News
Batal
KATEGORI
link has been copied
126
Lapor Hansip
25-12-2020 20:24

Indonesia "Bunuh Diri" jika Buka Hubungan Diplomatik dengan Israel

https://megapolitan.kompas.com/read/...gan-diplomatik


Judul asli
Pengamat: Pemerintah Indonesia "Bunuh Diri" jika Buka Hubungan Diplomatik dengan Israel



JAKARTA, KOMPAS.com - Guru Besar Hukum Internasional dari Universitas Indonesia, Hikmahanto Juwana menilai tidak akan mungkin pemerintah Indonesia membuka hubungan diplomatik dengan Israel, meski ada tawaran bantuan menggiurkan dari Amerika Serikat hingga senilai Rp 28 triliun.

Ia mengatakan, pemerintah sama saja melakukan bunuh diri jika sampai membuka hubungan diplomatik dengan Israel.

"Menurut saya bunuh diri pemerintah jika menerima tawaran itu," kata Hikmahanto saat dihubungi, Jumat (25/12/2020).


Baca juga: AS Incar Indonesia, Negara Mayoritas Muslim untuk Berdamai dengan Israel

Menurut dia, dampak pembukaan hubungan diplomatik itu sangat berat.

Beberapa alasan yang ia paparkan, di antaranya konstitusi Indonesia yang secara gamblang menyatakan bahwa penjajahan harus dihapuskan. Hal tersebut tertuang dalam pembukaan UUD 1945.

"Posisi kita jelas. Kecuali kalau memang konstitusi kita preambule UUD 1945 tidak dianggap lagi, mau diamandemen, silakan," ucap Hikmahanto.


Berikutnya, kata Hikmahanto, masyarakat Indonesia yang mayoritas beragam Islam memiliki rasa simpati dan solidaritas yang tinggi terhadap Palestina.

Baca juga: MUI Dorong Pemerintah Tetap Tegas Tak Buka Hubungan Diplomatik dengan Israel

Artinya, pemerintah akan menentang konstitusi dan keinginan publik jika memutuskan membuka hubungan diplomatik dengan Israel.

"Jangan sampai ini bertentangan dengan konstitusi dan bertentangan dengan keinginan publik Indonesia," tuturnya.

Selain itu, dia mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo juga sempat berbincang dengan Presiden Palestina Mahmoud Abbas melalui telepon beberapa waktu lalu.

Jokowi telah menegaskan bahwa pemerintah Indonesia tidak akan membuka hubungan diplomatik dengan Israel.

"Presiden Abbas sangat mengapresiasi komitmen Presiden Jokowi karena Indonesia tidak mengikuti sejumlah negara di Arab yang telah membuka hubungan diplomatik," kata Hikmahanto.
Membuka hubungan diplomatik dengan Israel juga akan makin meneguhkan posisi Israel atas wilayah Palestina.

Hikmahanto berpendapat, Israel dapat mengeklaim ke masyarakat internasional bahwa negara yang antipenjajahan pun mau mengakui Israel sebagai negara dan menjalin hubungan diplomatik.

Baca juga: Dijanjikan Bantuan Rp 28 Triliun oleh AS, Indonesia Tetap Tak Buka Hubungan Diplomatik dengan Israel

"Kalau sebuah negara yang konstitusinya berkata seperti itu mau melakukan hubungan diplomatik itu kan sesuatu yang luar biasa," katanya.

Lebih dari itu, ia mengatakan pemerintah perlu berhati-hati karena tawaran bantuan senilai triliunan rupiah itu datang saat masa kepemimpinan Presiden AS Donald Trum tinggal sebentar lagi.

Menurut Hikmahanto, tawaran ini berkaitan erat dengan persaingan AS dengan China untuk mendominasi negara-negara di kawasan Asia.

"Mungkin saja tawaran ini terkait persaingan dominasi AS-China di kawasan Asia," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya bahwa AS menjanjikan bantuan pembangunan hingga 2 miliar dollar AS atau Rp 28 triliun jika Indonesia mau membuka hubungan diplomatik dengan Israel.

Pernyataan tersebut dilontarkan pejabat top pemerintahan Trump, Adam Boehler, kepada Bloomberg yang dipublikasikan pada Selasa (22/12/2020).

Pernyataan Boehler kepada Bloomberg tersebut juga dikutip oleh media Israel, The Times of Israel.

Boehler merupakan CEO US International Development Finance Corporation (DFC), sebuah lembaga keuangan milik pemerintah AS.

“Kami sedang membicarakannya dengan mereka (Indonesia). Jika mereka siap, kami akan dengan senang hati, bahkan memberikan dukungan lebih berupa dukungan finansial,” kata Boehler.


Tentulah bunuh diri

Udah sering didoktrin palestina itu negara konflik, begitu dikasih liat fakta kalo palestina itu makmur ya bakal denial emoticon-Ngakak (S)

Jangan lupakan juga kalo israel selalu dinarasikan sebagai warlord dan criminal mastermind sama media +62, hamas dkk itu "korban"

Munafik, berprinsip 2 state solution tapi berat sebelah dan cenderung favoritisme emoticon-Nohope
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 21 lainnya memberi reputasi
18
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Indonesia "Bunuh Diri" jika Buka Hubungan Diplomatik dengan Israel
26-12-2020 08:48
Kok ane punya kesan selama ini Indonesia selalu menganggap punya pengaruh besar di dunia politik internasional ya? emoticon-Hammer2
Kesannya negara2 di luar sana segan sama Indonesia ...serius nanya ini..emoticon-Nyepi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ueki19 dan 2 lainnya memberi reputasi
2 1
1
profile picture
kaskus maniac
26-12-2020 08:51
orang gagal memang suka halu
1
profile picture
kaskus addict
26-12-2020 10:11
Ya itu kan propaganda, biar rakyatnya bangga. Padahal kalo nanya sama negara tetangga aja, Indonesia cuma sebagai negara asal TKI
1
profile picture
kaskus addict
26-12-2020 11:34
@jazarja pengalaman pribadi aja Klo ke Eropa itu paspor Garuda suka di buat susah. Di banding Filipina aja, kita masih sulit utk akses ke Eropa atau USA emoticon-Hammer2
1
profile picture
kaskus freak
26-12-2020 11:41
@jazarja @pemukapemuja eropanya dimana dulu? Kalo pengalaman gw di kroasia, italy, belanda ama romania biasa aja, kagak dipersulit deh emoticon-Ngacir

Di yunani (gw pernah pulang di piraeus) baru diribetin imigrasi user paspor garuda


Btw
Kenapa +62 suka menganggap punya pengaruh? Ada hubungannya ama titel "negara penganut muslim terbesar" ama "negara multikultural"







Om gw cerita dulu diplomat / pejabat politikus +62 pada suka bangga banggain hal itu ampe taraf denial dimana dokumentasi ama survei daerah intoleran di +62 dianggap omong kosong belaka (terbukti kan, dulu aceh ama jabar juara intoleran dan drama pilgub dki 2017 terbukti pilgub paling kasar karena main sara pada denial) emoticon-Ngakak (S)
1
profile picture
kaskus addict
26-12-2020 12:15
@jazarja @Abc..Z dulu, ke Inggris, utk masuk kesana ribet. Krn di paspor ane nihil ada cap negara Eropa. Jd ane musti tur dulu ke bbrp negara Eropa spt Italia, Belanda, Spanyol. Baru lancar masuk ke Inggris. Poinnya di sini ane cuma heran aja, kenapa negara kita ane merasa kok kayaknya berasa di segani dunia. Contoh kmrn JK mau undang Taliban utk ke Indonesia dal rangka pembicaraan damai dgn Afghan. Apa ga mikir gimana reaksi negara Eropa sana, secara Taliban ini udah musuh buat negara2 Eropa sana?
1
profile picture
kaskus freak
26-12-2020 12:44
@jazarja @pemukapemuja baru tau kalo cap ngaruh, soalnya dulu gw modal schengen visa aja no problemo (pengecualian yunani) emoticon-Big Grin

Soal +62 ngerasa disegani udah gw coba jawab dari perspektif gw (gw quote omongan om gw sih)



Karena +62 suka disanjung "negara multikultural" ama "penganut agama x terbanyak" jadinya besar kepala (istilah luar negeri : overproud)
1
profile picture
kaskus addict
26-12-2020 14:00
indon merasa negaranya strategis, padahal jalur perdagangan internasional lebih suka lewat singapore dan selat malaka malaysia dibanding dimari, maklum dimari terlalu megalomaniak tapi tetap halu
2
profile picture
kaskus addict
26-12-2020 14:26
@jazarja @pemukapemuja @Abc..Z nasionalis buta dan para pejabat korup +62 memang suka halu kalau soal negara, dianggapnya negara indon penting segala2nya, padahal tanpa bantuan modal pihak asing indon bakal sama busuknya seperti india dan filipina, bahkan filipina yang busuk itu ratingnya masih diatas indon
0
profile picture
kaskus addict
26-12-2020 14:37
@jerrystreamer1
berbicara ttg Singapura, pengalamanimpor mesin dr luar negeri yg berhubungan dgn keamanan.. customs sana minta legal statement dr pejabat Indonesia ybs, udh di serahkan semua dokumen, custom SG butuh seminggu buat validasi, eh pihak Indonesia maksa harus cepat di clearance. di maki sama customs SG, they said, well sir, we're not the same like Indonesia, everything can be solved with money..damn...mokal banget..emoticon-Leh Uga
Jadi gw bingung, Indonesia merasa negara besar, tp sekelas SG aja yg ukuran seuprit berani di tolak Ama customs SG emoticon-Ngacir Tubrukan
1
profile picture
kaskus addict
26-12-2020 14:38
https://www.youtube.com/watch?v=YfEdzQUOO7c


tuh 3 kebodohan indon yang ditertawakan dunia

0
profile picture
kaskus addict
26-12-2020 14:41
@jerrystreamer1 Frankly gw proud jd indonesia citizen. Cuma ya suka geli sdri Klo liat klaim bahwa negara kita disegani dunia internasional emoticon-Shakehand2
0
profile picture
kaskus addict
26-12-2020 14:42
@pemukapemuja singapore itu kecil tapi ngotak, gak kek sini otaknya kelupaan taruh dimana taunya cuma ngejar duit aja, tapi mempertahankan nilai rupiah aja gak bisa, dan dibandingin sama bitcoin ? 1 btc dah lebih dari 300 juta sekarang, bukan bitcoinnya yang menguat, tapi rupiahnya yang melemah karena memang mata uang sampah / junk currency kalau di pasar forex internasional
2
profile picture
kaskus addict
26-12-2020 14:44
@jerrystreamer1 oot aja...apa Krn kelamaan di jajah Belanda sampai demikian parah negara kita? Atau memang negara2 persemakmuran lebih pintar? Secara jumlah manusia Indonesia banyak..emoticon-Hammer2
1
profile picture
kaskus addict
26-12-2020 14:51
@pemukapemuja indon dan malaysia itu backgroundnya sama2 melayu, malaysia dijajah inggris juga dan inggris itu pendekatan ke negara jajahannya adalah konsep ekonomi / persemakmuran karena inggris itu selain penjajah juga penjelajah dan pebisnis besar, sementara belanda yang kecil itu backgroundnya pedagang dan di tiap koloni jajahannya pakai pendekatan keamanan, makanya rejim kolonial yang berpusat di batavia / jkt sekarang sering mengelabui dan disinformasi kepada orang2 di wilayah nusantara koloninya, jadi memang diperbodoh, kalau inggris dia selain melindungi orang melayunya juga mendatangkan banyak orang cina dan india untuk bekerja dan berbisnis di malaysia, jadi karena ekonominya bagus berkat pebisnis cina dan india yang dibawa inggris, mereka juga jadi lebih pinteran sedikit dibandingkan jiran serumpunnya di indon karena inggris bukan cuma menjajah tapi juga mendidik sedari awal negara jajahannya, semisal pebisnis inggris membuat jam dan peralatan teknik, gak mungkin dia jualan di wilayah malaysia jajahannya kalau orang asli melayu gak tau konsep tentang waktu atau soal matematika 1+1 misalnya, sementara di nusantara ini oleh belanda politik etis baru diterapkan di akhir abad 19, suatu waktu yang agak 'telat' untuk membuat jajahannya pintar, bahkan dulu pekerja di perkebunan karet di nusantara boro2 bisa baca tulis, tanda tangan yang simpel aja gak bisa sampai harus ada cap jempol
2
profile picture
kaskus addict
26-12-2020 15:09
@pemukapemuja kalau sekarang bukan disegani, tapi ditakuti dunia internasional karena angka covid 19 dimari yang meningkat terus tanpa ketahuan puncaknya, sampai wni dipersulit kalau mau masuk ke negara tetangga apalagi negara yang jauh
3
Memuat data ...
1 - 15 dari 15 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia