesi di bidang IT dan di dalam programer itu sendiri masih ada banyak sekali cabang-cabang profesi lagi.

Lah, terus kita harus mulai dari mana dulu dong ? Tenang, pada thread ini saya akan membagikan tips saya dalam belajar.

1. Bahasa Inggris

Mengapa perlu bahasa inggris ?

Bahasa Inggris sangatlah diperlukan karena dalam bahasa pemograman menggunakan bahasa inggris, misalnya dalam penerapan coding, saat terjadi error, dan saat sukses, itu semua menggunakan bahasa inggris dan setidaknya kalian bisa menggetahuinya. Selain itu mengingat bahwa perkembangan IT sangatlah cepat jadi sumber belajar paling update merupakan sumber belajar dari luar negeri, tapi tidak menutup kemungkinan bahwa para programer dan konten kreator di indonesia mencoba untuk menerjemahkan demi mencerdaskan anak bangsa.

2. Pemograman Dasar

Jika kalian ingin mulai belajar menjadi programer kalian mulailah dari pemograman dasar dulu, karena di pemograman dasar ini pembahasannya mencakup pondasi bahasa pemograman yang lainnya, pembahasan pemograman dasar ini meliputi :

Algoritmamerupakan urutan langkah logis yang digunakan untuk menyelesaikan suatu   masalah. 

Tipe data merupakan intruksi untuk menggunakan data.

Operator merupakan suatu simbol yang digunakan untuk melakukan suatu operasi tertentu (memanipulasi, mengolah) satu atau lebih variabel.

Percabangan merupakan suatu intruksi yang bisa dijalankan dengan kondisi tertentu.

Perulangan merupakan intruksi yang dapat mengulang-ulang dengan syarat tertentu.

Array merupakan obyek yang bisa digunakan untuk menyimpan kumpulan data lebih dari satu dengan tipe  sama.

Jika kalian sudah tau pemograman dasar kalian akan mudah untuk pindah-pindah bahasa pemograman lainnya, kalau ada kondisi tertentu seperti urusan pekerjaan atau permintaan atasan. Bahwa pemograman dasar ini merupakan proses membangun pondasi sebelum kalian memilih bahasa pemograman apa yang ingin kalian pelajari.

3. Ingin jadi programer apa ?

Setelah kalian selesai mempelajari pemograman dasar kalian harus memilih ingin menjadi programer seperti apa (apa yang kalian ingin buat). Jika dipecah profesi Programer itu sangatlah banyak, ada yang mejadi programer web, programer aplikasi dekstop, programer game, programer mobile, dan masih banyak lagi. Jadi kalian tentukan ingin menjadi Programer seperti apa, karena ini sangatlah penting agar kalian bisa fokus. Pengalaman saya sih, saya orangnya gk kosisten jadi kadang saya ingin belajar jadi programer game dan kadang ingin belajar jadi programer web, akibatnya gk ada yang menojol semua.

4. Pilih Bahasa Pemograman

Setelah kalian tau ingin menjadi programer  seperti apa, kalian harus menentukan bahasa pemograman yang kalian mau gunakan. mengapa demikian ?, selain profesi programer, bahasa pemograman itu sendiri sangat banyak dan memiliki berbagai tingkatan. contohnya: jika kalian ingin menjadi programer web kalian bisa mempelajari bahasa pemograman HTML setelah itu kalian bisa lanjut ke CSS dan seterusnya. Atau kalian ingin belajar jadi progamer aplikasi android kalian bisa belajar dulu Bahasa Pemograman JAVA dan seterusnya.

5. Cari Sumber Belajar

Setelah kalian memutuskan untuk menjadi programer dan memilih bahasa pemograman yang digunakan, kalian carilah sumber belajar. mencari sumber belajar untuk saat ini sangatlah mudah karena terdapat banyak sekali sumber belajar yang ada di internet, seperti : video youtube, bootcamp, artikel, kelas online dan masih banyak lagi. Selain mencari sumber belajar kalian carilah komunitas dan bergabunglah, kelebihan bergabung dengan komunitas kalian bisa mendapatkan teman yang sama-sama belajar dan kalian bisa bertanya jika ada kesulitan.

itulah tips belajar yang saya gunakan dalam belajar untuk menjadi progamer. ingat bahwa teknologi itu memiliki perkembangan sangat cepat oleh karena itu jangan berhenti belajar.

Sumber Gambar :


Sumber Tulisan :

PPT Dosen

Pendapat Pribadi

Selamat Belajar

TerimaKasih Sudah Mampir !!

emoticon-Hai

profile-picture
profile-picture
profile-picture
fc88 dan 35 lainnya memberi reputasi
34
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Tips Untuk Mulai Belajar Menjadi Programer
10-01-2021 23:14
kalo org awam bener2 mau belajar gitu sebenernya bisa ga sih gaan? ane bukan org yg pinter hitung2an juga soalnya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
megyer dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
profile picture
kaskuser
10-01-2021 23:26
Wah bisa gan, gk harus dari background orang IT untuk belajar jadi programmer. banyak temen aku yang kuliah jurusan IT background nya SMA, asalkan ada kemauan dan tahan banting lah.
1
profile picture
aktivis kaskus
11-01-2021 01:45
Udah jadi programmer profesional semenjak 2013

Nyoba dr startup kecil , perusahaan multinasional bahkan sampe sempet kerja diluar
Jd 1 1nya orang yang bertitle smk , fight sama programmer beberapa negara diperusahaan yang lumayan berat untuk masuknya

Bener kata TS , semua point itu emang modal jd programmer
Tp menurut ane ada yang kurang

1. Mencoba banyak baca dan mengerti apa yang dibuat
Banyak programmer bilang "ini error nya kenapa yah" padahal udh dikasih tau ama programnya

2. Selalu belajar terus
3. Jangan kejar uang , cari pengalaman disetiap tempat kamu berada , serap semuanya , klo dah stuck lo harus cabut
Nanti uang bakal ngikutin kok

Dan perlu di catat , lo ga akan kaya dari gaji even gaji lo 20 juta sebulan

Faktor pendidikan itu penting
Tp lebih penting lagi kalo dimanfaatin dengan baik

Karena di programming , senior atau junior nya itu bukan dr lama kamu kerja atau title kamu apa
Tp bagaimana kamu memecahkan masalah
Teknis itu bisa dipelajari siapapun dan apapun title kamu
Tp jam terbang yang dibayar mahal

Jd jangan kecil hati karena ga ada background kuliah atau smk IT , asal effortnya gila , hasil bakal ngikutin
8
profile picture
kaskuser
11-01-2021 17:22
@adam.alamsyah95 thanks gan tambahannya, pokoknya belajar dan latihan terus
1
profile picture
kaskus maniac
12-01-2021 11:06
Semua pasti bisa gan, yang penting dicoba dulu ditekuni emoticon-Smilie
1
profile picture
kaskus maniac
12-01-2021 11:31
dimana ada niat, kemauan, usaha dan perjuangan

ya bisa,

cuma belajar otodidak itu minesnya limited by your own brain capacity, kalau ada masalah susah bertanya dan gak bisa instant, mesti nanya ke forum

kalau dulu bukan kuliah programmer ya paling larinya kursus programming yang silabusnya udah pasti dan planned, jadi gak random, tahu mulai belajar dari ngapain dulu, belajar apa dulu, dsb

algoritma pemrograman itu logic based thinking btw, bukan berarti disuruh ngitung, emang logaritma dan aljabar

misalnya jika si kampret berak -> A mati B bau, nanti bercabang2 lagi, dst

google aja algorithm in programming

cuma biasanya memang buat orang yang sudah punya bidang kerjaan lain, apalagi karyawan

memulai belajar otodidak based on googling gitu suka malaas bgt

beda sama yg pengangguran, terus ikut kursus, banyak waktu buat praktek dan belajar

cuma y tadi balik ke poin paling pertama, seberapa ingin anda jadi seorang programmer, tujuannya buat apa, rencana ke depannya apa, dsb
1
profile picture
kaskus maniac
12-01-2021 11:48
Banyak cara tuk belajar.
Dulu kakak bikin coding frotran tuk skripsi hitung beban bangunan sipil bertingkat. Aku bikin coding matrix tuk skripsi pengaturan beban listrik. Nah di kerja, aku buat database Microsoft Access tuk pabrik. 2 orang administrasi lulusan sma, mulai buat tabel, formulir, query dan print sederhana. Suatu waktu aku simpan mouse selama 2 mgu, agar mrk membuat database dengan keyboard saja. Kemudian database perlu coding tuk menunjang bbrp keperluan query, print dll. Nah mulailah sma ini belajar coding hingga bisa membuat Crystal Report dengan baik.
Jadi intinya ada kasus, dan tekuni.
Ada tantangan, dan tidak menyerah. Banyak youtube, forum, modul diluaran sana.
Dengan ketekunan, saya bisa menemukan coding terbilang bahasa inggris dalam Help file MsAccess yg kemudian saya ulik jadi terbilang Indonesia menggunakan metode recursive.

Ada diatas banyak kata aneh coding, itu dapat dgn belajar.

Semoga membantu
2
profile picture
kaskuser
12-01-2021 11:48
Semua sih dimulai dari niat trus ada timbul rasa suka akhirnya mulai perdalam <- dari situ doang modal.

Ane aja yg jurusan sistem informasi sama sekali gak terlalu mengerti programming karna ga terlalu suka dan rumit nah jadi jawabannya semua org bisa.
2
profile picture
kaskus addict
12-01-2021 11:49
Yg penting skill bahasa inggris sih gan, nomer dua setelah logika berpikir. Dan jangan salah, skill inggris itu kepakenya bukan buat baca2 buku, tapi buat sharing tanya jawab di forum2, karena biasanya bug2 yg bakal lo alamin itu bakal dipecahin rame2 di sana.

Yg paling penting ketiga itu mesti gigih. Ulet, tekun, jangan gampang down. Jangan tergiur sama kerjaan temen2 lo yg lain yg 8 to 17 dan malem bisa istirahat. Dulu gw kalo ga kelar kodingannya gw ga bakal ninggalin kantor sampe 2 hari, soalnya kalo ditinggal bakal lupa. Sekarang udah resign, dan wirausaha sendiri masih di bidang IT, dan masih sama urusan ga tidur nya.
1
profile picture
kaskus addict
12-01-2021 11:57
@adam.alamsyah95 kuliah IT apa sih yg dipelajarin? Gw dulu juga kuliah di IT, tapi yg kepake cuma sekitar 5% doang, dan itu juga cuma yg teknis2 kaya cara troubleshooting komputer, cara install path, dll. Soalnya topik yg lain udah basi begitu gw lulus emoticon-Frown dan kenyataannya pas gw kerja malah pake bahasa pemrograman yg beda.

Harusnya dulu dikampus fokus belajar logika berpikir, bukannya gimana cara ngoding. Temen2 gw hafal command2 buat ngolah database, tapi ga tau gimana caranya ngerancang database yg efektif dan ga bakal ngebebanin sistem…
3
profile picture
kaskus maniac
12-01-2021 12:34


Bner gan.sya jga gaptek ni.emoticon-Ngakak
1
profile picture
kaskuser
12-01-2021 12:45
@ziont barangkali sekedar tambahan, bisa mulai belajar algoritma dan struktur data. Banyak web soal algo dan strukdat, kalo yang web luar barangkali di hackerrank, geeks for geeks, codingame (belajar sambil maen game, haha) dll. kalo mau belajar soal web, bisa di w3school, the odin project atau bento.io

buat awalan sih, kalo saya dulu bahasa pertama pake c++ buat implementasi algoritma. barangkali agan bisa coba c++ atau python, soalnya python juga bahasa-nya ramah haha.

yang gak ramah itu, mikirin algoritma-nya emoticon-Nohope

Biar gak bosen belajar algoritmanya, mungkin bisa dicoba buat project sederhana, kayak bikin program hitung berat badan ideal (Implementasi rumus berat badan yang ada ke dalam aplikasi) atau barangkali program hitung jarak, kecepatan atau website sederhana.

Kalo mulai belajar dengan berbasis project, menurut saya sih lebih menarik dan langsung keliatan hasilnya, mau bener apa error emoticon-Malu

Yang pasti jangan gampang nyerah gan, kalo nemu error. "Kalo belum bisa ngoding, seenggaknya bisa googling" salah satu kata-kata mutiara dari senior saya gan emoticon-Embarrassment emoticon-Embarrassment

Semangat terus gan, asal mau usaha dan gak gampang nyerah. meskipun gak sekolah format IT atau dari background IT gak jadi masalah emoticon-Angkat Beer
3
profile picture
kaskus maniac
12-01-2021 14:24
@ziont @kadalbotak

gw juga interest sih, cuma ya itu gtau startnya mulai dari ngapain dulu

soalnya orientasi gw pingin jadi Full Stack Web Developer dulu, baru jadi programmer yang lain

source emang banyak google, tapi kalau enggak ada silabus atau study path itu kayak belajar matematika tp belajarnya dari kalkulus dulu bukan belajar x : + - dulu

kalau terarah seperti anak kuliahan atau kursus gitu enak

pernah nemu sylabus orang luar, di share gitu tapi buat software developer, bukan web developer
2
profile picture
kaskuser
12-01-2021 15:25
@ziont @KyraAltair coba ke web The odin project gan, disitu path full stack developer langsung dikasih, ada 2 path, mau yang full stack ruby on rails atau javascript,. ane juga kemaren sempet nyari soal full stack dan nemu di situ, tampilannya enak dan yang paling penting gratis haha
3
profile picture
kaskus maniac
12-01-2021 15:29
@ziont @kadalbotak nyoba cekidot dulu klo gitu, zankyu

klo web yg bagus buat belajar premiere pro sm after effect tahu gak, lagi mau usaha videographer juga soalna hehe
1
profile picture
kaskuser
12-01-2021 15:58
@ziont @KyraAltair Kalo soal video kurang tau gan haha
1
profile picture
aktivis kaskus
12-01-2021 17:40
Yg penting gigih belajar, ntar klo udah lancar nulis coding nya kaya steno emoticon-Ngakak
1
profile picture
kaskus addict
13-01-2021 05:55
temen ane lulusan farmasi jadi programmer java gan

bisa tuh dia emoticon-Ngakak
1
profile picture
kaskus maniac
13-01-2021 20:04
@zakibastomi thank you banget gan. abis ini kalo ane ada waktu deh pengen coba2 kulik
0
profile picture
kaskus maniac
13-01-2021 20:05
@adam.alamsyah95 wow langsung nasihat dari suhunyaaa. oke gan ane inget inget nih semua kata kata ente, dan kayaknya yang ente bilang tuh berlaku di semua ranah profesi juga sih ya. kerja sungguh2 dulu, gaji bakal ngikutin. noted banget gan!
1
profile picture
kaskus maniac
13-01-2021 20:05
@aldo12 iya gan. pada dasarnya apapun pekerjaannya memang itu sih ya intinya gan
0
Memuat data ...
1 - 20 dari 48 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia