News
Batal
KATEGORI
link has been copied
236
Lapor Hansip
08-01-2021 08:43

Aturan Baru Whatsapp, Paksa Pengguna Bagi Data ke Facebook


Aturan Baru Whatsapp, Paksa Pengguna Bagi Data ke Facebook Pengguna WhatsApp harus setuju membagi data mereka dengan Facebook. (Foto: CNN Indonesia/Bisma Septalismaa)

Jakarta, CNN Indonesia --
WhatsApp melakukan pembaruan kebijakan privasi dan persyaratan layanan dan memaksa pengguna untuk setuju membagi data mereka dengan Facebook.
Hal ini disampaikan lewat pemberitahuan yang muncul di aplikasi layanan pesan instan itu kepada pengguna. Tanpa menyatakan setuju dengan perubahan kebijakan privasi dan persyaratan layanan, pengguna tak bisa mengakses Whatsapp.
Pembaruan tersebut meliputi bagaimana pihak WhatsApp memproses data pengguna, bagaimana bisnis dapat mengakses layanan di Facebook untuk menyimpan dan mengelola obrolan WhatsApp, dan bagaimana WhatsApp akan segera bermitra dengan Facebook untuk menawarkan integrasi yang lebih dalam di semua produk perusahaan.

"Kami adalah bagian dari perusahaan Facebook. Anda dapat mempelajari lebih lanjut di bawah dalam Kebijakan Privasi ini tentang cara kami berbagi informasi di seluruh keluarga perusahaan ini," tulis Whatsapp dalam situs resmi.

Setelah pengguna menyetujui, kebijakan untuk berbagi data dengan Facebook akan mulai dilakukan pada 8 Februari mendatang. Jika tak setuju dengan pembaruan ini, pengguna bisa menghapus akun. Pemberitahuan Whatsapp kali ini merupakan tindak lanjut dari perubahan kebijakan layanan pesan instan itu yang diumumkan Juli 2020.

Namun, saat itu Whatsapp masih menawarkan opsi kepada pengguna apakah mereka setuju untuk membagi data dengan Facebook. Tapi, pada pemberitahuan kali ini, pengguna tak punya pilihan lain selain setuju dengan aturan itu kalau masih mau menggunakan Whatsapp.

Pengguna yang menyetujui persyaratan tersebut akan membagi nomor telepon, data transaksi, informasi terkait layanan, informasi interaksi, informasi perangkat seluler, alamat IP dan informasi lainnya dengan Facebook. Whatsapp akan memberitahukan lebih lanjut beberapa data yang akan dibagi ke Facebook, pengguna juga akan diminta persetujuan.

Whatsapp beralasan berbagi data dilakukan untuk memberikan pengalaman yang lebih koheren pada pengguna di seluruh layanan Facebook, seperti dikutip MacRumors. Pembaruan kebijakan layanan dan privasi memang kerap dilakukan berbagai aplikasi. Aplikasi lain pun kerap melakukan pembaruan secara berkala.
Saat pertama didirikan, Whatsapp berpegang pada prinsip menjaga privasi pengguna.

"Menghormati privasi Anda telah menjadi DNA kami. Sejak kami membuat Whatsapp, kami ingin membangun layanan dengan memegang teguh prinsip privasi."

Artinya, Whatsapp tak bisa lihat isi percakapan pengguna atau berbagi data itu dengan pihak lain. Tapi, kebijakan baru akan meningkatkan ketergantungan Whatsapp dengan produk Facebook lain, seperti dikutip Indian Express.
Namun, prinsip ini tak lagi menjadi bagian dari kebijakan privasi Whatsapp yang baru. Tapi, Whatsapp tetap mempertahankan enkripsi end-to-end agar isi pesan tak bisa diintip pihak ketiga.

Kebijakan privasi baru WhatsApp mencatat bahwa ketika pengguna mengandalkan "layanan pihak ketiga atau Produk Perusahaan Facebook lainnya yang terintegrasi dengan Layanan kami, layanan pihak ketiga tersebut dapat menerima informasi tentang apa yang Anda atau orang lain bagikan dengan mereka."

Lebih lanjut, Whatsapp menjelaskan bagaimana data akan dibagi dengan layanan pihak ketiga. Kerjasama dengan pihak ketiga dilakukan untuk menyediakan data bagi Whatsapp untuk mengoperasikan pesan instan. Data ini juga digunakan untuk memodifikasi fitur-fitur Whatsapp. Terakhir, data juga bisa digunakan untuk membantu pemasaran.

Misal,ketika pengguna menggunakan fitur berbagi (share) WhatsApp pada portal berita untuk membagikan artikel berita ke kontak atau grup Whatsapp. Maka pihak ketiga bisa mendapat informasi mengenai aksi ini. Operator telekomunikasi pun mendapat data ini. Tapi, pihak ketiga tak bisa membuka isi percakapan.

(can/eks)

SUMUR

saatnya beralih ke telegram secara full..

Diubah oleh skiesman
profile-picture
profile-picture
profile-picture
raliakbarrr dan 39 lainnya memberi reputasi
40
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Aturan Baru Whatsapp, Paksa Pengguna Bagi Data ke Facebook
08-01-2021 09:42
Mo gimana juga whatsapp bakal tetep dipake, simple ngk berat dan ngk ribet.

Telegram ? Sorry men ini apk agak berat, usernya juga dikit, not worthed. Data ngk dicuri ? Emang dipikir kalo nantinya telegram bakal sebesar whatsap mereka ngk bakal nyuri data juga ?

Sesuatu yg simple dan ngk berat pasti selalu menang.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
andrimardi dan 19 lainnya memberi reputasi
13 7
6
Memuat data ...
profile picture
kaskuser
08-01-2021 19:12
Sok tau ah lu tong
0
profile picture
kaskuser
08-01-2021 19:22
selagi masih aman, ya pake. ntar kalo udah ada aplikasi yg baru sejenis telegram lagi (pada saat telegram udah jdi kayak whatsapp) yaa pindah lgi. bisa ga ya kyk gitu? wkwkwkwk
1
profile picture
kaskuser
08-01-2021 19:38
di hp ane telegram dan wa sama2 ringan gan, bahkan masing2 punya 2 akun sekaligus.
mungkin karna speknya udah kelewat mumpuni kalo cuma sekedar buat sosmed doang emoticon-Ngakak
2
profile picture
Aktivis Reg. Banyuwangi
08-01-2021 20:05
Kebalik.
Ane pengguna telegram mah enak enak aja

emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
1
profile picture
kaskus addict
08-01-2021 20:05
Telegram berat???????
















Ente sehat ganemoticon-Ngakak
2
profile picture
Aktivis Reg. Banyuwangi
08-01-2021 20:05
0
profile picture
kaskus addict
08-01-2021 20:46
@bl0job tulisane yo singkat singkat, biaya per karakter emoticon-Big Grin


Le omong sok tau, ketok bocil ep ep emoticon-Big Grinemoticon-Big Grin
0
profile picture
aktivis kaskus
08-01-2021 21:00
Saatnya full pake michat...wkwkwkwkwkwk
0
profile picture
kaskus addict
08-01-2021 21:35
@zerozt michat bukanya cuman buat open bo doang ya ganemoticon-Wakaka
2
profile picture
kaskus maniac
08-01-2021 21:36
Telegram lebih ringan bre, cuma emang belom sebanyak wasap aja usernya kalo dimarih
Padahal sejak pertama kali muncul, fitur2nya efektif alias bukan fitur2 gimmick karena emang beneran berguna sekalinya ada fitur baru
emoticon-Traveller
1
profile picture
kaskus addict
08-01-2021 21:36
Telegram cuman buat ikutan grub video durasi 2 menit palingemoticon-Ngakak
1
profile picture
aktivis kaskus
08-01-2021 21:56
@joki.ngepot hahahaha..iyaakaah?aku nub kk...gk tau wkwkwkwkwk
1
profile picture
aktivis kaskus
10-01-2021 20:23
Ane sama temen-temen ane malah pindah ke discord
0
profile picture
kaskus addict
10-01-2021 20:51
@greybat pengen coba join,tapi lagi kurang motivasi jadi mageremoticon-Leh Uga
0
Memuat data ...
21 - 34 dari 34 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia