Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
181
Lapor Hansip
31-12-2020 04:21

Canggih, Begini Cara Pengisian Daya Mobil Listrik Tesla di Rumah!

Canggih, Begini Cara Pengisian Daya Mobil Listrik Tesla di Rumah!
Canggih, Begini Cara Pengisian Daya Mobil Listrik Tesla di Rumah!
Canggih, Begini Cara Pengisian Daya Mobil Listrik Tesla di Rumah!
Canggih, Begini Cara Pengisian Daya Mobil Listrik Tesla di Rumah!
Penasaran Bagaimana Charge Mobil Listrik ? Beginilah Cara Isi Daya Mobil Listrik Menggunakan Home Charging Station Tesla

Mobil listrik merupakan mobil yang ditenagai oleh listrik dari baterai sebagai penggerak utama pada mobil tersebut. Mobil listrik memiliki kelebihan tersendiri dengan mobil bermesin pembakaran biasa antara lain lebih ramah lingkungan karena tidak mengeluarkan emisi karbon dioksida ke udara alias zero emission, bebas polusi udara dan tidak mengeluarkan gas buangan. Dengan beberapa keunggulannya, harga mobil listrik sekarang melambung tinggi.

Salah satu perusahaan yang mengembangkan mobil listrik adalah perusahaan Tesla, Inc. Perusahaan besutan Elon Musk ini sudah memproduksi mobil listrik antara lain Tesla Model 3, Tesla Model S, dan Tesla Model X.

Timbul pertanyaan dipikiran ane dan mungkin agansis semua, berhubung di Indonesia sedikitnya stasiun pengisian listrik umum hanya ada 21 unit. Bagaimana sih caranya kalau ingin isi ulang dengan simple yang bisa dilakukan di rumah? Simak yuk ulasannya gansis:

Canggih, Begini Cara Pengisian Daya Mobil Listrik Tesla di Rumah!
Home Charging Station Tesla

Seorang pengguna @kokoholy atau bernama Jackson Tsai ini mempunyai mobil listrik Tesla Model 3 yang sering membagikan pengalamannya menggunakan mobil listrik. Dan kali ini beliau menjawab rasa penasaran netizen yang bertanya perihal bagaimana cara mengisi ulang daya mobil listrik tersebut.

FYI nih gan, mobil listrik yang dipakai Tesla Model 3 ini menggunakan jenis plug in hybrids yang artinya ditenagai oleh baterai yang dapat di isi ulang dengan cara menghubungkannya. Berikut videonya agansis:

Cara Charge Mobil Tesla Model 3


Koko Holy menjelaskan bahwa untuk mengisi mobil listrik miliknya dengan menggunakan alat bernama 'Home Charging Station Tesla' yang dimana alat tersebut terhubung dengan listrik rumahnya. Lalu Koko Holy memasang selang listrik ke tempat pengisian bahan bakar pada mobil listrik tersebut.

Untuk mengetahui isi daya itu berhasil dilakukan adalah sampai lampu indikator menjadi berwarna hijau. Untuk mengecek proses apakah baterai penuh atau tidaknya bisa dilihat dari monitor di dalam mobil, jadi agansis bisa lebih mudah memantau perkembangan isi baterai.

Canggih, Begini Cara Pengisian Daya Mobil Listrik Tesla di Rumah!
Proses Charger Terlihat di Monitor

Koko Holy menjelaskan bahwa untuk pengisian dari nol sampai full membutuhkan waktu sekitar 4jam dengan jarak tempuh sampai 372km. Koko Holy selain membagikan cara pengisian mobil Tesla, beliau juga sering sharing tentang fitur dan tutorial sensasi saat menikmati menggunakan mobil Tesla seperti membuka pintu hanya menggunakan kartu dan adanya fitur autopilot. Cukup masukan lokasi tujuan yang diinginkan dan nyalakan fitur autopilot. Agansis bisa santuy deh, tapi meskipun menggunakan fitur autopilot tetap harus waspada yaa.

Btw, muncul juga pertanyaan Berapa sih harga yang harus dibayar untuk bisa mengisi ulang mobil listrik tersebut?
Mengutip dari laman otomotifnet:
Quote:
"Jika melakukan charging mobil atau motor listrik di SPKLU milik PLN, pengguna akan dikenakan tarif maksimal sebesar Rp 2.467 per kWh," ujar Sindu, Vice President Tarif PT PLN (Persero) Untuk wilayah DKI Jakarta, PLN mematok biaya charging di SPKLU milik mereka di angka Rp 1.300 per kWh.

Quote:
Menilik tarif dasar listrik terbaru yang dikeluarkan oleh Kementerian ESDM dan PLN, tarif tenaga listrik pelanggan rumah tangga daya 1.300 VA, 2.200 VA, 3.500, 5.500 VA sampai 6.600 VA ke atas atau dari golongan R-1/TR, R-2/TR hingga R-3/TR adalah sebesar Rp 1.444,70 per kWh.
Sementara untuk pelanggan rumah tangga 900 VA atau R-1M/TR tarifnya adalah sebesar Rp 1.352 per kWh.

Kedua tarif yang diambil di atas adalah tarif listrik non-subsidi.


Nah contohnya Mobil Tesla Model 3 ini memiliki baterai berdaya 50Kwh. Jika biaya listrik di rumah per 1 kWh Rp 1.352, artinya untuk isi baterai dari keadaan kosong sampai penuh hanya membutuhkan biaya Rp.67.600.
Dengan biaya di atas, agansis sudah bisa berjalan kurang lebih sejauh 372 km bersama Tesla Model 3.

Wahh untuk bisa menikmati segala benefit dan keunggulan dari mobil tersebut membuat netizen terkejut. Meski mobil tersebut ramah lingkungan tapi kurang ramah di kantong ane emoticon-Takut (S)
Gimana nggak kaget, untuk harga mobil Tesla Model 3 ini yang seperti kokoholy harus mengocek harga Rp.1,5 Milliar tapi meski harga unit yang mahal, untuk tarif mengisi ulang daya bisa dibilang cukup murah.

Penggunaan mobil listrik ini sepertinya tidak direkomendasikan untuk perjalanan keluar kota karena dikhawatirkan tidak bisa dicharge saat mendadak habis karena masih sedikitnya Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di Indonesia.

Nah sekarang taukan bagaimana cara mengisi ulang daya mobil listrik yang simple dirumah.
Bagaimana pendapat agansis?
Berikan tanggapan agansis dikolom komentar.
emoticon-pencet
See u
Next Thread

Canggih, Begini Cara Pengisian Daya Mobil Listrik Tesla di Rumah!
Canggih, Begini Cara Pengisian Daya Mobil Listrik Tesla di Rumah!
Narasi : Sebuah Opini
Referensi : Tiktok @kokoholy | Otomotifnet

Canggih, Begini Cara Pengisian Daya Mobil Listrik Tesla di Rumah!
Diubah oleh zeuskraetos
profile-picture
profile-picture
profile-picture
reynal88 dan 38 lainnya memberi reputasi
39
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Canggih, Begini Cara Pengisian Daya Mobil Listrik Tesla di Rumah!
31-12-2020 06:53
Jadi berapa total biaya nya untuk sekali ngisi daya penuh?
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan krisnafebriyant memberi reputasi
2 0
2
Memuat data ...
profile picture
kaskus geek
02-01-2021 09:18
@suede.
bisa di.bilang bgtu bray.

tp ane berharap suatu saat mobil listrik bisa menggantikan mobil konvensional sih bray..

karna sebenarnya efek positifnya lebiih bnyak dr pada negatifnya..
1
profile picture
kaskus addict
02-01-2021 09:33
@leonard21 @zeuskraetos gw gk bilang listrik lebih murah. Klo overall mah jelas dari harga mobil, biaya perawatan, bensin dihitung jelas masih jauh murah konven. Cuma gw nitikberatkan di perhitungannya aja. Klo ngitung baterai ya gk bisa kita ngitungnya oh mobil konven baterenya gk ada jadi biayanya nol. Bukan gitu cara perhitungannya. Soalnya mesin konven ada biaya perawatan part mesin bensin sendiri. Dan itu anggepannya klo listrik pasti harus beli batere di servis resmi jadi pasti mahal. Klo konvensional kadang bengkel2 pinggiran klo cuma ganti oli doang mah jauh lbh murah dari bengkel resmi.

Jadi intinya yg gw bilang Terlepas dari lebih murahnya mesin konven biayanya bukan gk ada baterai trus jadi nol gitu. Gw gk ngitungin sih biaya mesin konven untuk 10 tahun tp rasanya untuk skrg tetep lbh murah konvensional.

Cuma satu sih di pikiran gw. Harusnya mobil listrik perawatan selain batere masih lebih murah dari mobil konven karena partnya lebih dikit. Mobil listrik hampir semuanya cuma nyeting di komputer. Klo konven masih ada bagian2 yg perlu manual solution. Ya kaya motor karbu ama injeksi gitu mungkin CMIIW
1
profile picture
kaskus geek
02-01-2021 09:39
@Lokiwoodplan @zeuskraetos yup betul di atas ane dah itung kasarannya dengan markup alias krmungkinan paling borosnya untuk biaya perawatan mobil konvensional

dan memang masih jauh di bawah mobil listrik..
1
profile picture
kaskus addict
02-01-2021 09:54
@leonard21

Membandingkan Biaya Konsumsi Sumber Tenaga Mobil Listrik Vs Bensin

ini ane nemu yg riset perbandingan biaya konsumsi

Hasil pengetesan GridOto.com di rute dalam kota, Toyota Veloz 1.5 A/T mampu mencetak konsumsi BBM 13,1 km/liter.

Artinya Toyota Veloz 1.5 A/T ini membutuhkan biaya sebesar Rp 581,4/km.

Bila sama-sama mencapai 300 km, maka Toyota Veloz 1.5 A/T membutuhkan bahan bakar Pertalite sebanyak 22,9 liter dengan biaya sebesar Rp 175.185.

Artinya biaya konsumsi bensin untuk menempuh 300 km di Toyota Veloz 1.5 A/T itu lebih mahal Rp 85.698 dibanding biaya listrik taksi BYD e6.

Quote:Dengan kata lain, kalau dilihat biaya per kilometer, Toyota Veloz 1.5 A/T lebih mahal Rp 283,6/km dibanding taksi BYD e6.


belum terlalu materil tingkat keekonomiannya
1
profile picture
02-01-2021 10:04
Belum kelas kita kali gan beli mobil seharga M Man
Avansa aja udah cukup
1
profile picture
kaskus maniac
02-01-2021 10:45
@Lokiwoodplan
masih gagal paham dengan pemikiran orang2 . make mobil listrik = ramah lingkungan.

emank listrik kita ni udh PLTN apa ?
masih make batubara.
yang ada lingkungan sekitar PLTN tu mabok polusi jika mobil motor listrik udh berkembang.
1
profile picture
kaskus geek
02-01-2021 11:21
@syark04 pelan2 bray

memang untuk.konversi sumber energy g visa frontal.

di awali dengan mobil listrik
ntar perlahan ganti pltn.
1
profile picture
kaskus geek
02-01-2021 11:23
@mistervicks untuk konsumsi energy memang lebih irit listrik dr segi biaya.

tp yg bikin mahal partnya itu lho terutama baterainya jgnkan avanza bandingim dengan l300 yg pakek solar aja menang mobil listrik kok
1
profile picture
kaskuser
02-01-2021 12:05
Kalo mau charge tesla di rumah minimal dayanya brapa watt bray? Soalnya di thread TS gak dibahas
1
profile picture
kaskus maniac
02-01-2021 12:24
Jangan debat soal ginian, EV masih butuh waktu bertahun-tahun untuk bisa jadi lebih baik dr engine combustion, sejarah awal engine combustion juga banyak problematikanya, banyak yg bandingin dengan biaya perawatan mobil vs kuda emoticon-Big Grin

Tapi seiring berjalannya waktu, ditambah teknologi makin maju dengan pesat, EV kemungkinan besar akan jadi lebih baik dr sekarang dan mendominasi di tahun tahun kedepan.
1
profile picture
kaskus maniac
02-01-2021 12:31
Teknologi batre mahal karena masih baru, tunggu aja entar kalau pabrik batre jadi terealisasi di indonesia dan mobil listrik.udah menjadi barang umum, harga pastinya bisa ditekan banyak.
2
profile picture
kaskus geek
02-01-2021 13:11
@superduper88 minimal 10rb

pas mgecas mobil jgn nyalakan rice cooker
emoticon-Leh Uga
0
profile picture
kaskuser
02-01-2021 13:20
@mistervicks @leonard21 bullshit mah kite kalo ngomongin emisi tidak dapat di pungkiri semakin berkembang teknologi semakin banyak pabrik2 untuk memproduksi teknologi tersebut emoticon-Leh Uga

Kalo skr make mobil teknologi hybrid aja uda sukur ngurangin emisi gas karbon. emoticon-Big Grin
0
Memuat data ...
21 - 33 dari 33 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia