News
Batal
KATEGORI
link has been copied
157
Lapor Hansip
09-01-2021 00:31

SBY: Harmoni Sosial Terasa Retak, Bermula Pilkada Jakarta 2017

SBY: Harmoni Sosial Terasa Retak, Bermula Pilkada Jakarta 2017VIVA – Presiden keenam Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono prihatin dengan kondisi bangsa Indonesia saat ini yang rentan perpecahan.

“Terus terang, ada kekhawatiran saya yang mendalam menyangkut kehidupan bermasyarakat dan berbangsa akhir-akhir ini, khususnya berkaitan dengan kerukunan masyarakat atau harmoni sosial yang, menurut saya, terasa retak dan jauh dari semangat persaudaraan kita sebagai bangsa,” tulis SBY di akun Facebook-nya yang dikutip, Jumat, 8 Januari 2021.

“Bermula dari dinamika politik pada Pilkada Jakarta tahun 2017, sepertinya dalam kehidupan masyarakat kita terbangun jarak dan pemisah yang semestinya tak terjadi. Terbangun polarisasi yang tajam di antara kita, baik karena faktor identitas, politik maupun ideologi. Sepertinya masyarakat kita harus dibelah dua--kita dan mereka, bahkan, 'kita lawan mereka'.”

Sebagian dari masyarakat, katanya, menganggap mereka yang tidak sama identitasnya, agama misalnya, partai politiknya, dan juga garis ideologinya adalah lawan. Untuk bicara pun merasa tidak nyaman. Garis permusuhan bahkan menembus lingkaran persahabatan yang sudah terbangun lama, bahkan lingkaran-lingkaran keluarga.SBY: Harmoni Sosial Terasa Retak, Bermula Pilkada Jakarta 2017

“Saya sungguh prihatin jika lingkaran tentara dan polisi yang harusnya menjadi contoh dalam persatuan dan persaudaraan kita sebagai bangsa juga tak bebas dari hawa permusuhan ini. Keadaan ini sungguh menyedihkan dan sekaligus membahayakan masa depan bangsa kita,” tulisnya.

Atas keluhan itu, SBY memisahkan apa yang ia alami di tahun 1964-1965 (saat masih bersekolah di SMA). Masyarakat kita, bahkan hingga tingkat grassroots, terbelah karena faktor politik dan ideologi.

Polarisasi sosial tajam. Pelajar, mahasiswa, pemuda, guru, buruh, petani dan sejumlah elemen masyarakat terbelah. Bahkan berhadap-hadapan.

“Faktor inilah yang barangkali setelah terjadi Gerakan 30 September 1965, yang berdarah dulu; kekerasan terjadi di seluruh Tanah Air dengan korban jiwa yang cukup besar."

Di masa yang berbeda, ia juga memiliki banyak pengalaman ketika ikut menyelesaikan konflik komunal yang berbasiskan identitas di berbagai daerah. Dalam kapasitasnya sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik dan Keamanan.SBY: Harmoni Sosial Terasa Retak, Bermula Pilkada Jakarta 2017

“Saya juga turun ke lapangan untuk menyelesaikan konflik horizontal pasca krisis 1998, khususnya di Sampit, Poso, Ambon dan Maluku Utara. Untuk mengakhiri benturan dan kekerasan saja memerlukan waktu tiga-empat tahun. Belum fase rekonsiliasi dan trust building yang juga memakan waktu yang lama. Masyarakat lokal saya yakini tahu bahwa korban jiwa dan kerusakan harta benda juga cukup besar,” paparnya.

Kini, jika polarisasi antarkubu politik sangat tajam, kehidupan demokrasi pasti tidak sehat. Memilih kandidat dan calon-calon pemimpin, baik di pusat maupun daerah, akan sangat dipengaruhi dan bahkan ditentukan apakah mereka memiliki identitas, paham ideologi dan politik yang sama.

Di sisi lain, SBY mengingatkan, jangan pula ada yang justru menginginkan dan memelihara polarisasi sosial-politik yang tajam untuk kepentingan pribadi dan politiknya. Kalau ada pihak-pihak yang berpikiran dan bertindak seperti itu, menurutnya, mereka bukan hanya tidak bertanggung jawab tetapi juga tidak bermoral.

“Sejarah menunjukkan bahwa bangsa yang sudah benar-benar terbelah dan terpolarisasi secara tajam, sangat tidak mudah untuk menyatukannya kembali,” katanya.SBY: Harmoni Sosial Terasa Retak, Bermula Pilkada Jakarta 2017

https://www.viva.co.id/amp/berita/na..._medium=page-3

2017.....mimpi buruk indonesia dalam berdemokrasi emoticon-Cool


profile-picture
profile-picture
profile-picture
..Minyak.BABI.. dan 22 lainnya memberi reputasi
23
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
SBY: Harmoni Sosial Terasa Retak, Bermula Pilkada Jakarta 2017
09-01-2021 01:49
Gue agak gak nyangka aja. Anies yang dahulu sungguh pluralistik, didikan amrik yang condong liberal, ditambah lagi berdiri sebagai tokoh intelektual pelopor 'Indonesia Mengajar', bisa jadi sebobrok gini gara-gara politik.

Wajar sih, toh juga di belakang Jokowi itu ga semuanya orang baik. Bisa jadi Jokowi dipilih karena gampang disetir, lalu Anies ini dilepehin karena emang bentukan intelektual yang susah disetir, walau kerjanya kadang ngaco. Terus, ditampung sama gerombolan FPI, dijadiin 'goodbener' yang padahal gabener.

Beda cerita kalo Anies ini gampang disetir. Mungkin masih jadi Mendikbud.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mubafirs dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
profile picture
kaskus maniac
09-01-2021 03:05
Welp klo orang udah masuk lingkaran yesman bakal bisa terbuai disitu dan tutup kuping buat pengkritik
1
profile picture
kaskus maniac
09-01-2021 03:57
Makanya politik itu dinamis gan emoticon-Embarrassment , ane pun kaget ketika dia maju jadi Gubernur.
4
profile picture
kaskus geek
09-01-2021 04:57
emoticon-Big Grin
Susah disetir alias gak bisa jalanin instruksi presiden alias semau gue alias bebal
Disuruh kerjain A, eh yg dikerjain B, mending bener, ngaco juga emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
7
profile picture
kaskus maniac
09-01-2021 06:54
Terlalu berharap lu bro emoticon-Leh Uga
0
profile picture
kaskus addict
09-01-2021 07:15
Correction..
Dia dipecat dari mentri bkn krna ga bsa disetir, tpi karena goblok...
Blh di cek beritanya.
6
profile picture
kaskus addict
09-01-2021 07:23
Antara dia memang gak sejalan dengan wiwi, atau memang ada agenda lain untuk menjadi RI-1. Coba saja sekarang antara pemerintah daerah dengan pusat saja sering berbenturan. Apakah yang ini dinamakan raja daerah?
0
profile picture
kaskus maniac
09-01-2021 08:15
Kalo sekedar intelektual dan lulusan Mamarika, ada lagi contoh yg lebih "dahsyat" dari Anies, yaitu Embah Amien Rais.
1
profile picture
kaskus holic
09-01-2021 08:38
bener loh..dulu jauh sebelum 2017. anies itu plural,termasuk tokoh intelektual..banyak yg kagum, sebelum terjun ke politik..politik membuat seseorang menjadi busuk.
0
profile picture
kaskus addict
09-01-2021 09:10
Berilah seseorang kekuasaan maka kau akan liat watak orang yg sesungguhnya--


lupa siapa yg quote


intinya sih kalo blm jd apa2 omongan manis

0
profile picture
09-01-2021 09:53
Kalo menurut gue, dia ada kapasitas sebagai mendikbud. Jelas keliatan dari dia sukses bentuk Indonesia mengajar dan pernah jadi Rektor Paramadina. Program dia waktu jadi mendikbud juga jelas sangat efektif. Perlu gue jabarin? Oke then.

1. Cabut UN sebagai penentu kelulusan
2. Perploncoan diapusin
3. K-13 yang lebih berorientasi ke ide
4. Program guru di daerah 3T

Semua program dia masih eksis sampe mendikbud yang sekarang. Yang justru ga jelas itu, program dia selama jadi Gubernur DKI.

Gue merasa, emang Anies ini dilepehin bukan karena ga bisa kerja, tapi karena ada benturan kepentingan dan prihal setir menyetir aja. Terbukti dari dia buat gebrakan di mendikbud yang menurut gue agak non populer. Banyak matiin bisnis orang juga, tapi tetap dihajar.
2
profile picture
kaskuser
09-01-2021 09:57
..yang demo & rusuh di gedung Capitol kemarin semuanya lulusan Amerika, dan semuanya PeA
0
profile picture
kaskus holic
09-01-2021 09:59
@kampretkontoi ya betul...kapasitasnya memang sebagai akademik..bukan pembuat keputusan penting sekelas gabener. sama kayak Mbah Amin...sebagai akademik gak diragukan,sebagai politikus? meh..

masalahnya gak kaya kalo gak politikus...
1
profile picture
09-01-2021 10:01
@yoxchuy Ya beda dong antara orang amerika yang kuliah di amerika dengan orang Indonesia yang kuliah di amerika. Sekadar kuliah ya gampang, tapi gimana bisa ke sononya itu yang ga gampang. Belom lagi dari lulusan mana, krn ga sedikit Univ di AS.
1
profile picture
09-01-2021 10:05
@Freija Makanya gue pertanyakan, kenapa bisa dilepehin gitu aja? Apa Anies ini dikhawatirkan lebih populer dari presiden waktu dia jabat mendikbud? Dia sebagai konseptor emang bagus banget, apa lagi di ranah pendidikan. Kalo soal kebijakan publik kaya jadi Gubernur DKI ya ancur banget. Banyak program dia yang gagal, salah satunya rumah DP 0 Rupiah yang ga jelas sekarang.
1
profile picture
kaskus geek
09-01-2021 10:53
@killergodnana sama, padahal w sempet liat wawancara dia di tv soal masalah bangsa dan negara Indonesia , dia yg ngomong sendiri faktornya politik...

Eh pilkadut 2017 dia ikut maju emoticon-Leh Uga
Peribahasanya menjilat ludah sendiri emoticon-Leh Uga
0
profile picture
kaskus addict
11-01-2021 17:55
Dimana juga, yg namanya dimantankan, sakit rasanya.
Cinta berubah jadi benci, sampai2 logika dan akal sehat bisa tertutup kesumat membara.
0
profile picture
kaskus addict
12-01-2021 05:49
Kayaknya ada benang merah yang harus dijelaskan, seseorang itu menjadi pemimpin, jika dan hanya jika mempunyai pendirian, dan percaya apa yang dia perjuangkan itu benar.. Charming saja tdk cukup. Terus terang waktu dia jadi jurkam JKW, gw sangat terpesona dgn charmingnya, dan kadang2 mengidolakan dia spt JFK. Tapi ternyata, orang ini tdk lebih dari opportunist, yang mengunakan Machiavelli's Principles .
2
Memuat data ...
1 - 17 dari 17 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia