News
Batal
KATEGORI
link has been copied
106
Lapor Hansip
24-12-2020 00:20

DPR Minta Bank Syariah BUMN Tahan Muhammadiyah Tarik Dana

Jakarta - Komisi XI DPR menyoroti rencana Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah untuk melakukan penarikan dana dari Bank Syariah Indonesia (BSI) yang merupakan hasil merger 3 Bank BUMN Syariah.

Anggota Komisi XI DPR RI Junaidi Auly meminta kepada BSI untuk mempertimbangkan secara bijak wacana penarikan dana oleh Muhammadiyah. BSI diminta melakukan konsolidasi Muhammadiyah soal rencana penarikan dana ini.

Adapun menurut Junaidi, alasan Muhammadiyah menarik dananya karena belum adanya kejelasan komitmen BSI untuk mengalokasikan dana untuk pembiayaan UMKM.

"Perlu dipertimbangkan secara bijak dan serius wacana penarikan dana ini, hal ini berpotensi merugikan perseroan di tengah euforia lahirnya BSI," ujar Junaidi dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Rabu, (23/12/2020).

Lebih lanjut, Junaidi mengatakan BSI memang diminta untuk bersaing dengan bank konvensional secara bisnis, tetapi juga harus memperhatikan kepentingan ummat dan UMKM yang telah membangkitkan ekonomi nasional.

Junaidi menjelaskan saat ini Muhammadiyah merupakan organisasi ummat yang memiliki aset dengan tata kelola yang cukup baik. Dia menyampaikan Muhammadiyah memiliki amal usaha yang sudah berjalan selama 108 tahun.

Mulai dari bidang pendidikan dasar dan menengah dengan memiliki 7.651 sekolah dan madrasah, pendidikan tinggi dengan total 174 universitas, di bidang pelayanan kesehatan dan kesejahteraan ada 457 rumah sakit, 318 panti asuhan, 54 panti jompo, dan 82 tempat rehabilitasi cacat.

Di bidang sarana ibadah terdapat masjid dan mushalla sebanyak 11.198. Selain itu ada juga dana likuid yang tersimpan di bank syariah berupa tabungan, giro, deposito yang diperkirakan mencapai Rp 15 triliun.

"Dengan amal usaha yang dimiliki, mereka tetap memiliki komitmen yang kuat dalam program pemberdayaan UMKM terbukti dengan misi ekonomi Muhammadiyah yaitu memajukan ekonomi ummat dan rakyat serta UMKM," jelas Junaidi.

Sebelumnya, Muhammadiyah berencana menarik dananya dari bank syariah BUMN. Hal itu diumumkan tepat usai dilaksanakannya aksi merger oleh 3 bank syariah BUMN yakni BRI Syariah, BNI Syariah dan Bank Syariah Mandiri menjadi Bank Syariah Indonesia beberapa waktu lalu.

"Mungkin sudah waktunya bagi Muhammadiyah untuk menarik dan mengalihkan semua dana yang ditempatkannnya di bank tersebut," ujar Ketua Bidang Ekonomi PP Muhammadiyah Anwar Abbas dalam keterangan tertulisnya yang diterima detikcom, Jumat (18/12/2020).

Muhammadiyah berencana mengalihkan semua pembiayaannya kepada bank-bank syariah lain yang skalanya masih lebih kecil yang lebih menjangkau UMKM.

"Juga mengalihkan seluruh pembiayaan yang diterimanya kepada bank baru yang menjadi mitranya apakah itu bank negara syariah yang tidak ikut merger atau Bank Pembangunan Daerah (BPD) Syariah atau BPD yang ada unit syariahnya serta kepada bank-bank umum syariah atau bank-bank umum yang punya unit syariahnya," ungkap Abbas.

Merger Bank Syariah BUMN juga disebut telah membuat bank-bank di dalamnya menjadi lebih besar dan kuat dari skala sebelumnya. Apalagi ada anggapan bahwa Bank Syariah Indonesia akan menjadi 10 besar bank syariah terbesar di dunia.

Dikhawatirkan, umat atau rakyat kecil maupun UMKM bakal sulit menjangkau pinjaman ke bank dengan skala sebesar itu.

Sumur:
https://finance.detik.com/moneter/d-...h-tarik-dana/1

sampe DPR minta bank tahan muhammadiyah tarik dana sangkin gedenya
emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 3 lainnya memberi reputasi
4
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
DPR Minta Bank Syariah BUMN Tahan Muhammadiyah Tarik Dana
24-12-2020 01:53
Klo ane jdi jkw...mending ane suruh cepat2 tarik tuh dana muhamadiyah...emoticon-Cool

Kebiasaan buruk yg katanya beragama tapi suka ngancam dan memaksakan ego sendiri.

Tarik aja kagak usah basa basi...

Toh klo ada apa2 kalian juga ikut merasakan efeknya.
Ingat ekonomi terbangun dan bergerak maju bkn karna efek ente doang yg punya uang banyak tapi bersinergi dgn unsur2 lainnya.
Noh liat di negeri nun jauh ...

Percaya atau tidak, melansir reliefmine, uang Rp100 miliar di sana hanya laku untuk membeli tiga butir telur saja. Ya, itulah fakta yang terjadi di Zimbabwe, di mana krisis ekonomi membuat negara yang berbatasan dengan Afrika Selatan ini menderita hiperinflasi pada 2008 dan 2009.


mau kaya gini Indonesia...sok atuh


emoticon-Traveller
Diubah oleh gabener.edan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aquafanz77 dan 6 lainnya memberi reputasi
6 1
5
profile picture
kaskus addict
24-12-2020 02:22
Erm, di beritanya bukannya Muhammadiyah mau narik karena BSI blm jelas mau dukung umkm dan lebih ke korporasi besar? Jd dy mau tempatkan di bank kecil biar lebih ke umkm?
0
profile picture
kaskus geek
24-12-2020 02:38
@utjuph ane sih melihatnya bkn masalah di situ gan...konsep bank syariah sekalipun merger tetap bank berbasis syariah lah.
UMKM salah satu penopang utama bank berbasis syariah.
Udah di hitung itu...jgn suka parnoan lah.
Ini bkn soal itu bank gan tapi ini soal anggotanya kagak ada yg duduk disana emoticon-Traveller
5
profile picture
kaskus geek
24-12-2020 02:58
jadi yg ngotot narik dana itu si Anwar Abbas, Waketum MUI yg kadal akut, intinya krn gak suka dgn pemerintah, padahal orang2 Muda di Muhammadiyah sendiri mendukung merger bank syariah milik 10 bank bumn menjadi BSI emoticon-Leh Uga
1
profile picture
kaskus addict
24-12-2020 06:30
@gabener.edan Mungkin aja gan. Dalem hati orang, siapa tahu. Tp alasan yg dikeluarkan d edaran kan itu.

Tp mnrt sy, ya sah2 saja utk mereka tarik duit. Duit mereka kok. Justru tidak pas kalo ditahan sm institusi or negara.
4
profile picture
kaskus addict
24-12-2020 07:25
bedalah
ini ancaman serius
asset dan cash jelas
lo kira NU
sarungan ga ada duit miskin emoticon-Ngakak
ngemis ngemisn emoticon-Ngakak
-1
profile picture
kaskus geek
24-12-2020 08:16
@music9000 ya udah, tarik sono, ini yg maksa Pemerintah menahan dana Muhammadiyah kan kader Muhammadiyah sendiri, udah mencium bau2 gak enak buat Muhammadiyah klo jadi narik duit emoticon-Wkwkwk
2
profile picture
kaskus geek
24-12-2020 12:39
@music9000 tarik sudah...ngebacot muluemoticon-Cool
2
profile picture
kaskus maniac
24-12-2020 16:38
10 bank bumn?
Ngaco amat lo

@tukangbeling7
0
Memuat data ...
1 - 8 dari 8 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia